pixabay.com

Sebelum Pergi Liburan, Jangan Lupa Baca 8 Tips Memilih Koper Ini Ya!

Tips memilih koper berikut ini bisa kamu lakukan untuk memilih koper terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk langsung simak informasinya!

1. Tips Memilih Koper: Bahan Koper

Umumnya koper terdiri dari dua tipe, hard case dan soft case. Koper tipe hard case terbuat dari polycarbonate (plastik keras yang biasanya dipakai untuk kaca anti peluru) yang cukup kuat namun ringan. Meskipun kuat, beberapa jenis koper hard case ini terkadang mengalami kerusakan berupa pecah pada bagian body-nya saat proses pengangkutan koper dari dan ke dalam pesawat.

pixabay.com

Ada pula koper dengan tipe soft case yang umumnya terbuat dari nylon dan polyester. Koper jenis ini banyak peminatnya karena Biasanya yang berbahan polyester lebih berat jika dibandingkan dengan berbahan nylon. Sedangkan koper tipe soft case merupakan koper yang paling mudah untuk menyesuaikan daya tampungnya. Nah, koper jenis ini juga lebih mudah ditaruh pada kabin, lebih ringan, dan lebih fleksibel. Kekurangan jenis koper satu ini adalah kurang tahan terhadap tekanan.

Baca Juga: Benda yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke dalam Koper Travelling

2. Tips Memilih Koper: Ukuran

Pilihlah koper dengan ukuran yang tepat. Berikut adalah ukuran koper dalam satuan centimeter (panjang x lebar x tinggi) mulai dari roda koper sampai dengan tinggi ke atas:

  • 16”: 30x17x47 cm – ukuran kabin untuk bepergian selama 1-3 hari ke depan.
  • 20”: 37x22x56 cm – ukuran kabin dengan muatan hingga 16 kilogram.
  • 22”: 38x22x48 cm – ukuran koper ini memang agak tanggung sehingga bisa kamu sesuaikan dengan maskapai yang kamu pilih. Beberapa maskapai memperbolehkan koper dengan ukuran ini untuk dibawa pada kabin dan sebagian lainnya tidak memperbolehkannya.
  • 24”: 43x23x63 cm – koper ini berukuran medium yang mampu membawa sampai kurang lebih 26 kilogram.
  • 28”: 47x32x73 cm – koper ini termasuk koper ukuran besar yang bisa membawa barang sampai kurang lebih 35 kilogram.
  • 32”: 51x35x81 cm – koper ini termasuk ukuran besar dan biasanya jarang sekali ada yang menjual.

3. Tips Memilih Koper: Roda

Roda merupakan bagian dari koper yang memiliki peranan sangat penting untuk kelancaran mobilisasi koper saat kamu gunakan bepergian. Tentunya akan terasa menyebalkan ketika kamu harus menggerek koper dengan roda yang mengalami malfungsi atau tidak bekerja dengan baik. Terdapat dua jenis roda yang umumnya tersedia untuk koper yakni spinner (beroda empat) dan upright (beroda dua).

Daftar Harga Hotel Murah di Bandung dengan Fasilitas Berbintang

Koper dengan roda jenis spinner sangat cocok untuk kamu pilih yang membutuhkan kemudahan untuk bergerak tanpa terpengaruh oleh berat beban dari koper tersebut. Kamu juga bisa pertimbangkan koper dengan sebagian pegangan yang kokoh untuk meletakkan tas tangan atau tas laptop tambahan .

Selain itu kamu juga bisa memilih koper dengan jenis roda upright idealnya digunakan apabila barang bawaan kamu tidak terlalu berat. Koper jenis ini yang akan lebih mudah kamu tarik bila berjalan pada atas permukaan yang tidak rata dibandingkan dengan koper jenis spinner.

4. Tips Memilih Koper: Pengamanan Koper

Saat akan membeli koper, pertimbangan keamanan menjadi hal nomor satu yang harus kamu perhatikan. Apa gunanya memiliki koper dengan desain yang trendy dan harga yang murah jika koper tersebut tidak cukup aman. Oleh karena itu kamu bisa pertimbangkan memilih koper dengan fitur kunci pengaman TSA (Travel Sentry Approved). Travel Sentry adalah organisasi yang membangun dan mengelola standar dalam keamanan perjalanan.

Konsep keamanan koper menggunakan kunci TSA ini umumnya digunakan oleh Transportation Security Administration, bagian dari Department of Homeland Security Amerika Serikat. Selain Amerika Serikat, standar TSA juga digunakan  beberapa negara lain seperti di Kanada, bandara Narita dan Haneda di Jepang, Bandara di Belanda, dan lain-lain.

Saat koper kamu memiliki keamanan kunci TSA maka bea cukai dapat menggunakan kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya. Faktanya, penggunaan kunci keamanan TSA ini diyakini membuat isi koper kamu lebih aman dari pembobolan oknum tak bertanggung jawab.

5. Tips Memilih Koper: Kualitas

Kualitas koper bisa kamu lihat dari kelancaran saat membuka dan menutup resleting pada koper, melihat warna koper apakah pudar atau tidak, dan juga melihat pegangan juga roda pada koper. Pastikan resleting koper kamu cukup kuat dan terbuat dari bahan tahan lama dan waterproof.

6. Tips Memilih Koper: Harga

Source: freepik via Freepik

Harga merupakan salah satu pertimbangan awal yang harus kamu pikirkan sebelum membeli koper. Ada beragam jenis koper dengan kualitas yang kruang lebih sama namun memiliki harga yang jauh berbeda. Lakukan riset dan perbandingan harga pada beberapa e-commerce agar kamu bisa mendapatkan koper dengan penawaran harga terbaik.

7. Tips Memilih Koper: Kapasitas

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kapasitas koper sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis koper memiliki beberapa kantong rahasia untuk menambah ukuran koper.

8. Tips Memilih Koper: Daya Tahan

Saat kamu akan memilih koper penting bagi kamu untuk mempertimbangkan daya tahan kopernya. Setiap koper memiliki daya tahan yang berbeda. Perhatikan daya tahan koper pada bagian roda, pegangan tangan, resleting, dan bagian koper lainnya. Umumnya, koper yang memberikan layanan garansi dengan waktu yang lama maka akan kemungkinan besar memiliki daya tahan yang lama juga.

Baca Juga: Tips Mengisi Informasi di Label Bagasi Koper Saat Traveling

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles