kalender-2023_169

Kalender Tahun 2023, Cek Tanggal Merah dan Cuti Bersama di Sini

Kalender tahun 2023 ini akan membantu kamu mengelola agenda kamu selama tahun 2023 ini. Selama tahun 2023, kamu akan menemukan beberapa tanggal merah dan juga jadwal cuti bersama yang bisa kamu jadikan panduan dalam menyusun rencana tahun ini.

Bagi kamu para karyawan, memerhatikan kalender tahun 2023 juga akan membantu kamu dalam merencanakan cuti karyawan dan liburan.

Di sisi lain, para pekerja kreatif seperti content creator pun akan sangat dimudahkan dalam proses membuat konten dengan bantuan kalender tahun 2023.

Apa pun pekerjaan kamu, ini akan membantu kamu dalam mengambil keputusan penting di tahun ini.

Jumlah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 Sebanyak 24 Hari!

kalender tahun 2023

Sumber: CNN Indonesia

Pemerintah telah menetapkan libur nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak 8 hari di tahun 2023. Para ASN (Aparatur Sipil Nasional) akan mendapatkan banyak jadwal cuti libur bersama sebagai jadwal tambahan libur yang sebelumnya dihilangkan karena pandemi.

Salah satu contohnya adalah penambahan jumlah cuti bersama perayaan Idul Fitri sebanyak 4 hari. Hal unik dari kalender tahun 2023 lainnya adalah setiap perayaan hari besar keagamaan seperti Imlek, Nyepi, Waisak, dan Natal juga disertai cuti bersama.

Contohnya, Hari Raya Nyepi pada 22 Maret 2023 memiliki jadwal libur cuti bersama pada 23 Maret 2023, sesuai dengan usul Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kesepakatan ini telah tercatat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah ditandatangani menteri agama, menteri ketenagakerjaan, dan juga menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Jika hari libur nasional dan jadwal cuti bersama dijumlah, maka total libur nasional dan cuti bersama pada tahun 2023 ini adalah sebanyak 24 hari.

Ini tercatat sebagai jumlah yang paling banyak dalam 3 tahun terakhir. Pada tahun 2022, jumlah libur nasional dan cuti bersama hanya 20 hari. Sedangkan pada tahun 2021 hanya berjumlah 17 hari.

Langkah pengurangan jumlah cuti bersama pada tahun 2021 dan 2022 tersebut dilakukan pemerintah salah satunya untuk menghindari kepadatan masyarakat saat libur panjang pada masa pandemi.


Baca Juga: Tidak Hanya Selebrasi, Ternyata Kembang Api Tahun Baru Dipercaya Dapat Usir Roh Jahat!


Kalender Tahun 2023: Daftar Libur Nasional 2023

sunrise hill camp

Source: wandhadwiutari via Instagram

Di tahun 2023 ini, kamu memiliki beberapa libur nasional yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat atau berlibur.

Berapa banyak libur nasional yang bisa kamu dapatkan di tahun 2023 ini? Berikut adalah rangkumannya:

Januari

Minggu, 1 Januari 2023: Hari Libur Nasional Tahun Baru Masehi

Minggu, 22 Januari 2023: Hari Libur Nasional Tahun Baru Imlek

Februari

Sabtu, 18 Februari 2023: Hari Libur Nasional Isra’ Mi’raj

Maret

Rabu, 22 Maret 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Nyepi

April

Jumat, 7 April 2023: Hari Libur Nasional Wafat Yesus Kristus

Sabtu, 22 April 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri

Minggu, 23 April 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri

Mei

Senin, 1 Mei 2023: Hari Libur Nasional Hari Buruh

Kamis, 18 Mei 2023: Hari Libur Nasional Kenaikan Yesus Kristus

Juni

Kamis, 1 Juni 2023: Hari Libur Nasional Hari Lahir Pancasila

Minggu, 4 Juni 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Waisak

Kamis, 29 Juni 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Idul Adha

Juli

Rabu, 19 Juli 2023: Hari Libur Nasional Tahun Baru Islam

Agustus

Kamis, 17 Agustus 2023: Dirgahayu Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia

September

Kamis, 28 September 2023: Hari Libur Nasional Maulid Nabi Muhammad SAW

Desember

Senin, 25 Desember 2023: Hari Libur Nasional Hari Raya Natal

Kalender Tahun 2023: Daftar Cuti Bersama 2023

Selain hari libur nasional, kamu juga bisa memanfaatkan jadwal cuti bersama tahun 2023 untuk beristirahat maupun pergi berlibur.

Jadwal cuti bersama ini umumnya diberikan pemerintah kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara). Oleh karena itu, bagi para karyawan swasta, cuti bersama ini bersifat fakultatif atau sesuai kebijakan yang diberikan perusahaan.

Walau demikian, kamu harus selalu memerhatikan pengumuman yang ada, ya! Hal ini dikarenakan jadwal cuti bersama tahun 2023 ini bisa saja diubah sewaktu-waktu.

Pemerintah pusat bisa saja mengubah jadwal cuti bersama bahkan mentiadakan jadwal cuti bersama seperti apa yang terjadi di tahun 2021-2022 saat pandemi melanda.

Di sisi lain, perusahaan swasta bisa tidak mengikuti hari libur cuti bersama. Tentunya karyawan perusahaan swasta tetap harus dibayarkan haknya seperti biasanya.

Lalu, ada berapa banyak jadwal cuti bersama yang bisa kamu dapatkan di tahun 2023 ini? Berikut adalah daftar cuti bersama 2023:

Senin 23 Januari 2023 Tahun Baru Imlek
Kamis, 23 Maret 2023 Hari Suci Nyepi
Jumat, 21 April 2023 Hari Raya Idul Fitri
Senin, 24 April 2023 Hari Raya Idul Fitri
Selasa, 25 April 2023 Hari Raya Idul Fitri
Rabu, 26 April 2023 Hari Raya Idul Fitri
Jumat, 2 Juni 2023 Hari Raya Waisak
Selasa, 26 Desember Hari Natal

Baca Juga: 5 Alasan Resolusi Tahun Baru Nggak Tercapai, Bisa Jadi Kurang Spesifik!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandungAturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles