Cimory on the Valley

Ingin Menambah Wawasan sambil Liburan? Berikut 6 Tempat Wisata Edukasi di Semarang

Selama anak libur sekolah, kamu pasti ingin mengajaknya melakukan banyak kegiatan. Untungnya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti mengunjungi tempat wisata.

Kalau kamu ingin mengajak anak liburan ke tempat wisata edukatif—agar anak tetap bisa belajar hal baru sambil berlibur—tempat wisata edukasi bisa menjadi tujuan yang tepat.

Nah, jika kamu tinggal di Semarang atau ingin mengunjungi ibu kota Jawa Tengah ini, ada beberapa tempat wisata edukasi yang Bob rekomendasikan.

Semarang memiliki berbagai tempat bermain sambil belajar yang seru, mulai dari museum hingga taman satwa. Selama liburan, kamu dan si kecil tetap akan mendapat pengetahuan baru!

Apa itu Wisata Edukasi?

Seperti namanya, wisata edukasi bukan hanya ajang liburan atau refreshing semata. Wisata edukasi juga menjadi kesempatan untuk memperoleh ilmu dengan cara yang menyenangkan.

Wisata edukasi menjadi platform belajar tanpa perbedaan usia. Bahkan, secara bertahap hal ini bisa berkembang menjadi metode pendidikan alternatif.

Mengutip dari IGI Global, wisata edukasi juga menjadi sarana memperoleh wawasan baru terkait budaya/sejarah negara atau kota lain.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Religi Semarang yang Bikin Hati Tenang

6 Tempat Wisata Edukasi di Semarang

1. Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti

Sumber: Goodnewsfromindonesia.id

  • Lokasi: Jalan Mgr Soegijapranata No.1, Barusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50245
  • Jam operasional: Senin–Jumat pukul 08.00–15.00 WIB, Sabtu pukul 08.00–18.00 WIB

Destinasi wisata edukasi di Semarang satu ini cukup terkenal. Di Museum Mandala Bhakti, kamu akan melihat berbagai bukti sejarah perjuangan bangsa dalam melawan penjajah dan meraih kemerdekaan.

Museum ini tak hanya memajang senjata yang digunakan para pejuang, tapi juga seragam, kendaraan perang, dan berbagai foto pahlawan. Kamu bisa berwisata sambil belajar tentang sejarah Indonesia di sini.

2. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery

Sumber: wiradhini via Blogspot

  • Lokasi: Jl. Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
  • Jam operasional: Selasa–Minggu pukul 10.00–20.30 WIB
  • Telepon: (024) 3552099

Berikutnya adalah museum seni dengan desain arsitektur khas Belanda yang berlokasi di kawasan Kota Lama.

Koleksi yang ditunjukkan di museum ini rutin diperbarui sehingga pengunjung akan selalu punya alasan untuk berkunjung kembali. Selain itu, terdapat pameran yang rutin digelar setiap periode waktu tertentu.

Koleksinya yang selalu diperbarui dan desain gedungnya yang menarik sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi pencinta seni, museum ini wajib banget dikunjungi!

3. Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia

Sumber: perpus.jatengprov.go.id

  • Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263
  • Jam operasional: Senin–Jumat pukul 09.00–15.00 WIB
  • Telepon: (024) 7475172

Sudah tahu belum kalau Museum Rekor Dunia Indonesia ada di Semarang?

Nah, kalau kamu berlibur ke Semarang, sempatkan untuk mampir ke museum yang satu ini. Di museum ini, kamu akan menemui banyak sekali hal-hal unik yang sudah memecahkan rekor.

Museum yang didirikan tanggal 27 Januari 1990 ini menyimpan berbagai catatan rekor nasional maupun dunia yang unik dan menarik.

Tanpa dipungut biaya masuk, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan informasi menarik tentang berbagai rekor yang ada.

Baca Juga: Suka Budaya Jepang? Berikut 7 Tempat Wisata ala Jepang di Semarang!

4. Taman Margasatwa Semarang

Taman Margasatwa Semarang

Sumber: Rika Irawati via Tribun Jateng

  • Lokasi: Jalan Raya Mangkang, Mangkang Kulon, Ngaliyan, Mlaten, Sumberejo, Kec. Kaliwungu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50186
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00–17.00 WIB
  • Telepon: 0823-1458-7615

Taman Margasatwa Semarang atau yang lebih dikenal sebagai Kebun Binatang Mangkang ini bisa jadi pilihan wisata edukasi bersama anak.

Objek wisata edukasi Semarang ini cocok untuk menunjukkan beragam jenis satwa yang mungkin selama ini baru dilihat si kecil lewat internet atau buku.

Kamu juga bisa foto bersama satwa dan berkeliling kawasan wisata sambil naik gajah khusus anak. Lebih serunya lagi, Taman Margasatwa Semarang punya becak air yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau buatannya!

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Kereta Api

Sumber PT Kereta Api Pariwisata via Kompas

  • Lokasi: Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00–17.00 WIB
  • Telepon: 0813-2570-9010

Jika si kecil tertarik dengan alat transportasi kereta api, coba isi waktu liburan dengan berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa.

Di museum ini, kamu bisa mempelajari sejarah awal kereta api muncul. Kamu akan menjumpai koleksi lokomotif uap mulai dari seri B, C, D, hingga CC, serta koleksi barang antik terkait dunia kereta api.

Selain mengenal barang antik yang berperan dalam dunia perkeretaapian, kamu bisa mengambil tur perjalanan wisata naik kereta api uap atau membeli berbagai suvenir.

Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bukan hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi juga pengalaman seru menaiki kereta uap yang sudah tidak beroperasi lagi.

6. Cimory on the Valley

Cimory on the Valley

Sumber: Cimory

  • Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah 50552
  • Jam operasional: Senin, Selasa, Kamis pukul 09.00–17.00 WIB; Rabu pukul 09.00–17.30 WIB; Jumat pukul 09.00–16.30 WIB; Sabtu & Minggu pukul 08.00–17.00 WIB
  • Telepon: (024) 6921818

Sebelum salah sangka, tempat wisata Cimory ini bukan berada di Puncak Bogor, melainkan di Semarang, ya!

Untuk cabang Semarang, Cimory on the Valley menghadirkan kebun binatang mini yang memiliki hewan peternakan seperti sapi perah, kuda, domba, dan kelinci.

Wisata edukasi Semarang ini menawarkan tur edukatif melihat pabrik susu. Aktivitas ini terutama cocok jika kamu berlibur membawa anak atau adik yang sedang libur sekolah. Anak-anak juga bisa bermain di area playground yang tersedia. 

Tak hanya itu, objek wisata ini memiliki wahana Mini Mania alias miniatur berbagai landmark dunia. Kamu bisa menjumpai replika mini Candi Borobudur, Monas, Sphinx, sampai Menara Eiffel.

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox Kota Lama Semarang!

Istirahat Nyaman di Bobobox Kota Lama Semarang

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan nyaman, dekat berbagai fasilitas umum, dan terjangkau.

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkan makanan yang kamu beli terlebih dahulu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles