lake baikal, danau terindah di dunia

Potret Panorama 7 Danau Terindah di Dunia, Termasuk Laut Mati di Jordan

Berbeda dengan sungai dan laut, ketenangan air danau seakan menghipnotis para turis dari seluruh dunia untuk mengunjunginya. Hal ini mungkin membuat kamu bertanya, di mana saja ya danau terindah di dunia berada?

Ada banyak sekali danau buatan alam yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Jika kamu tertarik berwisata ke danau, Bob sudah rangkumkan beberapa rekomendasi danau terindah di dunia yang patut kamu kunjungi saat berlibur. Berikut adalah ulasannya!


Baca Juga: Bakal Bikin Terkagum-Kagum. Simak 10 Air Terjun Terindah di Dunia Ini


7 Danau Terindah di Dunia

Danau Plitvice, Kroasia

danau terindah di dunia

Sumber: @hackthetravel via Instagram

Terbentuk dari 16 danau kembar yang tersusun dalam kaskade, danau yang tak hanya indah namun juga unik ini pasti membuat kamu jatuh cinta dalam sekali lihat.

Saking indah dan uniknya Danau Plitvice ini, ia masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1979 dan merupakan situs pertama di dunia.

Danau-danau yang tersusun dalam kaskade ini saling berhubungan dan dipisahkan oleh bendungan alam travertine yang tumbuh 1 cm per tahun.

Bahkan yang lebih kerennya lagi, warna air di danau ini dapat berubah menjadi biru, hijau, hingga abu-abu tergantung dari letak sudut matahari.

Laut Mati, Jordan

dead sea

Sumber: Responsible Travel

Merupakan titik terendah di bumi, Laut Mati berada sekitar 430,5 meter di bawah permukaan laut.

Laut Mati merupakan danau hipersalin atau perairan yang kandungan garamnya sangat tinggi. Tingkat keasinan Laut Mati bahkan lebih tinggi sepuluh kali lipat daripada kebanyakan samudera.

Meski tampak indah dan memukau, danau ini ternyata mematikan bagi tanaman, hewan, dan makhluk hidup lainnya yang hidup di air. Karena kandungan garamnya yang sangat tinggi, mustahil bagi makhluk hidup untuk tinggal di Laut Mati.

Hal ini lah yang membuatnya dinamai Laut Mati.

Danau Toba, Indonesia

danau toba

Sumber: kemenparekraf.go.id

Siapa yang nggak tahu Danau Toba? Ternyata, danau paling terkenal di Indonesia ini juga masuk deretan danau terindah di dunia, lho!

Danau raksasa di ketinggian 900 meter ini terbentuk akibat erupsi gunung berapi. Merupakan keajaiban alam menakjubkan yang ada di Pulau Sumatera, Danau Toba memiliki luas 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Bahkan, terdapat spesies ikan yang hanya bisa ditemui di danau ini. Tepat di tengah danau terdapat sebuah pulau yang besarnya sebanding dengan luas negara Singapura, yaitu Pulau Samosir.

Nggak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tarik Danau Toba. Di sini, pengunjung dapat melihat dan belajar kebudayaan masyarakat sekitar Danau Toba yang menjadikannya istimewa.

Atas keistimewaan Danau Toba, pantas saja kalau tempat wisata yang satu ini masuk dalam daftar Destinasi Wisata Super Prioritas Kemenparekraf. 

Sebagai warga negara Indonesia, rasanya wajib banget untuk melihat langsung keindahan alam dan kekayaan budaya yang ada di Danau Toba.

Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk sempatkan diri mampir berlibur ke Danau Toba, ya!


Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatera Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!


Danau Hillier, Australia

lake hillier

Sumber: via scenicflightbooker.com

Danau yang satu ini punya daya tarik yang sangat unik, yaitu berwarna pink.

Perairan Danau Hillier di Australia ini mendapatkan warna merah mudanya dari beta karoten yang dilepaskan oleh alga saat cahaya menembus air.

Berada di tengah hutan hijau dan bersebelahan dengan pantai lepas, membuatnya jadi salah satu danau terindah di dunia.

Jika ingin berkunjung ke Danau Hillier, kamu bisa menempuhnya melalui jalur udara dari Perth menuju Middle Island dan kemudian berjalan kaki sekitar 600 meter.

Karena terletak di tengah hutan hijau yang lebat, nggak heran kalau kamu bisa menjumpai satwa liar di sekitar. Hal ini pastinya akan membuat perjalanan kamu menuju Danau Hillier semakin berkesan.

Danau berwarna merah muda seperti ini cuma ada dua di dunia, lho. Yuk, berlibur ke Australia dan kunjungi danau cantik yang unik ini!

Danau Labuan Cermin, Indonesia

labuan cermin

Sumber: falahbayhaqiDotCom

Selain Danau Toba, Indonesia masih punya danau lainnya yang juga pantas masuk daftar danau terindah di dunia. Danau yang satu ini bernama Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur. 

Sesuai namanya, air di danau ini jernih dan bersih seperti cermin. Keunikan lain dari danau ini adalah kandungan airnya yang merupakan tempat bertemunya air tawar dan air asin.

Selain menikmati sensasi berenang di air sebening kaca, kamu juga bisa snorkeling, menyelam, menaiki perahu, dan sekadar menikmati keindahan alamnya saja saat berkunjung ke sini.

Selain itu, pepohonan yang rimbun mengelilingi Danau Labuan Cermin menambah keindahan alam yang tempat ini sajikan.

Jika berkunjung ke sini, kamu pasti bakal betah dengan suasananya yang teduh, syahdu, dan pemandangannya yang mengagumkan.

Danau Tahoe, Amerika

lake tahoe, danau terindah di dunia

Sumber: Heavenly Ski Resort

Selanjutnya adalah Danau Tahoe di Amerika Serikat, yang merupakan danau air tawar terbesar kedua di dunia dan terdalam kedua di Amerika.

Danau ini terbentuk dari salju yang mencair pada sekiranya sekitar 2-3 juta tahun yang lalu.

Di musim panas, para pengunjung berduyun-duyun ke Danau Tahoe untuk naik perahu dan bermain kayak. Ketika musim dingin tiba, pengunjung dapat bermain ski di area sekitar Danau Tahoe.

Tidak hanya itu, danau ini juga punya pemandangan bangkai kapal peninggalan abad ke-20 yang menarik pengunjung untuk menyelami Danau Tahoe dan menyaksikannya.

Danau Baikal, Rusia

lake baikal

Sumber: Сергей Алтушкин via Pexels

Danau terindah di dunia terakhir yang akan Bob bahas kali ini adalah Danau Baikal di Rusia. Merupakan danau terdalam dan tertua di dunia, Danau Baikal menampung 20% dari air tawar di seluruh dunia, lho.

Karena tidak ada kandungan mineral di dalamnya, danau ini menjadi salah satu danau paling jernih dan bersih di dunia.

Saking jernihnya, di musim panas kamu berkesempatan melihat hingga kedalaman sekitar 39 meter dari beberapa titik permukaannya.

Sedangkan pada musim dingin, berjalan di atas Danau Baikal yang membeku memberikan kamu sensasi seperti berjalan di udara.

Ada lagi hal yang menakjubkan di danau ini, yaitu terdapat hewan lucu anjing laut yang uniknya dapat hidup di danau air tawar ini.

Nyatanya, spesies anjing laut yang hidup di Danau Baikal ini memang sudah ada sejak dahulu dan diperkirakan telah beradaptasi hingga mampu hidup dan berkembang biak di air tawar.

Gimana, apa kamu tertarik berkunjung ke Danau Baikal?


Baca Juga: Insta-Worthy Banget! Yuk Intip 7 Kota Tercantik di Eropa Berikut!


Keindahan Danau Toba di Bobocabin Signature Toba

Saat berlibur ke Danau Toba, sempatkan menginap di Bobocabin Signature Toba.

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati agar mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan suasana sejuk Danau Toba saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin Signature Toba juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles