tempat wisata di solok

Yuk Lihat 15 Pilihan Tempat Wisata di Solok

Sumatra Barat tidak hanya terkenal dengan rendangnya, tapi juga aneka wisata menariknya yang sayang dilewatkan. Beberapa di antaranya bisa kamu jumpai di Solok.

Lantas, apa saja sih, tempat wisata di Solok yang menarik untuk dikunjungi? Simak lima belas di antaranya berikut ini!

Sekilas Mengenai Solok

Sekilas Mengenai Solok

Sumber: solokkota.go.id

Solok merupakan kabupaten serta kota di Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya terbilang strategis karena berada di persimpangan antar provinsi dan kabupaten/kota, sehingga kawasan ini pun dilewati jalur Jalan Lintas Sumatra.

Wilayah Solok sendiri berbatasan dengan Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sawahlunto, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Dari segi geografis, Solok berada di ketinggian 400–1.700 mdpl sehingga topografi dan suhunya pun sangat bervariasi, mulai dari dataran rendah, lembah, bukit, hingga gunung dengan suhu di angka 18-30

Mata pencaharian penduduknya tak kalah beragam. Salah satu yang paling mendominasi adalah pertanian, yang menjadikan Solok salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatra Barat. Komoditasnya dikenal dengan nama Bareh Solok alias beras Solok.

Dari segi pariwisata, Solok juga tidak perlu diragukan lagi. Kawasan satu ini menyuguhkan aneka wisata menarik untuk dikunjungi, termasuk lima danau dengan pemandangan menakjubkan.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu

15 Tempat Wisata di Solok

Kabupaten Solok menyuguhkan beragam wisata populer nan menyenangkan yang bisa dinikmati semua kalangan. Inilah lima belas di antaranya!

1. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin

Sumber: Denny Aulia via Google Maps

  • Alamat: Jalan Datuk Perpatih Nan Sebatang, Desa Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok
  • HTM: Gratis

Salah satu wisata religi yang bisa kamu jumpai di Solok adalah Masjid Agung Al-Muhsinin. Dengan arsitektur bangunannya yang ikonis seperti Masjidil Haram, masjid ini pun menjadi simbol kemegahan Kota Solok.

Jangan heran jika banyak pengunjung datang ke sana untuk melihat keindahan bangunan megah ini. Di samping itu, tentunya banyak juga pengunjung yang datang untuk beribadah dan mengikuti berbagai kegiatan keagamaan berskala besar.

Bobocabin Bobobox

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Sumber: Denny Aulia via Google Maps

  • Alamat: Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Dengan luas mencapai 107.8 km², Danau Singkarak menjadi danau terluas di Sumatra Barat. Saking luasnya, Singkarak membentang di dua kabupaten sekaligus, yaitu Solok dan Tanah Datar.

Selama berkunjung ke tempat wisata di Solok ini, kamu akan disuguhi keindahan hamparan air serta pepohonan rimbun yang menyejukkan mata. Kamu juga berkesempatan melihat aktivitas para nelayan hingga berkeliling danau naik perahu tradisional.

3. Danau Diatas

Danau Diatas

Sumber: Syafrianto Limpur via Google Maps

  • Alamat: Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Tempat wisata di Solok selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Danau Diatas atau Danau Diateh. Danau satu ini memiliki luas sekitar 17,19 hektare, kedalaman 44 meter, dan berlokasi di ketinggian 1.566 mdpl.

Dengan ketinggian tersebut, kawasan danau pun memiliki suhu yang sangat dingin dan menyejukkan. Berpadu dengan hijaunya perbukitan dan lahan pertanian di sekitarnya, pemandangan di Danau Diatas sudah pasti akan langsung menyegarkan mata.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatra Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!

4. Danau Dibawah

Danau Dibawah

Sumber: Gusroby Solka via Google Maps

  • Alamat: Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Danau Dibawah berjarak sekitar 300 meter saja dari Danau Diatas dan hanya terpisahkan oleh sebuah bukit. Karena dekat dan luasnya pun hampir sama, kedua danau itu pun mendapat julukan Danau Kembar.

Menariknya, meski dinamai Danau Dibawah, faktanya posisi danau satu ini justru lebih tinggi dari Danau Diatas. Selain itu, airnya juga lebih dalam dengan kedalaman mencapai 309 meter.

5. Danau Talang

Danau Talang

Sumber: harry gaes via Google Maps

  • Alamat: Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp15.000

Danau Talang merupakan tempat wisata di Solok yang terletak di kaki Gunung Talang dan tidak jauh dari Danau Dibawah. Danau satu ini menyuguhkan pemandangan air jernih yang akan membuat kamu tergoda untuk mencicipi kesegarannya.

Tersedia juga perahu bagi yang ingin berkeliling, dan camping ground bagi para pengunjung yang ingin lebih lama menikmati keindahan danau.

6. Danau Tuo

Danau Tuo

Sumber: cana fri via Google Maps

  • Alamat: Desa Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Dibandingkan keempat danau sebelumnya, Danau Tuo memang tidak begitu populer dan masih belum mendapatkan sentuhan pengelolaan dari pemerintah setempat. Namun, karena hal ini juga suasana di Danau Tuo terbilang masih asri, alami, dan tenang.

Dengan luas tidak lebih dari empat kali lapangan sepak bola, danau ini menjadi spot favorit untuk healing sambil memancing.

Baca Juga: Kenali Seni Tato Budaya Asli 3 Suku Indonesia Berikut Ini!

7. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Sumber: E Sky via Google Maps

  • Alamat: Koto Gadang Koto Anau, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Saat tubuh butuh relaksasi, kamu bisa berkunjung tempat wisata di Solok yang bernama Pemandian Air Panas Bukik Gadang. Tempat wisata ini biasanya ramai di akhir pekan, terutama mulai sore hingga malam.

Air di pemandian ini konon bersumber langsung dari Gunung Talang. Pemandiannya memiliki tujuh pancuran dan kolam berendam yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Namun, ada juga jenis kolam untuk keluarga atau gabungan.

8. Gunung Talang

Gunung Talang

Sumber: Novia Harlina via liputan6.com

  • Alamat: Kecamatan Danau Kembar, Lembah Gumanti, Lembanag Jaya, dan Gunung Talang, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp15.000

Menjulang hingga ketinggian 2.597 mdpl, Gunung Talang termasuk lokasi yang cocok untuk pendaki pemula. Gunung ini terkenal dengan hamparan kebun teh serta pemandangan tiga danau, yaitu Danau Diatas, Dibawah, dan Talang.

Menjelang puncak, kamu juga akan menjumpai area hutan mati yang eksotis. Hutan ini terbakar pasca letusan gunung pada 1997 hingga menghasilkan pemandangan cantik dan unik.

9. Bukik Chinangkiek

Bukik Chinangkiek

Sumber: 010_Zainal Abidin via Google Maps

  • Alamat: Desa Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp20.000

Bukan cuma danau dan gunung, Solok juga memiliki tempat wisata dengan wahana seru. Namanya adalah Bukik Chinangkiek.

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah bukit dengan suguhan pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian, yang berpadu dengan keseruan beragam wahana bermain.

Ada sekitar 13 wahana ekstrem dan nonekstrem yang akan kamu jumpai, seperti kolam renang, roller coaster, pendulum, megatron, deep tower, kora-kora, bianglala, carousel, odong-odong, boom-boom car, ontang-anting, rainbow slide, dan big disc.

Sayangnya, beberapa wahana sudah tidak beroperasi karena rusak dan tidak terawat.

10. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

  • Alamat: Desa Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok
  • HTM: Gratis

Berlokasi di lembah yang indah, Masjid Tuo Kayu Jao merupakan tujuan wisata sejarah dan religi yang asri dan menenangkan.

Masjid ini berada di ketinggian 11.52 mdpl. Siapa pun yang datang bisa sekalian menikmati pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Bangunan masjidnya masih mempertahankan arsitektur jadul. Di sekitar masjid, kamu juga akan menjumpai taman dengan beragam tumbuhan serta sungai jernih.

11. Nagari 1000 Rumah Gadang

Nagari 1000 Rumah Gadang

Sumber: Deki Yasnova via Google Maps

  • Alamat: Desa Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Nagari 1000 Rumah Gadang merupakan kawasan kampung adat yang memiliki banyak rumah gadang sebagai daya tarik utamanya. Totalnya memang tidak mencapai 1.000 rumah, melainkan 138 bangunan yang kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1700-an.

Tempat wisata di Solok ini juga memiliki sebuah bangunan tinggi bernama Menara Songket. Dari menara ini, kamu berpeluang melihat keindahan Gunung Kerinci yang menjulang di kejauhan.

12. Sirukam Dairy Farm

Sirukam Dairy Farm

Sumber: Sirukam Dairy Farm via Google Maps

  • Alamat: Jalan Solok-Alahan Panjang KM 18, Desa Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp15.000

Sirukam Dairy Farm merupakan sebuah peternakan sapi perah dan pengolahan susu terbesar di Sumbar, sekaligus tempat wisata edukasi yang cocok untuk keluarga.

Tempat wisata di Solok ini akan mengajakmu belajar tentang peternakan dan pertanian sambil menikmati suasana alam yang asri dan menyejukkan.

Kamu juga berkesempatan melihat dan bermain dengan sapi perah, sapi daging, domba, ayam kukuak balenggek, bebek, ayam petelur, kelinci, dan merpati.

13. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang

Sumber: yunus alfatih via Google Maps

  • Alamat: Jalan Padang-Alahan Panjang, Desa Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok
  • HTM: Gratis

Kebun Teh Alahan Panjang merupakan tempat wisata di Solok yang cocok banget untuk menghilangkan sumpek. Selain hamparan teh hijau, kamu juga akan disambut dengan udara dingin yang bikin menggigil.

Tempat ini juga memiliki banyak warung yang menjual aneka makanan lezat dan terjangkau. Salah satu yang wajib kamu coba adalah kerupuk opak dengan siraman kuah satai.

14. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Sumber: Dani Adesva via Google Maps

  • Alamat: Desa Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok
  • HTM: Rp10.000

Puncak Gagoan adalah bukit batu karang setinggi 400–600 mdpl yang berselimutkan rerumputan hijau. Dari puncaknya, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam dengan aliran sungai di bawahnya.

Kamu juga bisa menyaksikan indahnya Danau Singkarak yang berlokasi 8 km saja dari Puncak Gagoan. Hanya saja, akses menuju Puncak Gagoan terbilang sulit karena jalanannya yang sudah rusak di sana sini dan pendakiannya benar-benar menguras tenaga.

15. Pulau Belibis

Pulau Belibis

Sumber: mutia andina via Google Maps

  • Alamat: Jalan Solok-Simpang Tanjung Nan IV, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Solok
  • HTM: Mulai dari Rp10.000 per wahana

Pulau Belibis memadukan keindahan alam di ketinggian dengan beragam wahana seru, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Ada flying fox, kolam renang, kolam pancing, ayunan, bebek kayuh, kuda, taman, hingga camping ground. 

Baca Juga: Simak 11 Fakta Danau Toba yang Belum Banyak Diketahui

Saksikan Keindahan Danau Toba di Bobocabin Kaldera!

Saksikan Keindahan Danau Toba di Bobocabin Kaldera!

Wisata ke Sumatra tentu kurang lengkap tanpa mengunjungi Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia yang pesonanya tidak terelakkan. Saat berkunjung, carilah penginapan yang dapat menyuguhkan pemandangan menakjubkan tersebut, seperti Bobocabin Kaldera.

Bobocabin terletak di The Kaldera Nomadic Escape dan menawarkan kabin modern dengan fasilitas mumpuni, seperti fitur Smart Window, campfire & BBQ, board games, dan banyak lainnya.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Arle Stephanie via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles