toko buku

9 Rekomendasi Toko Buku di Bandung, Keren Pisan euy!

Bandung memang kota segala ada, deh. Wisata kulinernya terkenal bisa bikin kamu kalap dan lupa diet. Lalu, wisata belanjanya juga murah-murah. Belum lagi, wisata alamnya juga menyegarkan banget. Nah, kali ini Bob akan memberikan rekomendasi toko buku di Bandung.

Soalnya, Bandung juga ternyata punya banyak toko buku lokal yang punya pesona berbeda dibandingkan toko buku kebanyakan.

Ada toko buku antik dan langka yang cantik banget, cocok jadi spot foto instagramable. Kemudian, ada juga toko buku rumahan yang selalu ramai karena nyaman banget untuk membaca buku di sana berlama-lama. Enggak lupa, ada pula toko buku yang menyatu dengan toko musik lokal, jadi surga dunia buat para pencinta musik.

Penasaran mana yang harus kamu kunjungi lebih dulu? Simak dulu ulasan Bob berikut ini:

Toko Buku Bandung (@lawangbuku)

toko buku di bandung - lawang buku

Photo: bandungdiary.id

Buat pencinta buku langka, pasti kamu akan merasa seakan menemukan surga di Toko Buku Bandung yang juga dikenal sebagai Lawang Buku.

Berdiri sejak 2001 silam, Lawang Buku memiliki beragam koleksi buku langka dan antik dari berbagai genre. Kamu bisa menemukan buku-buku filsafat, komunikasi, sejarah, sastra, hingga humaniora di sana.

Kalau punya banyak waktu, kalian juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang sering diadakan di sana. Seperti Klub Buku Laswi, diskusi dan bedah buku, Gelaran Haus Buku, dan masih banyak lagi. 

Lokasi: Jalan Garut, Nomor 2, Kacapiring, Batununggal, Bandung

Jam buka: Senin – Jumat pukul 10.00 – 16.00 WIB

Baca Juga: 7 Kafe yang Cozy di Bandung ini Surganya Para Pecinta Buku

Kineruku

toko buku di bandung - kineruku

Photo: uncov.co.id

Kamu mencari toko buku bergaya homey yang enggak cuma bisa jadi tempat belanja buku, tapi juga nongkrong sambil ngobrolin buku? Kamu wajib banget datang ke Kineruku.

Kineruku adalah perpustakaan sekaligus toko buku yang terletak di sebuah rumah. Jadi bayangkan suasana rumah yang begitu hangat dan homey berkat dikelilingi rak buku dan juga sofa-sofa yang nyaman.

Serunya lagi, di sana kamu tidak hanya bisa menjelajahi koleksi buku mereka yang keren banget, tapi juga ada koleksi musik hingga film yang bisa kamu lihat gratis!

Lokasi: Jalan Hegarmanah, Nomor 52, Bandung, Jawa Barat

Jam buka: Selasa – Minggu pukul 11.30 – 17.30 WIB

Omuniuum

omuniuum

Photo: Pop Hari Ini

Tak terlalu jauh dari Kineruku, kamu bisa sekalian mengunjungi Omuniuum, sebuah toko buku dan musik yang pasti bakal jadi surga bagi para pecinta musik. Awal berdiri tahun 2007, Omuniuum hanya menjual buku. Hingga akhirnya kini kamu bisa menemukan segala sesuatu yang berhubungan musik seperti CD, kaos band, vinyl, dan merchandise musisi lokal Indonesia.

Buku yang bisa kamu temukan di sana sangat beragam. Dari berbagai genre, baik itu buku klasik maupun yang baru, ada di sana. Ominuum tidak hanya jadi toko buku dan musik saja, tapi juga pusat aktivitas skena buku dan musik Bandung.

Lokasi: Jalan Ciumbuleuit, Nomor 151, Lantai 2, Hegarmanah, Cidadap, Bandung

Jam buka: 10.00 – 21.00 WIB

Baca Juga: 12 Pasar Barang Bekas di Kota Bandung yang Bisa Kamu Kunjungi

Pasar Buku Palasari

toko buku di bandung - pasar buku palasari

Photo: bandung.bisnis.com

Palasari adalah sebuah pasar buku yang sudah jadi spot favorit buat para bibliophile Bandung. Pasar Buku Palasari memang tempat legendaris, sudah ada sejak tahun 1980-an.

Bukan tanpa alasan Palasari juga disebut sebagai pusat toko buku terlengkap di Bandung. Kamu bisa menemukan buku baru maupun buku bekas yang masih dalam kondisi bagus dan layak baca. Jangan menyerah kalau belum menemukan buku yang diinginkan, cari dan tanya saja ke semua pedagang yang ada di sana.

Ada berbagai jenis buku di sana. Mulai dari buku sekolah, non-fiksi, buku anak-anak, sampai berbagai jenis novel langka hingga terbaru pun ada. Harganya juga terjangkau banget. Psst, jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga terbaik, ya!

Lokasi: Bursa Buku Palasari, Jalan Palasari, Turangga, Nomor 45, RT10/07, Lengkong, Bandung

Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB

Togamas

toko buku di bandung - togamas

Photo: Togamas

Mau cari toko buku lengkap di Bandung yang punya harga terjangkau dan banyak diskon? Togamas jawabannya. Toko buku diskon ini memang punya banyak cabang di beberapa kota besar. Di Bandung sendiri, ada 2 cabang Toko Buku Togamas yakni di Supratman dan Buah Batu.

Enggak cuma buku, tapi tersedia pula ATK. Setiap harinya, toko ini menyediakan diskon. Lalu di hari-hari spesial, biasanya ada lagi diskon tambahan yang pasti bakal bikin kamu kalap!

Lokasi: Togamas Buah Batu, Jalan Buah Batu Nomor 178, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung. Togamas Supratman, Jalan Supratman Nomor 45, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB

Baca Juga: 7 Spot Wisata Murah Meriah di Bandung: Alun Alun Bandung sampai Taman Hutan Raya!

Toko Buku Dahlan

toko buku di bandung - toko buku dahlan

Photo: Badru Tamam Mifka via Google Photos

Kalau kamu menginap di Bobopod Alun-alun Bandung, bisa coba mengunjungi Toko Buku Dahlan, nih. Toko buku antik ini cuma berjarak sekitar 1 km aja, dan wajib kamu datangi karena termasuk salah satu yang paling legend di Bandung.

Toko Buku Dahlan juga dikenal sebagai toko buku murah di Bandung yang menyediakan kitab-kitab agama Islam super lengkap dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jalan Otto Iskandar Dinata, Nomor 522, Nyengseret, Astana Anyar, Bandung

Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 07.30 – 17.00 WIB

Pitimoss Fun Library

pitimoss fun library

Photo: kopibandung.com

Pitimoss sebenarnya adalah perpustakaan yang menyediakan koleksi puluhan ribu novel dan manga alias komik Jepang. Namun, pengunjung juga bisa membeli komik yang tersedia di sana dengan harga cukup murah, mulai dari belasan ribu saja.

Pitimoss sudah lama jadi surga buat para pencinta manga, tepatnya sejak berdiri tahun 2003 lalu. Koleksi bukunya pun sangat lengkap, dari yang terbitan lama hingga terbaru karena pihak Pitimoss selalu mendatangkan sekitar 7-8 komik baru setiap minggunya.

Kalau kamu berminat untuk meminjam buku-buku yang ada di sana, cukup mendaftar jadi anggota saja dengan membayar biaya Rp40.000 yang berlaku seumur hidup. 

Lokasi: Jalan Banda Nomor 12-S, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 20.00 WIB

Baca Juga: Mengenal 11 Perpustakaan Kota Bandung yang Nyaman

Gramedia

toko buku di bandung - gramedia merdeka

Photo: Susi Mulya Ningsih via Google Photos

Masih belum menemukan buku yang kamu cari? Coba cari ke Gramedia saja. Di Bandung, ada beberapa cabang Gramedia yang sangat lengkap. Salah satunya adalah Gramedia Merdeka.

Gramedia Merdeka adalah salah satu toko buku lengkap di Bandung yang letaknya sangat strategis, diapit oleh mall Bandung Indah Plaza (BIP) dan Bandung Electronic Centre (BEC). Kalau kamu menginap di Bobopod Dago, kamu bahkan bisa mencapainya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit aja!

Gramedia Merdeka memiliki gedung sendiri yang cukup besar, alhasil koleksinya juga lengkap banget. Mulai dari buku-buku non-fiksi, novel, komik, majalah, hingga alat tulis dan berbagai kebutuhan kantor atau sekolah ada di sana. Kalau kamu beruntung, mereka juga sering mengadakan bazar buku murah serta aktivitas pencinta buku seperti talkshow, lho.

Lokasi: Jalan Merdeka, Nomor 43, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 22.00 WIB

Periplus

periplus heritage

Photo: Periplus Bookstore Heritage via Google Photos

Kalau kamu lagi berburu buku-buku impor, bisa coba datang ke Periplus aja. Di Bandung ada beberapa cabang Periplus, salah satunya yang berlokasi strategis adalah Periplus Heritage Bandung yang bisa dicapai dalam beberapa menit saja dari Bobopod Cipaganti dan Bobopod Dago, lho.  

Periplus Heritage Bandung baru buka di akhir 2023 kemarin. Lokasinya ada di atas toko Uniqlo Heritage Bandung, tepatnya di Jalan Riau yang terkenal jadi pusat outlet fashion di Bandung. Jadi bisa sekalian belanja baju, deh. 

Lokasi: Heritage Lifestyle Hub, Jalan LLRE Martadinata Nomor 65, Lantai 2, Citarum, Bandung Wetan, Bandung

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 10.00 WIB

Baca Juga: 12 Rekomendasi Factory Outlet Terbaik di Bandung, Cocok untuk Shopaholic!

Bobopod Bandung untuk Liburan yang Nggak Bikin Kantong Bolong

bobopod bandung

 

Bandung memang jadi kota yang istimewa buat para traveller. Enggak hanya punya destinasi kuliner dan belanja yang seru, tapi juga jadi surga para pencinta buku.

Mulai dari toko buku retail besar, perpustakaan unik, hingga toko buku lokal yang punya daya tariknya sendiri ada di Bandung. Masing-masing memiliki target pasarnya sendiri. Kalau kamu, paling tertarik sama toko buku yang mana?

Kemana pun kamu berburu buku, yang pasti menjelajahi Bandung memang tak cukup hanya sehari. Biar liburan kamu tetap seru, menginap di Bobopod Bandung bisa jadi pilihan karena cabangnya tersebar di beberapa titik strategis kota. Ada Bobopod Dago, Bobopod Paskal, Bobopod Cipaganti, dan Bobopod Alun-alun Bandung.

Bobopod adalah hotel kapsul dari Bobobox yang menawarkan akomodasi nyaman dengan harga terjangkau. Setiap kapsulnya sudah dilengkapi teknologi canggih, termasuk kunci kamar dengan QR Code dan B-Pad yang bisa mengatur semua fasilitas yang ada di dalam kapsul seperti lampu, speaker, hingga WiFi.

Menginap di Bobopod Bandung enggak akan bikin kantong bolong, deh. Kamu pun bisa fokus mengalokasi dana liburanmu buat belanja buku!

Langsung aja reservasi sekarang biar enggak kehabisan. Download aplikasi Bobobox di sini, dan dapatkan informasi terbaru terkait promo dan lainnya.

 

Writer: Syifa

Header Image by: Min An via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles