Pledis Entertainment

Baru Saja Rayakan Debut Anniversary, Kenali Idol Group SEVENTEEN Melalui Profil Serta Fakta-Fakta Menari Berikut Ini!

Sebagai salah satu boy group ternama K-Pop, profil SEVENTEEN memang luar biasa. Grup asuhan Pledis Entertainment ini bahkan baru saja merayakan debut anniversary ketujuh mereka pada 26 Mei 2022. Carat, sebutan bagi fans SEVENTEEN, pun ramai-ramai memberikan selamat serta harapan mereka hingga menjadi trending topic dan tagar ‘7GoingOn70WithSVT’ banyak bertebaran di Twitter.

Untuk menandai hari jadi tersebut, SEVENTEEN ternyata memiliki agenda yang mulia. Mereka memberikan donasi pada UNESCO untuk membantu anak-anak dan remaja kurang mampu di seluruh dunia yang terdampak pandemi COVID-19 agar mendapatkan pendidikan yang layak melalui program pendidikan global UNESCO.

Di hari yang sama, SEVENTEEN juga membagikan video bertajuk SEVENTEEN 7th Anniversary ‘Chapter: 7teen’ melalui Twitter resmi sekaligus kanal YouTube mereka. Keeseokan harinya, SEVENTEEN juga resmi comeback dengan full album keempat mereka bertajuk “Face the Sun” yang terjual hingga dua juta keping melalui sistem pre-order.

Profil SEVENTEEN tentu tidak sampai di situ saja. Selama tujuh tahun ke belakang, mereka telah melalui berbagai perjuangan untuk sampai di titik ini. Buat kamu yang masih penasaran dengan profil SEVENTEEN, simak lebih lanjut uraiannya berikut ini!

Profil SEVENTEEN

via pledis.co.kr

SEVENTEEN merupakan boy group K-Pop beranggotakan 13 orang laki-laki yang terdiri dari:

  • Coups (Korea, 8 Agustus, 1995; leader, main rapper, dan sub-vocalist)
  • Woozi (Korea, 22 November 1996; lead vocalist)
  • Jeonghan (Korea, 4 Oktober 1995; lead vocalist dan visual)
  • Joshua (Korea-Amerika, 30 Desember 1995; lead vocalist dan visual)
  • Jun (China, 10 Juni 1995; lead dancer dan sub-vocalist)
  • Hoshi: (Korea, 15 Juni 1996; main dancer, lead vocalist, sub-rapper)
  • Wonwoo (Korea, 17 Juli 1996; lead rapper dan sub-vocalist)
  • DK: (Korea, 18 Februari 1997; main vocalist)
  • Mingyu (Korea, 6 April 1997: lead rapper, sub-vocalist, visual dan face of the group)
  • The8 (China, 7 November, 1997: lead dancer, sub-rapper, dan sub-vocalist)
  • Seungkwan (Korea, 16 Januari 1998; main vocalist dan face of the group)
  • Vernon: (Korea-Amerika, 18 Februari 1998; main rapper, sub-vocalist, visual dan face of the group)
  • Dino (Korea, 11 Februari 1999; main dancer, sub-rapper, sub-vocalist dan maknae)

Berada di bawah naungan Pledis Entertainment, SEVENTEEN memulai debutnya pada 26 Mei 2015 lalu lewat album 17 Carat dengan title track Adore You. Grup kenamaan Korea Selatan ini dikenal sebagai self-producing group alias grup yang memproduksi musiknya sendiri. Mereka aktif terlibat dalam penulisan lagu, komposisi, hingga produksi diskografi dan koreografi penampilan mereka.

Selama tujuh tahun berkarir, SEVENTEEN telah menelurkan 4 studio album, 33 music video (MV), 12 mini album, 21 single album dan 2 reissue album. SEVENTEEN juga diakui sebagai salah satu grup paling sinkron di dunia K-Pop. Bukan hanya itu, grup satu ini juga sudah beberapa kali mendapat julukan million seller karena album mereka yang terjual hingga jutaan keping.


Baca Juga: Jangan Ngaku Fans Garis Keras Kpop Kalau Tidak Tahu 10 Grup Kpop Legendaris Ini!


Makna Di Balik Nama

Profil SEVENTEEN terkait nama mereka mungkin sedikit membingungkan kamu. Seperti yang Bob jelaskan sebelumnya, SEVENTEEN merupakan grup yang beranggotakan 13 orang atau thirteen. Lalu mengapa mereka dinamai SEVENTEEN?

Angka tersebut memang bukan mewakili jumlah personel grupnya. Usut punya usut, nama SEVENTEEN ini mengacu pada sebuah tim dengan 13 member dan 3 unit yang membentuk 1 grup. Jika kamu jumlahkan, 13+3+1 maka hasilnya adalah 17, sesuai dengan nama SEVENTEEN.

Ketiga unit yang dimaksud meliputi unit:

  • Vokal (Woozi, Jeonghan, Joshua, DK dan Seungkwan)
  • Hip-hop (S.Coups, Wonwoo, Mingyu, dan Vernon)
  • Performance (Hoshi, Jun, The8, dan Dino)

Woozi merupakan pemimpin dalam unit vokal. Sementara itu hip-hop dipimpin oleh S.Coups dan unit performance dipercayakan kepada Hoshi.


Baca Juga: Masih Ingat Lagu-Lagu K-Pop Ayodance Yang Meleganda Ini Gak? Dengerin Bareng Bob Yuk!


Masih Ada Sub-Unit Lainnya

Profil SEVENTEEN tak berhenti sampai ketiga unit tersebut. Selain terdiri dari tiga unit, mereka terbagi lagi ke dalam beberapa sub-unit yang dibentuk untuk membawakan projek lagu dan musik masing-masing.

Salah satunya adalah sub-unit BSS atau BooSeokSoon yang berisikan member Seungkwan, DK, dan Hoshi. Debut pada 21 Maret 2018 lalu dengan lagu Just Do It, sub-unit satu ini merupakan salah satu suunit paling populer di kalangan penggemar.

Selain itu, ada juga unit berdasarkan tahun kelahiran member dengan sebutan 95L Unit untuk kelahiran 1995, 96L Unit untuk tahun 1996 dan 97L Unit untuk yang lahir di tahun 1997. 95L Unit pernah merilis sebuah album bertajuk Semicolon yang berisikan enam lagu pada 2020 lalu.

Pembagian unit ini ada juga yang berdasarkan negara asal. Meski bertitel K-Pop idol, tidak semua anggota SEVENTEEN berasal dari Korea Selatan. Beberapa di antaranya merupakan warga negara Amerika dan China. Karena itu, SEVENTEEN pun memiliki sub-unit bernama America Unit dan China Unit.

Sebagai self-producing grup, SEVENTEEN memiliki kebebasan untuk berkarya di luar grupnya. Contohnya adalah projek spesial antara Wonwoo dan Mingyu. Keduanya berkolaborasi dengan Leehi untuk menyanyikan lagu berjudul Bittersweet yang rilis pada 28 Mei 2021 lalu.

Selain itu, ada jua Woozi yang terkenal sebagai penulis lagu untuk penyanyi lain di luar grup SEVENTEEN. Salah satunya adalah lagu berjudul I’ve Been Happy until Now untuk Baekho NU’EST dengan Woozi sebagai penulis lirik sekaligus komposer.

Rajin Berdonasi

Seventeen/YouTube

Selain pada perayaan debut anniversary ketujuh, SEVENTEEN rupanya telah lama rutin berdonasi. Profil SEVENTEEN satu ini tentu bikin kagum tak hanya kalangan penggemar saja.

Bagaimana tidak! Sejak empat tahun lalu, tepatnya di tahun ketiga karir mereka, SEVENTEEN secara konsisten berdonasi di setiap debut anniversary-nya. Jika 2022 didedikasikan untuk pendidikan anak kurang mampu, tahun-tahun sebelumnya tidak jauh berbeda.

Secara berturut-turut sejak debut anniversary ketiga, SEVENTEEN melakukan donasi untuk anak-anak yang membutuhkan, anak-anak terlantar atau tanpa tempat tinggal, anak-anak dan remaja yang membutuhkan, serta pemulihan anak-anak korban kekerasan dan pelecehan.


Baca Juga: Insomnia? Coba Dengerin 7 Rekomendasi Lagu K-Pop Pengantar Tidur Ini!


Tembus Billboard

Sejak debut, profil SEVENTEEN memang selalu penuh prestasi. Di awal kemunculannya, SEVENTEEN telah mendapat julukan super rookie. Bagaimana tidak! Lewat album comeback bertajuk Boys Be dengan title track Mansae, mereka berhasil menyabet beberapa penghargaan best-selling rookie album of the year dari Golden Disk Awards, Seoul Music Awards, dan Gaon Chart K-Pop Awards.

Pada 28 Juni 2021, SEVENTEEN pertama kali tembus Billboard lewat album Your Choice. Mereka berhasil menduduki posisi 15 Billboard 200 dalam peringkat mingguan album paling populer di Amerika Serikat.

Fandom dan Media Sosial

Profil SEVENTEEN seperti sekarang ini tentu tidak lepas dari kesetiaan para penggemar. Para anggota memilih sendiri nama fandom mereka berdasarkan hasil vote hingga terpilihlah nama Carat yang bermakna permata berharga. SEVENTEEN diumpamakan sebagai berlian sementara Carat adalah hal yang membuatnya bersinar. Dengan kata lain, karena Caratlah SEVENTEEN dapat terus bersinar hingga berhasil memecahkan kutukan tujuh tahun.

Berikut ini adalah profil SEVENTEEN berkaitan dengan fandom dan akun media sosialnya:

  • Nama fandom: Carat
  • Warna resmi penggemar SEVENTEEN: Rose Quartz dan Serenity
  • Instagram: @sathename_17
  • Twitter: @pledis_17
  • Facebook: seventeennews
  • vLive: Seventeen channel
  • Website resmi: seventeen-17.com
  • Fan café: Pledis-17
  • YouTube: Seventeen

Perlu tempat yang tenang untuk fanmeet sama idol sekalian me time? Gak usah pusing-pusing, langsung saja ke Bobobox! Suasananya yang tenang dan hening dijamin membuat kamu nyaman berleha-leha sambil menunggu fanmeet bersama idol kesayangan.

Ada juga Wi-Fi kencang yang memastikan kelancaran acara serta fitur moodlamp untuk pengaturan cahaya lampu di dalam pod sehingga suasana fanmeet terasa nyaman dan menyenangkan. Tunggu apa lagi? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk booking dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles