Air Terjun Tertinggi di Dunia

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia Nggak?

Jika kamu gemar mengunjungi berbagai destinasi wisata alam, air terjun tentunya menjadi salah satu tujuan yang tak boleh kamu lewatkan.

Bagaimana tidak? Fenomena alam ini memiliki daya tariknya tersendiri; air yang jatuh dari ketinggian adalah salah satu pemandangan paling indah yang kamu pernah lihat!

Tak hanya indah, air terjun juga memiliki daya tarik lain. Air terjun umumnya menawarkan suasana sejuk dan asri, memberimu momen untuk refresh otak sebelum kembali ke kesibukan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan banyak kegiatan menarik di area air terjun—mulai dari berfoto hingga berenang.

Baca Juga: Sedang Butuh Healing? Kunjungi 7 Wisata Air Terjun di Padusan Berikut ini!

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Semakin tinggi sebuah air terjun, semakin dapat kita lihat kemegahannya. Penasaran apa saja air terjun tertinggi di dunia? Berikut daftar 10 air tertinggi di dunia!

1. Mardalsfossen Falls

Mardalsfossen Falls

Sumber: visitnorway.com

Lokasi: Møre og Romsdal, Norwegia

Terkenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Eropa, Mardalsfossen Falls terletak sekitar 2 km dari desa Eikesdalen.

Nama Mardalsfossen diambil dari kata “Mardalen” sebagai nama lembah tempatnya mengalir dan “foss yang berarti air terjun.

Berada pada ketinggian 2.116 kaki atau 645 m, air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Airnya berasal dari Sungai Mardøla yang mengalir melewati lembah dan jatuh ke Danau Eikesdalsvatnet.

Bobocabin Bobobox

2. Tyssestrengene Falls

Tyssestrengene Falls

Sumber: frittfallfoto.no

Lokasi: Vestland, Norwegia

Tyssestrengene Falls terletak di timur desa Tyssedal, Kota Ullensvang. Air terjun ini tepatnya berasal dari Sungai Tysso dan jatuh ke danau Ringedalsvatnet.

Berkat posisinya, air terjun ini menempati peringkat 10 di daftar air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 2.123 kaki atau 647 m. Pemandangannya tampak kian indah dengan adanya tebing Trolltunga di sekitar area air terjun.

Baca juga: Mengenal 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

3. Espelands Falls

Espelands Falls

Sumber: kristioverland via tripadvisor.com

Lokasi: Hardanger Fjord, Norwegia

Mengalir ke Sungai Opo, Espelands Falls atau dikenal juga dengan sebutan Espelands Foss memiliki ketinggian 2.307 kaki atau 703 m.

4. Pieman Falls

Pieman Falls

Gambar: touristplaces.com

Lokasi: Taman Nasional Alpine, Victoria, Australia

Tak perlu pergi jauh dari Indonesia, Negeri Kanguru juga ternyata memiliki salah satu air terjun tertinggi di dunia. Pieman Falls terletak di sebuah hutan yang terletak di dataran tinggi kawasan Taman Nasional Alpine.

Terhubung dengan Sungai Pieman yang kecil, air yang mencapai ujung dataran tinggi kemudian jatuh dan mengalir ke lembah di bawahnya. Ketinggian Pieman Falls diperkirakan mencapai 2.346 kaki atau 715 m.

Baca Juga: Bakal Membuatmu Terkagum-Kagum. Simak 10 Air Terjun Terindah di Dunia Ini

5. Yosemite Falls

yosemite falls

Sumber: kristioverland via tripadvisor.com

Lokasi: Lembah Yosemite, Taman Nasional Yosemite, Kalifornia, Amerika Serikat

Yosemite Falls adalah air terjun tertinggi yang berada di area Taman Nasional Yosemite dan telah menjadi salah satu destinasi populer di taman tersebut.

Air terjun ini memiliki ketinggian 2.425 kaki atau 739 m. Pengunjung umumnya mengunjungi Yosemite Falls pada musim semi ketika volume air di air terjun sedang tinggi.

Uniknya, air terjun ini seolah menghilang di musim panas dan musim gugur. Pada musim tersebut, area Yosemite Falls justru ramai dikunjungi pendaki yang mencari jalur pendakian lebih menantang.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Air Terjun Tertinggi di Sumatra, Sudah Pernah ke Sana?

6. Mutarazi Falls

Mutarazi Falls

Gambar: touristplaces.com

Lokasi: Distrik Mutasa, Taman Nasional Mutarazi, Zimbabwe

Mutarazi Falls adalah air terjun tertinggi di Zimbabwe dan menempati posisi kedua tertinggi di Afrika. AIr terjun ini memiliki ketinggian 2.533 kaki atau 772 meter.

Selain menikmati keindahannya, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan menantang di sini seperti skydiving, zipline dari satu sisi air terjun ke sisi lainnya, atau menyusuri jembatan gantung yang menghadap ke air terjun.

7. Yumbilla Falls

Yumbilla Falls

Sumber: Tony Dunnell via atlasobscura.com

Sumber: Tony Dunnell via atlasobscura.com

Lokasi: Amazonas, Peru

Yumbilla Falls mulai dikenal secara internasional pada tahun 2007 lalu, ketika peneliti dari Geographical Institute of Peru melakukan survei pengukuran air terjun.

Survei dilakukan menggunakan laser, dengan hasil pengukuran yang menyatakan bahwa Yumbilla Falls memiliki ketinggian 2.938 kaki atau 896 m.

Baca juga: Mengulik Keunikan Air Terjun Sipiso Piso dan Rute Perjalananya

8. Tres Hermanas Falls

Tres Hermanas Falls

Sumber: Carlos Braga via Pinterest

Lokasi: Taman Nasional Otishi, Junin, Peru

Secara harfiah, Tres Hermanas berarti Tiga Saudara Perempuan. Hal ini karena Tres Hermanas Falls dibagi menjadi tiga bagian.

Air terjun ini berada pada ketinggian 2.999 kaki atau 914 m. Pemandangannya tampak begitu cantik, lengkap dengan keberadaan pegunungan hijau di sekitarnya.

9. Tugela Falls

Tugela Falls

Sumber: via Getty Images

Lokasi: Taman Nasional Royal Natal, KwaZulu-Natal, Afrika Selatan

AIr terjun kedua tertinggi di dunia adalah Tugela Falls, dengan perkiraan bahwa ketinggian air terjun yang mencapai 3.225 kaki atau 983 m.

Namun, terdapat berbagai perdebatan perihal ketinggian Tugela Falls. Posisi kedua dan pertama dari air terjun tertinggi di dunia tetap menjadi topik yang hangat bagi para ahli hingga saat ini.

10. Angel Falls

Angel Falls

Sumber: via Shutterstock

Lokasi: Taman Nasional Canaima, Venezuela

Meskipun adanya perdebatan, saat ini Angel Falls menempati peringkat pertama air terjun tertinggi di dunia. Ketinggian Angel Falls diperkirakan mencapai 3.212 kaki atau 979 m.

Air terjun ini jatuh dari ujung Gunung Auyán-tepui dan resmi ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

Uniknya, volume air pada air terjun pasti menurun di musim panas. Sehingga, air terjun tidak akan mencapai dasar dan akan tampak habis di tengah udara.

Baca Juga: Mitos di Balik Keindahan: Legenda Air Terjun Coban Rondo yang Memesona

Tak Perlu Jauh-Jauh ke Luar Negeri, Kunjungi Air Terjun Situmurun di Danau Toba!

sensasi modern di Bobocabin Signature Toba

Air terjun yang indah dan menyegarkan juga ada di Indonesia, lho. Salah satunya adalah Air Terjun SItumurun yang mengalir ke Danau Toba.

Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti memancing, berenang, hingga menjelajahi bagian danau lainnya.

Setelah puas menjelajahi Danau Toba, langsung istirahat di tengah alam dengan sensasi modern di Bobocabin Signature Toba!

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, setiap kabin dijamin dapat memberikan kamu dan keluarga kenyamanan maksimal.

Fasilitas Smart Window dan B-Pad dapat memudahkanmu mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati. Nikmati juga fasilitas lainnya seperti campfire, BBQ Steamboat, dan berbagai board game.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles