Lokasi Wisata Sejarah Bandung

18 Lokasi Wisata Sejarah Bandung yang Keren dan Edukasional

Bandung, yang dikenal juga sebagai Kota Kembang, bukan hanya menyimpan keindahan alam dan keramaian urban saja.

Dibalik segala gemerlapnya, Kota Bandung, Jawa Barat juga menyimpan sejuta sejarah yang layak kamu jelajahi.

Wisata sejarah di Bandung bisa jadi alternatif destinasi yang nggak cuma menambah pengetahuan, tapi juga memberi pengalaman berharga.

Yuk, kita simak beberapa lokasi wisata sejarah Bandung yang edukasional berikut!

18 Lokasi Wisata Sejarah Bandung yang Edukasional

1. Gedung Sate

Mari Mengenal Sejarah Gedung Sate Bandung

Sumber: diperkim.jabarprov.go.id

Bangunan bersejarah ini terkenal sebagai landmark Kota Bandung. Bangunan unik yang berdiri sejak tahun 1920 ini gampang diingat berkat hiasan tusuk sate di puncak menaranya. 

Gedung Sate kini digunakan sebagai kantor gubernur Jawa Barat. Tempat ini juga memiliki Museum Gedung Sate yang menyimpan berbagai koleksi dan informasi sejarah Jawa Barat.

2. Museum Geologi

Museum yang satu ini adalah destinasi edukatif yang cocok jika kamu penasaran tentang Bumi dan peninggalan sejarah geologinya. 

Di museum ini, kamu bisa melihat dan mencari tahu tentang berbagai koleksi fosil, mineral, batuan, serta artefak sejarah lainnya.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)

Berlokasi di Kecamatan Sumur Bandung Kota, Jalan Asia Afrika. Gedung Merdeka merupakan tempat bersejarah tempat Konferensi Asia Afrika 1955 diselenggarakan.

Gedung Merdeka merupakan tempat bersejarah tempat Konferensi Asia Afrika 1955 diselenggarakan.

Gedung ini kini menjadi museum yang menggambarkan kronologis perjalanan Konferensi Asia Afrika.

Di dalam Gedung Merdeka, kamu juga bisa menemukan Museum Konferensi Asia Afrika (KAA). Museum ini berlokasi di gedung tempat Konferensi Asia Afrika berlangsung pada tahun 1955. 

Di Museum KAA, kamu bisa belajar tentang sejarah dan pentingnya konferensi tersebut bagi Indonesia dan negara-negara nonblok lainnya.

4. Kawasan Braga

Kawasan Braga

Sumber: Indonesia Travel

Selain terkenal akan arsitektur klasiknya yang indah, daerah Braga merupakan pusat kegiatan seni dan budaya di Bandung. Jalan Braga dan Gedung Merdeka adalah dua landmark utama di kawasan ini.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini didirikan pada tahun 1920. Bangunannya sendiri merupakan salah satu contoh arsitektur kolonial. 

Meskipun merupakan institusi pendidikan, kampus ITB terbuka untuk umum dan memiliki beberapa museum dan galeri seni di dalamnya.

6. Taman Sejarah Bandung Lautan Api

Taman ini didirikan untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946.

Bandung Lautan Api sendiri merupakan aksi heroik rakyat Bandung ketika membakar kota mereka sendiri daripada membiarkannya jatuh ke tangan penjajah.

Di sini, kamu bisa melihat Monumen Bandung Lautan Api dengan berbagai diorama yang menggambarkan peristiwa historis tersebut.

7. Villa Isola

Bangunan megah ini selesai dibangun pada tahun 1933 dan merupakan contoh lain arsitektur Art Deco di Bandung.

Sekarang, Villa Isola digunakan sebagai rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan terbuka untuk umum.

8. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum ini didedikasikan untuk memperingati jasa-jasa Tentara Nasional Indonesia, khususnya Divisi Siliwangi.

Kamu bisa melihat berbagai koleksi bersejarah seperti senjata, seragam, foto, dan dokumen sejarah lainnya.

Baca Juga: Wisata Sejarah, Yuk! Ini Dia 7 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya untuk Mengenang Jasa Pahlawan

9. Gedung Dwiwarna

Gedung Dwiwarna

Sumber: Indonesia Zaman Doeloe

Gedung Dwiwarna pernah menjadi markas besar PETA (Pembela Tanah Air) pada masa pendudukan Jepang.

Bangunan ini sekarang menjadi Museum PETA yang memamerkan artefak dan dokumentasi sejarah masa itu.

10. Candi Cangkuang

Meski berada sedikit di luar Bandung (tepatnya di Garut), Candi Cangkuang layak masuk dalam daftar tujuanmu.

Candi Hindu ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 dan merupakan satu-satunya candi yang ditemukan di Jawa Barat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kuliner Bandung 24 Jam, Cocok Jika Lapar Tengah Malam!

11. Museum Sri Baduga

Museum ini adalah tempat yang sempurna untuk memahami sejarah Jawa Barat, mulai dari era prasejarah hingga masa penjajahan.

Memiliki lebih dari 5.000 artefak, termasuk keramik, perunggu, dan arca dari berbagai periode sejarah. Museum Sri Baduga merupakan salah satu lokasi wisata sejarah Bandung terbaik untuk penggemar arkeologi.

12. Rumah Mode Factory Outlet

Kamu nggak akan menduga kalau tempat belanja populer ini juga memiliki nilai sejarah. 

Bangunan Rumah Mode dibangun pada tahun 1939 dan merupakan salah satu bangunan kuno yang masih terawat di Bandung. Belanja sambil merasakan nuansa historis, kenapa nggak?

13. Situs Arkeologi Gua Pawon

Situs Arkeologi Gua Pawon

Sumber: Ayo Bandung

Situs arkeologi ini berisi jejak-jejak pemukiman manusia purba di Bandung. Di sini, kamu bisa melihat berbagai fosil dan peninggalan arkeologis yang sudah berusia ribuan tahun.

14. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman ini menawarkan wisata edukasi tentang lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Selain itu, taman hutan raya ini juga memiliki beberapa situs sejarah, termasuk Gua Belanda dan Gua Jepang yang dibangun saat Perang Dunia II.

15. Museum Barli

Museum ini adalah museum seni yang didedikasikan untuk karya-karya pelukis Indonesia, Barli Sasmitawinata. Kamu bisa belajar banyak tentang sejarah seni Indonesia di tempat ini.

Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar tentang Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!

16. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Berikutnya adalah Monuman Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat berfungsi sebagai museum yang menampilkan tujuh diorama, menceritakan kisah perjuangan masyarakat Jawa Barat mulai dari era kerajaan hingga periode kemerdekaan.

17. Gedung Indonesia Menggugat

Salah satu gedung bersejarah di Bandung yang menarik untuk dikunjungi adalah Gedung Indonesia Menggugat. Gedung yang dibangun pada tahun 1907 ini awalnya merupakan rumah penduduk Belanda sebelum mengalami perubahan fungsi menjadi Pengadilan Pemerintahan Kolonial Belanda, tempat di mana berbagai tokoh pejuang kemerdekaan seperti Soekarno, Maskoen, Sastromolejono, dan Sartono diadili.

Nama “Indonesia Menggugat” terkait erat dengan peristiwa penting saat Soekarno menjalani pengadilan dan memberikan pembelaan dengan judul “Indonesia Menggugat”. Pembelaan ini menciptakan kegemparan di pemerintahan Belanda pada masa itu, dan menjadi salah satu momen bersejarah yang tetap dikenang hingga sekarang.

Meskipun telah berusia tua, bangunan bersejarah ini masih berdiri dengan kokoh. Setelah mengalami beberapa kali perubahan fungsi, kini gedung bersejarah di Bandung ini sering digunakan sebagai lokasi untuk berbagai kegiatan dan acara seni, sosial, maupun kegiatan lainnya.

18. Benteng Pasir Ipis

Benteng ini didirikan dari tahun 1981 hingga 1930. Ketika mengunjungi tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu dan hutan pinus.

Pastikan tidak akan merasa bosan, karena lokasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Di antaranya adalah area perkemahan, kegiatan outbound, gardu pandang, serta beragam tempat menarik untuk diabadikan.

Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar tentang Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!

Sudah Puas Wisata Sejarah di Bandung? Yuk Menginap di Bobopod!

Me Time Sambil Nonton Film Favorit di Bobobox

Sumber: bobobox.com

Mengunjungi berbagai lokasi wisata sejarah di Bandung adalah suatu pengalaman yang seru. Namun, pastinya kamu merasa lelah setelah seharian berkeliling.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk beristirahat. Saat sedang berlibur, penting untuk memilih hotel yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu pilihan hotel nyaman yang dapat kamu pertimbangkan adalah hotel kapsul Bobopod. Hadir di berbagai kota besar di Indonesia, hotel kapsul Bobopod adalah tempat yang nyaman untuk berlibur, bersantai, dan beristirahat.

Letaknya yang strategis dan dekat dengan banyak tempat wisata, akan membuat pengalaman menginapmu tak terlupakan.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: Ade Irwansyah via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles