Source: Sabri Tuzcu via Unsplash

Paling Banyak di Dunia, Berikut 7 Fakta Kucing Tabi yang Harus Kamu Tahu!

Kucing tabi adalah salah satu jenis kucing yang paling umum kita temui. Kucing ini memang terkenal dengan pola garis-garisnya, hingga kebanyakan orang percaya bahwa tabi adalah jenis ras kucing tersendiri. Padahal pada kenyataannya, tabi merupakan pola yang ada pada berbagai jenis kucing.

Ingin tahu lebih banyak soal jenis kucing gemas yang satu ini? Berikut 7 fakta kucing tabi yang para cat lovers harus tahu!


Baca Juga: Siapa Sangka Kalau 7 Ras Kucing Lucu Ini Berasal Dari Indonesia?


7 Fakta Kucing Tabi

1. Tidak Semua Kucing Dengan Pola Garis-Garis Adalah Kucing Tabi

Source: Sabri Tuzcu via Unsplash

Berbeda dengan pandangan masyarakat pada umumnya, tidak semua kucing dengan pola garis-garis adalah kucing tabi.

Faktanya, karakteristik utama dari kucing ini justru adalah tanda berbentuk huruf ‘M’ yang dapat kamu temukan di dahinya. Tanpa tanda tersebut, seekor kucing belum dapat dikategorikan sebagai kucing tipe ini.

2. Pola Kucing Yang Paling Banyak Ditemui

Ternyata, terdapat lebih banyak kucing dengan pola tabi dibanding dengan pola lainnya di seluruh dunia, lho!

Hal ini disebabkan kucing tipe ini sudah ada sejak beribu-ribu tahun lalu, tepatnya dipercayai pertama kali dijinakkan pada masa Mesir Kuno sekitar 10.000 tahun SM. Sehingga banyak dari keturunan kucing yang mewariskan gen tersebut.

Pola ini bahkan memiliki fungsi khusus yang akan Bob jelaskan di poin selanjutnya!

3. Jago Berkamuflase

Berkat pola garis-garis dan perpaduan warna pada bulunya, tipe kucing ini menjadi kucing yang jago berkamuflase. Mereka dapat dengan mudah berbaur dengan lingkungan sekitar, sehingga mereka dapat bersembunyi dengan baik saat berburu maupun menghindari hewan pemangsa.

Source: Javier GP via Unsplash


Baca Juga: Cat Lovers Wajib Tahu! Ini Dia 7 Makna Gerakan Ekor Kucing


4. Asal-Usul Nama

Kucing Tabi mendapatkan namanya dari sejenis kain dengan pola bergaris.

Pada awalnya kata ini berasal dari Baghdad, ‘Attabiah’ yang berarti pola bergaris. Kemudian, orang Inggris mengadaptasi kata tersebut menjadi ‘Tabby’ untuk mendeskripsikan segala benda dengan pola bergaris. Barulah pada abad ke-18, orang Inggris pun menjuluki kucing bergaris sebagai kucing tabi.

5. Kucing Domestik Pertama Di Dunia

Menurut sejarah, kucing-kucing tabi adalah tipe kucing pertama yang berhasil dijinakkan di dunia.

Pada awalnya, tipe kucing ini dijinakkan dengan sebuah tujuan yang jelas. Petani-petani asal mediterania memiliki masalah hama yang cukup besar, banyak hewan pengerat yang merusak tanaman mereka pada masa itu. Berkat kemampuan berburu mereka yang sangat baik, petani-petani tersebut kemudian memelihara kucing-kucing tabi untuk mengatasi masalah hama.

6. Tipe-Tipe Pola Kucing Tabi

tipe pola kucing tabi

Source: Kailey Whitman via dailypaws.com

Terdapat lima tipe pola pada kucing tabi:

a. Classic Tabby

Karakteristik utama pada pola classic ini adalah pola berbentuk melingkar pada sisi samping kucing. Kebanyakan kucing jenis American Shorthair memiliki pola yang satu ini.

b. Mackerel Tabby

Tipe pola yang satu ini merupakan tipe yang paling umum ditemui. Pola Mackerel berbentuk cincin bergaris di sekitar ekor maupun kakinya, pola ini juga seringkali ditemui melingkari bagian depan dada.

c. Spotted Tabby

Pola spot sebenarnya cukup mirip dengan pola mackerel, namun garis-garis yang ada tidak menyatu secara sempurna di sekujur tubuh kucing. Sehingga, pada akhirnya pola ini lebih menyerupai bentuk bercak.

d. Ticked Tabby

Pada kucing berpola ticked, biasanya terdapat sejumlah pola garis pada kaki dan buntutnya. Namun, tubuhnya tidak memiliki pola yang jelas.

e. Patched Tabby

Tipe pola terakhir adalah perpaduan dari karakteristik kucing tortoiseshell dan karakteristik tipe-tipe pola yang sudah dijelaskan sebelumnya. Biasanya, tipe kucing ini memiliki 4 hingga 5 wana yang berbeda pada bulunya.


Baca Juga: Pemilik Anabul Jangan Sampai Gak Tau. Ini Dia 7 Ciri-Ciri Kucing Sakit Wajib Diketahui


7. Jenis-Jenis Kucing Dengan Pola Tabi

Berikut lima jenis kucing dengan pola tabi yang paling umum:

  • American Shorthair
  • Persian
  • Maine Coon
  • Bengal
  • Abyssinian

Penat Dengan Keseharian? Yuk, Healing Sejenak di Bobobox!

Jenuh dengan kerjaan dan rutinitas? Terlalu sering melakukan hal yang sama bisa meredupkan semangat. Sekarang waktunya buat healing lewat Staycation di Bobobox biar kamu bisa segar kembali.

Istirahat dengan tenang tanpa terganggu. Kamu akan mendapatkan pods modern yang dapat diatur sesuka hati, lho. Langsung atur pencahayaan yang tepat biar menginap jadi lebih nyaman.

Nggak percaya? Gak masalah. Supaya kamu punya gambaran nyata soal pengalaman menginap di Bobobox, yuk keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Perhatikan suasana apa yang bakal kamu dapat bahkan sebelum datang langsung ke tempatnya.

Untuk informasi lebih lanjut, unduh aplikasi di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles