toko buku di jakarta selatan

5 Toko Buku di Jakarta Selatan, Tempat Healing Para Kutu Buku!

Seorang mantan rektor Universitas Harvard bernama Charles W. Eliot pernah bilang begini, “Buku adalah sahabat paling senyap dan setia. Ia adalah penasihat paling bijak dan terjangkau, serta guru yang paling sabar”.

Di Jakarta Selatan, sejumlah toko buku punya ratusan hingga ribuan buku yang siap jadi sahabat karib kamu. Toko-toko buku di Jakarta Selatan ini tidak hanya menjual buku baru. Sebagian juga menjual buku-buku bekas yang bisa jadi sudah sulit ditemui di pasaran.

Kali ini, Bob akan merekomendasikan toko buku di Jakarta Selatan yang pasti jadi destinasi favorit para pecinta buku. Siap ketemu dengan buku-buku yang akan menjadi sahabat baru kamu?

POST Bookshop

Post Bookshop - toko buku di jakarta selatan

Photo: @post_santa via Instagram

POST Bookshop adalah toko buku di Jakarta Selatan yang sudah populer di kalangan pecinta buku. Toko buku mungil yang didominasi warna putih dan kuning ini terletak di tengah-tengah Pasar Santa.

Toko buku independen ini menjual koleksi buku yang dikurasi dengan cermat oleh pengelola toko. Di sini, kamu bisa menemui beragam jenis buku, mulai dari yang ditulis penulis lokal sampai penulis luar negeri, berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Inggris, serta buku fiksi dan non-fiksi.

Uniknya, kebanyakan buku di POST Bookshop tidak disampul plastik, sehingga kamu tidak perlu blind buy. Beberapa meja dan kursi tersedia di sini, sehingga kamu bisa baca-baca buku yang menarik perhatianmu. Kalau cocok, tinggal bawa ke kasir, deh!

POST Bookshop juga sering mengadakan event-event spesial, seperti peluncuran buku, sesi membaca bersama, hingga pertunjukan musik akustik. Kalau kamu ingin berpartisipasi di event-event tersebut, rajin-rajin cek akun Instagram POST Bookshop, ya!

Alamat: Santa Modern Market, Jl. Cisanggiri II No.6 upper floor, RT.5/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Jam buka: Senin–Jumat, 14.00–19.00 | Sabtu–Minggu, 12.00–19.00

Baca juga: POST Bookshop, Hidden Gem di Pasar Santa Jakarta Selatan

Blooks

Blooks - toko buku di jakarta selatan

Photo: @blooks.store via Instagram

Di samping Lapangan Blok S, terdapat sebuah toko buku kecil bernama Blooks yang dindingnya berwarna biru. Begitu kamu masuk ke dalamnya, kamu akan menemui deretan buku yang disusun rapi, sofa yang memanggil-manggil untuk diduduki, serta beberapa kursi kecil.

Kebanyakan buku yang dijual di Blooks merupakan buku terbitan penerbit independen yang jarang ditemui di toko buku besar. Ada yang berbahasa Indonesia, ada pula yang berbahasa Inggris.

Tidak cuma menyediakan buku-buku untuk dibeli, toko ini juga punya koleksi buku yang bisa kamu baca secara gratis di tempat. Menarik, kan?

Kalau berkunjung ke Blooks, kamu bisa sekalian wisata kuliner. Soalnya, di sekitar toko ini ada banyak kafe dan restoran yang menjual aneka makanan, mulai dari makanan Korea sampai makanan Indonesia.

Alamat: Jl. Birah Raya No.10, RT.5/RW.6, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

Jam buka: Kamis–Minggu, 11.30–19.30

Bursa Buku Blok M Square

Pasar Buku Blok M - toko buku di jakarta selatan

Photo: Natsir Ode via Google Maps

Di dalam pusat perbelanjaan Blok M Square, terdapat sederet toko buku bekas bernama Bursa Buku Blok M Square. Toko-toko tersebut tepatnya terletak di lantai lower ground.

Buku-buku yang dijual di sini sangat beragam, mulai dari novel, buku ekonomi, buku sejarah, majalah, komik jadul, cerita silat tahun 90-an, sampai buku teka-teki silang! Walaupun bekas, buku-buku tersebut masih sangat layak baca. Sebagian buku punya kertas yang warnanya sudah agak menguning kecoklatan khas buku lawas.

Soal harga, kamu tidak perlu khawatir. Harganya mulai dari Rp10.000 saja untuk tiga buah buku. Beberapa kios bahkan masih memperbolehkan pengunjung untuk menawar harga.

Di lantai yang sama, kamu juga akan menemukan barang-barang antik dan menarik lainnya, seperti pakaian bekas, kaset jadul, hingga piringan hitam.

Kalau sudah puas berburu buku bekas di sini, kamu bisa lanjut berburu makanan dan minuman, deh!

Alamat: Blok M Square Lantai Basement, No. 77 – 78, Jl. Melawai 5, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Jam buka: Setiap hari, 10.00–21.00

Baca juga: 13 Perpustakaan Aesthetic di Jakarta untuk Kamu yang Hobi Baca!

Sarang Buku Bekas

Sarang Buku Bekas

Photo: @menerjanghujan via X

Toko buku di Jakarta Selatan rekomendasi Bob selanjutnya adalah Sarang Buku Bekas. Toko yang khusus menjual buku-buku bekas layak baca ini adem dan bau buku, membuat siapa saja betah berlama-lama di dalamnya.

Sarang Buku Bekas punya koleksi yang cukup lengkap. Di sini, kamu bisa membeli majalah, novel, buku anak, buku resep, komik jadul, dan lain-lain dengan harga yang ramah di kantong.

Pengelola toko sudah menata buku-buku sesuai kategori sehingga memudahkan kamu dalam berburu buku incaran. Menurut testimoni orang-orang yang pernah datang ke sini, mereka sering menemukan buku yang sulit ditemui di toko-toko buku lainnya, lho!

Alamat: Jalan Haji R. Rasuna Said Kav. C22, No 24, GF, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Jam buka: Setiap hari, 10.00–21.00

Gramedia Melawai

Gramedia Melawai

Photo: Jaka Poernama via Google Maps

Siapa yang tidak tahu toko buku Gramedia? Anak perusahaan Kompas Gramedia ini berawal dari sebuah toko buku di Jakarta Barat yang berdiri pada tahun 1970. Seiring berjalannya waktu, toko buku Gramedia buka di lebih banyak tempat. Salah satu cabangnya yang terkenal di Jakarta Selatan adalah Gramedia Melawai.

Toko buku yang terletak tepat di depan Blok M Square ini jadi destinasi favorit banyak orang karena sejumlah alasan. Yang pertama, tempatnya sejuk dan bersih. Kamu bisa berlama-lama mencari buku dengan nyaman.

Yang kedua, koleksi bukunya cukup lengkap, terutama buku-buku populer. Sebagaimana Gramedia lainnya, Gramedia Melawai juga menjual alat tulis, alat musik, dan perlengkapan sekolah.

Yang ketiga, karena terletak di Blok M, pengunjung bisa sekalian ke tempat-tempat menarik lainnya setelah mencari buku di sini. Misalnya ke kedai kopi atau kios makanan. Hunting buku dan wisata kuliner memang kombinasi yang seru!

Alamat: Jl. Melawai 3 No.12 – 18 3, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Jam buka: Senin–Jumat, 10.00–21.00 | Sabtu–Minggu, 10.00–22.00

Baca juga: 14 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Jadi Spot Nongkrong

Bobopod Jakarta Selatan: Banyak Pilihan, Semua Nyaman

Bobopod Kebayoran Baru

Photo: Doc. Bobobox

Setelah seharian berburu buku, kamu butuh beristirahat di tempat yang nyaman dan aman. Jika kamu butuh penginapan di kawasan Jakarta Selatan, Bobopod selalu bisa jadi andalan.

Ada beberapa cabang Bobopod di Jakarta Selatan, yaitu Bobopod ITC Kuningan, Bobopod Pancoran, dan Bobopod Kebayoran Baru.

Ketiga hotel kapsul tersebut dekat dengan toko-toko buku di Jakarta Selatan yang Bob rekomendasikan di atas. Bobopod Kebayoran Baru, misalnya, hanya berjarak 900 meter dari Gramedia Melawai. Selain itu, ketiganya juga dekat dengan berbagai fasilitas publik, seperti stasiun, halte TransJakarta, hingga minimarket.

Yuk, download aplikasi Bobobox sekarang dan pesan pod yang kamu inginkan! Bob tunggu kedatangan kamu di Jakarta Selatan!

 

Gambar utama oleh: Inna Safa via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles