@fajarhw/Instagram

Sedang Butuh Healing? Kunjungi 7 Wisata Air Terjun di Padusan Berikut ini!

Berlokasi di lereng gunung membuat desa-desa di Pacet memiliki banyak objek wisata alam menyegarkan yang cocok untuk healing. Pacet sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang terdiri dari sekitar 20 desa. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Desa Padusan. Di tempat ini, kamu bisa menjumpai beragam wisata alam menarik, termasuk wisata air terjun. Maka dari itu, saat berkunjung ke kawasan Pacet, air terjun Padusan dan desa-desa sekitarnya wajib banget masuk daftar kunjungan kamu. Jika bingung mau mulai dari mana, simak dulu yuk tujuh air terjun di Padusan dan sekitarnya berikut ini!

Air Terjun Padusan Coban Canggu

@adjengratripramundito/Instagram

HTM: Rp 7.500,00-10.000,00

Coban Canggu merupakan salah satu air terjun yang berlokasi di Desa Padusan. Air terjun Padusan ini menjulang setinggi 70 meter dengan aliran air yang jatuh melewati tebing batu cadas yang berdiri kokoh. Di sekelilingnya, terdapat banyak pepohonan serta tumbuhan hijau yang tumbuh menjalar sehingga menciptakan suasana yang begitu asri dan menyegarkan mata.

Air yang mengalir dari air terjun Padusan ini terbilang jernih dan jatuh ke dalam kolam di bawahnya. Sayangnya, pengunjung dilarang berenang di sekitar kolam sebab kolam itu cukup dalam. Meski begitu, kamu masih bisa menikmati kesegaran air terjun Coban Canggu yang limpahan airnya mengalir ke sela-sela bebatuan di sekitar area air terjun.

Sebelum sampai ke kawasan air terjun, kamu harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga dari loket penjualan tiket. Tenang saja, anak tangganya bukan anak tangga tanah, melainkan terbuat dari paving block dan kanan kirinya dipasangi oleh pembatas besi. Selain anak tangga, air terjun Padusan ini juga dilengkapi dengan fasilitas area parkir, musala, kamar mandi, gazebo, warung makanan, dan wahana permainan anak.


Baca Juga: Lagi Cari Tempat Untuk Healing? Yuk, Mampir Ke Wisata Desa Mojokerto!


Air Terjun Grenjengan

@bendottetapsemangat/Instagram

HTM: Rp 10.000,00

Masih di Padusan, Air Terjun Grenjengan berlokasi tidak jauh dari Coban Canggu. Dibandingkan dengan Coban Canggu, air terjun Padusan satu ini terbilang lebih kecil dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Meski begitu, tempat wisata ini tak kalah menyegarkan apalagi airnya berasal dari sumber mata air Gunung Welirang yang warnanya tetap jernih meski mendapat guyuran hujan deras. Airnya mengalir ke kolam dengan kedalaman tidak lebih dari satu meter sehingga aman kamu gunakan untuk bermain dan berenang. Selain itu, air terjun Padusan ini juga dikelilingi oleh rimbunan pohon dan tanaman hijau yang membuat suasana begitu asri dan memanjakan mata.

Sama halnya seperti Coban Canggu, kamu juga perlu berjalan beberapa ratus meter untuk mencapai Grenjengan. Bedanya, kamu hanya perlu melalui jalan yang cukup menanjak untuk beberapa saat lalu jalan datar dan setapak sebelum mencapai area wisata. Di perjalanan, kamu juga akan menjumpai area camping di atas tanah berumput yang bisa kamu gunakan jika ingin berkemah di dekat air terjun.

Air Terjun Surodadu

@dantedananjoyo/Instagram

HTM: Rp 10.000,00

Setelah puas dengan wisata air terjun Padusan, kamu bisa beralih ke Air Terjun Surodadu yang berada di Dusun Mligi, Desa Claket. Air Terjun Surodadu memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang tidak begitu besar sehingga aliran airnya tampak lebih lembut. Sama dengan Grenjengan, airnya juga bersumber dari mata air Gunung Welirang sehingga selalu tampak jernih meski hujan mengguyur.

Uniknya, Air Terjun Surodadu ini memiliki dua buah air terjun dalam satu kawasan. Air terjun setinggi 15 meter adalah yang utama yang lokasinya tersembunyi di balik hutan bambu. Meski lokasinya jauh dari jalan besar, air terjun satu ini tetap menjadi salah satu wisata favorit di kawasan Pacet.

Aliran air terjun utama kemudian menciptakan anak air terjun yang tingginya hanya sekitar tiga meter saja. Pemandangannya nya pun tampak seperti seperti air terjun taman, apalagi dengan kehadiran gazebo di bagian atasnya. Selain untuk bermain air, area air terjun Surodadu ini juga menyediakan fasilitas camping ground serta sewa tenda.


Baca Juga: Jangan Sampai Dilewatkan! Kunjungi Destinasi Wisata Padusan Mojokerto Berikut Ini!


Air Terjun Waru

sinyo ureh/Google Maps

Berlokasi di Dusun Podorejo, Desa Sajen, keberadaan Air Terjun Waru belum banyak diketahui oleh banyak orang. Karena itu, tempat ini pun masih sangat alami dan sepi dan aksesnya masih cukup sulit. Meski begitu, hal ini setimpal dengan keindahan yang akan kamu dapat. Di sepanjang perjalanan pun, kamu akan disuguhi dengan pemandangan hijau persawahan, hutan pinus dan kebun milik warga.

Air terjun Waru ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang mengalir melewati tebing batu alam dengan pepohonan hijau di kanan kirinya. Jika kamu pecinta olahraga ekstrem, kamu bisa menjajal kegiatan canyoning dari atas tebing tersebut. Aliran air terjunnya kemudia jatuh ke sebuah kolam berdiameter sekitar empat meter dan kedalaman yang dangkal, yaitu 50 cm.

Air Terjun Watu Lumpang

@putrantiningrum/Instagram

HTM: Rp 10.000,00

Berada di kawasan Hutan Raya Raden Soerjo, secara administratif Air Terjun Watu Lampung berlokasi di Desa Sensi. Secara lokasi, akses lokasi air terjun ini cukup mudah. Selain berlokasi tidak jauh dari jalan Pacet-Cangar, lokasi loket ke air terjun pun hanya 50 meteran saja. Dalam dua menit, kamu pun sudah bisa menikmati kesegaran air terjun satu ini.

Aliran air terjun Watu Lampung tidak langsung turun ke bawah, melainkan melebar ke samping menuruni batuan besar sehingga membentuk beberapa aliran air. Aliran air tersebut sebenarnya berasal dari dua air terjun yang mengalir di sisi kiri dan kanan tebingnya, dengan ketinggian masing-masing 30 dan 20 meter. Selain lebih pendek, air terjun kedua memiliki aliran air yang lebih kecil sehingga kehadirannya tidak begitu menonjol.

Kehadiran rerumputan, pepohonan dan tumbuhan hijau di sekitarnya membuat suasana di Watu Lampung semakin terlihat asri dan magis, apalagi dengan kondisi daun-daun basah dan berkabut. Untuk faslitas, pengelola telah menyediakan toilet, gazebo dan tempat parkir. Hanya saja, tidak ada penjual makanan di sini sehingga kamu harus bawa bekal sendiri.


Baca Juga: Mau Berendam Di Pemandian Air Panas Padusan? Simak Info Berikut Ini!


Air Terjun Watu Ondo

via tahuraradensoerjo.or.id

HTM: Rp 10.000,00

Samahalnya dengan Watu Lampung, Watu Ondo juga termasuk di dalam kawasan Tahura Raden Soerjo. Namun, berbeda dengan Watu Lampung yang mudah dijangkau, akses ke Watu Ondo bisa bikin ngos-ngosan sebab jalannya yang menurun dan curam. Meski begitu, semua rasa lelah kamu tentu akan terbayarkan dengan keindahan air terjun Watu Ondo.

Sama halnya dengan Watu Lampung, Watu Ondo juga memiliki dua air terjun di satu lokasi. Air terjun di sebelah kanan memiliki ketinggian 15 meter dengan karakter aliran air yang berundak. Sementara itu, air terjun di sebelah kiri menjulang hingga 69 meter dengan aliran air yang langsung jatuh ke kolam di bawahnya yang kerap menjadi spot favorit pengunjung untuk mandi dan bermain air.

Uniknya, kedua air terjun berasal dari sumber yang berbeda. Letaknya yang saling berhadapan memberikan keindahan tersendiri pada kawasan air terjun ini. Ditambah dengan vegetasi hijau di sekitarnya, pemandangan di Watu Ondo ini semakin memikat dan memanjakan mata pengunjung.

Air Terjun Watu Gedhek

@kkajus.98762/Instagram

HTM: Rp 10.000,00

Berlokasi di Desa Nogosari, air terjun Watu Gedhek juga bisa menjadi alternatif lain dari air terjun Padusan. Air terjun Watu Gedhek ini memiliki dua air terjun sekaligus. Air terjun pertama memiliki ketinggian hingga 35 meter dengan aliran air tipis yang mengalir langsung ke bawah. Sayangnya, airnya kerap tidak muncul saat musim kemarau tiba.

Namun, kamu jangan khawatir karena masih ada air terjun kedua yang berada di bawah air terjun pertama. Air terjun kedua ini memiliki tinggi sekitar sembilan meter dengan aliran air yang tidak langsung terjun ke bawah, tetapi mengalir mengikuti batuannya. Selain menyuguhkan keindahan air terjun, tempat satu ini juga berdekatan dengan wisata hutan pinus yang kerap menjadi lokasi selfie kekinian dan berkemah.

Lepas Lelahmu di Bobocabin Padusan!

Setelah lelah berwisata di air terjun, Bobocabin Padusan menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp hingga Bluetooth speaker.

Jangan khawatir soal masalah internet sebab Bobocabin sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu! Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles