6 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

12 Tempat Makan Keluarga di Jogja dengan Nuansa Alam yang Keren

Bicara soal destinasi liburan favorit di Indonesia, Jogja emang salah satu primadonanya. 

Di Jogja, kamu bisa menemukan berbagai kuliner unik yang menggugah selera dan wisata alam yang indah. Dijamin, kamu akan betah berlama-lama di sini.

Bagi kamu yang sedang berada di Jogja atau punya agenda liburan bersama keluarga di Jogja, kamu bisa coba kunjungi beberapa rekomendasi tempat makan keluarga berikut ini!

Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Jogja

Berikut uliner Jogja yang lezat dan cocok untuk tempat makan keluarga.

1. Dapur Warna

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM 11, Pedak, Sinduharjo, Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 10.00–22.00 WIB

Rekomendasi tempat makan keluarga di Jogja yang pertama adalah Dapur Warna. Tempat makan ini berlokasi di wilayah Sleman, Jogja.

Pastikan untuk ajak keluarga kamu makan di restoran yang satu ini karena tempatnya unik dan nyaman.

Jika kamu datang bersama anak-anak, tempat makan ini dilengkapi dengan fasilitas edutainment. Terdapat area bermain sambil belajar yang dapat dipakai anak-anak. 

Beberapa pilihan kuliner yang bisa kamu pesan saat berkunjung ke Dapur Warna di antaranya adalah gado-gado, penyetan, mi yamin, dan aneka nasi goreng. 

Jangan lupa juga untuk mencoba menu khas Timur Tengah seperti nasi kebuli ataupun makanan Asia, ditemani dengan berbagai pilihan minuman kekinian seperti bubble tea dan mojito.

2. Sego Bebek Kosek

Sego Bebek Kosek

Sumber: Sego Bebek Kosek

  • Alamat: Jalan Herman Yohanes Nomor 3, Sagan, Gondokusuman, Yogyakarta (seberang Timur Galeria Yogyakarta)
  • Jam operasional: 11.00–22.00 WIB

Jika kamu bosan mencicipi kuliner olahan daging ayam, maka kamu bisa banget coba sambangi Sego Bebek Kosek di Gondokusuman, Jogja.

Tempat makan ini ramai dikunjungi wisatawan salah satunya berkat kulit bebek gorengnya yang renyah, serta dagingnya yang lembut.

Agar makan jadi makin nikmat, jangan lupa taburi kremesan di atas nasi hangat ditemani sambal kosek pedas.

Semua kenikmatan ini bisa kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek Rp25.000 untuk satu porsinya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

3. Balakosa Coffee & Co.

  • Alamat: Jalan Kedawung, Nologaten Caturtunggal, Depok Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 10.00-00.00 WIB

Liburan ke Jogja rasanya kurang lengkap tanpa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang megah.

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi, kamu bisa coba kunjungi salah satu kafe sekaligus coworking space nyaman di Jogja berikut ini

Balakosa Coffee & Co. menawarkan berbagai jenis makanan, camilan, dan tentunya aneka olahan kopi manual brew yang nikmat.

Cocok banget deh, dinikmati bersama keluarga saat liburan ke Jogja! 

4. Alive Fusion Dining

Alive Fusion Dining

Sumber: ShopBack

  • Alamat: Jalan Timoho Nomor 49, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 09.00-00.00 WIB

Ingin mencicipi makanan ala western dengan pemandangan yang cantik dan kenyamanan maksimal di sekitar Jogja?

Coba kunjungi Alive Fusion Dining yang berlokasi di Gondokusuman, Jogja. Di sini, kamu bisa memesan berbagai menu khas dari berbagai negara, lho!

Beberapa pilihan menu yang bisa dipesan adalah steak, pasta, nasi goreng, olahan mi, dan masih banyak lagi.

Ingin makan sore dengan view cantik? Kamu bisa nikmati BBQ party outdoor bersama keluarga di rooftop lantai 3 untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan! 

5. Waroeng Watoe Gadjah

  • Alamat: Jalan Plumbon Raya, Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 07.00-22.00 WIB

Berikutnya, kamu wajib banget kunjungi Waroeng Watoe Gadjah di daerah Sleman, Jogja.

Jika kamu sedang liburan bersama keluarga besar, maka tempat makan keluarga di Jogja ini sangat cocok kamu kunjungi.

Tempat ini dikenal luas dan asri, plus dikelilingi dengan taman dan pepohonan yang bikin suasana makin nyaman.

Jika kamu membawa serta anak-anak, kamu bisa mengajak mereka bermain di sekitar aliran sungai kecil di tengah kawasan yang Instagrammable.

6. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

Sumber: infojogja24.com

  • Alamat: Desa Wisata Bromonilan, Purwomartani, Kalasan Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 08:00-17.00 WIB

Terakhir, kamu bisa coba kunjungi Joglo Pari Sewu yang dikenal sebagai salah satu tempat wisata sekaligus kuliner yang cukup hit.

Kamu akan betah berlama-lama di Joglo Pari Sewu karena bisa melakukan berbagai jenis aktivitas di sini: menikmati suasana pedesaan, berenang di sungai, menyewa floaties, berfoto di rumah boneka, dan menyantap berbagai aneka makanan Indonesia.

Berbagai pilihan menu makanan yang bisa kamu coba cicipi adalah semur jengkol, buntil pepaya, ayam areh, oseng kembang kates, dan masih banyak lagi.

7. De Mangol View

  • Alamat: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam operasional: 1.00 – 21.00 WIB.

De Mangol View merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang menawarkan area makan, tempat berfoto, serta pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Menghabiskan akhir pekan di tempat ini bersama keluarga merupakan pilihan yang sangat tepat.

Untuk masuk ke De Mangol View, pengunjung akan dikenai biaya tiket sekitar 20 hingga 35 ribu rupiah. Restoran di sini terjaga kebersihannya dan menyajikan hidangan yang lezat. Pilihan menu makanan mencakup hidangan seperti calamary kecak, mozzarella bitterballen, potato salt egg, de mangol fried rice, dan banyak lagi.

Tersedia juga pilihan menu yang mewakili kuliner khas Jogja dan hidangan dari seluruh Nusantara seperti mendoan, sei sapi, sop iga, sop buntut, rawon, wedang secang, jahe susu, kopi jos, dan bajigur. Untuk para pencari spot foto Instagramable, De Mangol View menyediakan teras kaca, area dengan bean bag, dan sudut spot triangle. Fasilitas lainnya yang ada meliputi mushola, hiburan live music, layanan BBQ, area parkir, dan toilet.

Baca Juga: 7 Tea House Yogyakarta, Rasakan Pengalaman Ngeteh Paling Autentik

8. Kopi Legi Jogja

  • Alamat: Jl. Kenanga No.8, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam operasional: 09.00 – 21.30 WIB.

Restoran ini menawarkan area yang luas dan semi-terbuka dengan suasana pedesaan yang mempunyai khas sendiri. Daerah sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambahkan nuansa yang segar.

Rentang harga untuk makanan dan minuman berkisar antara 5 hingga 45 ribu rupiah. Harganya cukup terjangkau dan rasa makanannya pun lezat dan menggugah selera.

Area makanannya terdiri dari saung-saung bambu, dan menu yang disajikan adalah hidangan khas Nusantara dalam format prasmanan. Beberapa contoh hidangan di restoran ini termasuk rica-rica menthok, ayam, bebek, sop buntut, berbagai hidangan seafood, ikan air tawar, dan lainnya.

Bobobox Maximum Comfort Banner

9. Warung Kopi Klotok

  • Alamat: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam operasional: 07.00 – 21.30 WIB.

Siapa yang gatau Warung Kopi Klotok? Tempat yang sudah menjadi destinasi wisatawan di Yogjakarta.Tempat makan keluarga ini di Jogja hampir tidak pernah sepi pengunjung, selalu ramai setiap harinya. Bahkan, jika kamu datang pada akhir pekan atau saat musim liburan, Anda harus rela untuk mengantre.

Warung Kopi Klotok menawarkan suasana alam pedesaan di mana kamu dapat menikmati pemandangan sawah yang hijau sambil menikmati hidangan. Menu makanannya mengusung cita rasa desa, seperti sayur lodeh, sego megono, tempe garit, telur dadar krispi, tahu bacem, pisang goreng, pindang goreng, kopi klotok, dan sebagainya.

Meskipun menu makanannya mengusung cita rasa pedesaan, namun rasa makanannya begitu nikmat di lidah. Harga-harganya pun sangat terjangkau, berkisar antara 2 hingga 15 ribu rupiah. Tidak mengherankan jika warung makan ini selalu dipenuhi oleh banyak orang.

10. Omah Ijo Bakmi Jawa

  • Alamat: Jl. Pakem – Turi No.23, Klarangan, Harjobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Jam operasional: 06.00 – 22.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, Omah Ijo Bakmi Jawa menawarkan berbagai varian menu mie yang mirip dengan warung bakmi Jawa di Jogja pada umumnya, mulai dari bakmi goreng, bakmi godog, magelangan, hingga rica-rica. Di samping itu, tempat ini juga menyajikan hidangan khas desa seperti opor ayam, brongkos, ayam, mangut lele, ikan nila, dan lain sebagainya.

Untuk minuman, tersedia pilihan kopi, jahe susu, wedang uwuh, wedang secang, teh manis, jeruk, dan berbagai jenis minuman lainnya. Area tempat makan ini luas dan suasana yang alami, cocok untuk menikmati makanan bersama keluarga.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta Saat Menginap di Bobobox Malioboro

11. Waroeng Pohon Omah Sawah

11. Waroeng Pohon Omah Sawah

Sumber: Amazonaws.com

Waroeng Pohon Omah Sawah, terletak di wilayah selatan Jogja, tepatnya di Bantul dengan alamat Jl. Parangtritis No. KM. 6, RW. No. 217, Glondong, Panggungharjo, Kec. Sawon, Kabupaten Bantul, DIY, merupakan destinasi yang ideal untuk keluarga. Suasana rumah makan yang nyaman dengan konsep “garden resto” ditemani oleh hijaunya pepohonan, menciptakan udara sejuk yang menambah kenyamanan.

Tempat ini menawarkan beragam hidangan lezat makanan khas Indonesia, dengan menu andalannya, ingkung ayam, di mana ayam kampung dimasak utuh dengan bumbu opor, kelapa, dan daun salam. Waroeng Pohon Omah Sawah melayani pengunjung setiap hari dengan jam buka pukul 10.00 – 20.00 WIB.

12. Mbah Bayan Cofee and Kitchen

12. Mbah Bayan Cofee and Kitchen

Sumber: alexandra.bridestory.com

Mbah Bayan Jogja merupakan pilihan kuliner yang ideal, terutama bagi mereka yang menginginkan pengalaman bersantap dalam suasana yang tenang. Restoran ini menawarkan lingkungan outdoor dengan nuansa alam, dilengkapi dengan saung kayu estetik sebagai tempat makan yang menarik bagi para pengunjung.

Beragam menu makanan yang disajikan di Mbah Bayan Jogja menggoda selera dengan cita rasa yang lezat dan nikmat. Beragam kuliner nusantara seperti ayam bakar madu utuh, nasi goreng, mie goreng, patin, gurame, nasi bakar, pisang goreng, dan masih banyak lagi tersedia.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod Malioboro!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Malioboro!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan selama libur lebaran.

Kamu bisa lakukan kegiatan jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopod. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobopod.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

 

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara putri 

Foto header: Wisataku.blog

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles