Petr Sidorov via Unsplash

Diperingati 21 Juni, Ini 3 Cara Merayakan Hari Yoga Internasional

Di tengah hiruk pikuk kehidupan yang terkadang penuh tekanan, tentu kamu nggak boleh lupa untuk menjaga kesehatan dan kebugaranmu. Nah, inilah saatnya yoga beraksi!

Dengan latihan pernapasan yang dalam dan meditasi yang dilakukan dalam yoga, kamu bisa menghilangkan kecemasan dan ketegangan yang mengimpit. Gerakan-gerakan fisik yang lembut dan aliran dalam yoga juga membantu meredakan ketegangan otot dan membangun kekuatan fisik yang sehat.

Beberapa waktu terakhir, yoga sudah menjadi sangat populer. Selain karena manfaat kesehatannya yang banyak banget, yoga juga sering digunakan sebagai sarana untuk healing melalui aliran gerakannya yang indah.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu matras dan dirimu sendiri. Mudah banget, kan? Yoga bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli seberapa bugar atau seberapa fleksibel kamu.

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Juni. Dari demonstrasi hingga kelas yoga massal, ada banyak kegiatan yang dilakukan berbagai negara untuk memeriahkan Hari Yoga Internasional.

Kenapa Hari Yoga Internasional diperingati setiap 21 Juni? Apa saja perayaan menarik yang digelar pada hari ini? Yuk, simak!

Sejarah Yoga dan Hari Yoga Internasional

Petr Sidorov via Unsplash

Berasal dari India, yoga dipercayai pertama kali diperkenalkan dari sebuah buku berjudul Yoga Sutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali.

Terdiri dari 195 aforisme yang menyajikan panduan dan petunjuk praktik yoga, buku ini merupakan kompilasi tradisi yoga yang ada pada saat itu. 

Seiring waktu, praktik yoga jadi semakin populer, nih. Yoga berkembang menjadi berbagai jenis dan dipengaruhi oleh beragam budaya.

Namun, perkembangan ini tidak menghilangkan makna dan prinsip-prinsip dasarnya. Sekarang, yoga menjadi salah satu praktik yang diminati berbagai kalangan. 

Pada tahun 2014, Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengajukan resolusi di PBB untuk memperingati Hari Yoga Internasional, yang akhirnya disetujui secara bulat oleh 177 negara anggota.

Tanggal 21 Juni dipilih sebagai Hari Yoga Internasional. Pasalnya, hari ini adalah hari terpanjang dalam setahun di belahan bumi utara, yang juga dikenal sebagai Hari Matahari Musim Panas.

Pemilihan tanggal ini mengandung makna simbolis karena yoga mengandalkan energi matahari dan berhubungan dengan kesehatan dan kesejahteraan. Menarik banget, kan? 

Perayaan Hari Yoga Internasional di Berbagai Negara

Sebagai negara asal yoga, perayaan Hari Yoga Internasional adalah momen meriah dan signifikan di India. Setiap tahunnya, India dipenuhi berbagai acara dan kegiatan yang mempromosikan praktik yoga.

Perdana Menteri India yang mengajukan resolusi untuk memperingati Hari Yoga Internasional pun turut ikut berpartisipasi. Ia sempat memimpin demonstrasi yoga yang diikuti oleh banyak warga India.

Adnan Abidi via Reuters

Lain cerita dengan Paris. Ribuan orang berkumpul di tempat-tempat seperti Taman Luxembourg, Taman Trocadéro, dan Taman Bois de Vincennes untuk mengikuti sesi yoga massal.

Dengan pemandangan cantik khas Paris, tak heran banyak orang ikut berpartisipasi di Hari Yoga Internasional yang dipandu instruktur berpengalaman ini.

Kelas yoga massal juga diadakan di landmark Paris, Menara Eiffel. Mengangkat warna tema kuning dan putih, orang-orang berbondong-bondong mempraktikkan gerakan yoga di bawah menara legendaris ini.

Kegiatan ini pun berhasil diabadikan dengan apik oleh Benoit Tessier, seorang fotografer asal Prancis.

Benoit Tessier via The New York Times

5 Cara Asyik Merayakan Hari Yoga Internasional

Untuk kamu yang mau berpartisipasi merayakan Hari Yoga Internasional, Bob punya beberapa rekomendasi cara-cara seru untuk merayakan hari spesial ini, nih!

1. Bagikan Pengetahuan tentang Yoga Lewat Media Sosial

Gunakan media sosial atau platform online lainnya untuk membagikan manfaat yoga dan pengetahuan tentang praktik ini.

Kamu  dapat menulis artikel, membuat video tutorial, atau berbagi pengalaman pribadi seputar yoga. Dengan berbagi, kamu dapat menginspirasi orang lain untuk memulai perjalanan yoga mereka sendiri.

2. Ikut Berbagai Yoga Challenge 

Agar perayaan semakin seru, kamu bisa banget, mengikuti berbagai yoga challenge yang sering diunggah di media sosial.

Kamu bisa mencoba berbagai pose yoga unik, baik sendiri atau bersama orang terdekatmu. Dijamin, perayaan Hari Yoga Internasional akan lebih menantang dan seru!

3. Yoga di Tempat Ikonik

Kamu bisa melakukan yoga di tempat-tempat ikonik di Indonesia. Indonesia diperkaya dengan berbagai tempat yang unik dan menarik untuk dijadikan tempat kamu melaksanakan yoga.

 Misalnya, kamu bisa mengadakan kelas yoga massal di beberapa landmark Indonesia seperti Monas (Monumen Nasional) di Jakarta, Candi Borobudur di Yogyakarta, atau di tepi Pantai Kuta waktu sunrise di Bali.

Selain menyenangkan, melakukan yoga di tempat-tempat ikonis ini juga bisa membuat pengalaman yogamu lebih berkesan.

4. Memperkenalkan Gaya Hidup Yoga ke Orang Terdekat

Karena yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sudah saatnya kamu memperkenalkan praktik yoga ke orang-orang terdekatmu.

Dengan memperkenalkan gaya hidup yoga, secara tidak langsung kamu juga memperkenalkan mereka kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera.

Selain itu, melakukan yoga bersama orang-orang terdekat juga bisa meningkatkan kedekatanmu dengan mereka, lho!

5. Ikuti Kelas Yoga di Wilayah Sekitarmu

Last but not least, jangan lupa ikuti kelas yoga yang ada di wilayah sekitarmu, ya.

Selain untuk melatih gerakanmu, ini juga bisa jadi kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki gaya hidup serupa denganmu.

Bob punya rekomendasi, nih, untuk kelas yoga di Bali yang worth to try!

Bali memiliki atmosfer yang spiritual, indah, dan damai yang sangat cocok untuk praktik yoga. Ada banyak sekali studio yoga di Bali.

Nah, Bob mau merekomendasikan kamu kelas yoga yang juga menawarkan quick getaway dari hiruk pikuk kehidupanmu.

Terdapat kelas yoga yang bisa kamu ikuti di Bobocabin Ubud. Tempat ini memberikan pengalaman menginap yang unik, harmonis, dan alami di tengah keindahan alam Ubud.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin Ubud dan kelas yoganya merupakan tempat yang sempurna untuk kamu yang sedang mencari ketenangan Pulau Bali.

Nah, jadi kamu bakal ngapain, nih, di Hari Yoga Internasional tanggal 21 Juni? Yuk, giat praktikkan yoga agar hidup lebih sehat dan sejahtera!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles