cara melembutkan rambut setelah berenang

5 Cara Melembutkan Rambut Setelah Berenang

Rambutmu mungkin pernah menjadi kasar dan kaku setelah berenang, baik itu berenang di kolam renang maupun di laut.

Tidak hanya mengurangi kepercayaan diri, kondisi rambut seperti ini juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Berenang memang menyegarkan dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, paparan klorin di kolam renang, garam di laut, dan sinar matahari dapat memberikan dampak negatif pada rambut, membuatnya menjadi kering, kasar, dan kusam.

Memangnya, apa sih, yang menyebabkan hal ini terjadi? Lalu, bagaimana cara melembutkan rambut setelah berenang?

Mengapa Rambut Terasa Kasar dan Kaku Setelah Berenang?

1. Klorin pada Kolam Renang

Klorin adalah bahan kimia yang sering dipakai untuk menjaga kebersihan air kolam renang dari bakteri dan kuman.

Zat ini berfungsi sebagai disinfektan yang mampu membunuh mikroorganisme berbahaya. Namun, sifat klorin yang oksidatif ini juga memiliki dampak negatif terhadap rambut dan kulit kepala.

Ketika rambutmu terpapar klorin, klorin dapat menghilangkan minyak alami yang melapisi rambut dan kulit kepala.

Padahal, minyak alami rambut ini berfungsi sebagai pelindung dan pelembab alami. Tanpa lapisan minyak ini, rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah. 

Selain itu, klorin juga dapat merusak kutikula rambut, yaitu lapisan luar rambut yang berfungsi melindungi batang rambut. Akibatnya, rambut pun menjadi kasar, kusam, dan sulit diatur.

2. Garam pada Air Laut

Garam pada Air Laut

Sumber: cekricek.id

Air laut memiliki kandungan garam yang tinggi. Walau berenang di laut memberikan sensasi menyegarkan, garam yang ada di air laut memiliki sifat higroskopis, yang berarti ia dapat menarik kelembapan dari sekitarnya, termasuk dari rambutmu.

Nah, ketika kehilangan kelembapannya, rambut pun menjadi kering dan rapuh.

Selain itu, garam juga dapat mengendap di rambut setelah berenang. Kalau tidak dibilas dengan baik, garam akan terus menarik kelembapan rambut, membuatnya semakin kering dan kaku.

Baca Juga: Hobi Berenang? Kamu Harus Coba Berenang di Kolam Renang Terdalam di Dunia!

3. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari, khususnya sinar ultraviolet (UV), memang diperlukan tubuh untuk produksi vitamin D. Namun, jika berlebihan, terutama saat berenang di bawah terik matahari, paparan ini dapat merusak rambut.

Pasalnya, sinar UV dapat menembus lapisan kutikula rambut dan merusak protein yang ada di dalam batang rambut. Kerusakan ini membuat rambut menjadi kusam, kasar, dan mudah patah. 

Selain itu, sinar matahari juga dapat memudarkan warna rambut, terutama bagi mereka yang memiliki rambut berwarna atau diwarnai.

Dengan memahami dampak dari ketiga faktor di atas, kamu bisa lebih siap melindungi rambutmu saat berenang dan bersantai di bawah sinar matahari.

4. Konidisi Cuaca Ekstrim

Cuaca ekstrem, seperti angin kencang atau dingin intensif, memiliki dampak signifikan pada kesehatan rambut. Angin kencang, dengan kekuatannya yang dapat mencapai tingkat yang merusak, dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung alami rambut.

Angin tersebut bisa membuat rambut terjepit, menyebabkan kerontokan rambut, dan merusak struktur rambut. Selain itu, angin dingin yang terus menerus juga dapat membuat rambut kehilangan kelembaban, membuatnya kering dan kaku.

Selain itu, perawatan rambut tambahan seperti penggunaan kondisioner yang melembapkan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Kondisi Rambut Sebelum Berenang

Rambut yang telah mengalami kekeringan atau kerusakan sebelum masuk ke kolam renang dapat menjadi lebih rentan terhadap kerusakan lebih lanjut yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu.

Kondisi rambut yang kering atau rusak menunjukkan bahwa lapisan pelindung alami rambut, seperti kutikula, mungkin sudah rusak atau terbuka. Sebagai akibatnya, rambut kehilangan kemampuan untuk menjaga kelembaban dan menjadi lebih rentan terhadap efek negatif dari klorin dalam air kolam renang, garam laut, dan paparan sinar matahari.

Kondisi rambut yang sudah rusak juga dapat membuatnya sulit untuk mempertahankan elastisitasnya, sehingga lebih mudah patah dan terasa kaku setelah berenang.

5 Cara Melembutkan Rambut Setelah Berenang

5 Cara Melembutkan Rambut Setelah Berenang

Sumber: stylo.grid.id

Kesehatan rambut adalah cerminan dari perawatan yang kita berikan padanya. Walau berenang memberikan tantangan tersendiri bagi kesehatan rambut, bukan berarti kamu harus menghindarinya. 

Dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, kamu bisa menikmati segarnya berenang tanpa harus mengkhawatirkan kualitas rambut. 

Berikut ini beberapa cara melembutkan rambut setelah berenang yang bisa kamu coba agar rambut tidak mudah rusak:

1. Bilas dengan Air Tawar

  • Mengapa Penting: Air tawar dapat membantu menghilangkan residu klorin, garam, dan bahan kimia lain yang menempel di rambut setelah berenang. Jika dibiarkan, residu ini dapat terus merusak struktur rambut.
  • Cara Melakukannya: Setelah keluar dari kolam renang atau laut, bilas rambutmu dengan air tawar secara menyeluruh. Pastikan seluruh bagian rambut terbilas dengan baik.

2. Gunakan Kondisioner

  • Mengapa Penting: Kondisioner berfungsi untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dari rambut dan melindungi kutikula rambut.
  • Cara Melakukannya: Setelah keramas dengan sampo dan bilas rambut dengan air bersih, aplikasikan kondisioner ke seluruh bagian rambut. Biarkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

3. Masker Rambut Alami

Masker Rambut Alami

Sumber: health.kompas.com

  • Mengapa Penting: Bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan minyak kelapa, memiliki sifat pelembab dan nutrisi yang dapat memperbaiki kerusakan rambut.
  • Cara Melakukannya: Oleskan gel lidah buaya atau minyak kelapa ke seluruh rambut. Diamkan selama 20–30 menit dan bilas dengan air tawar.

4. Hindari Penggunaan Alat Styling Panas

  • Mengapa Penting: Alat styling panas seperti catok atau pengering rambut dapat tambah merusak rambut, terutama jika rambut sudah kering dan rapuh akibat klorin atau garam.
  • Cara Melakukannya: Biarkan rambutmu kering secara alami. Jika perlu menggunakan pengering rambut, gunakan suhu rendah dan jangan lupa aplikasikan heat protector sebelumnya.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Muka Merah Setelah Berenang

5. Pijat Kulit Kepala

  • Mengapa Penting: Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat merangsang folikel rambut agar memproduksi minyak alami.
  • Cara Melakukannya: Gunakan ujung jari untuk memijat kulit kepala dengan gerakan melingkar selama 5–10 menit.

Itu dia lima cara melembutkan rambut setelah berenang yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, rambutmu tidak hanya akan kembali lembut, tetapi juga akan tampak lebih sehat dan berkilau.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Rambut Kusut Setelah Berenang? Ini Penyebab dan Solusinya

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobopod adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

 

 

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri 

Foto header: Beauty Journal – Sociolla

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles