Dijuluki Kurma Nabi, Ternyata Ini 10 Manfaat Kurma Ajwah bagi Kesehatan

Dijuluki Kurma Nabi, Ternyata Ini 12 Manfaat Kurma Ajwah bagi Kesehatan

Bicara soal buah yang dapat mengobati berbagai penyakit, buah kurma merupakan salah satu di antaranya.

Sejak zaman dahulu, buah kurma telah dikenal sebagai buah yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan, konstipasi, jantung, hingga kanker.

Mengenal Apa Itu Kurma Ajwah?

Kurma ajwah atau ajwa adalah jenis kurma istimewa yang pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW di sebelah Masjid Quba, Kota Madinah.

Hal inilah yang membuat kurma ini identik dengan sebutan kurma nabi. Keistimewaan buah kurma ajwah ini bahkan sempat disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri.

Dalam hadis, Nabi SAW bersabda, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Manfaat Kurma Ajwah bagi Kesehatan

Lantas, apa sajakah manfaat kurma ajwa untuk kesehatan tubuh? Simak informasinya seperti dilansir laman Life in Saudi Arabia berikut ini:

Baca Juga: 11 Resep Olahan Kurma untuk Takjil yang Enak dan Mudah Dibuat

1. Menyehatkan Jantung 

Manfaat kurma ajwah yang pertama adalah menghentikan penyempitan pembuluh darah serta memperkuat dan meningkatkan fungsi jantung. 

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi 

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Sumber: Bola.com

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat kurma ajwah selanjutnya berkaitan dengan kesehatan tulang dan gigi. Rupanya, kurma ajwah dapat mengatasi kekurangan kalsium dalam tubuh.

3. Mengenyangkan Tanpa Membuat Gula Darah Naik Signifikan

Kabar baik untuk kamu yang khawatir dengan peningkatan kadar gula darah. Kurma ajwah tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang signifikan karena indeks glikemiknya terhitung rendah.

4. Meningkatkan Sistem Imun 

Buah kurma ajwah mengandung antioksidan, selenium, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Zat-zat ini dapat mencegah kanker, memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menangkal berbagai jenis infeksi. 

5. Baik untuk Ibu Hamil 

Ibu hamil dapat mengonsumsi buah kurma ajwah untuk membantu mengaktifkan otot-otot rahim dan membantu gerakan rahim pada saat melahirkan.Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Mencegah Aterosklerosis 

Aterosklerosis adalah salah satu penyakit yang timbul akibat penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri. Jika dibiarkan saja, maka kondisi ini dapat menyebabkan terhalangnya aliran darah. 

Bahkan, aterosklerosis merupakan salah satu faktor pemicu berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti serangan jantung dan stroke.

Terbentuknya aterosklerosis ini berpotensi menghambat aliran peredaran darah. Akant tetapi, kurma ajwa mengandung senyawa phytosterol yang jika dikonsumsi dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit tersebut.

7. Menyehatkan Ginjal 

Menyehatkan Ginjal

Sumber: CNN Indonesia

Bagi kamu yang memiliki masalah tekanan darah dan gangguan ginjal, mengonsumsi buah kurma ajwah dapat membantu mengatur tekanan darah dan membantu ginjal berfungsi dengan baik. 

8. Mencegah Kanker Perut 

Hasil survei terkini di bidang medis mengungkapkan, kebiasaan mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu mencegah risiko kanker perut. 

9. Membantu Proses Pencernaan 

Manfaat mengonsumsi buah kurma ajwah berikutnya adalah membantu melancarkan proses pencernaan serta meredakan rasa lapar. 

10. Menjaga Kesehatan Mata 

Manfaat terakhir mengonsumsi buah kurma ajwah adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata.

Nabi Muhammad SAW bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma ajwah dapat membantu meminimalisasi risiko terserang kondisi seperti rabun senja.

11. Membantu Fungsi Otak

Manfaat buah kurma ajwa berikutnya adalah mengurangi senyawa peradangan seperti IL-6. Menurut Neural Regeneration Research, peradangan ini menyebabkan fungsi degeneratif di otak. Oleh sebab itu, makan kurma ajwa berpotensi dalam pencegahal hal-hal seperti Alzheimer.

12. Mencegah Anemia

Kurma ajwa memiliki kandungan nutrisi seperti zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah perkembangan anemia.

Kapan Waktu yang Baik Makan Kurma?

Kapan Waktu yang Baik Makan Kurma

Sumber: theAsianparent

Kini kamu telah mengetahui manfaat-manfaat mengonsumsi kurma ajwah. Pertanyaan selanjutnya adalah, kapan waktu yang baik bagi kamu untuk mengonsumsi buah kurma?

Rekomendasi waktu konsumsi ini dapat diterapkan pada konsumsi kurma jenis apa pun, tidak terbatas pada kurma ajwah saja:

1. Saat Sarapan

Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi buah kurma adalah pagi saat sarapan. Buah kurma memiliki rasa manis dan serat alami, sehingga bisa kamu sertakan dalam menu untuk mengawali hari.

2. Sebagai Camilan Sore

Kurma adalah salah satu camilan sehat dengan sumber serat yang baik dan gula alami.

Saat mengonsumsi buah dengan kandungan serat dan gula, hal ini membantu menekan naiknya gula darah agar berlangsung lebih lambat.

Dampak baiknya, tubuhmu akan terasa lebih berenergi tanpa lemas atau mudah lelah sesudahnya.

3. Ketika Kamu Lapar

Terakhir, kamu juga bisa mengonsumsi kurma saat sedang lapar.

Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki bentuk kalori yang terkonsentrasi dan mengenyangkan, mengingat kandungan seratnya yang tinggi.

Oleh karena itu, saat kamu merasa lapar tapi belum siap menyantap makanan lengkap, kamu bisa memakan kurma dengan selai kacang sebagai sumber serat, karbohidrat, dan protein.

Baca Juga: Berkhasiat! 5 Cara Konsumsi Kurma untuk Asam Lambung

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles