Tempat Liburan di Jakarta yang Murah Meriah tapi Menyenangkan

12 Tempat Liburan di Jakarta yang Murah Meriah Tapi Menyenangkan

Liburan ke Jakarta kerap dianggap membutuhkan bujet relatif mahal.

Padahal, sebenarnya ada cara untuk mendapatkan liburan dengan harga terjangkau di kota ini.

12 Tempat Liburan di Jakarta yang Murah Meriah tapi Menyenangkan

Jadi, jika kamu ingin mengetahui rekomendasi tempat liburan murah di Jakarta, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dari Bob!

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional

Sumber: Affan Fadhlan via Unsplash

Monumen Nasional atau Monas, ikon kota Jakarta yang tak asing lagi, menjadi destinasi wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi.

Selain cocok untuk berkumpul dengan keluarga, Monas termasuk salah satu tempat liburan di Jakarta yang murah.

Pengalaman liburan di tempat wisata Jakarta ini makin menarik saat malam tiba. Di malam hari, Monas berubah warna dan air mancur yang mempercantik suasana sekitar.

2. Kota Tua

Kota Tua

Sumber: direktoripariwisata.id

Kunjungan ke Kota Tua dapat menjadi pilihan alternatif tempat liburan di Jakarta yang murah. Di area ini, kamu dapat merasakan nuansa Eropa dengan bangunan-bangunan bersejarah.

Tidak heran, sebab beberapa di antaranya memang dibangun sebagai pusat kota Batavia saat zaman kolonial.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Selama berada di Kota Tua, kamu bisa bersantai bersama keluarga atau menikmati momen foto ceria. Ada banyak spot yang cocok sebagai latar belakang untuk mengabadikan kenangan bersama.

Selain itu, di kawasan Kota Tua Jakarta terdapat beberapa museum juga untuk meningkatkan pengetahuanmu tentang sejarah Jakarta tempo dulu.

Baca Juga: 7 Tempat Main di Jakarta, Hanya Modal 500 Ribuan!

3. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Sumber Dinas Kebudayaan Jakarta

Jika kamu ingin menggabungkan kesenangan bermain dengan wisata edukasi sejarah ibu kota, Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta adalah pilihan yang tepat.

Diresmikan tanggal 30 Maret 1974, tempat yang dulunya merupakan balai kota Batavia ini dirancang oleh W.J. van de Velde dan J. Kremmer.

Tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak, kamu sudah bisa mengakses Museum Fatahillah.

Di dalam tempat liburan di Jakarta yang murah ini, terdapat berbagai koleksi barang bersejarah yang dipamerkan dalam ruangan-ruangan yang disusun mengikuti lini masa sejarah Jakarta.

Walau kamu hanya bisa melihat sekitar 500 dari total 23.000 koleksinya, kunjungan ini akan tetap memberikan pengalaman berharga.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Sumber Mosquegrapher via Unsplash

Masjid Istiqlal adalah rekomendasi tempat liburan di Jakarta yang murah berikutnya.

Masjid ini dibangun sebagai ungkapan rasa syukur atas merdekanya Indonesia dari penjajah di masa lalu, khususnya di wilayah Batavia.

Dengan desain arsitektur modern yang mencolok, masjid ini memberikan pengalaman spiritual yang unik.

Sebagai salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara, pengunjung dapat menikmati momen terbaik saat menjelang senja hingga malam hari.

5. Wisata Angke Kapuk

Wisata Angke Kapuk

Sumber Jakarta Mangrove

Jika kamu menyukai tempat liburan di Jakarta yang murah dan dekat dengan alam, maka kamu harus mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk di Penjaringan, Jakarta Utara.

Di sini, kamu akan menjumpai hutan bakau yang indah dan kehadiran hewan langka. TWA Angke Kapuk memang menjadi tempat ideal untuk bersenang-senang dan menikmati alam. Tiket masuk TWA Angke Kapuk : Rp 30.000 untuk dewasa, dan Rp 15.000 untuk anak-anak

6. Setu Babakan

Setu Babakan

Sumber: Kompas Travel

Ingin mengunjungi tempat liburan di Jakarta yang murah sekaligus mendapatkan edukasi soal budaya Jakarta? Setu Babakan adalah lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Di lahan seluas 30 hektar ini, kamu akan mengenal lebih dekat budaya dan kuliner khas Betawi.

Kampung Betawi ini sendiri merupakan aset berharga yang dimiliki oleh Jakarta. Melalui kampung inilah kelestarian budaya Jakarta masih bisa dipertahankan di tengah gempuran budaya asing.

Kamu bisa melihat langsung rumah sekaligus aktivitas sehari-hari masyarakat Betawi. Soal tiket masuk, kamu tak perlu membayar alias gratis dan hanya dikenakan tarif parkir saja.

7. Taman Suropati

Taman Suropati

Sumber: Tripadvisor

Tempat wisata di Jakarta yang murah terakhir adalah Taman Suropati. Terletak di kawasan Menteng, Kota Jakarta Pusat, taman ini terkenal akan keindahan pepohonan rimbunnya di berbagai sudut.

Taman Suropati menawarkan suasana yang segar di tengah hiruk pikuk kota. Suasana sejuk taman ini kian diperkaya dengan hiburan musik yang kerap diputar oleh anggota komunitas pada hari Minggu.

Fasilitas yang disediakan oleh taman ini juga cukup lengkap, menjadikannya tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

Taman Suropati merupakan pilihan yang sempurna untuk piknik bersama keluarga.

8. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Sumber: ragunanzoo.jakarta.go.id

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu wisata di Jakarta yang sudah terkenal secara turun-temurun, Kebun Binatang Ragunan sendiri berlokasi di Jalan Harsono RM No. 1, Pasar Minggu, Jakarta Selatan adalah taman binatang pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1864. Kebun binatang ini mencakup area seluas 140 hektar dan memiliki koleksi yang terdiri dari sekitar 295 jenis hewan dengan total 4.040 spesimen.

9. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Sumber: wikimedia.org

Salah satu lokasi bersejarah yang telah berdiri di Jakarta sejak masa pemerintahan Belanda adalah bangunan yang sekarang dikenal sebagai Museum Bank Indonesia.

Museum Bank Indonesia menyimpan beragam koleksi alat tukar, yaitu uang dan benda-benda yang digunakan sebagai alat pembayaran dari masa Kerajaan Majapahit hingga era kemerdekaan Indonesia. Koleksi alat tukar ini tersimpan dengan rapi dan dipamerkan sebagai bagian penting dari warisan sejarah Bank Indonesia.

Misi dari pendirian museum ini adalah untuk memberikan sarana edukatif dan menghibur bagi masyarakat agar lebih memahami sejarah Bank Indonesia melalui artefak dan dokumen yang dipajang di sana.

10. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Sumber: kuyentertainment.com

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, sering menjadi tujuan perjalanan edukasi bagi siswa dari berbagai daerah. TMII juga merupakan lokasi yang ideal untuk mengenal Indonesia secara singkat.

Dapat dikatakan bahwa TMII adalah replika Indonesia, mencakup wilayah dari Sabang hingga Merauke. Sehingga, Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menjelajahi seluruh Indonesia; cukup kunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Di sini, Kamu dapat mengagumi keindahan Indonesia melalui 34 paviliun daerah yang menjadi tujuan wajib bagi pengunjung.

11. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Sumber: hypeabis.id

Taman Ismail Marzuki adalah pilihan yang tepat untuk wisata murah di Jakarta, Mengapa? Karena kamu dapat masuk ke sini tanpa dikenai biaya. Taman Ismail Marzuki terletak di area seluas sekitar 7,2 hektar. Pada awalnya, kawasan ini berfungsi sebagai ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh dan Kebun Binatang Ragunan. Namun, kemudian, kawasan ini diubah menjadi pusat seni, di mana para seniman Jakarta dapat berkreasi. Berbagai pameran seni diadakan di teater besar dan kecil, Gedung Wayang Orang Bharata, Graha Bhakti Budaya, Gedung Miss Tjitjih, Gedung Kesenian Jakarta, Cinema XXI, dan Planetarium.

12. Museum Naskah Proklamasi

Museum Naskah Proklamasi

Sumber: indonesia.travel

Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 1920-an, dulunya merupakan kediaman Laksamana Tadashi Maeda, seorang pejabat tinggi yang bertugas sebagai perantara antara Angkatan Laut dan Angkatan Darat Jepang.

Pada tahun 1984, gedung ini diresmikan sebagai museum bersejarah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto. Di dalam museum ini, kamu dapat menemukan diorama yang menggambarkan momen-momen kunci dalam perumusan naskah proklamasi, serta penjelasan tentang berbagai artefak bersejarah yang terkait dengan peristiwa proklamasi.

4 Tips Liburan Hemat di Jakarta

Simak tips berlibur hemat di Jakarta agar tidak boncos berikut ini.

1. Buat Rencana yang Jelas

Sebelum memulai petualanganmu di Ibu Kota, sangat penting untuk menyusun itinerary yang jelas.

Jakarta adalah kota yang luas. Tanpa tujuan yang jelas, menjelajahi seluruh wilayahnya dalam waktu satu hari akan sulit dilakukan.

Disarankan untuk tidak terlalu ambisius dalam menjelajahi semua wilayah Jakarta dalam waktu yang terbatas. Sebaiknya, pilih satu kota di Jakarta yang ingin kamu eksplorasi. 

Misalnya, kamu bisa memilih Jakarta Pusat sebagai destinasi utama. Kamu dapat mencari objek wisata menarik, taman yang indah, serta museum dengan harga tiket terjangkau.

2. Pilih Tempat Wisata Ramah Kantong

Di Jakarta sendiri, banyak sekali tempat wisata yang menawarkan harga tiket yang ramah kantong. Beberapa contohnya sudah Bob sebutkan di atas.

Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat liburan di Jakarta yang murah tersebut. Dengan begitu, liburanmu tetap menyenangkan meski bujet terbatas.

3. Naik Transportasi Umum

Untuk menghemat biaya transportasi selama berlibur di Jakarta, kamu dapat memanfaatkan transportasi umum yang tersedia.

Saat ini, transportasi umum di Jakarta sudah terintegrasi dengan baik, sehingga memudahkan perjalananmu saat berkunjung ke tempat wisata.

Beberapa pilihan transportasi umum yang dapat kamu coba antara lain adalah commuter line, busway, MRT, dan LRT.

Harga tiketnya pun cukup terjangkau. Tiket commuter line dimulai dari Rp3.000-an. Untuk busway, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp3.500 untuk mengelilingi Jakarta sepanjang hari.

Salah satu moda transportasi yang nyaman dan relatif baru adalah Moda Raya Terpadu (MRT). Kamu dapat mencoba MRT dari Stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Dari Bundaran HI, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Taman Menteng atau Taman Suropati.

Walau agak jauh dari Bundaran HI, lokasi tersebut nyaman untuk dijangkau oleh pejalan kaki.

Baca juga: Cara Naik kereta MRT di Dekat Kebayoran Baru, Jakarta!

4. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Langkah berikutnya adalah mencari penginapan yang terjangkau. 

Karena kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu di penginapan, maka pilihlah opsi penginapan yang sesuai dengan bujet.

Untuk menemukan penginapan yang murah, kamu bisa memanfaatkan situs-situs pencari penginapan di internet. Metode ini sangat praktis dan mudah dilakukan.

Kamu dapat menggunakan filter harga untuk mencari penginapan yang sesuai dengan anggaran pribadi.

Baca Juga: 3 Hari 3 Malam Berwisata di Jakarta Selatan dengan Murah

Berlibur di Jakarta? Tak Lengkap Tanpa Menginap di Bobobox!

Berlibur di Jakarta Tak Lengkap Tanpa Menginap di Bobobox

Selain memikirkan destinasi wisata yang ingin dikunjungi, kamu pun harus memikirkan akomodasi dengan matang.

Bagaimana tidak? Jika kamu memilih akomodasi yang kurang tepat, bukannya mengisi energi, justru rasa tidak nyamanlah yang kamu dapat.

Nah, salah satu akomodasi penginapan yang direkomendasikan adalah Bobobox. Kamu bisa memilih yang berlokasi di Tanah Abang, Juanda, maupun Kebayoran Baru.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles