Source: via Instagram/@tvndrama.official

8 Trope yang Paling Sering Muncul di K-Drama, dari Amnesia sampai Chaebol

Para penggemar Korean Drama atau K-Drama, pernah gak saat sedang menonton suatu K-Drama merasa familiar seperti sudah pernah nonton cerita yang mirip sebelumnya? Hal ini sangat wajar terjadi, karena memang suatu trope K-Drama mungkin akan diusung di banyak judul. Satu judul drama juga bisa mengusung lebih dari satu trope.

 

Alasan utama sebuah trope sering muncul di berbagai K-Drama adalah karena trope tersebut merupakan trope kecintaan penonton. Semakin banyak peminatnya maka semakin banyak pula K-Drama yang akan mengusung trope tersebut. Lagi pula, setiap drama pasti punya sudut pandangnya masing-masing, latar belakang cerita yang berbeda, dan hal lainnya yang membuat setiap produksi unik dan tidak membosankan. Lalu, trope K-Drama apa saja ya yang paling sering muncul? Yuk, simak daftarnya berikut ini!


Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Komedi Yang Wajib Masuk Watchlist Kamu. Terbaik!


 

8 Trope K-Drama yang paling sering muncul

 

Amnesia

Source: via imdb.com

Trope pertama yang akan Bob bahas adalah amnesia. Mungkin hampir semua penggemar K-Drama sudah pernah menyaksikan K-Drama dengan trope yang satu ini. Meski tak sedikit penggemar yang membenci trope ini, banyak juga penggemar K-Drama yang menyukainya. 

 

Jika kamu bosan menyaksikan trope amnesia muncul pada K-Drama genre romantis, mungkin kamu bisa coba menonton genre lainnya. K-Drama dengan genre lain, misalnya genre thriller, drama legal, atau fantasi akan mengemasnya dengan cara yang tidak biasa.

 

Misalnya Defendant (2017), K-Drama dengan genre legal ini juga mengusung trope amnesia. Menariknya adalah seorang jaksa bernama Park Jung-woo (Ji Sung) suatu hari tiba-tiba terbangun mengetahui dirinya berada di dalam penjara dan menjadi tersangka pembunuhan istri dan anaknya sedangkan ia tidak mengingat apapun yang terjadi. Jung-woo yakin ia bukan pelaku pembunuhan istri dan anaknya, namun bukti menunjukkan bahwa ia pelakunya. Penonton akan dibawa merasakan panik dan tegang menyaksikan Jung-woo yang harus berjuang menguak kebenaran sedangkan ingatannya terus-menerus dihapuskan.

 

Cinta Segitiga

Source: via imdb.com

Trope yang satu ini juga salah satu trope paling populer di dunia K-Drama. Tak terhitung lagi jumlah judul drama yang mengusung trope ini. Menyuguhkan kisah cinta pelik antara tiga orang, di mana dua orang berjuang memenangkan hati satu orang yang sama. Trope ini pula yang menciptakan “second lead syndrome”, di mana penonton dibuat gemas karena second lead dari drama tersebut dirasa lebih pantas mendapatkan cinta sang pemeran utama.

 

Start Up (2020), While You Were Sleeping (2017), dan Love Alarm Series adalah drama-drama populer yang mengusung trope cinta segitiga.

 

Cinta Lokasi di Tempat Kerja

Source: via Instagram/@tvndrama.official

Di dunia nyata, mungkin staff HRD akan memperingatkan kamu untuk tidak berpacaran atau menikah dengan co-worker, tapi di dunia K-Drama, tempat kerja adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan cinta!

 

Dokter menghabiskan banyak sekali waktu di rumah sakit, sangat wajar kalau cinta lokasi atau cinlok terjadi di antara mereka. Di drama Hospital Playlist season 1 dan 2 (2020, 2021), Dr. Jang Gyeo-wool (Shin Hyun-Bin) jatuh cinta dengan Dr. Ahn Jeong-won (Yoo Yeon-Seok), seorang dokter anak yang bercita-cita menjadi seorang pastor.

 

Drama lainnya yang mengusung trope cinta lokasi di tempat kerja adalah She Was Pretty (2015), Dr. Romantic (2016), Strong Woman Do Bong Soon (2017), dan Touch Your Heart (2019).


Baca Juga: Sinema Korea Mendunia, Attorney Woo Dan Pachinko Masuk Nominasi Critics Choice Awards 2023


 

Hubungan Kontrak

Source: via CNN Indonesia

Hubungan kontrak juga merupakan salah satu trope klasik di K-Drama, banyak drama yang mengusung trope ini. Trope K-Drama hubungan kontrak akan mengikat tokoh utama dalam suatu hubungan baik itu pacaran atau pernikahan dalam suatu kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kisah trope ini biasanya bermula dari orang tua atau keluarga tokoh utama pria hendak menjodohkannya dengan wanita pilihan mereka. Kemudian, demi menghindari perjodohan, tokoh utama pria pun akan memilih tokoh utama wanita untuk menjalin hubungan kontrak.

 

Chemistry yang kian tumbuh antara dua tokoh utama yang awalnya tidak begitu dekat atau bahkan tidak saling kenal sangat menarik untuk disaksikan. 

 

Dalam K-Drama Because This Is My First Life (2017), Nam Se-hee (Lee Min Ki) dan Yoon Ji-ho (Jung So Min) tidak sengaja tinggal satu atap tanpa mengetahui bahwa mereka ternyata berlawanan jenis. Demi menghindari omongan negatif dari keluarga masing-masing, akhirnya mereka berpura-pura menjadi suami istri.

 

Drama lainnya yang juga mengusung trope hubungan kontrak adalah, Marriage Not Dating (2014) dan Business Proposal (2022).

 

Benci Jadi Cinta

Source: via Instagram/@tvndrama.official

Trope benci jadi cinta punya daya tarik sendiri bagi penontonnya. Apalagi, melihat tingkah dua tokoh utama yang awalnya saling benci perlahan perasaannya berubah jadi cinta. Bikin greget!

 

Seperti di drama Her Private Life (2019), Sung Duk-mi (Park Min Young) awalnya membenci bosnya yang sombong, Ryan Gold (Kim Jae Wook). Kemudian, dua tokoh utama ini perlahan mulai saling jatuh cinta.

 

Trope serupa juga muncul di drama My Love From The Star (2013) dan Business Proposal (2022).

 

Si Miskin dan Si Kaya

Source: via viu.com

 

Trope K-Drama yang ini juga sudah sering muncul, salah satu trope klise kesukaan penonton. Masih menjadi misteri kenapa drama yang mengusung trope ini biasanya membuat tokoh utama wanita yang berperan miskin dan tokoh utama pria yang berperan sebagai orang kaya.

 

Dalam trope ini, biasanya tokoh utama wanita akan digambarkan sebagai orang yang tangguh, pekerja keras, ceria, dan baik hati sehingga dia akan memikat hati lebih dari satu pria kaya.

 

Contoh K-Drama populer dengan trope ini adalah The Heirs (2013), Flower Boy Ramyun Shop (2011), dan Secret Garden (2010).

 

The Extreme Makeover

Source: via CNBC Indonesia

Selanjutnya adalah trope mengubah penampilan secara ekstrem. Dalam drama ini biasanya tokoh utama akan memerankan seseorang yang berparas kurang menarik. Kemudian, hadir sebuah pemicu yang membuatnya ingin tampil memukau lalu ia akan mengubah penampilannya secara ekstrem.

 

Drama True Beauty (2020) menceritakan Lim Ju-gyeong (Moon Ga Young) seorang siswi yang belajar merias wajah agar orang-orang berhenti mem-bully-nya karena penampilannya. Ia kemudian pindah sekolah dan berteman dengan dua siswa populer yang naksir dengannya, Han Seo-jun (Hwang In Yeob) dan Lee Su-ho (Cha Eun Woo). 

 

Drama lain yang mengusung trope extreme makeover adalah She Was Pretty (2015).


Baca Juga: Penggemar Drakor Wajib Nonton! Ini Dia 5 Kumpulan Judul Drama Song Kang Terbaik!


 

Chaebol

Source: via AsianWiki

Penggemar K-Drama pasti sudah tidak asing nih dengan istilah ini. Chaebol adalah sebutan yang digunakan masyarakat Korea untuk konglomerat.

 

Dapat menyaksikan kehidupan orang kaya yang penuh drama jadi hal yang paling membuat trope ini menarik. Seperti halnya dalam drama SKY Castle (2018), yang mengisahkan tentang sekumpulan orang kaya yang tinggal di satu perumahan yang sama. Mereka berlomba-lomba mendorong anak-anak mereka agar masuk perguruan tinggi prestisius dan mengikuti jejak mereka sebagai dokter dan profesor. Mereka siap mempertaruhkan apapun, sekalipun akal sehat dan nyawa mereka.

 

Trope chaebol juga muncul dalam drama Mine (2021) dan Little Women (2022).


Ayo Nonton K-Drama Tanpa Gangguan di Bobobox!

 

 

Pengen nonton K-Drama favorit dengan nyaman dan tanpa gangguan? Yuk, staycation di Bobobox!

Hotel kapsul satu ini menyediakan suasana yang tenang lengkap dengan wi-fi super kencang untuk binge-watching. Selain itu, kamu bisa atur pencahayaan di dalam pod sesuai suasana hati demi kenyamanan kamu. Ayo staycation singkat dan hilangkan segala penat kamu! Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles