buang sampah

Susah atau Mudah? Simak Langkah Melestarikan Lingkungan Berikut Ini!

Langkah melestarikan lingkungan bisa kita wujudkan bersama dengan melakukan beberapa kegiatan mulai dari hal-hal kecil dari diri sendiri. Apa sajakah hal-hal contoh melestarikan lingkungan sekitar itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Langkah Melestarikan Lingkungan: Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah sesederhana menghindari membuang sampah sembarangan. Tak hanya menjaga lingkungan tetap bersih, tidak membuang sampah sembarangan juga berkontribusi terhadap pola hidup yang sehat juga dapat menghindari kita dari bencana banjir. Sampah merupakan salah satu sumber masalah lingkungan yang tidak ditangani dengan benar.

Baca Juga: Murah dan Ramah Lingkungan, Coba 7 Inspirasi DIY Dekorasi Imlek Ini untuk Mempercantik Rumahmu!

2. Langkah Melestarikan Lingkungan: Pengelompokan Sampah

Hindari buang sampah sembarangan dan bijaklah dalam mengelola sampah. Kamu bisa mulai kebiasaan mengelompokka sampah di rumah menjadi beberapa kategori. Jenis sampah yang bisa kamu kelompokkan bisa sesuai dengan kategori yang dapat didaur ulang, tidak dapat di daur ulang, sampah basah, sampah kering, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan pengelompokkan sampah ini kamu bisa coba melabeli atau memberi warna berbeda pada setiap tempat sampah.

3. Langkah Melestarikan Lingkungan: Melakukan Reboisasi

@Pelita Banten

Solusi dari berkurangnya ruang terbuka hijau, pengundulan hutan, dan pemanasan global yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan reboisasi. Reboisasi ini bisa dilakukan dengan cara menanam banyak pohon yag berperan sebagai pasokan oksigen yang melimpah bagi manusia. Tak hanya itu saja, pohon juga dapat mengurangi kandungan karbon dioksida serta memurnikan udara sehingga lebih bersih untuk dihirup makhluk hidup.

4. Langkah Melestarikan Lingkungan: Hemat Energi

Hemat energi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perhitungan juga mengusahakan penggunaan listrik sesuai kebutuhan. Penggunaan listrik secara berlebihan dapat merusak lingkungan hidup sehingga penting bagi kita untuk memilih berbagai alat elektronik dengan penggunaan listrik yang minim. Saat siang hari kamu bisa coba mematikan berbagai perangkat elektronik yang tidak digunakan kembali.

5. Langkah Melestarikan Lingkungan: Hemat Penggunaan Air

Air adalah elemen dasar yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di bumi untuk bertahan. Pemasanan global, kekeringan, dan tercemarnya air menimbulkan krisis ketersediaan air bersih di berbagai belahan bumi saat ini. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mulai menghemat penggunaan air seperti dengan menggunakan teknologi pemancar air untuk mandi serta mencuci pakaian jika telah menumpuk cukup banyak.

6. Langkah Melestarikan Lingkungan: Alat Transportasi Publik

Saat ini terdapat pilihan alat transportasi ramah lingkungan yang digunakan untuk mengurangi polusi udara dan menghemat bahan bakar. Sebagi salah satu solusi atas masalah ini adalah dengan menggunakan alat transportasi publik sehingga penggunaan bahan bakar dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

7. Langkah Melestarikan Lingkungan: Mengurangi Penggunaan Kertas

Kertas merupakan salah satu komponen penting di berbagai lini kehidupan abik itu industri perkantoran maupun pendidikan. Meskipun bermanfaat bagi manusia, penggunaan kertas dengan jumlah yang besar di dunia ini kemudian menghasilkan masalah baru. Hal ini dapat terjadi karena akan dibutuhkan lebih banyak penebangan pohon sebagai bahan baku produksi kertas. Kita bisa coba untuk segera beralih dari kertas dengan mulai menerapkan teknologi tepat guna.

8. Langkah Melestarikan Lingkungan: Mengurangi Bahan Kimia

Banyak hal di masa ini jadi serba cepat dan praktis karena bantuan bahan kimia. Faktanya bahan kimia ini bisa juga memberi dampak buruk bagi lingkungan. Dengan upaya pengurangan penggunaan bahan kimia maka kita bisa berkontribusi terhadap kualitas ekosistem hewan dan tumbuhan.

Saat penggunaan pestisida dilakukan secara berlebihan maka hal ini hanya akan membuat ekosistem di sekitarnya perlahan kian rusak, tanah semakin tak subur. Oleh karena itu untuk menyikapinya kamu bisa coba untuk mengusahakan  menggunakan cara alami saat melakukan kegiatan yang senantiasa berhubungan dengan ekosistem.

9. Langkah Melestarikan Lingkungan: Menjaga Daya Hidup Hewan

Langkah Melestarikan Lingkungan

Kita hidup di dunia ini bukan hanya berdampingan dengan sesama manusia lainnya tapi juga dengan beraneka ragam hewsn. Penting juga bagi kita untuk  menjaga dan merawat daya hidup hewan. Sebagai dampak dari kerusakan linngkungan, ada banyak hewan yang mendekati kepunahan. Untuk menghindari kepunahan hewan ini terjadi di masa depan kita bisa membantu bantu daya hidup hewan dengan tidak merusak ekosistem dan habitat alaminya.

Salah satu solusi atas masalah ini adalah dengan mengembangkan suaka margasatwa demi keberlangsungan hidupnya. Langkah selanjutnya, kita kemudian berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya agar hewan tersebut dapat dilindungi dan terjaga dari kepunahan.

10. Langkah Melestarikan Lingkungan: Tidak Membakar Sampah

Langkah melestarikan lingkungan yang terakhir bisa kamu lakukan adalah menghindari pembakaran sampah. Sampah memang menjadi masalah bukan hanya tentang sampah yang tercecer sembarangan tapi juga soal pemusnahannya. Faktanya membakar sampah dapat mempengaruhi udara hingga menyebabkan polusi.

Salah satu jenis sampah yang berbahaya saat dibakar adalah limbah plastik. Hal ini dikarenakan pembakaran sampah plastik dapat memicu munculnya dioksin. Dioksin ini adalah salah satu zat berbahaya yang mampu mengancam kelestarian makhluk hidup. Partikel dioksin yang kecil ini akan sangat berbahaya jika terhirup lalu masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Simak Destinasi Wisata Ramah Lingkungan di Dunia Berikut Ini, Ada Bali Loh!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox aplikasi

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles