kotu

Ini Dia 9 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

Sebagai kota metropolitan, Jakarta selalu identik dengan gedung-gedung pencakar langitnya, jalanannya yang macet, serta kehidupan masyarakatnya yang serba cepat. Tapi sebenarnya, Jakarta juga bisa jadi tempat yang seru untuk berekreasi lho, khususnya kalau kamu suka banget sama budaya dan sejarah.

Ada banyak museum-museum di Jakarta yang bisa jadi tujuan berwisata bareng pacar, teman, atau keluarga. Kamu bisa memilih museum dengan koleksi yang memang kamu minati entah itu museum seni kontemporer, museum sejarah kota Jakarta, hingga museum pahlawan ada di ibukota ini.

Buat kamu yang punya waktu weekend kosong, bisa banget coba eksplor kota Jakarta lewat deretan museum berikut ini!

1. Museum Nasional

Sumber: ilhamfauzan.net

Museum Nasional Indonesia adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang menyimpan ribuan koleksi arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Museum ini juga sering disebut sebagai Museum Gajah karena memiliki patung gajah di halaman depannya.

Museum Nasional terletak di Jalan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, tak jauh dari Monumen Nasional (Monas). Jadi, kamu bisa sekaligus mengunjungi kedua tempat ini.

Sayangnya, Museum Nasional mengalami kebakaran yang cukup hebat pada September 2023 lalu dan menyebabkan banyak koleksi prasejarah di sana ludes terbakar. Alhasil, untuk sementara museum ini ditutup untuk umum sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Kita tunggu sampai perbaikan selesai untuk berkunjung ke sana, ya!

2. Museum MACAN

Sumber: Kompas Travel

Kamu pasti sering deh, melihat unggahan foto estetik yang berlokasi di The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN. Enggak heran kalau tempat ini jadi tempat kencan favorit anak muda ibukota, karena koleksi seni modern dan kontemporer yang ada di sana memang keren-keren banget!

Museum yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini memang punya ratusan karya seni dari seniman Indonesia dan seniman internasional seperti Yayoi Kusama, Raden Saleh, Wang Guangyi, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin mengunjungi museum seni di Jakarta ini harus sering-sering mengecek akun sosial media dan website resmi Museum MACAN, karena mereka enggak selalu buka untuk umum. Kamu harus stay tuned untuk melihat jadwal pameran yang ada di sana. Kalau ingin berkunjung, Museum MACAN buka Selasa – Minggu pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Baca Juga: 12 Tempat Liburan di Jakarta yang Murah Meriah Tapi Menyenangkan

3. Museum Bank Indonesia

Sumber: Museum Bank Indonesia

Siapa yang mengira kalau belajar tentang sejarah dunia perbankan Indonesia bisa begitu menarik? Coba datang ke Museum Bank Indonesia, deh. Museum Jakarta ini menyimpan berbagai koleksi mata uang milik Indonesia yang berasal dari zaman kerajaan Nusantara, penjajahan Belanda dan Jepang, hingga setelah Indonesia merdeka!

Museum Bank Indonesia sendiri juga menempati bangunan bersejarah bekas gedung Bank Indonesia Kota. Bangunan bergaya neo-klasikan tersebut merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang pertama kali dibangun pada 1828.

Museum ini berlokasi di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Untuk bisa mengunjunginya, pastikan kamu datang antara hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 15.30 WIB.

4. Museum Fatahillah

Sumber: Antara News

Satu lagi museum sejarah yang ada di area Kota Tua yang wajib kamu datangi, yakni Museum Fatahillah atau yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Museum ini juga sering disebut sebagai saksi bisu sejarah Jakarta karena menyimpan banyak peninggalan yang menggambarkan perjalanan sejarah kota Jakarta.

Kamu bisa menemukan berbagai koleksi sejarah yang berasal dari masa kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran, sejarah kota Batavia, hingga artefak arkeologi dan batu prasasti yang ada di Jakarta. Museum ini menempati bangunan yang dahulu adalah Balai Kota Batavia yang dibangun pada 1707 – 1710, sehingga terlihat begitu klasik dan megah.

Museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Jakarta Barat. Tepat di tengah kawasan Kota Tua, di mana kamu juga bisa menemukan banyak tempat penyewaan sepeda onthel untuk berfoto ria.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Berbagai Museum yang Ada di Kota Tua

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Sumber: Kompas.com

Kamu pasti familiar dong, dengan peristiwa perumusan naskah proklamasi dalam perjalanan Indonesia merdeka. Tahu enggak sih, kalau ternyata ada sebuah museum yang dibangun untuk menggambarkan peristiwa tersebut? 

Yap, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau Munasprok terdapat ruangan, mebel kuno, dan aksesoris yang benar-benar menggambarkan suasana serupa peristiwa tersebut. Bahkan ternyata, museum Jakarta ini juga dibangun di bangunan bekas tempat tinggal Laksamana Muda Tadashi Maeda, perwira tinggi dari Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda yang diketahui punya andil untuk kemerdekaan Indonesia.

Munasprok berlokasi di Jalan Imam Bonjol, No. 1, Menteng, Jakarta Pusat dan buka Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp1.000 untuk anak-anak dan Rp2.000 untuk dewasa. Cocok nih, buat wisata edukasi bareng keluarga!

6. Museum Wayang

Sumber: Pariwisata Indonesia

Lagi-lagi di kawasan Kota Tua Jakarta, nih. Di Museum Wayang,enggak cuma melihat koleksi wayang seperti wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan lainnya, tapi kamu juga bisa menonton pagelaran wayang yang dipandu oleh dalang professional!

Seperti museum lainnya di kawasan Kota Tua yang menempati bangunan bersejarah, Museum Wayang juga berlokasi di bangunan yang dulunya adalah gereja yang didirikan oleh VOC Belanda pada 1640.

Sayangnya, Museum Wayang juga sedang tutup sementara sejak Oktober 2023 kemarin untuk perawatan bangunan rutin. Stay tuned di akun Instagram resmi mereka @wayangmuseum untuk mengetahui informasi terbarunya, ya!

Tapi kalau sudah buka, Museum Wayang bisa dikunjungi Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp2.000 – Rp5.000 saja per orang.

Baca Juga: Nggak Membosankan! 15 Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

7. Museum of Jakarta (MoJA Museum)

Sumber: mldspot.com

Sedikit berbeda nih, dari museum-museum bersejarah yang ada dalam daftar ini. Museum of Jakarta alias MoJA adalah salah satu museum seni Jakarta yang memiliki karya seni modern berpadu dengan konsep kekinian penuh warna yang estetik. Maka dari itu MoJA jadi populer banget di kalangan anak muda, terutama mereka yang suka mengambil foto dan video unik yang Instagramable.

MoJA Museum juga cocok disebut sebagai taman bermain karena menawarkan banyak wahana seperti RoJA by MoJA yakni wahana roller skating, MoPAINT yakni wahana melukis, dan juga Golf by MoJA.

Kamu bisa banget ajak pacar atau teman untuk nge-date ke sini. MoJA terletak di dalam Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno. Harga tiketnya sendiri beragam untuk tiap-tiap wahana dan tergantung hari kedatanganmu. Kalau datang di weekdays, harga tiket masuknya mulai dari Rp110.000 per wahana dan untuk weekend mulai dari Rp125.000 per wahana.

8. Museum Sasmitaloka Jenderal Besar A.H. Nasution

Sumber: Berita Jakarta

 

Selain museum seni di Jakarta, ada juga museum pahlawan yang masuk dalam list ini, yakni Museum Sasmitaloka Jenderal Besar A. H. Dibangun di bekas kediaman Jenderal A. H. Nasution, museum ini adalah saksi bisu peristiwa G30S PKI yang tragis.

Bangunan museum pun masih dijaga seperti aslinya saat peristiwa terjadi, dan kamu pun bisa melihat diorama yang mereka ulang kejadian penculikan tersebut. Hingga kini, harga tiket masuk museum yang terletak di Jalan Teuku Umar No. 40, Jakarta Pusat ini masih digratiskan. Jadi, jangan ragu buat berkunjung, ya!

Baca Juga: 10 Museum Paling Angker di Indonesia. Yakin Mau Berkunjung Sendirian?

9. Museum Sumpah Pemuda

Sumber: Antara News

Mungkin kamu sudah tahu betul dengan isi Sumpah Pemuda. Namun, apakah kamu tahu sejarah di balik peristiwa tersebut? Kalau kamu penasaran, coba berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda, deh.

Museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini menyimpan koleksi foto-foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda dan juga aktivitas pergerakan kepemudaan di Indonesia.

Museum ini memang kaya akan sejarah, karena berlokasi di bangunan yang dulu menjadi tempat tinggal para pelajar yang tergabung dalam Jong Java, salah satu organisasi kepemudaan di Indonesia. Bangunannya sudah ada sejak tahun 1920-an, lho!

Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jalan Kramat Raya, No. 106, Jakarta Pusat dan buka Selasa – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. 

Bobobox Kota Tua: Strategis dan Nyaman!

Dari deretan museum Jakarta yang ada dalam daftar di atas, ada beberapa yang berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta. Setiap sudut Kota Tua memang menyimpan kisah perjalanan panjang bangsa kita.

Buat kamu yang ingin menghabiskan waktu menjelajahi museum-museum di Kota Tua, ada satu tempat menginap yang bakal bikin perjalananmu makin nyaman, yakni Bobobox Kota Tua! Dengan lokasinya yang strategis, kamu bisa dengan mudah menjangkau berbagai museum tanpa perlu khawatir akan kemacetan atau jarak tempuh yang jauh.

Selain lokasinya yang strategis, Bobobox Kota Tua juga menawarkan pengalaman menginap yang unik dan nyaman. Dengan konsep kapsul tidur yang modern dan minimalis, kamu bisa beristirahat dengan tenang setelah seharian berwisata sejarah. 

Yuk, segera rencanakan perjalanan wisata sejarahmu ke Kota Tua Jakarta. Download aplikasi Bobobox sekarang, dan nikmati kemudahan memesan kamar dan kenyamanan menginap di Bobobox Kota Tua!

Bob’s Budget Check:

  • Museum Nasional: Rp5.000 – Rp35.000
  • Museum MACAN: Rp50.000 – Rp70.000
  • Museum Bank Indonesia: Rp5.000
  • Museum Fatahillah: Rp2.000 – Rp5.000
  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi: Rp1.000 – Rp2.000
  • Museum Wayang: Rp2.000 – Rp5.000
  • Museum of Jakarta (MoJA): Rp110.000 – Rp125.000
  • Museum Sasmitaloka Jenderal Besar A.H. Nasution: Gratis
  • Museum Sumpah Pemuda: Rp1.000 – Rp2.000

 

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Foto utama oleh: Wikipedia Indonesia

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles