@inirudhi/Instagram

Intip Keindahan Hutan Pinus Rahong yang Segar dan Asri!

Wisata alam di kawasan Bandung memang tidak pernah ada habisnya. Dengan keunikan dan daya tarik tersendiri, pengunjung tidak pernah bosan untuk datang lagi dan lagi, termasuk ke wisata Hutan Pinus Rahong di Pangalengan. Yuk, intip keindahan hutan yang segar dan asri ini bersama Bob!

Bagian dari Wanawisata

@ferybrewing/Instagram

Berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Hutan Pinus Rahong merupakan bagian dari wanawisata Kampung Rahong yang berdiri di lahan seluas 4,5 hektar. Oleh karena itu, ada banyak spot dan aktivitas menarik dalam satu tempat yang pasti bikin kamu betah berlama-lama.

Sudah berdiri sejak 2009, tempa wisata ini mulanya merupakan sebuah tempat pembuangan sampah. Atas inisiatif Pecinta Alam Tapak Tiara Pangalengan, tempat sampah itu kemudian disulap menjadi destinasi wisata berbasis konservasi dan edukasi. Oleh karena itu, selain sebagai kawasan wisata, Kampung Rahong juga menjadi area resapan dan penghasil getah pinus untuk keperluan industri dan Kesehatan.

Secara keseulurahan, kawasan wisata ini terbagi ke dalam enam zona, termasuk Hutan Pinus Rahong, Datar Pinus, Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, Bukit Rahong dan Jembatan Rahong. Masing-masing menawarkan daya tarik tersendiri, mulai dari keindahan hutan pinus, area camping, kegiatan outbound hingga arung jeram. Pengunjung dari segala usia pun bisa ikut menikmati keindahan dan keseruan di ini, mulai dari yang tua hingga muda, baik bersama teman maupun orang tua dan keluarga.


Baca Juga: Mau Healing Murah Meriah? Kunjungi 7 Taman Di Bandung Berikut Ini!


Keindahan Hutan Pinus Rahong

@purnama8922/Instagram

Sesuai dengan namanya, Hutan Pinus Rahong menawarkan wisata alam dengan hutan pinus sebagai daya tarik utamanya. Area hutan ini masih asri dan hijau dengan rimbunan pohon pinus di hampir semua area.

Karena terletak di tengah hutan di dataran tinggi, udara dan suasana di Hutan Pinus Rahong pun begitu tenang, sejuk dan menyegarkan. Selain jejeran pohon pinus, ada juga hamparan kebun teh hijau serta aliran Sungai Palayangan yang memanjang melewati area hutan.

Dengan keindahan dan kesejukan tersebut, hutan pinus ini tentunya cocok banget untuk bersantai sambil melepas stres akibat kesibukan sehari-hari. Kamu juga bisa mengajak serta teman atau keluarga untuk ikut menikmati keindahan dan keseruan hutan bersama-sama.

Bukan cuma itu, keindahan hutan juga menjadi favorit bagi pengunjung yang ingin berfoto di tengah rimbunnya hutan, apalagi saat suasana berkabut atau cahaya matahari masuk di sela-sela pohon. Suasana pun tak hanya indah, tetapi juga terasa magis dan eksotis. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan area hutan ini untuk lokasi acara-acara tertentu, seperti gathering, konser musik, hingga sesi foto pra-wedding.

Aktivitas Seru dan Menyenangkan

@pineustilu/Instagram

Hutan Pinus Rahong menawarkan beragam aktivitas seru dan menarik untuk membunuh rasa bosan kamu, mulai dari kegiatan flying fox, fun game, paint ball, trekking, downhill, offroad, archery war hingga tea walk atau jelajah kebun teh ke Riung Gunung.

Tak kalah menarik dari kegiatan outbound tersebut, di tempat ini kamu juga bisa merasakan sensasi bermain tubing dan arung jeram atau rafting. Pengalamannya tentu akan sangat menyenangkan karena kamu bisa merasakan sensasi meluncur di air deras ditemani dengan rimbunan pohon pinus di kiri kanan kamu.

Titik awal dari kegiatan satu ini biasanya bermula di danau buatan Situ Cileunca. Dari sana, kamu akan mengarungi Sungai Palayangan lalu melewati kawasan hutan pinus, kebun teh dan kebun stroberi.

Kegiatan satu ini biasanya berlangsung sekitar 90 menit dengan melalui jarak sepanjang lima kilometer. Kegiatan sudah termasuk perahu, helm, pelampung, dayung dan guide yang akan memandu kamu. Untuk mengikuti kegiatan ini, kamu disarankan untuk reservasi terlebih dahulu.

Dua zona atau klaster Kampung Rahong, yaitu Wisata Alam Singkur dan Wisata Kampung Singkur kerap menjadi rest area bagi para pengunjung yang tengah melakukan arung jeram. Keduanya sama-sama berlokasi di pinggir sungai dan memiliki akses jalan kaki menuju Hutan Pinus Rahong.

Wisata Alam Singkur memiliki deretan warung yang menajajakan makanan dan minuman hangat sehingga memudahkan pemain arung jeram untuk mengisi energi di tengah perjalanan. Di sini, juga terdapat jembatan kayu yang berdiri di tengah sungai dan menjadi spot favorit berfoto untuk pengunjung. Tak kalah menarik dari Alam Singkur, Kampung Singkur juga memiliki sebuah jembatan kayu gantung yang membuat suasana perkampungan semakin kental.


Baca Juga: 7 Spot Wisata Murah Meriah Di Bandung: Alun Alun Bandung Sampai Taman Hutan Raya!


Berkemah di Tengah Hutan hingga Pinggir Sungai

@pineustilu/Instagram

Hutan Pinus Rahong juga terkenal dengan tempat camping-nya yang Instagrammable abis. Di kawasan ini, kamu memiliki banyak pilihan untuk berkemah, mulai dari di tengah hutan atau pinggir sungai. Salah satu yang cukup menarik dan kerap berseliweran di media sosial adalah Pineus Tilu Riverside Camping.

Tenda-tenda di area camping berdiri di atas deck kayu dengan aliran sungai tepat di bawahnya. Jangan khawatir soal keamanannya! Aliran air sungai itu berasal dari Situ Cileunca yang debit airnya bisa diatur sehingga relatif stabil.

Kamu pun bisa berkemah sambil berkumpul dengan keluarga dengan bertemankan gemuruh air sungai yang menenangkan. Di tempat ini, kamu juga bisa memancing, menikmati barbecue, menikmati teh atau kopi hangat, befoto ria hingga menonton kegiatan arung jeram yang melintas di depan mata. Area kemah pinggir sungai juga tersedia di Wisata Alam Singkur dan Wisata Kampung Singkur.

Jika ingin berkemah di tengah hutan, kamu bisa beralih ke Datar Pinus yang menyediakan tenda biasa dan dome untuk keluarga. Selain itu, ada juga Jeep Camp, yaitu kegiatan camping yang membolehkan kamu membawa kendaraan masuk ke area kemah dan diparkir bersebelahan dengan tenda kamu. Area Datar Pinus ini menghadap ke arah timur sehingga di pagi hari kamu bisa mendapatkan sambutan hangat dari matahari terbit.

Tiket Masuk dan Fasilitas

@hbunny.honey.bunny/Instagram

Untuk memasuki kawasan Hutan Pinus Rahong, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp10.000 per orang. Selain itu, ada juga tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Karena terbagi ke dalam beberapa zona, setiap zona biasanya memberlakukan tiket masuk masing-masing. Oleh karena itu, kamu mungkin harus membayar biaya tambahan untuk menikmati klister-klaster lainnya. Berikut adalah daftarnya:

  • Datar Pinus, Wisata Alam Singkur, Wisata Kampung Singkur, dan Bukit Rahong: Rp10.000
  • Jembatan Rahong: gratis
  • Camping: Rp50.000 per orang (sudah termasuk tiket masuk, toilet, musala, penerangan dan area camping)
  • Parkir semalaman (camping): Rp10.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil
  • Tubing: mulai dari Rp50.000 per orang (minimal dua orang)
  • Rafting: mulai dari Rp125.000 per orang (minimal lima orang)
  • Offroad: Rp200.000 per orang
  • Flying fox: Rp20.000 per orang
  • Paintball: Rp75.000 per orang (minimal 20 orang)
  • Kayu bakar untuk api unggun: Rp20.000

Tempat wisata ini buka setiap hari dengan akses 24 jam karena ada fasilitas camping. Meski begitu, pengunjung sebaiknya menghubungi admin terlebih dahulu setidaknya satu jam sebelum datang jika ingin berkemah. Namun, bagi pengunjung yang hanya ingin bermain, jam operasional berlaku mulai pukul 06.30-18.00.

Meski menjadi destinasi wisata favorit keluarga, fasilitas Hutan Pinus Rahong terbilang belum cukup memadai, terutama lahan parkir untuk mobil yang terbatas. Kamu mungkin harus memarkirkan mobil kamu di pinggir jalan jika tidak kebagian. Selain lahan parkir, fasilitas lainnya meliputi toilet, musala, spot foto Instagrammable, area camping, dan penyewaan alat camping.


Baca Juga: Sejuknya Berwisata Ke Hutan Pinus Limpakuwus Baturraden, Tempat Wisata Alam Banyumas. Adem Abis!


Akses Menuju Lokasi

@hutan_pinus_rahong/Instagram

Akses menuju Hutan Pinus Rahong terbilang mudah. Dari pusat Pangalengan, kamu bisa mengambil jalur ke Situ Cileunca. Lokasi wisata ini juga sudah tersedia di Google Maps. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti petunjuk dengan menggunakan ponsel kamu.

Lokasinya agak ke dalam dari jalan utama sehingga kamu harus masuk lagi. Namun, jangan khawatir! Jalanya sudah bagus dan dibeton dengan pemandangan kebun teh yang akan menemani perjalanan kamu.

Lelah Setelah Berwisata? Recharge Energi di Bobobox atau Bobocabin!

Hutan Pinus Rahong bisa menjadi pilihan wisata saat kamu berlibur ke bandung. Namun, jangan lupa pesan akomodasi nyaman agar tubuh bisa recharge energi setelah seharian jalan-jalan.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Bobobox atau Bobocabin. Bobobox bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menginap di lokasi strategis di tengah kota dengan segala keramaian di sekitarnya. Namun, jika ketenangan di tengah alam adalah pilihan kamu, maka Bobobocabin patut menjadi pertimbangan.

Apapun pilihan kamu, keduanya siap menjadi tempat persinggahan tanpa gangguan dengan beragam fasilitas menarik yang pasti membuat pengalaman menginap semakin menyenangkan. Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles