matcha

Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan, Berikut 7 Fakta Matcha yang Wajib Kamu Ketahui!

Matcha telah menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Tidak terbatas pada minuman saja, bahkan berbagai menu dengan rasa matcha sekarang marak ditemui di pasaran. Dengan kenaikan popularitasnya, mungkin kamu bertanya-tanya: selain rasanya yang enak, apakah ada manfaatnya bagi tubuh?

Matcha berasal dari tanaman camellia sinensis yang juga merupakan bahan teh hijau. Berbeda dengan teh hijau, tanaman teh untuk matcha ditanam selama 20-30 hari dan tidak boleh terpapar sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi klorofil, asam amino, dan menimbulkan warna hijau yang lebih gelap.

Kemudian pada masa panen, batang dan daun teh kemudian akan digiling halus hingga menjadi bubuk. Berkat bentuk ini, matcha kemudian dapat dengan mudah dinikmati dalam bentuk minuman maupun makanan.

Selain enak, berikut 7 fakta manfaat kesehatan dari matcha yang wajib kamu ketahui!


Baca Juga: Ini Dia 10 Minuman Sehat Untuk Menjaga Kondisi Tubuhmu


7 Fakta Manfaat Kesehatan dari Matcha

matcha

Source: freepik via Freepik

1. Melawan Radikal Bebas

Matcha mengandung catechin, sebuah antioksidan alami yang dapat menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Kadar catechin yang ada pada bubuk teh ini mencapai 137 kali lebih banyak dari tipe teh hijau lain.

2. Memelihara Kesehatan Hati

Sebuah riset menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi kadar enzim dalam hati 80 pengidap penyakit hati berlemak non-alkohol. Dari riset tersebut, terbukti bahwa bubuk teh yang satu ini dapat meningkatkan fungsi organ hati.

Organ hati sendiri memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh serta memproses nutrisi maupun obat-obatan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa komponen di dalam matcha dapat meningkatkan fungsi otak. Dalam sebuah penelitian terhadap 23 orang partisipan, seseorang yang mengonsumsi 4 gram bubuk teh tersebut  kemudian berakhir memiliki memori yang lebih tajam dibanding pengonsumsi teh biasa.

Selain itu, kandungan kafein yang lebih tinggi dan kandungan asam amino L-theanine pada bubuk juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2017, 20 responden pria mengonsumsi 200 miligram bubuk teh ini dan mengalami peningkatan pada kemampuan kognitif maupun konsentrasi.


Baca Juga: Coba 7 Resep Teh Berikut Untuk Minuman Hangat Ala Tea House Mewah!


Source: Jason Leung via Unsplash

4. Melindungi Jantung

Memiliki kandungan yang mirip dengan teh hijau, matcha pun terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol jahat, maupun trigliserida. Dengan demikian bubuk tersebut dapat mencegah oksidasi kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung maupun stroke.

5. Mencegah Kanker

Matcha memiliki beberapa senyawa yang memiliki kaitan dengan pencegahan kanker. Dalam sebuah penelitan, ekstrak teh hijau menurunkan ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tikus.

Selain itu, bubuk ini memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang sangat tinggi, yaitu jenis katekin yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Dalam sebuah studi, EGCG pada matcha efektif membantu dalam melawan kanker prostat, kulit, paru-paru, hingga hati.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian yang telah dilakukan adalah studi tabung reaksi pada hewan. Untuk dapat menentukan hasil yang lebih baik, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk dapat mencapai kesimpulan yang baik untuk manusia.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ekstrak teh hijau dalam bentuk daun maupun bubuk memiliki kemampuan untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran hingga 17 persen pada orang yang berolahraga ringan. Fungsi ini juga dilengkapi dengan kemampuan mengontrol tekanan darah sistolik dan indeks massa tubuh, yang secara tidak langsung pun dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Agar proses penurunan berat badan lebih efektif, pastikan untuk tidak mengonsumsi matcha dengan gula berlebih ya.


Baca Juga: Ingin Sukseskan Program Diet? Coba Konsumsi 7 Buah Terbaik Cepat Turunkan Berat Badan


Source: Vicky Ng via Unsplash

 

7. Meningkatkan Mood

Olahan minuman maupun makanan rasa matcha sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak dari olahan tersebut datang dalam bentuk dessert yang cocok bagi orang-orang yang tidak begitu suka rasa manis. Berkat rasanya yang unik, olahan matcha pun telah menjadi salah satu mood booster efektif yang dapat kamu dapatkan dengan relatif mudah.

Pengen Healing Singkat? Yuk, Staycation di Bobobox!

Jenuh dengan kerjaan dan rutinitas? Terlalu sering melakukan hal yang sama bisa meredupkan semangat. Sekarang waktunya buat healing lewat Staycation di Bobobox biar kamu bisa segar kembali.

Istirahat dengan tenang tanpa terganggu. Kamu akan mendapatkan pods modern yang dapat diatur sesuka hati, lho. Langsung atur pencahayaan yang tepat biar menginap jadi lebih nyaman.

Nggak percaya? Gak masalah. Supaya kamu punya gambaran nyata soal pengalaman menginap di Bobobox, yuk keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Perhatikan suasana apa yang bakal kamu dapat bahkan sebelum datang langsung ke tempatnya.

Untuk informasi lebih lanjut, unduh aplikasi di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles