buang sampah

Ini Dampak Buruk Penggunaan Kantong Plastik Sampah Bagi Lingkungan!

Kantong plastik sampah merupakan salah satu benda yang erat hubungannya dengan kita. Setiap orang mampu memproduksi banyak sampah sehingga dibutuhkan sebuah kantong plastik sampah besar untuk menampung keseluruhan produksi sampah harian yang terkumpul.

Tingginya penggunaan plastik sampah ini kemudian menimbulkan masalah bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia yang tidaklah sepele. Perlu tindakan nyata yang dilakukan agar masalah penggunaan plastik juga produksi sampah plastik ini tidak menganggu kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita kelak.

Faktanya sebuah riset menyebutkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Hal ini diperparah dengan fakta bahwa penguraian sampah plastik bisa memakan waktu hingga 20–500 tahun lamanya. Kita perlu memperhatikan berbagai langkah-langkah nyata untuk menekan dampak sampah plastik yang dapat terjadi.

Dampak Kantong Plastik Sampah bagi Lingkungan

Kehadiran sampah plastik ini bukanlah sesuatu yang sepatutnya kita sepelekan. Tak hanya mengganggu kebersihan dan keindahan lingkungan, kehadiran sampah plastik ini dapat menimbulkan masalah lingkungan yang besar. Apa sajakah dampak kantong platik ini bagi lingkungan? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Dampak Kantong Plastik Sampah: Pencemaran Air

Kantong Plastik Sampah Bagi

Somerset Live

Sering melihat banyak sampah mengapung di sungai, danau, seloka, maupun laut? Sampah plastik yang bentuknya masih utuh maupun sudah hancur akan berubah menjadi partikel kecil yang bisa mengakibatkan pencemaran air. Sampah plastik mengandung kandungan bifenil poliklorinasi dan pestisida yang dapat mengontaminasi air serta meracuni dan merusak habitat makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya.

2. Kantong Plastik Sampah: Pencemaran Tanah

Selain mencemari air, kehadiran sampah plastik juga dapat memberikan dampak pencemaran tanah. Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia yang muncul dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah.

Setelah itu zat-zat berbahaya tersebut kemudian akan menempel pada tumbuhan yang tertanam di dalamnya, seperti sayuran dan buah-buahan. Saat sayuran dan buah tersebut dikonsumsi oleh manusia, maka risiko terjadinya berbagai jenis penyakit pun dapat meningkat.

Baca Juga: Perlu Tahu Se-Fatal Apa Buang Sampah di Singapura!

3. Kantong Plastik Sampah: Pencemaran Udara

Umumnya sampah plastik akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Hal ini dikarenakan sifat plastik yang suit terurai sehingga seringkali dimusnahkan lewat cara pembakaran. Masalah lain kemudian muncul sebagai dampak pembakaran samah plastik yaitu munculnya masalah pencemaran udara. Partikel berbahaya seperti mikroplastik, logam berat seperti kadmium dan timbal, serta bifenil poliklorinasi yang terlepas dan mencemari udara.

Dampak Kantong Plastik Sampah Bagi Kesehatan Manusia

Bukan hanya memberikan dampak buruk pada lingkungan, kehadiran kantong plastik ini juga menimbulkan berbagai dampak kesehatan, seperti:

1. Dampak Kantong Plastik Sampah Bagi Kesehatan: Kanker

Seorang petugas menunjukkan jaringan kanker yang merupakan koleksi dari Museum Kanker Indonesia di Surabaya. (4/2). Keberadaan museum yang mempunyai 30 macam jaringan kanker ini diharapkan sebagai museum pendidikan kanker yang terbuka bagi masyarakat umum dan pelajar untuk mengenal bahaya kanker serta pencegahannya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ed/pd/15

Siapa sangka bahwa penggunaan kantong plastik sampah juga dapat berkontribusi sebagai salah satu faktor risiko munculnya penyakit kanker. Adanya berbagai senyawa kimia beracun yang berasal dari plastik bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara, makanan, dan minuman yang terkontaminasi limbah plastik. Faktanya limbah plastik ini bisa menghasilkan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker testis.

2. Dampak Kantong Plastik Sampah Bagi Kesehatan: Kerusakan Organ

Kantong plastik sampah juga dapat menimbulkan gangguan maupun kerusakan pada organ tubuh kita. Hal ini disebabkan adanya paparan logam berat dan mikroplastik dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memicu berbagai gangguan pada tubuh. Beberapa gangguan ini diantaranya adalah gangguan saraf, masalah pencernaan, gangguan pernapasan, dan gangguan kelenjar endokrin, misalnya penyakit tiroid. Dalam kondisi buruk ini pun dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati.

3. Dampak Kantong Plastik Sampah Bagi Kesehatan: Gangguan Pertumbuhan Janin & Anak

Dampak kantong plastik terakhir pada kesehatan adalah menimbulkan gangguan pertumbuhan baik pada janin maupun anak. Plastik sampah umumnya mengandung paparan zat beracun dari limbah plastik yang bisa berbahaya bagi ibu hamil, janin, dan anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa paparan limbah dan zat beracun bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang pada janin dan anak-anak.

4. Kantong Plastik Sampah: Cara Mengurangi Dampak Sampah Plastik

Steam Community

Ada hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi produksi sampah plastik dengan mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Cobalah gunakan peralatan makan dan minum yang terbuat dari bahan lain, seperti kaca atau keramik.
  • Kamu bisa coba mengurangi konsumsi atau penggunaan botol minum plastik, termasuk membeli minuman kemasan. Sebagai gantinya, Anda bisa membawa botol minum sendiri untuk membawa air minum.
  • Ganti penggunaan sedotan plastik menjadi sedotanstainless steel atau kertas yang lebih ramah lingkungan.
  • Pilih produk kemasan atau peralatan makan dan minum yang terbuat dari plastik mudah terurai atau berlabel biodegradable dan tidak mengandung bisphenol A atau BPA
  • Kmau bisa mulai membawa dan menggunakan tas belanja sendiri saat berbelanja untuk mengurangi pemakaian tas plastik.

Baca Juga: 7 Cerita Sukses dari Bisnis Daur Ulang Sampah

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles