Sumber: Dani Adesva via Google Maps

Cobain 10 Oleh-Oleh Khas Bontang Ini!

Akhir-akhir ini, Kalimantan sedang trending karena upaya pemerintah untuk mengalihkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Rencana ini diharapkan membantu meningkatkan distribusi layanan publik, memperkuat kehadiran pemerintah di pulau Kalimantan, serta memindahkan fokus pariwisata ke Kalimantan.

Bicara soal pariwisata, sebelum pemindahan ibu kota, pulau ini sudah cukup ramai dikunjungi. Banyak destinasi wisata Kalimantan yang memikat, seperti Taman Nasional Tanjung Puting dan Pasar Terapung Lok Baintan.

Selain itu, oleh-oleh dari Kalimantan pun tak kalah menarik, tidak terkecuali dari Kota Bontang. Ingin tahu apa saja? Yuk, kita teliti oleh-oleh Bontang satu-satu di bawah ini!

Sekilas Mengenai Bontang

Sekilas Mengenai Bontang

Foto: consigliere ivan via Wikimedia Commons

Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur. Berorientasi bidang industri dan jasa perdagangan, kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, menjadikannya kota satelit para pelancong atau pekerja dari Kutai.

Sejarah kota Bontang dimulai sejak lama, tepatnya pada 1920 ketika kotanya ditetapkan sebagai Desa Bontang atau Onder Van Bontang District dalam bahasa Belanda. Pada saat itu, Bontang dipimpin oleh seorang pembantu wedana yang juga seorang ulama di pemerintahan Sultan Kutai Kartanegara ke-19 (1921–1960).

Di sektor wisata, daerah pantai dengan pasir putih yang bersih dan landai merupakan daya tarik utama Kota Bontang. Contohnya adalah Bontang Kuala, sebuah perkampungan nelayan di pinggir pantai yang sedang dikembangkan sebagai objek wisata.

Tempat wisata Bontang terkenal lainnya adalah Pulau Beras Basah, Pulau Segajah, Rumah Adat Kutai Guntung, Lembah Asri, Pantai Marina, Kenari Water Park, dan masih banyak lagi.

Urusan kuliner, Bontang tak kalah pamor dengan kota-kota lainnya. Ia tersohor dengan hidangan seafood-nya, seperti gammi bawis yang dibuat dari kerang, cumi, dan udang, serta baronang bakar yang gurih dan pedas. Duh, pokoknya selalu ingin tambah!

Bobobox Maximum Comfort Banner

10 Oleh-Oleh Khas Bontang

Kalau kamu ada kesempatan berkunjung ke Bontang, ini dia sepuluh oleh-oleh khas Bontang yang bikin jatuh cinta:

1. Amplang Ikan

Amplang Ikan

Foto: kobarku.blogspot.com

Amplang ikan adalah oleh-oleh Bontang berbentuk makanan ringan yang populer di kalangan wisatawan. Amplang dibuat dari daging ikan tenggiri yang dicampur rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan garam. Adonan ini lalu di-press dan dipanggang hingga kering.

Keunikan amplang ikan terletak pada cita rasanya yang gurih. Cocok banget dimakan bersama nasi putih hangat atau lauk-pauk lainnya!

Baca Juga: Wajib Coba, Inilah 15 Kuliner Medan Halal yang Menggugah Selera

2. Gula Gait

Gula Gait

Foto: The Asian Parent

Gula gait, produk gula kelapa khas Bontang, dihasilkan melalui proses pengolahan yang mempertahankan cita rasa alami kelapa. Cairan dari kelapa diambil lalu difermentasi dan direbus hingga membentuk kristal gula.

Gula gait memiliki aroma khas kelapa dengan rasa manis yang lebih lekat, menjadikannya pilihan oleh-oleh khas Kalimantan yang autentik. Kamu bisa menemukan permen manis ini di mana-mana, termasuk pasar tradisional atau supermarket.

3. Mantau Bontang

Mantau Bontang

Foto: Youtube Nikmatul Rosidah

Oleh-oleh Bontang selanjutnya adalah mantau. Bukan, ini bukan mantau dari Tiongkok, Sahabat Bob. Mantau di Bontang adalah roti kukus atau panggang yang buat dengan menggunakan resep warisan turun temurun.

Adonannya memiliki tekstur padat tapi lembut di dalam, dan kulit yang renyah di luar. Variasi isiannya komplet, seperti keju, cokelat, atau selai yang lezat.

4. Bakpia Bontang

Bakpia Bontang

Foto: The Asian Parent

Bapkia tidak hanya bisa kamu temukan di Yogyakarta. Kamu juga bisa menemukannya di Bontang, lho. Kue tradisional ini memiliki kulit yang tipis dan isian yang lembut. Berbeda dengan bakpia Yogyakarta yang kecil, bakpia Bontang dibuat lebih besar dan tebal.

Oleh-oleh satu ini diproduksi menggunakan bahan-bahan berkualitas dan diisi dengan kacang hijau atau ubi. Tekstur lembut kulitnya dan rasa manis isian kacang hijau menciptakan harmoni cita rasa yang istimewa!

5. Onde Onde Ubi Ungu

Onde Onde Ubi Ungu

Foto: rumahkuebrowniestalkuda via Instagram

Kamu penggemar ubi ungu? Kalau begitu, yuk, kunjungi Bontang untuk mencoba onde-onde khasnya. Warna ungu yang mencolok dan rasa ubi yang khas menjadikan onde-onde ini pilihan yang lezat sekaligus mencuri perhatian!

Yup, alih-alih menggunakan adonan biasa, onde-onde dari sini dibuat dari ubi ungu sebagai dasar kulitnya. Isiannya sendiri bervariasi, mulai dari ubi, kacang hijau, cokelat, sampai akhir-akhir ini muncul rasa baru, yakni matcha.

6. Bingka

Bingka

Foto: Jurnalistika

Selanjutnya, ada oleh-oleh khas Bontang favorit banyak orang, yakni bingka. Kue tradisional Bontang ini dibuat dengan mencampur kelapa parut, tepung, dan gula. Teksturnya yang kenyal dan rasa manisnya kelapa menjadikan bingka kerap dicari para pemburu kuliner.

Hal menarik lainnya dari bingka adalah aromanya yang legit. Untuk mendapatkan aroma tersebut, bingka dipanggang hingga matang menggunakan oven atau tungku tradisional.

7. Lempok Durian

Lempok Durian

Foto: Pontianak Informasi

Lempok durian adalah kudapan khas Bontang yang menggabungkan daging durian dengan tepung ketan. Rupanya memang seperti dodol Garut, hanya saja lebih lengket dan lekoh. Lempok durian biasanya dijual dalam kemasan praktis agar mudah dibawa sebagai oleh-oleh.

8. Keminting

Keminting

Foto: Senang Rekreasi

Keminting adalah makanan ringan berbentuk bulat atau lonjong yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu.

Dicampur dengan gula jawa untuk memberikan rasa manis yang aromatik, keminting sering dihidangkan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Teksturnya renyah dan cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Baca juga: 20 Makanan Khas Batak Toba yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

9. Batik Kuntul Perak

Batik Kuntul Perak

Foto: klikkaltim.com

Ingin mencari oleh-oleh Bontang yang tidak mudah basi atau kedaluwarsa? Batik Kuntul Perak jawabannya!

Batik Kuntul Perak adalah representasi seni tekstil khas Bontang yang mendunia. Melansir IDN Times, burung kuntul dipilih sebagai lambang para pendatang yang penuh semangat, sebagaimana warga setempat yang mayoritas berstatus perantau.

Dengan membeli batik kuntul perak, kamu tidak hanya memanfaatkannya sebagai kenang-kenangan, tapi juga membantu melestarikan budaya Bontang serta memperkenalkan tradisinya ke banyak orang!

10. Kaus Bertuliskan Bontang

Kaus Bertuliskan Bontang

Foto: kaosbontang.business.site

Kaus bertuliskan Bontang bukan hanya sekadar pakaian, melainkan sekaligus ekspresi identitas kota yang baru saja kamu kunjungi. Tersedia dalam berbagai desain, warna, dan ukuran, kaus ini bisa kamu temukan di mana-mana.

Bob sarankan untuk membelinya di pasar agar harganya lebih ramah di kantong!

Nginap di Bobobox Pasti Seru

Bagi Sahabat Bob yang mencari pengalaman menginap yang unik dan terjangkau, Bobopod adalah pilihan yang tepat untukmu!

Ada dua jenis akomodasi yang bisa kamu pilih, yakni Bobopod dan Bobocabin. Bobopod ditujukan bagi para pelancong yang mencari akomodasi ergonomis di tengah kota, sedangkan Bobocabin untukmu yang ingin bermalam di tengah keindahan alam.

Tunggu apalagi? Pesan lewat aplikasi dan rasakan kenyamanan tidak terbatas di Bobobox!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: welfare.id, endeus TV

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles