fakta rambut beruban

Masih Muda tapi Rambut Sudah Beruban? Jangan Panik, Intip 7 Fakta Rambut Beruban Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Memiliki rambut beruban di usia muda menjadi kekhawatiran tersendiri bagi seseorang. Sebab, umumnya uban tumbuh di rambut seseorang yang sudah tua. Kekhawatiran ini menjadi rasa malu juga karena banyak yang menjadi olokan sekitarnya. Dikatakan “seperti nenek-nenek” lah, “masih muda udah tua” lah, dan lain sebagainya.

Hal tersebut akhirnya membuat seseorang insecure dan mulai mengecat rambutnya untuk menutupi uban. Selain itu, uban juga dianggap menjadi pengganggu penampilan. Padahal, rambut beruban itu faktanya bukan tergantung dari usia, lho! Bahkan anak kecil pun mungkin untuk memiliki uban di rambut.

Kali ini Bob akan membahas tentang fakta-fakta terkait rambut beruban. Yuk, simak ulasan faktanya berikut ini!

7 Fakta Rambut Beruban

Secara ilmiah, tumbuh uban di rambut itu normal dan alamiah. Uban bukan penanda tua atau mudanya seseorang. Namun, kadar melanin atau zat warna alami pada rambutmu berkurang. Sehingga ketika rambut baru tumbuh, dia tidak mendapatkan melanin.

Dengan begitu, kekurangan melanin menjadi faktor utama rambut beruban. Berikut beberapa fakta lainnya terkait rambut beruban yang perlu kamu ketahui!

1. Faktor Genetik dan Ras

Rambut beruban bukan hanya tumbuh pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Di belahan dunia lain dan bahkan di Indonesia, banyak anak kecil hingga remaja yang memiliki uban. Hal tersebut disebabkan oleh gen dan ras seseorang.

Pasti kamu pernah melihat orang asing berambut abu atau putih kan? Itu bukan berarti dia beruban, tapi memang genetik dan rasnya memiliki pigmen tersebut. Lain halnya dengan ras Asia atau Afrika yang memiliki pigmen rambut hitam.

Selain itu, genetik dan ras juga dapat menentukan kapan seseorang tumbuh uban. Umumnya, ras Kaukasia dan Asia akan beruban di usia pertengahan 30-an. Sementara Afrika-Amerika beruban di usia 40-an.

rambut berubah faktor genetik

sumber: pexels.com/@elijahsad/

2. Stress Menyebabkan Rambut Beruban

Faktor penyebab rambut beruban berikutnya adalah stress. Mengapa bisa? Dilansir dari situs kesehatan, peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara stress dan tumbuhnya uban. Robert Lefkowitz menemukan bahwa mekanisme respon tubuh saat stress yang memilih antara lawan atau lari (fight or flight) yang diproduksi jangka panjang dapat merusak DNA.

Kerusakan DNA akibat stress tersebut dapat menyebabkan penuaan dini dan rambut beruban. Biasanya, kasus seperti ini banyak ditemukan pada orang-orang yang bekerja dan mahasiswa. Jadi, jika kamu menemukan uban di rambutmu di usia muda, bisa jadi kamu sedang stress.

orang sedang stres

sumber: pexels.com/tima miroshnichenko


Baca Juga: Ingin Mewarnai Rambut Sendiri Tapi Takut Gagal? Ikuti 10 Tips Mewarnai Rambut Sendiri Berikut Ini!


3. Lebih Kasar Dibanding Rambut Lainnya

Fakta berikutnya adalah helaian uban memiliki tekstur yang berbeda dengan rambut biasa. Uban cenderung lebih kasar dan rapuh. Hal itu disebabkan kekurangan melanin yang juga membuat produksi sebum menjadi lebih sedikit.

Sebum merupakan minyak alami rambut yang membuat tekstur rambut licin dan lembut. Kekurangan sebum menyebabkan helaian uban menjadi lebih kering dan kasar, serta rapuh. Oleh sebab itu, jika rambutmu beruban, uban tersebut akan lebih muda patah dan berjatuhan.

rambut beruban lebih kasar

sumber: tokopedia.com

4. Pola Makan yang Buruk Memicu Tumbuh Uban Lebih Cepat

Jika rambut beruban di usia muda, coba cek lagi kebiasaan makanmu. Bisa jadi pola makanmu kurang sehat. Apa hubungannya? Rambut juga butuh nutrisi sama halnya dengan tubuh. Jika kamu keseringan makan makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan jarang makan buah serta sayur, jangan harap rambutmu sehat.

Sebab, pola makan yang buruk ternyata dapat mempercepat tumbuhnya uban. Rambut yang kekurangan vitamin dan biotin, terutama B12, membuat rambutmu rusak dan bahkan tumbuh uban. Pastikan kamu mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup ya untuk menutrisi rambutmu!

fast food

sumber: doktersehat.com


Baca Juga: Menyuburkan Rambut Hingga Menyembuhkan Luka, Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri Bagi Tubuhmu!


5. Penggunaan Gel Rambut dan Hair Spray

Penggunaan gel rambut dan hairspray yang terlalu sering menjadi penyebab tumbuhnya rambut beruban. Sebab, produk-produk tersebut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan folikel rambut rusak. Zat kimia yang terkandung di dalam hair spray dan gel rambut salah satunya hidrogen peroksida. Zat tersebut dapat menyebabkan produksi melanin berkurang dan rambut mulai memutih.

Selain uban, produk penata rambut juga dapat menyebabkan rambut mudah rapuh dan kering. Lalu, mengecat rambut dan keramas terlalu sering juga dapat mempercepat tumbuhnya uban, lho! Intinya, rambut akan cepat rusak karena terpapar banyak zat kimia yang menghambat zat alami rambut bekerja. Oleh sebab itu, sebaiknya, kurangi penggunaan gel rambut atau hair spray pada rambutmu agar tidak cepat ubanan di usia muda ya!

rambut beruban penggunaan gel rambut

sumber: pexels.com/karolinag

6. Kebiasaan Merokok

Fakta selanjutnya adalah ada keterkaitan antara kebiasaan merokok seseorang dengan tumbuhnya uban di rambut. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa merokok identik dengan penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Hal tersebut terutama terjadi pada orang yang berusia di bawah 30 tahun. Berdasarkan temuan, persentase perokok sebanyak 2,5% kali lebih rentan memiliki uban di rambut dibandingkan bukan perokok. Kurangi intensitas merokok atau cobalah berhenti merokok jika kamu tidak kepalamu ditumbuhi banyak uban.

rambut beruban karena kebiasaan merokok

sumber: koalisibebastar.com


Baca Juga: Jaga Keindahan Dan Kesehatan Rambutmu Dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!


7. Semakin Dicabut Semakin Banyak

Hal yang satu ini adalah mitos keliru yang beredar di masyarakat. Sebab, berdasarkan fakta, setiap folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut hanya tumbuh satu rambut. Sehingga mencabutnya tidak akan membuat uban lainnya tumbuh.

Selain itu, mencabut satu helai uban pada satu folikel tidak akan berpengaruh pada folikel lain di sekitarnya. Meskipun begitu, perlu diingat untuk jangan terlalu sering mencabuti uban di kepalamu ya. Sebab, hal itu bisa merusak folikel bahkan menghentikan produksi rambut di area tersebut. Akibatnya kamu malah jadi botak. Jadi, kamu pilih rambut beruban atau kebotakan?

Itulah fakta-fakta tentang rambut beruban yang perlu kamu ketahui. Setelah membaca semuanya, apakah kamu masih insecure karena di rambutmu tumbuh uban? Kamu bisa hindari faktor-faktor penyebab tumbuhnya uban dengan rutin merawat rambutmu dan jaga asupan nutrisi. Dengan begitu, setidaknya kamu bisa menghentikan atau mengurangi tumbuhnya uban di rambutmu.

rambut berubah mencabut rambut

sumber: freepik.com/freepik

Hindari stress dengan staycation nyaman dan ramah budget di Bobobox!

Menurut pembahasan di atas, salah satu faktor tumbuhnya uban adalah stress. Selain karena rutinitas pekerjaan, stress juga bisa disebabkan oleh kurangnya waktu untuk healing. Cobalah luangkan waktu dan libur sejenak dari rutinitas agar rambutmu gak cepat beruban.

Pilih tempat staycation yang nyaman, fasilitas lengkap, dan tentunya ramah di kantong. Supaya kamu gak tambah stress saat melihat tagihan penginapan. Tidak usah bingung, staycation aja di Bobobox! Kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang asyik dengan harga yang super affordable.

Kamar berupa pods di Bobobox sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi, speaker bluetooth, kasur yang empuk, dan pendingin ruangan. Jadi kamu bisa menikmati staycation-mu dengan nyaman. Dengan begitu, dijamin stress-mu hilang deh!

Kamu bisa kunjungi Bobobox di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Tunggu apa lagi? Segera booking dan unduh aplikasi Bobobox untuk informasi selengkapnya dengan klik link ini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles