Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Nggak Membosankan! 15 Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Indonesia punya segudang museum yang menarik dikunjungi. Selain museum sejarah yang kaya budaya dan nilai historis, ada juga museum unik yang mungkin belum banyak diketahui orang. Apa saja museum unik di Indonesia ini?

15 Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Indonesia memang memiliki sangat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi. Selain wisata alam, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai museum unik di bawah ini, ya!

1. Museum Angkut Malang 

Bicara soal museum unik di Indonesia, maka Museum Angkut Malang adalah salah satu di antaranya. Museum ini dikenal unik karena memiliki koleksi transportasi yang beragam.

Kamu akan menjumpai banyak moda transportasi, mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Selain belajar mengenai berbagai pilihan moda transportasi, kamu juga bisa puas berfoto-foto.

Yup, Museum Angkut Malang ini juga dikenal memiliki banyak spot yang Instagramable! Gimana, tertarik mengunjungi museum yang satu ini?

2. House of Sampoerna di Surabaya, Jawa Timur

Setelah puas mengelilingi Museum Angkut di Malang, kamu bisa coba meluangkan waktu untuk berkunjung ke House of Sampoerna di Surabaya.

House of Sampoerna merupakan rumah peninggalan Liem Seeng Tee, pendiri perusahaan Sampoerna. Rumah ini kini telah berubah fungsi menjadi museum sekaligus tempat produksi.

Di tempat ini, kamu bisa mempelajari sejarah berdirinya perusahaan rokok kretek besar di Indonesia tersebut. Kamu juga bisa sekaligus melihat proses pembuatan rokok kretek yang diampu oleh ratusan pekerja.

3. Museum Nyamuk di Pangandaran, Jawa Barat

Museum Nyamuk di Pangandaran

Sumber: Tribun

Kecamatan Pangandaran punya museum yang sangat unik. Sesuai namanya, Museum Nyamuk ini memberikan berbagai informasi pengetahuan tentang nyamuk.

Museum satu ini didirikan dan Departemen Kesehatan RI melalui lembaga Loka Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Loka Litbang P2B2) Ciamis.

Di museum ini, kamu akan menemukan berbagai koleksi jenis nyamuk dari seluruh Indonesia yang diawetkan serta obat-obatan alami penangkal gigitan nyamuk. Menarik, ya!

4. Museum Ullen Sentalu

Sedang punya agenda liburan ke Jogja? Kamu bisa coba mengunjungi Museum Ullen Sentalu yang unik dan menarik.

Museum Ullen Sentalu menampilkan koleksi seni tradisional Jawa, termasuk wayang kulit, batik, dan berbagai artefak bersejarah. Dengan ruang pameran yang elegan dan taman yang indah, kamu pasti betah mengunjunginya!

Baca Juga: Saat Menginap di Bobobox Tanah Abang, Jangan Lupa Kunjungi 3 Museum Berikut Ini

5. Museum Tsunami Aceh

Kota Banda Aceh juga memiliki museum unik di Indonesia yang menampilkan kenangan kejadian bencana alam tsunami pada tahun 2004 silam.

Museum Tsunami Aceh yang terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No.3, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini merupakan salah satu museum di Indonesia yang mengabadikan pengaruh bencana alam pada kehidupan masyarakat sekitar.

Faktanya, Museum Tsunami Aceh ini didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, lho!

6. Museum Pasifika di Nusa Dua

Museum Pasifika di Nusa Dua

Sumber: Viator

Jika kamu sedang berada di Bali, jangan hanya kunjungi pantainya saja.

Kamu juga bisa mengunjungi Museum Pasifika, tempat melihat berbagai koleksi karya seni dan lukisan buatan seniman Indonesia seperti Affandi dan Nyoman Gunarsa. 

Museum ini dikenal sebagai museum seni terlengkap di Indonesia bahkan dunia. Berkat itu, museum ini berhasil mendapatkan penghargaan di tahun 2011 dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

7. Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta

Selain Museum Ullen Sentalu, ada lagi nih rekomendasi museum unik di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi! Kamu juga bisa mengunjungi Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta.

Museum ini menampilkan banyak sekali mainan tradisional yang menarik. Pokoknya berasa masuk ke lorong waktu menuju masa lalu, deh!

Bobobox Maximum Comfort Banner

8. Museum Geologi Bandung

Kota Bandung juga memiliki museum unik di Indonesia. Museum Geologi berlokasi tak jauh dari Gedung Sate di Jalan Diponegoro ini sudah berdiri sejak tahun 1850-an. 

Saat berkunjung ke museum ini, kamu bisa mempelajari sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia melalui tayangan film 3D tentang geologi.

9. Museum Rekor Indonesia (MURI)

Museum Rekor Indonesia (MURI)

Sumber: Sonora.id

Museum unik di Indonesia selanjutnya adalah Museum Rekor Indonesia (MURI). Dengan mengunjungi museum ini, kamu bisa mengetahui rekor unik apa saja yang berhasil dicetak warga Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi museum ini, kamu bisa mencari lokasinya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini berada satu komplek dengan pabrik Jamu Jago.

10. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH di Surabaya

Museum unik di Indonesia yang terakhir adalah Museum Dr. Adhytama di Kota Surabaya. Keunikan museum ini terletak pada banyaknya koleksi alat kesehatan yang dipunyai.

Di museum ini, kamu akan menemukan banyak koleksi alat-alat medis  dan nonmedis termasuk patung jelangkung!

Baca Juga: Ingin Kenal Korea Selatan Lebih Jauh? Kunjungi 10 Museum Sejarah Korea Selatan Terbaik Ini

11. Museum Sisa Hartaku di Sleman

Museum yang selanjutnya ini berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum Sisa Hartaku mengungkap betapa menyedihkannya sejarah dan kenangan dari letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.

Nama Museum Sisa Hartaku ini terinspirasi dari koleksi barang yang disimpan di dalamnya, yakni sisa-sisa harta benda warga yang tempat tinggalnya hancur terkena wedhus gembel letusan Gunung Merapi.

12. Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian Unair

Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian Unair

Sumber: Universitas Airlangga

 

Selanjutnya, ada Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian di FISIP Unair. Museum yang juga dikenal sebaga museum kematian ini didirikan oleh Dr. Phil Toetik Koesbardiati, Ph.D., pada 25 September 2005.

Pada awalnya, museum ini hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan temuan dari penelitian dan hasil kuliah lapangan mahasiswa antropologi di Unair. Tetapi, setelah direvitalisasi, museum ini pun menjadi pusat edukasi, riset, serta sebagai media rekreasi yang mengangkat tema kematian.

13. Museum Bayt Al-Qur’an TMII

Kawasan TMII memang terkenal memiliki cukup banyak pilihan museum unik yang patut dikunjungi. Salah satu museum paling unik di Taman Mini Indonesia Indah ini adalah Museum Bayt Al-Qur’an.

Berdiri di atas sebidang tanah dengan luas 20.013 meter persegi, museum ini diresmikan pada tanggal 20 April 1997. Hingga sekarang, museum ini menampilkan beragam seni mushaf dari dalam dan luar negeri.

14. Museum Bahari Jakarta

Terletak di Jakarta, Museum Bahari mengangkat tema sejarah kelautan Indonesia.

Dengan bangunan yang megah yang berasal dari masa kolonial Belanda, museum ini menampilkan koleksi yang mencakup kapal-kapal tradisional, peta laut kuno, alat navigasi, dan banyak lagi.

Keunikan Museum Bahari terletak pada kapal-kapal tua yang dipamerkan di pelabuhan museum. Salah satunya adalah “Dewanagari,” sebuah kapal layar yang dibangun pada tahun 1953 dan masih dalam kondisi yang baik.

15. Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum MACAN merupakan salah satu museum yang patut dikunjungi apabila kamu menyukai seni, terutama seni kontemporer.

Museum yang terletak di daerah Jakarta Barat ini menyimpan berbagai jenis koleksi seni modern dan kontemporer. Kamu bisa menjelajahi berbagai ruang pamerannya yang indah dan dipenuhi dengan berbagai medium seni, seperti lukisan, patung, instalasi, dan karya seni lainnya.

Baca Juga: 20 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Populer Saat Ini

Apa Museum Terbesar di Indonesia?

Apa Museum Terbesar di Indonesia

Sumber: Sanzzz Photographer 360 via Google Maps

Museum terbesar di Indonesia adalah Museum Nasional Indonesia, juga dikenal sebagai Museum Gajah. Terletak di Jakarta Pusat, museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Museum Nasional Indonesia memiliki koleksi benda-benda arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang sangat luas, membuatnya dikenal sebagai museum terlengkap di Indonesia.

Museum ini memiliki lebih dari 140.000 koleksi benda bersejarah, meskipun hanya sepertiganya yang dapat diperlihatkan kepada khalayak

Mencari Pengalaman Menginap yang Seru?

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan:jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Bobobox Hotel Kapsul Kamar

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles