tempat wisata di likupang 2

5 Alasan Jadikan Tempat Wisata di Likupang Tujuan Liburanmu

Indonesia yang kaya akan alamnya, selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terutama di Destinasi Super Prioritas seperti Borobudur, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Namun di antara berbagai Destinasi Super Prioritas tersebut, Likupang masih belum banyak diketahui banyak orang. Hmm … tempat wisata di Likupang ada apa saja, ya?

Likupang adalah surga bagi para pecinta lautan. Terletak di Sulawesi Utara, pantai yang ada masih belum sering dijamah manusia sehingga keadaannya masih sangat bersih dan terawat. Terlebih lagi, kekayaan bawah lautnya pun memberikan daya tarik uniknya tersendiri.

Jika kamu tertarik untuk mencari destinasi wisata hidden gem yang masih sepi pengunjung, Likupang adalah solusi liburan yang tepat! Yuk langsung intip alasan wajib mengunjungi tempat wisata di Likupang berikut ini!

Baca Juga: 5 Destinasi Super Prioritas, Keindahannya Memang Elok dan Nggak Salah Pilih

5 Alasan Jadikan Tempat Wisata di Likupang Tujuan Liburanmu

1. Surganya Dunia Bawah Laut

penyu - likupang sulawesi

Photo: Filipe Silvia via Unsplash

Banyak tempat wisata di Likupang yang sudah terkenal di kalangan divers sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Pada tahun 2007, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menemukan spesies penyu hijau yang langka di Pantai Likupang.

Hal tersebut membuktikan bahwa ekosistem alam bawah laut yang berada di Likupang masih terjaga dengan baik. Tak hanya penyu hijau, Likupang juga memiliki berbagai ratusan spesies biota laut warna-warni yang eksotis lainnya yang tak kalah menarik. 

Serunya, kamu dapat berinteraksi langsung dengan biota laut tersebut melalui puluhan titik diving maupun snorkeling yang tersedia! Beberapa spot terbaik yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Paal di Desa Marinsow, Pantai Pulisan di Desa Pulisan, Pulau Gangga, dan Desa Bahoi.

Bagi kamu yang masih ragu untuk diving atau snorkeling, jangan khawatir! Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyediakan dua unit kapal wisata bottom glass di Pelabuhan Likupang. Kapal ini memiliki bagian bawah yang terbuat dari kaca, sehingga kamu dapat melihat pemandangan bawah laut dari dalam kapal.

2. Beragam Lokasi Wisata & Kegiatan Menarik

Tempat Wisata di Likupang - Sony Herdiana via Shutterstock

Photo: kemenparekraf.go.id / Sony Herdiana via Shutterstock

Selain alam bawah laut yang seru untuk dijelajahi, ada banyak tempat wisata di Likupang yang menarik untuk dikunjungi.

Jika kamu belum puas bermain air, kamu dapat mengunjungi Paradise Watersport di Casabaio Paradise Resort untuk mencoba kegiatan air yang menantang seperti Jet Ski, Banana Boat, dan lainnya.

Namun yang paling unik di antara berbagai kegiatan adalah wahana layaknya acara Ninja Warrior yang menantang pengunjungnya untuk melompat di trampolin yang berada di atas permukaan air.

Pecinta hiking dapat mencoba mendaki Bukit Pulisan yang menawarkan pemandangan padang rumput luas yang memanjakan mata atau Bukit Larata yang juga dikenal dengan julukan Bukit Teletubbies karena bentuknya yang mirip dengan bukit di acara serial anak Teletubbies.

Kamu dapat mengakhiri rangkaian kegiatan melelahkan tersebut dengan bersantai di bawah pohon teduh. Jangan lupa membawa bekal makanan untuk menikmati piknik singkat bersama keluarga, teman-teman, atau pasanganmu!

Baca Juga: 13 Makanan Instan untuk Traveling Selain Mie

3. Keberagaman Budaya dan Adat Istiadat

bermain alat musik tradisional di tempat wisata di likupang

Photo: kemenparekraf.go.id / Fredy Albert via Shutterstock

Bukan hanya tujuan wisata alam yang menarik, Likupang juga menawarkan lokasi wisata budaya yang tak kalah menarik.

Kamu dapat mempelajari budaya tradisional khas Minahasa seperti alat musik Kolintang yang biasa digunakan di berbagai upacara adat atau pertunjukan.

Tak hanya itu, jika kamu datang di saat yang tepat kamu juga dapat mengunjungi festival budaya dan menonton langsung pertunjukan Tari Tumatenden, Tari Ampa Wayer, hingga ritual Foso Rumages yang menyimbolkan rasa syukur warga terhadap hasil panen yang melimpah.

Eits, budaya tentunya tak terbatas pada seni musik dan tari saja! Budaya Likupang juga tercermin pada sajian makanan tradisionalnya.

Kamu dapat mencoba berbagai kuliner lezat khas Minahasa seperti Cakalang Fufu yang pedas, Lalampa yang merupakan ketan berisi ikan cakalang, atau Bubur Tinutuan yang berisi ikan cakalang dan sayuran seperti kangkung, bayam, kemangi, jagung, atau labu kuning.

4. Kawasan Ekonomi Eksklusif

tempat wisata di likupang

Photo: kemenparekraf.go.id

Berdasarkan PP no. 84 Tahun 2019, Likupang telah resmi diakui sebagai Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) yang berfokus pada pengembangan sektor pariwisata. Oleh sebab itu, pemerintah setempat sering mengadakan acara yang terbuka untuk umum untuk menyorot pesona pantai dan alam bawah laut Likupang.

Selain itu, lokasinya pun tidak jauh dari Bandara Internasional Sam Ratulangi dan Pelabuhan Bitung. Sehingga, Likupang cenderung mudah untuk diakses.

Baca Juga: 5 Cara Melembutkan Rambut Setelah Berenang

5. Infrastruktur yang Semakin Berkembang

Sebagai destinasi prioritas, pemerintah setempat juga berupaya untuk terus mengembangkan infrastruktur yang dapat menampung para wisatawan yang semakin ramai berdatangan ke Likupang.

Saat ini, pemerintah tengah mengembangkan konsep sustainable tourism. Dimulai dengan pembangunan resor kelas menengah, resor kelas premium, serta Wallace Conservation Center sebagai bagian dari upaya pelestarian alam Likupang.

Makin tertarik untuk mengunjungi Likupang? Yuk, mulai rencanakan waktu liburan ke Likupang! Pastikan untuk mengunjungi destinasi yang telah Bob rekomendasikan untuk pengalaman terbaik selama liburan.

Bobocabin Bunaken Hills, Manado

Photo: Bobobox Internal Asset

Tak perlu bingung mencari tempat menginap, Bobocabin Bunaken Hills adalah akomodasi yang cocok bagi kamu yang ingin menginap di pinggir pantai yang menangkan sambil menikmati fasilitas modern.

Setelah seharian menjelajahi Likupang, kamu dapat menikmati pemandangan sunset sambil menikmati paket BBQ yang lezat – tepat di depan kabin!

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini, ya!

 

Penulis: Sheila Lalita

Foto utama oleh: via indonesia.travel

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles