rekomendasi taman di jakarta

14 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Jadi Spot Nongkrong

Siapa bilang kalau mau main di Jakarta hanya bisa ke mall atau cafe saja? Jakarta juga punya taman-taman dengan pepohonan rindang, rerumputan luas, dan juga berbagai fasilitas lain yang cocok untuk untuk jadi spot nongkrong baru.

Pilihan aktivitasnya pun enggak hanya piknik aja, tapi ada juga taman yang punya fasilitas berupa kafe, alat olahraga, permainan anak, hingga spot foto Instagramable, lho. 

Penasaran? Langsung saja simak rekomendasi taman di Jakarta dari Bob berikut ini.

Taman Martha Tiahahu

taman literasi martha christina tiahahu

Photo: Jakarta Tourism

Ini dia rekomendasi taman di Jakarta yang pertama. Taman Martha Tiahahu terletak di kawasan Blok M, salah satu kawasan nongkrong paling populer buat anak Jakata. Enggak heran kan, kalau taman ini juga jadi taman nongkrong di Jakarta yang paling ramai?

Dulunya taman ini tidak terlalu terawat. Tapi sejak direvitalisasi tahun 2022 menjadi taman literasi, taman ini justru jadi taman nongkrong malam di Jakarta favorit anak muda. Kamu bisa menemukan perpustakaan dan juga paviliun dengan meja dan kursi untuk bersantai di sana.

Kalau lapar pun enggak perlu bingung, karena di sana ada beberapa restoran, kafe, dan coffee shop kekinian dengan harga yang affordable. Jalan sedikit, kamu bisa ke kafe-kafe yang ada di kawasan Blok M Square yang memang terkenal sebagai spot nongkrong anak muda.

Letak taman nongkrong malam di Jakarta ini tepat berada di bawah Stasiun MRT Blok M. Kalau menginap di Bobobox Kebayoran Baru, kamu bahkan bisa mencapai taman ini dengan berjalan kaki!

Lokasi: Jalan Sisingamangaraja, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB

Baca Juga: 30 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta Selatan yang Paling Populer

Taman Puring

taman puring

Photo: Kompas.com

Tak terlalu jauh dari Blok M, ada Taman Puring yang jadi favorit anak-anak. Di sana, fasilitas bermain untuk anak memang super lengkap.

Mulai dari wall climbing, cargo net climbing, perosotan rocking elephant, hingga ayunan ada di sana. Banyak pula para pedagang yang menjajakan mainan anak seperti sabun balon. Anak-anak pasti betah!

Buat orang tuanya, bisa berolahraga di jogging track sambil menunggu anak bermain. Area skateboard-nya pun cukup oke untuk dipakai anak-anak muda bermain skate atau roller blade

Lokasi: Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 – 17.30 WIB

Taman Situ Lembang

taman situ lembang

Photo: IDN Times

Jangan terkecoh sama namanya, karena ini taman di Jakarta yang bagus ini bukan terletak di Lembang, melainkan di Jalan Lembang, Jakarta Pusat. Daya tarik taman ini memang berbeda dari taman di Jakarta yang lain. Di dalamnya, ada danau buatan yang sudah ada sejak zaman Belanda, lho.

Khusus buat para bibliophile, pasti bakal betah banget berkunjung ke sana karena terdapat koleksi buku yang boleh dibaca gratis oleh siapa saja. Kamu bisa menemukan dua buah rak Bookhive tersebut di jalur masuk taman.

Taman Situ Lembang bisa kamu capai dengan mudah menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau KRL. Kamu bisa turun di Stasiun Cikini. Atau agar lebih nyaman, kamu juga bisa menginap sekalian di Bobopod ITC Kuningan yang berjarak sekitar 20 menit saja.

Lokasi: Jalan Lembang Terusan, Nomor D-59, RT06/05, Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Baca Juga: Nikmati Akhir Pekanmu Bersama Orang-Orang Tersayang dengan Piknik di Spot-Spot Piknik Sekitar Jakarta Berikut Ini!

Taman Hutan GBK

taman hutan gbk - rekomendasi taman di Jakarta

Photo: Jakarta Tourism

Kawasan Gelora Bung Karno sudah jadi favorit warga Jakarta menghabiskan akhir pekan. Kalau bosan berolahraga di ingkar Stadion Utama Gelora Bung Karno, banyak juga masyarakat yang memilih kawasan Taman Hutan GBK.

Bernama Hutan Kota by Plataran, fasilitas kawasan ini enggak cuma jogging track aja tapi juga ada danau kecil yang dikelilingi rerumputan luas dan bersih yang cocok buat piknik. Kalau malas bawa makanan, ada food court juga, lho. 

Kamu bisa piknik sambil melihat pemandangan berupa deretan gedung tinggi di Jalan Sudirman. Tenang saja, kamu enggak harus membayar tiket masuk apa pun, kok.

Kawasan GBK sangat mudah dijangkau dari mana-mana. Kamu bisa naik Transjakarta atau MRT. Kalau kamu menginap di Bobopod Kebayoran Baru, cukup naik MRT dari Blok M lalu turun di Stasiun Istora dan berjalan kaki sekitar 5-10 menit. Sampai deh!

Lokasi: Pintu Tujuh Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, RT01/03, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jam buka: Senin, Rabu – Minggu pukul 06.00 – 10.00 WIB dan pukul 15.00 – 18.00 WIB

Taman Barito/Taman Ayodya

taman barito

Photo: Rumah123.com

Salah satu rekomendasi taman di Jakarta Selatan ini memang tak terlalu luas, tapi lokasinya sangat strategis karena tak jauh dari Blok M dan kawasan kuliner Barito. Selepas bersantai di pinggir kolam besar yang ada di sana, kamu bisa kulineran sampai puas.

Bukan tanpa alasan Taman Barito berhasil masuk jajaran taman yang bagus di Jakarta. Taman ini memang kecil, tapi sangat bersih dan asri. Di dalamnya ada danau kecil dan tempat duduk semacam amphiteater di sekitarnya, yang pas buat dijadikan spot nongkrong.

Letaknya tak jauh dari Blok M Plaza. Kamu bisa mencapainya dengan naik MRT dan turun di Stasiun Blok M, lalu berjalan kaki sekitar 10 menit. Taman ini pun lebih dekat dan mudah dijangkau jika kamu menginap di Bobopod Kebayoran Baru.

Lokasi: Jalan Lamandau III, Nomor 4, RT04/07, Kramat Pela Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Baca Juga: 6 Spot Kuliner Legendaris di Blok M Yang Dijamin Menggoyang Lidah

Lapangan Banteng

taman lapangan banteng

Photo: Iwan Romadhona via Sinarmas

Selain Stadion Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng juga jadi favorit warga Jakarta untuk berolahraga, lho. Apalagi setelah selesai direnovasi tahun 2018 lalu, fasilitas olahraganya makin mumpuni saja.

Lapangan Banteng juga jadi pilihan taman yang enak buat nongkrong di Jakarta karena ramah anak. Di sana, ada pertunjukkan air mancur menari yang sangat indah serta jajaran UMKM yang menjajakan makanan. Bahkan terkadang juga ada berbagai acara seperti pameran flora dan fauna atau hiburan musik gratis untuk masyarakat.

Lapangan Banteng berlokasi tak jauh dari Masjid Istiqlal, bisa ditempuh dengan naik Transjakarta atau ojek online dari Bobobox Juanda

Lokasi: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Jam buka: Setiap hari pukul 06.00 – 20.00 WIB

Taman Tabebuya

taman tabebuya

Photo: Jakarta Tourism

Selanjutnya ada Taman Tabebuya di Jagakarsa yang layak masuk rekomendasi taman di Jakarta. Taman ini memiliki luas yang cukup leluasa, yakni 9.626 meter persegi. Di dalamnya ada area kolam yang cukup luas serta area bermain anak. 

Kamu pun bisa membawa bekal sendiri untuk piknik di bawah pepohonan rindang. Tenang saja, tiket masuknya gratis, kok!

Lokasi: Jalan Muhammad Kafi, Nomor 1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 – 17.30 WIB

Baca Juga: 14 Taman Kota di Jakarta Pusat, Utara, Timur, dan Selatan yang Cocok untuk Ngabuburit

Taman Menteng

taman menteng - rekomendasi taman di Jakarta

Photo: Orami

Menteng juga punya ruang terbuka yang cukup populer nih, yakni Taman Menteng. Menemukan taman ini tak sulit, karena ada beberapa rumah kaca berbentuk segitiga yang juga sering dijadikan spot foto Instagramable.

Fasilitasnya pun lengkap, ada taman bermain untuk anak, lapangan futsal dan basket, serta jogging track yang bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga. Jangan khawatir, udaranya cukup sejuk berkat berbagai tanaman hias dan pohon di sekeliling taman.

Sedikit tips, kamu juga bisa lanjut wisata kuliner dan sejarah di kawasan Menteng. Biar puas jalan-jalannya, mending sekalian menginap di Bobopod Thamrin yang letaknya tak jauh dari Stasiun Sudirman. Dari sana, kamu bisa lanjut naik Transjakarta, KRL, atau MRT untuk menjelajahi kawasan Jakarta Pusat.

Lokasi: Jalan HOS Cokroaminoto, RT03/05, Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Taman Suropati

taman suropati - rekomendasi taman di Jakarta

Photo: Antara Foto via Detik

Selain Taman Menteng, kamu juga bisa mengunjungi Taman Suropati yang masih ada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman yang sudah ada sejak zaman Belanda ini sudah lama jadi favorit warga sekitar untuk berolahraga, piknik, atau sekadar bersantai dari hiruk pikuk ibukota.

Selain jadi ruang terbuka hijau, di taman ini juga terdapat Monumen ASEAN yang jadi tanda persahabatan negara-negara anggota ASEAN. Karena lokasinya yang strategis, enggak sulit untuk mengunjungi taman di Jakarta yang bagus ini. Kamu bisa naik KRL dan turun di Stasiun Cikini, lalu berjalan kaki sekitar 10 menit.

Lokasi: Jalan Taman Suropati, Nomor 5, RT 05/05, Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka: Setiap hari pukul 06.30 – 17.00 WIB

Baca Juga: 7 Taman Kota di Indonesia yang Terkenal Asri dan Bisa Kamu Kunjungi!

Taman Hutan Kota Penjaringan

taman labirin - taman hutan kota penjaringan

Photo: Kompas.com

Mau coba mengasah otak dan ingatanmu? Coba datang ke Taman Hutan Kota Penjaringan, karena di sana terdapat sebuah taman labirin raksasa! 

Labirin tersebut terbuat dari ribuan pohon pucuk merah yang tumbuh di lahan seluas 1000 meter persegi. Kamu juga bisa melihat labirin, kawasan hutan kota, dan kawasan sekitarnya dari ketinggian lewat menara pengawas yang ada di sana.

Taman Hutan Kota Penjaringan seakan jadi paru-paru buat warga Jakarta Utara karena letaknya yang dekat dengan Tol Pelabuhan dan Banjir Kanal Barat. Makanya banyak warga sekitar yang menjadikan taman ini sebagai destinasi bermain bersama anak yang murah dan mudah dijangkau.

Lokasi: Jalan Kepanduan II, RT07/16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Taman Kota Cattleya

taman cattleya

Photo: Kumparan

Kalau lagi cari taman tempat nongkrong di Jakarta Barat, bisa coba ke Taman Kota Cattleya, deh. Berlokasi tidak jauh dari mall Taman Anggrek, taman ini dikelola langsung sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jadi memang terawat banget.

Biasanya, warga Jakbar berolahraga di taman ini karena terdapat jogging track yang cukup bagus. Kalau bawa anak-anak, mereka pun tak akan bosan karena terdapat area taman air yang dilengkapi pancuran. Di akhir pekan pun ada banyak kegiatan gratis, seperti senam bersama.

Akses ke Taman Kota Cattleya sangat mudah. Kamu bisa naik Transjakarta bus koridor 9 dan berhenti di Halte Harapan Kita, lalu jalan kaki sekitar 550 meter atau 10 menit saja.

Lokasi: Jalan Letjen S. Parman, RT 15/01, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 18.30 WIB

Baca Juga: Indahnya Rerumputan Hijau Di Tengah Beton dan Aspal Jakarta, Ini dia Lokasi Piknik Jakarta Indah dan Asri

Tebet Eco Park

tebet eco park - rekomendasi taman di Jakarta

Photo: Anies Baswedan

Ini dia rekomendasi taman di Jakarta yang sempat viral sejak dibuka tahun 2022 lalu. Taman hits ini memang jadi salah satu spot taman kota yang unik banget karena mengusung konsep harmonisasi antara ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Tebet Eco Park memang ramah keluarga. Kamu bisa jogging, piknik, hingga berfoto di beberapa spot favorit warga. Lapar? Di sekitar taman selalu ada penjaja makanan dan minuman kaki lima untuk mengganjal perutmu.

Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk ke tempat nongkrong taman di Jakarta Selatan ini, melainkan harus reservasi kunjungan dulu. Kamu bisa mendaftar secara online lewat situs resmi Dinas Pertamanandan Hutan Kota Jakarta (distamhut.jakarta.go.id/daftarmasukTEP). Untuk jalan-jalan yang lebih nyaman, kamu bisa menginap di Bobobox Pancoran yang letaknya tidak jauh dari Tebet Eco Park.

Lokasi: Jalan Tebet Raya, RT 01/10, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan

Jam buka: Setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB

Taman Kalijodo

taman kalijodo

Photo: ANTARA FOTO via Tirto.id

Yang ngaku anak skate, harus coba rintangan skatepark yang ada di Taman Kalijodo atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Taman ini punya luas mencapai 1,4 hektar, dan memang memiliki area skatepark terbesar di Jakarta. 

Tak hanya itu saja, taman nongkrong di Jakarta juga punya banyak fasilitas lain seperti lintasan jogging, lintasan sepeda, amphitheater, mushola, playground anak, perpustakaan mini, outdoor gym, dan masih banyak lagi. 

Letaknya tak jauh dari Taman Hutan Kota Penjaringan. Kamu bisa menginap di Bobopod Kota Tua yang terletak sekitar 20 menit saja dari Taman Kalijodo agar bisa sekaligus eksplor kawasan tersebut.

Lokasi: Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 16.30 WIB

Baca Juga: Jalan-Jalan? Yuk, Kunjungi 20 Tempat Wisata di Jakarta Utara Berikut Ini!

Taman Hutan Srengseng

taman srengseng

Photo: Kompas.com

Rekomendasi taman di Jakarta yang terakhir adalah Taman Hutan Srengseng yang jadi favorit warga Jakarta Barat kalau lagi ingin santai di tengah alam. Padahal dulu kawasan ini adalah tempat pembuangan sampah, lho. Barulah sekitar tahun 1995 direvitalisasi menjadi hutan kota.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Mulai dari jalan santai di tengah hutan, piknik di tepi danau, berolahraga hingga memancing. Tak jarang, banyak juga warga yang menggunakan Taman Hutan Srengseng sebagai lokasi prewedding dan syuting video.

Khusus di hari Minggu, ada aktivitas senam pagi di lapangan parkir yang bisa diikuti siapa pun. Jangan lupa bergabung, ya! Kamu cukup bayar biaya tiket masuk senilai Rp2.000 tidak termasuk biaya parkir kendaraan.

Lokasi: Jalan Haji Kelik, RT08/06, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat

Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Kesimpulan

Memang deh, Jakarta itu serba ada. Di tengah hiruk pikuk perkotaan, ternyata kota ini juga jadi rumah buat banyak taman yang asri dan sejuk.

Taman-taman di atas bisa jadi pilihan menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman yang terjangkau karena sebagian besar tidak memungut biaya masuk alias gratis. 

Dari deretan rekomendasi taman di Jakarta dari Bob tadi, kira-kira kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana saja?

bobopod jakarta

Kemana pun kamu pergi, Bobopod selalu bisa jadi andalanmu. Hotel kapsul ini adalah pilihan akomodasi paling aman, nyaman, dan terjangkau berkat fasilitasnya yang mumpuni. 

Fasilitas berteknologi canggih seperti B-Pad, WiFi, Bluetooth Speaker, Mood Lamp, hingga kunci pintu dengan QR Code sudah tersedia. Jangan ragu soal kenyamanan, karena tiap kapsulnya sudah dilengkapi kasur single bed atau double bed yang empuk untuk istirahat yang berkualitas.

Cabang Bobopod pun sudah tersebar di seantero Jakarta, yakni Bobopod Kota Tua di Jakarta Barat; Bobopod Tanah Abang, Bobopod Juanda, dan Bobopod Thamrin di Jakarta Pusat; serta Bobopod ITC Kuningan, Bobopod Pancoran, dan Bobopod Kebayoran Baru di Jakarta Selatan. Tinggal pilih saja mana lokasi Bobopod yang terdekat dengan taman Jakarta yang ingin kamu kunjungi.

Biar enggak ketinggalan informasi dan promo terbaru, langsung aja download aplikasi Bobobox sekarang dan rasakan pengalaman menginap yang unik dan nyaman di Bobopod!

 

Writer: Syifa

Header image by: Jill Evans via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles