Cokelat Tempe

10 Oleh-Oleh Khas Ngawi Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ngawi kerap dilalui banyak orang karena berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jika kamu kebetulan akan melewati kawasan Ngawi, tidak ada salahnya untuk berhenti dan membeli beberapa oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.

Kalau kamu belum tahu mau beli apa, sepuluh oleh-oleh ini bisa jadi pilihan.

Sekilas Mengenai Ngawi

Sekilas Mengenai Ngawi

Foto: Novita Sari via Google Maps

Kabupaten Ngawi berlokasi di kawasan barat Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Grobogan, Blora, Karanganyar, dan Sragen. Dengan luas mencapai 1.298,58 km², Ngawi terbagi ke dalam 17 kecamatan dan 217 desa.

Berdasarkan topografinya, Kabupaten Ngawi terdiri dari dataran tinggi dan tanah datar dengan 40% wilayahnya berupa persawahan.

Bagian utara Ngawi merupakan perbukitan yang menjadi bagian dari pegunungan Kendeng. Sementara itu, bagian barat dayanya adalah kawasan pegunungan yang termasuk bagian dari Gunung Lawu.

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, Ngawi kerap dilalui banyak orang. Selain berada di perbatasan, Ngawi juga merupakan gerbang utama Jawa Timur jalur selatan.

Ngawi sendiri dilintasi oleh jalur utama Surabaya-Yogyakarta, jalur utama Cepu-Bojonegoro-Madiun, serta lintasan kereta Jakarta-Yogyakarta-Bandung/Jakarta. Selain itu, Ngawi juga dilalui oleh dua sungai besar, yakni Bengawan Solo dan Madiun.

Dari segi pariwisata, Ngawi menawarkan beragam wisata alam dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti:

  • Kebun Teh Jamus
  • Air Terjun Srambang
  • Srambang Park
  • Bukit Kerek Indah
  • Air Terjun Suwono
  • Air Terjun Pengantin
  • Benteng (Pendem) van den Bosch
  • Museum Trinil Ngawi
  • Pesanggrahan Srigati

Baca Juga: Bagi Kamu yang Sedang Mudik, Berikut Rest Area Terbaik di Jawa Timur

10 Oleh-Oleh Khas Ngawi

Dari jajanan tradisional hingga kerajinan, berikut ini adalah sepuluh oleh-oleh khas Ngawi yang wajib banget kamu bawa pulang!

1. Ledre

Ledre

Foto: parboaboa.com

Ledre merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di kalangan warga Jawa Timur, termasuk Ngawi. Makanan ini pun dapat dengan mudah kamu temui di toko oleh-oleh khas Ngawi.

Dari segi tampilan, ledre berbentuk seperti kue semprong atau egg roll dengan tekstur renyah. Bahan-bahannya sendiri terdiri dari tepung beras, pisang, santan, dan gula pasir. Perpaduan ini menghasilkan kue kering dengan rasa manis gurih serta aroma khas pisang.

Selain rasa pisang, kini telah hadir varian lainnya yang tak kalah lezat, seperti cokelat, stroberi, nanas, melon, dan nangka.

2. Cokelat Tempe

Sebagai daerah penghasil tempe di Jawa Timur, tidak mengherankan jika Ngawi memiliki aneka olahan tempe untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Salah satu yang cukup unik adalah cokelat tempe.  

Cokelat tempe sebenarnya tidak berbeda dengan produk cokelat kebanyakan. Hanya saja, cokelat yang biasanya memiliki isian kacang mete, almon, atau kismis diganti dengan potongan tempe yang renyah.

Selain cokelat batangan, kamu juga bisa membeli brownies dengan isian tempe alias bronte.

3. Jenang Ketan

Jenang Ketan

Foto: oleh-olehkotangawi.blogspot.com

Jenang ketan merupakan makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu temui di Ngawi. Oleh-oleh khas Ngawi ini terbuat dari bahan baku tepung beras ketan, santan, dan gula merah yang kemudian menghasilkan makanan seperti dodol. Rasanya manis dengan tekstur lembut kenyal.

Di tempat oleh-oleh, jenang ketan biasanya akan dikemas dalam wadah yang rapat sehingga bisa awet dalam waktu yang lama. Kamu bisa menyantapnya dalam segala suasana, termasuk sebagai kudapan di sore hari bersama segelas teh atau kopi hangat.

4. Dodol Jambu

Selanjutnya ada dodol jambu. Sesuai namanya, oleh-oleh khas Ngawi ini menambahkan jambu biji merah sebagai salah satu bahan utama pembuatan dodolnya.

Setelah matang, dodol jambu biasanya dibentuk lonjong dan dibungkus plastik. Setelah itu, dodolnya akan dimasukkan ke dalam besek atau wadah anyaman bambu berwarna merah jambu atau hijau.

5. Ratu Menyok

Kalau kamu ingin oleh-oleh khas Ngawi yang lebih kekinian, ratu menyok adalah pilihan yang tepat. Sekilas, ratu menyok tampak seperti kue bolu pada umumnya. Hanya saja, ratu menyok menggunakan singkong sebagai bahan dasar pembuatan kuenya.

Bahan singkong tersebut lalu dipadukan dengan gurihnya keju serta lumernya cokelat, menghasilkan kue dengan rasa lezat yang bikin nagih.

Baca Juga: Wajib Tahu! 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sidoarjo yang Tahan Lama

6. Keripik Tempe

Keripik tempe adalah olahan tempe lain yang menjadi oleh-oleh favorit dari Ngawi. Oleh-oleh satu ini biasanya tipis sehingga teksturnya amat renyah. Dari segi rasa, kamu bisa memilih varian asin, pedas, hingga manis.

Bobocabin Bobobox

7. Keripik Daun Kelor

Keripik Daun Kelor

Foto: rumah-bumn.id

Kudapan berikutnya yang bisa kamu temui di toko oleh-oleh khas Ngawi adalah keripik daun kelor.

Makanan satu ini biasanya terbuat dari bahan dasar daun kelor, tepung tapioka, terigu, bawang, dan penyedap. Selanjutnya adonan akan dikukus, dicetak, lalu dijemur di bawah sinar matahari sebelum akhirnya digoreng dan dikemas.

8. Kerajinan Bambu

Sebagai daerah dengan julukan Kota Bambu, Ngawi tentu menyediakan oleh-oleh berupa aneka kerajinan dari bambu. Di antaranya adalah anyaman bambu, lampion, perabotan rumah tangga, miniatur, kaligrafi, dan masih banyak lagi.

9. Kerajinan Kayu Jati

Selain bambu, Ngawi juga memiliki kerajinan kayu jati yang bisa menjadi buah tangan untuk dibawa pulang.

Kerajinan ini hadir dalam beragam bentuk dan ukuran dengan fungsi sebagai hiasan sekaligus peralatan rumah tangga. Ada stoples, tempat minum cup, gelas, guci kayu, mangkuk, hiasan berbentuk hewan, kaligrafi, nampan, tempat tisu, dan lainnya.

10. Batik Khas Ngawi

Batik Khas Ngawi

Foto: kampoengngawi.com

Berkunjung ke wilayah Jawa sepertinya belum lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh kain batik. Seperti daerah-daerah Jawa lainnya, Ngawi juga memiliki ciri khas motif batiknya tersendiri, seperti:

  • benteng pendem
  • bambu
  • pohon dan bunga jati
  • daun teh
  • pohon karet
  • padi
  • hewan bulus
  • kali tempuk (bertemunya dua aliran sungai, yaitu Bengawan Solo dan Madiun)
  • tulang dan manusia purba

Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Khas Sukoharjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Hotel Strategis? Bobopod Jawabannya!

https://bobobox-production-assets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/assets/hotels/bobobox-pods-kota-tua/main-pictures/phpjBDPHp

Setelah puas berwisata dan berburu oleh-oleh, Bobopod bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah, terutama bagi kamu yang ingin menginap di tengah kota.

Karena terletak di lokasi strategis, kamu akan mudah mengakses beragam fasilitas publik, termasuk stasiun, halte, atau tempat-tempat wisata hits di sekitar Bobopod.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di sejumlah kota di Pulau Jawa, termasuk Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut! 

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Cokelat Tempe Awicho via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles