snorkeling pantai tiga warna

Menikmati Wisata Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Malang terkenal dengan julukan Kota Bunga berkat banyaknya bunga dan ragam pepohonan yang menghiasi kota. Keanekaragaman flora ini jugalah yang membuat Malang mendapat julukan Kota Apel, berkat iklimnya yang cocok untuk memproduksi buah apel dalam jumlah besar.

Namun, tahukah kamu bahwa selain itu, Malang juga memiliki pantai cantik yang memanjakan mata? Jika belum, maka waktunya menambahkan Pantai Tiga Warna ke agenda liburanmu.

Berikut panduan lengkap seputar Pantai Tiga Warna, rute terbaik untuk mencapainya, daya tarik snorkeling yang menanti kamu, serta tip snorkeling di Pantai Tiga Warna!

Sekilas Mengenai Pantai Tiga Warna

Sekilas Mengenai Pantai Tiga Warna

Sumber: pantaitigawarna via Instagram

Seperti namanya, pantai ini menawarkan pemandangan unik gradasi tiga warna, yaitu warna biru, hijau, serta cokelat kemerahan.

Pantai yang telah dibuka dari pertengahan 2014 ini berlokasi di kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove.

Gradasi warna ini datang dari kedalaman permukaan pantai yang berbeda: warna biru di bagian terdalam, hijau di bagian terdangkal, dan cokelat kemerahan di area pasir pantai.

Tak hanya terkenal sebagai tempat wisata, Pantai Tiga Warna juga merupakan area konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung. Hal ini membuat area pantai lebih bersih dan terawat sehingga keindahannya pun tetap terjaga.

Harga tiket masuk pantai hanya Rp10.000 saja, kamu bisa menikmati keindahannya.

Namun, bagi kamu yang ingin menjelajahi area pantai dan area konservasi dengan maksimal, kamu dapat menyewa pemandu wisata dengan biaya sebesar Rp150.000 untuk tiap kelompok yang terdiri dari 5 orang.

Pantai Tiga Warna terbuka untuk umum mulai pukul 06.00–18.00 WIB dan akan ditutup setiap hari Kamis sebagai upaya konservasi oleh pengelola. Selain itu, jumlah pengunjung pun dibatasi sebanyak 100 orang per hari sebagai upaya menjaga alam di area pantai.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Malang yang Seperti di Luar Negeri

Lokasi & Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Lokasi & Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Sumber: Leah Kelley via Pexels

Pantai Tiga Warna terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kamu membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 2,5 jam untuk mencapai pantai ini dari Kota Malang.

Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini dari Kota Malang, pastikan untuk mengambil arah Gadang – Turen – Pantai Sendang Biru – Pantai Goa Cina – Tempat Pelelangan Ikan – Perkampungan Warna – Clungup Mangrove Conservation (CMC). Sesampainya di CMC, kamu sudah dapat melihat pintu masuk Pantai Tiga Warna.

Kamu dapat memilih untuk masuk lewat sektor timur atau sektor barat. Jika kamu memilih sektor timur, kamu harus menggunakan perahu untuk sampai ke area pantai.

Sementara itu, jika kamu memilih sektor barat, kamu perlu menyusuri hutan mangrove dan melewati beberapa pantai lainnya hingga sampai di Pantai Tiga Warna.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Daya Tarik Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Daya Tarik Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Sumber: malangstrudel.com

Berbeda dengan pantai lain di Malang yang ombaknya cenderung besar, Pantai Tiga Warna memiliki kondisi air laut yang tenang dan jernih. Hal ini mendukung berbagai kegiatan menjelajahi alam bawah laut dan melihat biota-biota laut dengan lebih mudah.

Terumbu karang yang terawat baik menjadikan pantai ini rumah bagi ikan-ikan dengan berbagai warna yang cantik. Bahkan, kamu juga memiliki kesempatan untuk melihat ubur-ubur.

Berikut beberapa daya tarik dari Pantai Tiga Warna yang menambahkan keindahan dari pantai ini.

1. Renang dan Snorkeling

Para pengunjung dapat menikmati kegiatan berenang dan snorkeling. Alat snorkeling dapat disewa dengan harga Rp 25.000 per orang. Selama sesi snorkeling, pengunjung dapat menyaksikan keindahan pemandangan bawah laut, terumbu karang yang melimpah, serta berbagai jenis biota laut. Salah satu hal yang unik adalah pengalaman melihat warna air laut yang memiliki tiga warna berbeda yang bisa dinikmati langsung tanpa perlu alat bantu.

2. Berkemah

Di Pantai Tiga Warna, pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati kegiatan berkemah dengan mendirikan tenda. Biaya sewa lokasi untuk menempatkan tenda adalah Rp 25.000 per malam ditambah biaya tambahan Rp 25.000 untuk menyewa lahan tempat berkemah.

3. Trekking

Para pengunjung bisa mengeksplorasi Pantai Tiga Warna serta hutan mangrove di sekitarnya dengan pendamping wisata yang akan membimbing mereka selama perjalanan.

4. Melihat Ubur-Ubur

Di Pantai Tiga Warna, pengunjung memiliki kesempatan untuk mengamati ubur-ubur secara detil dan bahkan mengabadikannya dengan kamera tahan air. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung perlu berhati-hati karena ubur-ubur memiliki sifat menyengat.

Baca Juga: 15 Pilihan Tempat Wisata Anak di Malang yang Nyaman dan Seru

5 Tips Snorkeling di Pantai Tiga Warna

5 Tips Snorkeling di Pantai Tiga Warna

Sumber: Kindel Media via Pexels

Untuk memastikan kegiatan snorkeling di Pantai Tiga Warna berjalan lancar, pastikan untuk mengikuti tip-tip berikut:

1. Menyewa Jasa Pemandu

Selain membimbing kamu dalam memakai peralatan, pemandu juga bertugas sebagai tour guide yang akan membawamu menjelajahi alam bawah laut Pantai Tiga Warna yang belum kamu kenali.

Tak hanya itu, jika terjadi hal tak terduga seperti kram ataupun kecelakaan lainnya, pemandu profesional dapat langsung sigap bertindak. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang keselamatan selama kegiatan snorkeling.

2. Cek Peralatan Sebelum Digunakan

Pastikan bahwa peralatan yang akan kamu gunakan sudah sesuai ukuran dan layak untuk digunakan. Jika kamu tidak yakin, lebih baik untuk meminta petunjuk langsung dari pemandu.

3. Snorkeling di Pagi Hari

Snorkeling di pagi hari ternyata lebih direkomendasikan, lho. Pasalnya, air laut cenderung lebih jernih dengan kondisi angin yang tidak terlalu kencang. Kamu pun dapat berenang dengan lebih santai tanpa adanya gangguan yang berarti.

Baca Juga: Selain Alun-Alun Malang, Jangan Lewatkan 7 Destinasi Wisata Murah Meriah di Malang Berikut!

4. Jangan Tegang

Agar kamu tidak panik saat berada di dalam air, pastikan kamu sudah terbiasa bernapas menggunakan snorkel. Posisikan tubuh agar menelungkup sehingga tubuh menjadi lebih seimbang dan mampu mengapung di permukaan air.

5. Jangan Asal Menyentuh Biota Laut

Meskipun indah, biota laut bukanlah untuk disentuh. Jangan sampai kita mengganggu keseimbangan ekosistem laut hanya karena rasa penasaran. Apalagi, Pantai Tiga Warna terkenal sebagai habitat ubur-ubur. Hindari kontak dengan hewan ini jika tidak mau tersengat!

Liburan di Malang Jadi Lebih Hemat dengan Bobopod!

bobobox

Daripada dihabiskan untuk akomodasi, lebih baik kamu memanfaatkan bujetmu untuk berbagai aktivitas lain. Untuk itu, Bobopod Alun-Alun Malang adalah solusi akomodasi hemat yang aman, nyaman, dan praktis.

Karena terletak di area Alun-Alun Malang, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan wisata dan kuliner populer hanya dengan berjalan kaki saja. Tanpa pusing memikirkan moda transportasi, kamu bisa mengakses semuanya dengan mudah.

Selain itu, dengan sistem kode QR yang canggih, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat dibanding hotel kebanyakan. Plus, dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobopod, kamu pun bisa istirahat dengan tenang. 

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: @pantaitigawarna via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles