Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Mengenal 12 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Indonesia memiliki banyak objek wisata alam menakjubkan yang tersebar dari barat ke timur, salah satunya wisata air terjun.

Dari sekian banyak air terjun di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki ketinggian yang menjulang hingga di atas 100 meter. Tak heran jika air terjun tersebut mendapatkan predikat air terjun tertinggi di Indonesia.

Lantas, air terjun mana saja sih yang memiliki ketinggian tidak biasa? Yuk, simak 12 di antaranya berikut ini!

Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Inilah daftar air terjun tertinggi di Indonesia untuk kamu ketahui.

1. Air Terjun Sigura-Gura (250 Meter)

Air Terjun Sigura-Gura (250 Meter)

Sumber: @iwanvanwilan via Instagram

Lokasi: Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara 

Air terjun Sigura-gura terdiri dari dua tingkatan dengan ketinggian berbeda. Pengunjung kerap menghabiskan waktu di tingkatan paling bawah agar bisa bermain air sambil meresapi pemandangan hijau di sekeliling. 

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana, kamu bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar lokasi.

Untuk pencinta tantangan, rafting bisa menjadi pilihan aktivitas. Arus sungai yang mengalir di sekitar Sigura-gura terbilang deras sehingga sangat cocok untuk kegiatan tersebut.

Baca Juga: Tidak Kalah Indah, Intip 6 Destinasi Wisata Rawa-rawa di Indonesia Berikut Ini

2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Air Terjun Madakaripura

Sumber: @jack_firman_ via Instagram

Lokasi: Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa TImur

Selain tinggi menjulang, air terjun Madakaripura juga menyuguhkan pesona magis yang akan membuat siapapun terpana.

Tebing yang melingkar dan tanaman hijau yang tumbuh menyelimutinya akan membuatmu seolah berada di dalam botol hijau raksasa. 

Guyuran airnya juga memiliki pola radial sentrifugal alias satu titik yang menyebar. Akibatnya, aliran air Madakaripura menyerupai rintik hujan yang terkadang membentuk pelangi indah.

Kondisi ini membuat medan di sekitar air terjun cukup licin dan basah. Karenanya, jas hujan serta sepatu tahan air selip wajib banget menemami perjalanan kamu ke Madakaripura.

Saat berkunjung, pastikan tubuh dalam kondisi fit karena kamu perlu berjalan kaki sekitar satu jam dari pintu masuk.

3. Air Terjun Nokan Nayan (180 meter)

Air Terjun Nokan Nayan (180 meter)

Sumber: @beritasintang via Instagram

Lokasi: Desa Deme, Kecamatan Ambalu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Bukan cuma tinggi, air terjun Nokan Nayan juga terbilang lebar sehingga membuatnya tampak seperti air terjun Niagara.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, kolam utama di bawah aliran Nokan Nayan sangat berbahaya dan sulit ditembus. Debit air terjunnya yang begitu besar kerap menciptakan kabut seperti asap.

Selain itu, di lokasi utama air terjun Nokan Nayan juga terdapat air terjun lain bernama Jongonoi dengan ketinggian yang hampir sama.

Keduanya berasal dari dua aliran sungai berbeda, yakni sungai Lonayan dan Jongonoi. Kedua aliran sungai tersebut dipisahkan oleh tebing, tapi jatuh di tempat yang sama di bawahnya.

4. Air Terjun Lembah Harau (150 meter)

Air Terjun Lembah Harau (150 meter)

Sumber: @kiddrock85 via Instagram

Lokasi: Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat

Lembah Harau diapit oleh dua bukit terjal nan indah dengan ketinggian tebing mencapai 150 meter. Di lembah ini, terdapat sekitar enam air terjun dengan keindahan serta ukuran berbeda-beda.

Ada air Sarasah Bunta, Sarasah Murai, Sarasah Aie Angek, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Jambu, dan Akar Berayun sebagai yang tertinggi.

Posisi air terjun Akar Berayun ini cukup dekat dengan area parkir Lembah Harau dan kerap tampak membiaskan warna pelangi yang indah.

Air terjun ini akan semakin menawan dipandang saat arusnya deras, yang biasanya terjadi saat musim hujan.

5. Air Terjun Batang Kapas (130-150 meter)

Air Terjun Batang Kapas (130-150 meter)

Sumber: @mainkemanakita via Instagram

Lokasi: Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau

Air terjun Batang Kapas menyuguhkan pemandangan eksotis, yakni perpaduan birunya langit, hijaunya hutan, dan putihnya dinding batuan air terjun.

Uniknya, aliran air yang berasal dari Sungai Batang Kapas ini tampak tidak bersentuhan dengan tebing batu di belakangnya. Fenomena ini disebut dengan istilah overhanging ledge falls.

Untuk menambah keseruan selama berkunjung ke Batang Kapas, pengunjung biasanya akan bermalam di lokasi yang ada tepat di balik gemuruh air terjun. Tempat ini berada di atas cekungan batu dan memiliki panjang sekitar 50 meter serta lebar 2–4 meter.

Baca Juga: 9 Pantai Unik di Indonesia Ini Sering Jadi Destinasi Wisata. Yuk Intip!

6. Air Terjun Sipiso-piso (120 meter)

Air Terjun Sipiso-piso (120 meter)

Sumber: @rajeshchandra70 via Instagram

Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara

Berlokasi tidak jauh dari Danau Toba, Sipiso-piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melewati sebuah gua di sisi kawah danau.

Meski air yang keluar dari gua tidak begitu besar, aliran air terjun Sipiso-piso terbilang cukup deras. Dari kejauhan, air terjun tampak begitu indah dan tajam layaknya “piso” alias pisau.  

Jika ingin menikmatinya dari bawah, siapkan tenaga ekstra untuk menuruni sekitar 500 anak tangga selama kurang lebih satu jam.

Jika menyaksikan dari atas, kamu juga akan mendapatkan bonus pemandangan Danau Toba, bukit bentangan Pulau Samosir, hingga pematang sawah dan ladang Desa Tongging.

7. Air Terjun Tumpak Sewu (110-120 meter)

Air Terjun Tumpak Sewu

Sumber: Iwan Setiawan via Google Maps

Lokasi: Kabupaten Malang-Lumajang, Jawa Timur

Tumpak Sewu memiliki bentuk unik berupa formasi aliran air yang melebar layaknya tirai. Karena itulah tersemat kata “sewu” yang berarti ‘seribu’ pada nama air terjun tersebut.

Keindahan Tampak Sewu bisa kamu nikmati dari atas dan bawah. Panorama dari atas bisa disaksikan di gardu pandang 400 meter dari tempat parkir dan sekitar 100 meter dari air terjun.

Sementara itu, jika ingin ke bawah, siapkan kekuatan fisik dan gunakan alas kaki yang nyaman. Kamu akan melewati medan terjal berupa tebing tanah dengan tangga bambu.

8. Air Terjun Kabut Pelangi (110 meter)

air terjun kabut pelangi

Sumber: Furqon Sidiq via Google Maps

Lokasi: Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Sesuai namanya, air terjun Kabut Pelangi menyuguhkan keindahan pelangi akibat dari pembiasan sinar matahari oleh tetesan air terjun.

Mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan belantara, kamu harus berjuang ekstra melewati perbukitan naik turun dan lintasan terjal, licin, serta berbatu.

Karena itu, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima, bawalah bekal yang cukup, pakailah alas kaki yang nyaman, dan hindari kunjungan di musim hujan.

9. Air Terjun Penimbungan (110 meter)

Air Terjun Penimbungan

Sumber: Wikipedia

Lokasi: Kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Keindahan air terjun Penimbungan bisa kamu saksikan dengan mendaki Gunung Rinjani melalui jalur pendakian Torean.

Aliran airnya sendiri bersumber dari Segara Anak, yaitu danau yang terletak tepat di tengah-tengah bekas letusan Rinjani. Debit air danau ini cukup deras, menimbulkan efek kabut asap dan suara gemuruh yang memanjakan telinga.

Karena jalur ke area bawah air terjun terbilang terjal dan berbahaya, kamu hanya dapat menyaksikan keindahan air terjun dari atas Lembah Sungai Putih.

Dari atas sini, kamu juga bisa melihat pemandangan tebing-tebing menjulang di sekitar air terjun dengan tanaman hijau yang menutupinya.

10. Air Terjun Sedudo (105 meter)

Air Terjun Sedudo (105 meter)

Sumber: Travels Promo

Lokasi: Jalan Sedudo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Sedudo menyuguhkan pemandangan air terjun yang diapit hamparan tanaman hijau. Airnya meluncur di permukaan tebing batu berwarna kehitaman dengan debit tidak terlalu besar.

Tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya, Sedudo telah dikelola dengan baik sehingga akses menuju kawasan air terjun terbilang mudah dan aman.

Meski begitu, kamu tetap memerlukan tenaga ekstra untuk menuruni anak tangga sepanjang 200 meter. Kondisi di bawah pun tak kalah rapi, terutama karena tanahnya telah dilapisi oleh paving block.

11. Air Terjun Ponot

Kamu pasti tidak ingin melewatkan keindahan alam yang memukau di Air Terjun Ponot, yang terletak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Air Terjun Ponot ini tak hanya menawarkan pesona alam yang luar biasa, tetapi juga memiliki prestasi sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 250 meter yang bersumber dari Sungai Asahan.

Bayangkan, keelokan Air Terjun Ponot ini hampir setara dengan gedung setinggi 50 lantai. Jadi, jika kamu menyaksikan keajaiban alam Indonesia yang luar biasa, Air Terjun Ponot adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi.

12. Air Terjun Lembah Harau

Air Terjun Harau

Sumbar: Google Maps

Jika kamu mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan, Air Terjun Lembah Harau adalah pilihan yang sempurna. Dengan ketinggian mencapai 150 meter, air terjun ini terletak di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Keunikannya tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada aksesibilitasnya yang mudah dijangkau, berada di pinggir jalan, sehingga memudahkan para pengunjung untuk menikmati pesona Air Terjun Lembah Harau.

Pengunjung diperbolehkan berenang di area khusus yang telah disediakan, menambah serunya pengalaman berkunjung ke tempat ini. Pemandangan indah dengan tebing alami dan beragam fasilitas penginapan di sekitarnya membuat perjalanan kamu semakin berkesan. Air Terjun Lembah Harau, sebagai air terjun tertinggi kedua di Sumatera, memiliki daya tarik yang luar biasa.

Bukan hanya itu, di sekitar Lembah Harau terdapat tujuh air terjun lainnya, seperti Sarasah Boenta, Sarasah Talang, Akar Berayun, Sarasah Donat, Sarasah Aie Luluih, dan Sarasah Murai. Semua air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, dan pengunjung dapat langsung menikmati kesegaran airnya dari kolam di bawah alirannya.

Pemandangan menakjubkan selama perjalanan ke Lembah Harau, dengan hamparan sawah dan tebing granit yang eksotis, menjadikan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan. Jadi, ajak teman-temanmu untuk menjelajahi keajaiban alam Air Terjun Lembah Harau dan nikmati keindahan Sumatera Barat yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Hutan Super Unik yang Hanya Ada di Indonesia! Tertarik Untuk Datang?

Nikmati Keindahan Toba di Bobocabin Signature Toba!

Bobocabin Indonesia

Liburan ke Sumatra tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Danau Toba. Saat berkunjung ke Toba, carilah penginapan yang menyuguhkan pemandangan mahakarya Tuhan yang menakjubkan ini, seperti Bobobocabin Signature Toba.

Bobocabon berdiri di tepian bukit dengan keindahan Danau Toba dalam jangkauan. Akomodasi di kawasan The Kaldera Nomadic Escape ini menawarkan kenyamanan kabin modern berbalut teknologi canggih. 

Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles