bali itinerary ideas

Bukan Cuma Kamu Aja, Ini Dia 7 Hewan yang Punya Pekerjaan

Hewan yang punya pekerjaan ini dikenal banyak membantu pekerjaan manusia menjadi jauh lebih mudah. Keberadaan hewan-hewan ini tak hanya menghibur manusia karena tingkah lakunya yang lucu, tapi juga membantu manusia dengan kecerdasannya.

Setiap hewan memiliki kemampuan spesialnya tersendiri. Kemampuan-kemampuan unik tersebutlah yang terkadang tak dimiliki manusia sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam banyak hal.

Apa sajakah hewan yang punya pekerjaan tersebut?

1. Lumba-Lumba Militer

Hewan yang punya pekerjaan yang pertama adalah lumba-lumba militer.

Hewan yang satu ini dikenal cerdas sehingga dapat membantu mendeteksi ranjau di perairan keruh atau di kedalaman yang sangat dalam.


Baca Juga: 7 Hewan Peliharaan ini Unik dan Anti Mainstream! Tertarik Membeli?


2. Tikus Penghancur Ranjau Darat

Tikus seringkali dikenal sebagai hama dan penyebar penyakit. Siapa kira jika tikus merupakan salah satu hewan yang punya pekerjaan.

Salah satu jenis tikus yang banyak dipekerjakan adalah tikus berkantung Gambia yang juga dikenal sebagai tikus berkantung raksasa Afrika.

Jenis tikus ini kerap kali dipekerjakan karena kemampuannya dalam mendeteksi ranjau darat di Afrika dan Asia.

Setelah lelah bekerja, tikus-tikus ini akan dibayar dengan berbagai makanan nikmat seperti pisang.

3. Anjing Pelacak

Sumber: North Delta Reporter

Anjing sudah sejak lama dikenal sebagai sahabat manusia yang banyak membantu pekerjaan manusia baik tu sebagai seekor anjing penjaga maupun sebagai seekor anjing penggembala.

Tak hanya itu, banyak anjing juga diperkajakan sebagai penjaga bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus terutama para disabilitas.

Beberapa jenis anjing pun dilatih untuk menjaga pemiliknya yang memiliki penyakit khusus seperti diabetes bahkan depresi.

Salah satu pekerjaan yang paling banyak diberikan kepada anjing adalah sebagai anjing pelacak. Hewan yang satu ini diberkahi dengan indra penciumannnya yang tajam sehingga dinilai sempurna untuk menemukan barang bukti kejahatan, bom, dan obat-obatan.

4. Hewan yang Punya Pekerjaan: Kenari di Tambang Batu Bara

Siapa sangka jika burung kenari pun punya pekerjaan. Buring lucu ini sering dipekerjakan di tambang batu bara untuk mendeteksinya adanya racun berbahaya di sekitar tambung batu bara.

Menurut penelitian awal abad ke-20 oleh John Scott Haldane, para penambang di batu bara ditemukan seringkali meninggal karena menghirup gas beracun di sekitar tambang batu bara, .

Zat beracun berupa karbon monoksida adalah salah satu pembunuh yang seringkali terjadi di tambang batu bara.

Para burung kenari ini menunjukkan respons atas efek karbon monoksida cukup awal sehingga para penambang punya waktu untuk mencapai keselamatan.

5. Kuda Pemandu

Tempat Wisata Johnsto

Sumber: Jogja Horse and Resto via Instagram

Selanjutnya ada juga kuda, hewan yang dapat membantu manusia sebagai seekor hewan pemandu manusia.

Berdasarkan Undang-Undang Penyandang Disabilitas Amerika, kuda mini dapat berperan sebagai hewan penolong.

Kuda umumnya memiliki kemampuan untuk membimbing dan memiliki sifat yang tenang dan tidak mudah terganggu.

Hewan ini bisa menjadi opsi lain bagi mereka yang membutuhkan hewan pemandu selain anjing karena alergi terhadap anjing.

6. Hewan yang Punya Pekerjaan: Monyet Pendamping

Selanjutnya ada juga monyet yang dapat membantu banyak pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Sebagian orang mengira bahwa monyet merupakan hewan kasar dan suka mengganggu manusia.

Faktanya, monyet merupakan seekor hewan cerdas yang bisa dilatih, lho. Banyak monyet saat ini bahkan membantu orang-orang dengan gangguan mobilitas, terutama karena cedera tulang belakang.

Kehadiran monyet-monyet ini dapat membantu menawarkan bantuan dan membantu melakukan berbagai tugas sehari-hari, seperti menghidupkan dan mematikan peralatan, mengambil barang yang jatuh, memutar nomor telepon, dan menggaruk bagian tubuh yang gatal. Cerdas sekali, bukan?

Umumnya monyet-monyet cerdas ini adalah monyet-monyet capuchin yang telah melalui proses pelatihan selama 3 hingga 5 tahun.

Monyet capuchin dikenal sebagai salah satu jenis monyet yang memiliki masa hidup yang panjang mencapai 30 hingga 40 tahun.

7. Kucing Penjaga Gedung

makna gerakan ekor kucing

Sumber: Freepik

Kucing yang dikenal sebagai salah satu hewan pemalas ternyata punya pekerjaan penting yang ia lakukan, lho!

Jika kamu sering menonton kartun, kamu mungkin familiar dengan Tom and Jerry. Dalam kartun tersebut, Tom menjaga rumah pemiliknya agar terhindar dari gangguan tikus.

Faktanya, hal ini terjadi di dunia nyata. Banyak rumah maupun gedung-gedung yang sengaja memperkerjakan kucing-kucing yang lucu untuk menjaga rumah atau gedung dari kehadiran tikus maupun hewan pengerat lainnya.

Salah satu contohnya adalah rumah seorang perdana menteri Inggris di 10 Downing Street yang menunjuk seekor kucing sebagai Kepala Mouser atau Kepala Penangkap Tikus di Kantor Kabinet itu.

Selain sang perdana menteri, banyak pejabat Inggris lainnya yang telah lama memelihara kucing untuk menangkap tikus.

Kebiasaan ini kabarnya sudah ada di Inggris sejak tahun 1500-an, tepatnya di masa pemerintahan Henry VIII.

Siapa sangka, hewan ini ternyata seekor hewan pekerja keras yang telah banyak membantu manusia bahkan sejak lebih dari 500 tahun yang lalu!


Baca Juga: Selain Kucing Taylor Swift, Ini 7 Hewan Peliharaan Terkaya di Dunia yang Hartanya Triliunan


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles