@hedgehog90/Unsplash

7 Hewan Peliharaan ini Unik dan Anti Mainstream! Tertarik untuk Membeli?

Memelihara hewan bisa menjadi hiburan tersendiri, apalagi jika hewan peliharaan kamu mulai bertingkah lucu. Kehadiran hewan peliharaan memang bisa menjadi penghibur sekaligus penghilang stres. Selain itu, memelihara hewan juga bisa mengajarkan kamu arti bertanggung jawab sebab di balik keseruannya, ada banyak tugas yang menanti mulai dari memberi makan hingga membersihkan kotoran.

Umumnya, orang-orang suka memelihara hewan peliharaan biasa, seperti kucing, anjing, kelinci atau hamster. Namun, ada juga yang pilihannya tidak biasa alias unik. Nah, berikut ini adalah tujuh hewan peliharaan unik dan antimainstream yang bisa kamu coba.

Hewan Peliharaan – Mamalia

Landak Mini

hewan peliharaan landak

@sierranarvaeth/Unsplash

Pygmy hedgehog atau landak mini memang bukan hewan yang biasa dipelihara kebanyakan orang. Meski begitu, menjadikannya sebagai hewan peliharaan bukanlah hal buruk. Hewan dengan bulu berduri ini juga bisa menjadi teman yang menggemaskan.

Landak mini ini biasanya memiliki panjang antara 12-20 cm dengan rata-rata usia lima tahun. Tubuhnya ditutupi oleh duri-duri kecil yang tidak tajam dan dia akan bergelung dan menggelinding seperti bola saat merasa ketakutan. Warnanya juga beragam, mulai dari albino, hitam putih hingga kecokelatan.

Dari segi sifat, landak mini terbilang tenang, penyendiri, dan tidak begitu manja. Landak mini juga termasuk hewan nokturnal alias aktif di malam hari dan lebih mudah dijinakkan saat usianya masih muda. Hewan satu ini memerlukan banyak olahraga agar tidak stres, kelebihan berat badan dan mengalami luka di kaki.


Baca Juga: Siapa Sangka Kalau 7 Ras Kucing Lucu Ini Berasal Dari Indonesia?


Kambing Kerdil

hewan peliharaan pygmy goat

via animals.howstuffworks.com

Jika selama ini kambing identik dengan hewan ternak, maka lainnya halnya dengan kambing kerdil atau pygmy goat. Kambing yang kerap dijumpai di kebun binatang mini dan tempat-tempat wisata kekinian ini juga bisa kamu jadikan hewan peliharaan, lho.

Berbeda dengan kambing pada umumnya, kambing kerdil memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih mudah untuk dirawat. Hewan menggemaskan ini biasanya memiliki tinggi maksimal 58 cm dengan bobot antara 23-34 kg untuk betina dan 27-30 kg untuk kambing jantan.

Warnanya juga cukup bervariasi, mulai dari putih karamel, perak abu-abu hingga hitam merata. Sebagai hewan peliharaan, kambing kerdil ini terbilang tenang dan ramah pada manusia. Tidak heran jika banyak orang menyukai kambing mungil satu ini.

Selain itu, kambing kerdil juga terbilang aktif, lincah, dan suka melompat. Saat kamu merasa bosan dan penat, mengajak hewan mungil ini berlari-lari tentu bisa jadi hiburan tersendiri.

Chinchilla

hewan peliharaan chinchilla

Tanya Kusova/Unsplash

Alternatif hewan peliharaan unik dan antimainstream berikutnya adalah chinchilla. Chinchilla ini merupakan hewan pengerat asal Amerika yang sekilas mirip hamster. Hewan satu ini termasuk hewan nokturnal alias aktif di malam hari sehingga cocok buat kamu yang punya hobi bergadang di rumah.

Ukuran tubuh chinchilla juga cukup mini, antara 22-38 cm dengan ekor tebal sepanjang 7-15 cm, sehingga tidak akan menjadi masalah bagi kamu yang tidak tinggal di lahan luas. Pastikan saja dia mendapat spot yang tenang dan usahakan jangan berpindah-pindah karena hewan ini kurang suka perubahan.

Sekalian ukuran tubuhnya yang mini, chinchilla memiliki bulu tebal dan telinga besar yang membuat semakin menggemaskan. Hewan satu ini hadir dalam beragam warna, seperti hitam, putih, abu-abu, cokelat dan krem.

Dari segi umur, chinchilla termasuk hewan berumur panjang. Di alam liar, usianya bisa mencapai 10 tahun. Jika kamu pelihara dengan benar, umur hidupnya bahkan bisa lebih panjang dua kali lipat.


Baca Juga: Ingin Hewan Peliharaan Baru? Kenalan Dengan 7 Jenis Dan Fakta Kelinci Hias Berikut Dulu!


Sugar Glider

hewan peliharaan sugar glider

Đồng Phục Hải Triều/Unsplash

Dalam beberapa tahun ini, sugar glider semakin populer sebagai hewan peliharaan favorit banyak orang. Hewan mungil berbulu ini memang terkenal cerdas, bisa mengenali nama mereka dan bisa juga kamu latih untuk melakukan trik-trik kecil.

Bagi orang awam, sugar glider mungkin sekilas tampak seperti tupai terbang, terutama karena keberadaan selaput memanjang di antara kaki depan dan belakangnya. Selain memiliki selaput, sugar glider memili garis dan corak khas di kepala yang membedakannya dari tupai terbang.

Dari segi sifat, hewan marsupial ini terbilang mudah akrab, suka bermain dan termasuk social butterfly. Di alam liar, mereka bahkan bisa berkoloni antara 20-40 ekor. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak membiarkannya hidup sendiri dan memelihara sepasang sekaligus. Jika tidak, sugar glider mungkin akan mengalami stres.

Adanya interaksi dengan manusia sangat dibutuhkan karena sifat sosialnya tersebut. Sugar glider pun cenderung clingy atau suka menempel saat menjadi hewan peliharaan. Mereka juga tidak segan ‘memberitahu’ pemiliknya saat mereka merasa tidak senang.

Hewan Peliharaan Reptil dan Ikan

Bearded Dragon

hewan peliharaan bearded dragon

Pierre Bamin/Unsplash

Jika kamu pecinta reptil, memelihara bearded dragon atau naga berjanggut bisa menjadi pilihan yang tidak biasa. Hewan satu ini merupakan kadal asal Australia yang terkenal dengan sifat ramahnya. Oleh karena itu, tidak heran jika bearded dragon pun menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di kalangan pecinta reptil.

Penamaan beader dragon sendiri berkaitan dengan duri atau sisik yang ada di sepanjang sisi tubuh dan lehernya. Saat duri di bagian lehernya mekar, maka bearded dragon tampak seperti naga yang memiliki janggut. Janggut tersebut bisa muncul karena beragam alasan, seperti stres, marah, untuk menakut-nakuti musuh hingga menarik perhatian lawan jenis.

Selain ramah, bearded dragon juga kerap menunjukkan tingkah tidak biasa yang menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Salah satunya adalah kebiasaan tidur berdiri dengan posisi tangan dan perut menempel pada dinding kandang, ranting, tunggul dan sebagainya. Selain itu, hewan peliharaan ini juga punya kebiasaan suka berjemur dan memanjat.

Ikan Piranha

piranha hewan peliharaan

via kids.nationalgeographic.com

Banyak film menggambarkan piranha sebagai hewan ganas yang bisa menggerogoti tubuh manusia. Padahal, kenyataannya ikan ini tidak pernah menyerang manusia yang tengah berenang di sungai atau danau yang menjadi habitat mereka. Ikan satu ini bahkan bisa menjadi pilihan hewan peliharaan jika kamu menginginkan sesuatu yang antimainstream.

Ikan piranha memang bergigi tajam. Namun, ikan satu ini bukanlah ikan yang akan memakan makhluk hidup lain dengan membabi buta. Ikan satu ini biasanya akan memakan ikan-ikan kecil yang tidak berbahaya. Selain itu, ukuran ikan piranha tergolong kecil dengan panjang rata-rata 25 cm.

Jenis yang paling sering dipelihara adalah ikan piranha merah atau piranha perut merah. Di habitat aslinya, hewan satu ini hidup dalam kelompok besar. Maka dari itu, sebaiknya kamu memelihara piranha dalam jumlah banyak, misal sedikitnya empat ekor atau lebih. Selain itu, piranha jenis ini juga ikan penakut yang gampang panik sehingga membutuhkan tempat yang tenang dengan banyak spot untuk bersembunyi.


Baca Juga: Tertarik Memelihara Hewan Eksotik? Simak 5 Rekomendasi Jenis Ular Untuk Pemula Berikut Ini


Iguana Hijau

iguana hijau hewan peliharaan

@maybeimwealthy/Unsplash

Selain naga berjanggut, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan hewan peliharaan unik pada iguana hijau. Kadal asal Amerika Tengah dan Selatan ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit karena sifatnya yang cenderung tenang dan pemalas. Meski begitu, mereka bisa saja berbahaya karena memiliki cakar serta ekor berduri yang tajam. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati.

Selain itu, memelihara iguana hijau juga membutuhkan komitmen. Pasalnya. hewan satu ini bisa hidup hingga 10-12 tahun jika dipelihara dengan baik dengan bobot mencapai 9 kg dan panjang 1,8 meter. Karena itu, jangan kaget jika hewan iguana imut nan kecil yang kamu beli lama-lama tumbuh membesar dan memanjang. Interaksi rutin juga perlu kamu lakukan sebab hal ini bisa membantu mencegah mereka berubah agresif.

Recharge Energi di Bobobox

Kesibukan sehari-hari, termasuk merawat hewan peliharaan, terkadang bisa membuat kamu lelah baik secara fisik maupun mental. Agar tidak kehabisan energi, staycation di Bobobox bisa menjadi solusi yang tepat. Gak perlu pusing mikirin budget sebab Bobobox siap memberi kamu pengalaman menginap dengan fasilitas berteknologi lengkap dan canggih, namun dengan harga yang terjangkau! Dengan adanya communal area, pantry, vending machine hingga spot Instagrammbale, liburan kamu dijamin jauh dari kata monoton. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles