air terjun tertinggi di sumatera

Ternyata Ini 5 Air Terjun Tertinggi di Sumatra, Sudah Pernah ke Sana?

Pulau Sumatra memiliki banyak objek wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya memanjakan mata dengan keindahannya, mengunjungi air terjun bisa menjadi pilihan aktivitas untuk melepas penat. 

Air terjun sendiri memiliki berbagai macam ketinggian, dari yang cukup rendah hingga paling tinggi.

Air Terjun Tertinggi di Sumatra

Berikut adalah lima objek wisata air terjun tertinggi di Pulau Sumatra untuk liburanmu berikutnya.

1. Air Terjun Payakumbuh Ngarai Harau

Air Terjun Payakumbuh terletak di tebing Ngarai Harau, Payakumbuh, Sumatra Barat. Air terjun ini menjadi salah satu objek wisata menarik karena pemandangan alamnya yang unik. 

Pemandangan spektakuler ini tercipta berkat letak air terjunnya, yaitu di dalam Ngarai Harau. Ngarai Harau sendiri adalah lembah besar yang dikelilingi tebing-tebing batuan granit setinggi ratusan meter.

Ketika mengunjungi Air Terjun Payakumbuh, kamu akan disambut suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian dan nuansa alami yang menenangkan. 

Terutama saat musim hujan, aliran air yang semakin deras dan cantik akan menciptakan pemandangan yang memukau. Selain itu, pelangi sering muncul di sekitar air terjun setelah hujan dan menambah keasrian alam yang ada.

Bobocabin Bobobox

Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti trekking, hiking, atau sekadar menikmati pemandangan yang menarik hati.

Air Terjun Payakumbuh adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menyegarkan diri dari kepenatan sehari-hari.

Baca Juga: Mengenal 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

2. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas terletak di dataran tinggi Bukit Barisan, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. 

Dengan ketinggian sekitar 150 meter, air terjun ini menjadi salah satu objek wisata alam yang menarik di Pulau Sumatra. 

Air Terjun Batang Kapas menawarkan panorama yang memanjakan mata dengan aliran air yang deras dari ketinggian. Tempat ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan terdapat berbagai macam flora dan fauna yang bisa ditemui di sekitarnya. 

Suara gemericik air dan udara segar dari air terjun ini memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi pengunjungnya.

Untuk mencapai Air Terjun Batang Kapas, kamu perlu melakukan perjalanan sekitar dua jam dari Kota Pekanbaru menuju Desa Lipat Kain.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Lubuk Bigau dan melewati beberapa desa lain seperti Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Batu Sasak. 

Meskipun perjalanan menuju air terjun ini agak menantang, pemandangan spektakuler yang menanti di akhir akan membayar jerih payah yang telah kamu tempuh.

Air Terjun Batang Kapas adalah tempat yang cocok untuk beristirahat dan menjauh sejenak dari kehidupan perkotaan yang sibuk.

3. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Sumber: The World Travel Guy

Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu objek wisata kebanggaan Sumatra Utara. Terletak di Pengambaten, Merek, Kabupaten Karo, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter dan menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso, kamu perlu menuruni sekitar 500 anak tangga terjal. Meskipun menantang, perjalanan ini akan sebanding dengan pemandangan yang menantimu di bawah.

Ada alasan di balik penamaan air terjun ini. Nama “Sipiso-piso” diambil dari nama gunung di dekatnya, yaitu Gunung Dolok Sipiso-piso yang memiliki ketinggian 1.860 mdpl.

Tak hanya tinggi, Air Terjun Sipiso-piso juga terkenal karena aliran airnya yang deras dan membentuk garis vertikal sempurna. Ini membuatnya populer di kalangan wisatawan. 

Ketinggian Air Terjun Sipiso-piso ini pun didukung keasrian alam di sekitarnya. Tempat wisata ini terlihat kian memesona berkat latar belakang Danau Toba yang menjadi daya tarik tambahannya.

Sesampainya di air terjun, kamu bisa melakukan meditasi sambil ditemani suara gemericik air yang jatuh dan suasana alam yang tenang. Dijamin, pengalaman berwisata di Air Terjun Sipiso-piso akan ekstra menyegarkan.

Baca Juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatra Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!

4. Air Terjun Curup Tenang

Air Terjun Curup Tenang

Sumber: Wisata Kita

Air Terjun Curup Tenang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. 

Air terjun ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Pulau Sumatera dengan ketinggian mencapai 99 meter. 

Berkat pemandangannya yang menakjubkan, Air Terjun Curup Tenang ini menjadi destinasi wisata alam yang populer di daerah tersebut.

Lokasinya mudah dijangkau dengan akses jalan yang baik. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Palembang untuk mencapai tempat wisata ini. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan dan hutan yang menawan. 

Beberapa jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan di air terjun ini adalah berenang di kolam di bawah air terjun, atau sekadar duduk-duduk santai menikmati suasana yang tenang dan damai.

5. Air Terjun Si Gura-Gura

Air Terjun Si Gura-Gura

Sumber: Ksmtour.com

Air Terjun Si Gura-Gura merupakan salah satu objek wisata air terjun tertinggi di Pulau Sumatra dan bahkan di Indonesia. 

Terletak di Halado, Pintu Pohan Merant, Toba, Sumatra Utara, air terjun ini menawarkan pemandangan yang meneduhkan mata dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Air Terjun Si Gura-Gura memiliki ketinggian mencapai 250 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. 

Aliran airnya yang deras berasal dari Sungai Asahan yang memiliki debit air tinggi. Dentuman airnya yang kuat bisa terdengar dari kejauhan, menambah kesan megah dan spektakulernya.

Lokasi air terjun ini sangat strategis karena terletak di pinggiran Danau Toba, salah satu danau terbesar di dunia. 

Sebagai pengunjung, kamu dapat mengambil foto yang menakjubkan atau sekadar duduk leyeh-leyeh sambil menikmati suasana sekitar.

Perjalanan menuju Air Terjun Si Gura-Gura biasanya melibatkan perjalanan darat dan trekking untuk mencapai lokasi. Namun, setiap usaha yang dilakukan akan sebanding dengan pemandangan luar biasa yang akan kamu jumpai nanti. 

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Sumatra Utara yang Membangkitkan Jiwa Petualangmu

Liburan ke Sumatra? Cobain Pengalaman Menginap Seru di Bobocabin Signature Toba!

Sound healing at Bobocabin

Jika sedang melancong di Medan, pastikan untuk merencanakan kunjungan ke Danau Toba. Keindahan dan kesegaran udara di Toba pasti akan membuatmu rileks, terlebih jika ada kesempatan untuk berkemah di sekitarnya.

Namun, jika kamu tidak ingin direpotkan dengan persiapan berkemah, menginap di Bobocabin Signature Toba bisa jadi pilihan menarik! 

Dengan fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kabin desain alami yang luas, akses Wi-Fi, sampai peralatan BBQ, pengalaman menginapmu pasti tak terlupakan.

Lebih menariknya lagi, kamu bisa menikmati pemandangan langsung dari dalam kabin melalui jendela besar yang langsung berhadapan dengan alam. Menarik, kan?

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles