pantai trisik kulon progo

Daya Tarik Pantai Trisik Jogja, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Yogyakarta terkenal dengan budaya dan keindahan alam yang kaya serta memukau. Ada berbagai destinasi wisata yang menarik perhatian para pelancong. Pantai Trisik, misalnya, adalah surga pantai yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pantai ini memiliki pasir hitam yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan alam yang menawan. Dalam artikel kali ini, Bob akan membahas lebih lengkap pesona Pantai Trisik Kulon Progo dari mulai lokasi, tiket masuk, hingga fasilitas yang tersedia.

Yuk, simak!

Sekilas Mengenai Pantai Trisik dan Keindahannya

Sekilas Mengenai Pantai Trisik dan Keindahannya

Sumber: pilar.id

Pantai Trisik adalah salah satu destinasi wisata bahari yang menakjubkan di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Karakteristik uniknya terletak pada pantainya yang landai dan berpasir hitam.

Selain itu, Pantai Trisik Kulon Progo juga berperan sebagai pusat konservasi penyu di Kabupaten Kulon Progo, dan memiliki berbagai daya tarik lainnya. Kamu dapat merasakan liburan yang berkesan dengan berjalan-jalan, bersantai, dan berfoto-foto di Pantai Trisik Jogja ini.

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

Rute Lokasi dan Alamat Pantai Trisik

Rute Lokasi dan Alamat Pantai Trisik

Sumber: kumparan.com

1. Rute Lokasi

Untuk menuju Pantai Trisik dari Kota Yogya, kamu dapat memulai perjalanan dari pusat kota dan memilih jalur Bantul–Purworejo. Opsi aksesnya bisa melalui Jalan Parangtritis atau Jalan Imogiri.

Selama perjalanan, kamu akan melintasi daerah Srandakan, sebuah kota kecil yang menjadi titik referensi penting dalam perjalanan.

Dari sana, kamu akan lanjut menuju Brosot dan mengikuti petunjuk arah ke Pantai Trisik, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari daerah tersebut.

2. Alamat

Pantai Trisik terletak di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sisi timur pantai ini adalah muara Sungai Progo, yang merupakan batas alami antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Trisik

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Trisik

Sumber: direktoripariwisata.id

1. Harga Tiket Masuk

Berwisata ke Pantai Trisik akan memberikan pengalaman berbeda berkat suasana pesisir pantainya yang sederhana. Kamu bisa bersantai menikmati ombak, menyaksikan kawanan penyu naik ke daratan untuk bertelur, hingga bertemu dengan kawanan burung yang tengah bermigrasi.

Seluruh keseruan tersebut bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orangnya, plus biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Tarif parkir tersebut meliputi:

  • Kendaraan roda dua atau motor: Rp2.000
  • Mobil: Rp10.000
  • Minibus: Rp20.000
  • Bus: Rp30.000

2. Jam Operasional

Pantai Trisik buka sepanjang waktu tanpa jam operasional yang tetap, jadi kamu dapat datang kapan saja.

Namun, jika kamu berencana untuk membeli ikan segar, disarankan untuk mengunjungi pantai sebelum pukul 7 pagi. Pada waktu ini, para nelayan baru saja sampai di tepi pantai sambil membawa hasil tangkapan laut segar.

Baca Juga: Termasuk Hidden Gem, Ini Dia 10 Pantai Tersembunyi di Jogja yang Jarang Orang Tahu

Fasilitas Pantai Trisik

Fasilitas Pantai Trisik

Sumber: IDNTimes Jogja

Meskipun Pantai Trisik terletak agak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, fasilitas pendukungnya cukup memadai. Fasilitas-fasilitas ini diharapkan mampu memberi rasa nyaman bagi setiap wisatawan atau pengunjung yang datang.

1. Area Parkir Luas

Salah satu tantangan utama saat berkunjung ke destinasi wisata adalah menemukan tempat parkir yang aman dan nyaman. Di Pantai Trisik, masalah ini diatasi dengan tersedianya area parkir yang cukup luas.

Area parkir ini mampu menampung berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, hingga bus pariwisata.

2. Toilet Umum dan Kamar Bilas

Setelah bermain di pantai atau beraktivitas di sekitar area pantai, pengunjung dapat menggunakan fasilitas toilet umum dan kamar bilas yang telah disediakan.

3. Musala

Bagi pengunjung Muslim, Pantai Trisik juga menyediakan musala yang dapat digunakan untuk menjalankan ibadah salat.

4. Warung Makan

Setelah beraktivitas di pantai, kamu mungkin akan merasa lapar. Terdapat berbagai warung makan di sepanjang Pantai Trisik dengan berbagai hidangan laut lezat dan lainnya. Kamu dapat menikmati hidangan segar dengan latar belakang suara ombak yang menenangkan.

5. Pasar Pelelangan Ikan

Salah satu hal yang menarik di Pantai Trisik adalah pasar pelelangan ikan yang ada di sana. Kamu berkesempatan memilih bahan makanan laut segar langsung dari sumbernya.

Ini adalah pengalaman yang unik dan menarik, terutama kalau kamu ingin merasakan budaya lokal dan menyantap hidangan laut tangkapan warga setempat secara langsung.

Baca Juga: Rekomendasi Belanja Oleh-Oleh Khas Jogja di Malioboro

Lelah Setelah Bermain di Pantai? Yuk, Menginap di Bobobox Malioboro!

Setelah menghabiskan sepanjang hari bermain di Pantai Trisik, kamu pasti akan merasa lelah. Kalau kamu ada rencana kembali ke Yogyakarta untuk melanjutkan jalan-jalan keesokan harinya, kamu bisa datang ke Bobobox Malioboro.

Hotel kapsul ini menyediakan berbagai fasilitas unggulan, termasuk kasur empuk, koneksi Wi-Fi, moodlamp, dan tentunya harga yang ramah di kantong.

Untuk melakukan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox dari Play Store atau App Store.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles