via haripelanggan.com

Ternyata, Ini Alasan Hari Pelanggan Nasional Dibuat dan Diresmikan Jadi Hari Penting!

Setiap tahunnya, Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) diperingati pada 4 September oleh banyak perusahaan sebagai bentuk perhatian khusus dan apresiasi kepada para pelanggan. Karena itu, jangan heran jika banyak promo, diskon, bonus, hingga bagi-bagi hadiah dari perusahaan saat Hari Pelanggan Nasional tiba, karena hal tersebut adalah bentuk rasa terima kasih atas dukungan pelanggan terhadap perusahaan.

Melihat berapa pentingnya peran pelanggan dalam kelangsungan perusahaan, bagaimana sih sejarah Hari Pelanggan Nasional dari mulai tercipta hingga diresmikan? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Pencetus Harpelnas

via handiirawan.com

Peringatan Hari Pelanggan Nasional tidak lepas dari peran seorang pengusaha bernama Handi Irawan D. Pria kelahiran 1 April 1964 di Solo ini merupakan seorang pengusaha sekaligus salah satu pakar pemasaran, strategi dan digital ternama di Indonesia. Handi Irawan juga dikenal sebagai CEO dan Founder Frontier Group, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset, pemasaran, teknologi dan digital.

Tak hanya itu, Handi Irawan rupanya menjadi inisiator untuk berbagai penghargaan bergengsi serta hari-hari penting di Indonesia. Penghargaan tersebut meliputi Top Brand Award, Service Quality Award, Corporate Image Award dan Indonesian Customer Satisfaction Award. Sementara itu, perayaan hari penting yang beliau inisiasi terdiri dari Hari Marketing Indonesia, Hari Media Sosial, Hari Inovasi dan tentunya Hari Pelanggan Nasional.

Peringatan Hari Pelanggan Nasional itu berasal dari ide tentang cara agar perusahaan berorientasi pada pelanggan sehingga bisa membentuk budaya pelayanan. Ide tersebut ia cetuskan pada tahun 2003 lalu dan mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Ide ini sendiri bermula dari keinginan untuk memberikan apresiasi kepada para pelanggan yang menjadi jiwa dari sebuah perusahaan. Sebagai seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memahami perilaku perusahaan di Indonesia, beliau berkeinginan untuk meningkatkan pelayanan perusahaan demi kepuasaan pelanggan.

Melansir laman haripelanggan.com, pelayanan terhadap pelanggan mungkin sudah menjadi kewajiban perusahaan. Hanya saja, mereka belum berhasil memahami pelanggan sebagai jiwa perusahaan, terutama karena perusahaan memiliki kedudukan yang lebih tinggi ketimbang pelanggan.

Selain itu, memahami pelanggan juga bukan perkara sesaat sebab harapan pelanggan selalu saja meningkat. Akibatnya, pelanggan pun tidak pernah sepakat apakah mereka benar-benar telah terpuaskan. Maka dari itu, tercetuslah ide tentang Hari Pelanggan Nasional yang bisa menjadi ajang bagi banyak perusahaan untuk memompa semangat mereka dalam memuaskan hati para pelanggan.


Baca Juga: Kebanggaan Indonesia! Simak Sejarah Satelit Palapa Berikut Ini!


Peresmian Harpelnas

via liputan6.com

Handi Irawan mencetuskan ide tentang Hari Pelanggan Nasional pada tahun 2003 kepada pemerintahan Indonesia yang kala itu dipimpin oleh Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri (2001-2004). Sambutan hangat pun beliau terima melalui Menteri BUMN, Laksamana Sukardi, terutama karena momentumnya berbarengan dengan implementasi UU Nomor 8 Tahun 1999.

Ibu Presiden kemudian meresmikan tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional. Dalam perayaan seremonial pertamanya, Harpelnas dihadiri oleh sekitar 200 jajaran Direktur Utama dari berbagai perusahaan dan Direktur BUMN.

Selain itu, 500 perusahaan dilaporkan ikut merayakan peringatan Hari Pelanggan Nasional di awal kemunculannya tersebut. Para CEO bahkan turut terjung ke lapangan untuk melayani para pelanggan.

Meski diinisiasi oleh petinggi Frontier Group, Hari Pelanggan Nasional adalah milik seluruh perusahaan di Indonesia. Karena itu, setiap perusahaan diharapkan dapat mengambil pelajaran dari esensi Harpelnas, yaitu menciptakan ekosistem agar pelanggan merasa puas dan loyal. Kepuasan dan kesetiaan pelanggan menjadi salah satu pemicu majunya sebuah perusahaan yang kemudian berdampak pada kemajuan negara.

Perayaan Hari Pelanggan Nasional

via haripelanggan.com

Sejak peresmiannya, Harpelnas menjadi momen khusus bagi berbagai perusahaan untuk memanjakan pelanggan dengan cara mereka sendiri. Mulai dari perusahaan otomotif, retail, makanan, minuman dan lainya akan berpartisipasi dengan menawarkan promo dan penawaran menarik. Sebut saja diskon, bonus dan bingkisan hadiah terkait produk-produk mereka kepada masyarakat.

Selain itu, perayaan Harpelnas juga kerap melibatkan acara seremonial, seminar serta Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional. Penyelenggaraan seminar biasanya berperan sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan dan membentuk pola pikir pelayanan di kalangan karyawan yang menjadi ujung tombak perusahaan dalam melayani pelanggan, yaitu frontliner. Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional bisa menjadi ajang pemersatu perusahaan dan karyawannya. Parade tersebut merupakan gerakan massal yang melibatkan ratusan perusahaan serta ribuan karyawan yang bekerja di garis depan (frontliner).

Tidak jarang, sejumlah pimpinan perusahaan akan turun ke jalan untuk ikut melayani pelanggan selama acara berlangsung. Salah satunya adalah dengan membagikan merchandise perusahaan. Dua kegiatan tersebut, yaitu seminar dan parade, sudah berlangsung sejak tahun 2013-2019 dan terhenti di tahun 2020 akibat pandemic COVID-19.


Baca Juga: Jangan Diperdaya! Ketahui Apa Saja Hak Konsumen Berikut


Arti Logo Harpelnas

via haripelanggan.com

Peringatan Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus buatan salah satu desainer iklan terbaik di Indonesia. Logo tersebut menggambarkan sebuah senyuman manusia dengan warna dasar hijau.

Senyuman tersebut melambangkan senyuman tulus yang menandakan sebuah kepuasan sedangkan warna hijaunya menjadi lambing kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan. Sementara itu, penggunaan tipologi huruf kecil yang membentuk kalimat “Hari Pelanggan Nasional” mewakili sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Saat Hari Pelanggan Nasional tiba dan kamu bingung mau ke mana, Bobobox bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman menginap yang asyik dan menyenangkan. Lokasinya yang strategis akan memudahkan pergerakan kamu untuk mencapai berbagai pusat perbelanjaan dengan segala penawaran menariknya.

Berbagai Promo Menarik

via Allo Bank

Meski Parade Simpatik masih belum bisa dilakukan, Hari Pelanggan Nasional tetap ramai dengan berbagai promo menarik. Di antaranya adalah:

  • Cashback senilai Rp 20.000,00 dari Allo Bank dengan minimal belanja Rp 260.000,00 untuk transaksi di The Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins, Gyu Katsu Nikaido, Wendy’s, Tasty Kitchen, Bakso Boedjangan dan Warung Wardani
  • Promo ShopeePay dan ShopeeFood bertajuk bertajuk ‘9.9 Super ShopeePay Deals dan ShopeeFood 9.9 Diskon Super Kenyang’
  • Layanan Touch of Care dan promo cashback dari Sun of Life
  • Acara quiz dan pemberian gift dari Kawan Lama Group serta kehadirannya di ratusan store ritel di bawah naungan perusahaan tersebut, seperti ACE, INFORMA, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Chatime dan Cupbop
  • Penawaran bertajuk ‘Siap Jadi Raja’ dari MNC Bank, yaitu suku bunga 7%, cashback hingga Rp 16,96 juta untu penempatan dana di tabungan dan deposito, cashback Rp 75.000,00 untuk pembelian BBM di SPBU, buy 1 get 1 free tiket XXI di bioskop terpilih, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk, Intip 9 Film Indonesia September Yang Wajib Kamu Tonton. Ada Yang Sudah Masuk Watchlistmu?


Saat Harpelnas tiba dan bingung mau ke mana,Bobobox  menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Lokasinya yang strategis akan memudahkan kamu menjangkau tempat-tempat yang tengah menawarkan berbagai promo menarik Harpelnas.

Setelah menikmati berbagai promo tersebut, kamu bisa kembali ke Bobobox dan rasakan sendiri kenyamanannya. Interior podnya yang cukup luas dengan kasur empuk pasti bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga memiliki dengan berbagai fasilitas penunjang. Di antaranyya adalah Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles