Kuliner Malam di Semarang 

Sembari berkeliling Kota Semarang, berikut 15 Rekomendasi Kuliner Malam di Kawasan Simpang Lima

Jika kamu sedang mampir ke Simpang Lima Semarang dan sekitarnya, berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak yang terkenal dan wajib kamu coba. 

Mulai dari makanan khas seperti lumpia, nasi ayam, nasi pecel, seafood, tahu gimbal, soto, camilan tradisional pisang plenet, hingga menu modern kekinian, semuanya ada.

15 Rekomendasi Kuliner Malam di Semarang 

Berikut adalah ulasan tempat wisata kuliner enak di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya, dijamin akan memanjakan lidah kamu baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

1. Nasi Pecel Mbok Sador

Warung Nasi Pecel Mbok Sador merupakan salah satu tempat kuliner pertama yang bisa kamu coba di Simpang Lima. Warung ini selalu ramai pengunjung berkat nasi pecelnya yang enak.

Nasi pecelnya berisi nasi dan sayuran hijau seperti bayam, tauge, kacang panjang, kembang turi, serta daun pepaya yang disiram dengan sambal kacang. 

Kamu juga dapat memilih berbagai lauk pendamping seperti telur ceplok, telur asin, gorengan, martabak mini, sate keong, sate usus, sate telur, paru, ati ampela, babat, empal, perkedel, tahu, tempe, peyek, dan kerupuk.

Untuk harganya, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp7.000 saja per porsi.

Baca juga: Seru! 12 Rekomendasi Destinasi Wisata di Semarang Tengah

2. Pecel Yu Sri

Tak jauh dari Nasi Pecel Mbok Sador, ada warung Pecel Yu Sri yang juga terkenal dengan pecelnya. Seporsi pecel di sini berisi nasi, sayuran, dan sambal kacang yang lezat. 

Kamu juga dapat menikmati berbagai lauk pendamping seperti sate telur, sate rempelo ati, sate udang, sate keong, sate usus, bakwan jagung, martabak telor, tahu, tempe, babat iso, dan lainnya.

Warung Pecel Yu Sri buka mulai pukul 17.00–00.00 WIB, cocok untuk kamu yang suka kelaparan saat malam hari.

3. Tahu Petis Prasojo

Selain makanan berat, Simpang Lima juga menawarkan berbagai camilan enak sepertiTahu Petis Prasojo. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan kamu bisa membeli sajinnya seharga Rp2.000 per buah.

Sajian tahu petis ini memiliki cita rasa lezat dengan rasa gurih yang bercampur dengan aroma udang dari sambal petisnya. Kamu juga dapat membeli aneka gorengan, tahu bakso, tahu brontak, tape goreng, dan risoles goreng.

4. Seafood Pak Jari

Bagi penggemar kuliner seafood, warung Seafood Pak Jari di Pujasera Simpang Lima bisa menjadi pilihan yang tepat untuk santap malam. 

Kamu dapat menikmati berbagai hidangan laut dan ikan air tawar, seperti udang, bawal, nila, gurame, lele, kerpaku, kakap, kerang darah, kerang srimping, kerang hijau, cumi, hingga kepiting. 

Kamu juga dapat memilih cara pengolahannya, seperti digoreng, dibakar, atau dioseng dengan berbagai saus seperti saus asam manis, saus mentega, dan saus padang.

Warung Seafood Pak Jari buka mulai sore hari sekitar pukul 17.00 sampai 05.00 WIB.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Wajib Masuk To-Do List Dekat Bobobox Kota Lama, Semarang

5. Wedang Radja

Untuk menemani kuliner malam kamu di Kawasan Simpang Lima, Warung Wedang Radja menawarkan berbagai minuman tradisional. 

Kamu dapat menikmati minuman hangat seperti wedang uwuh, wedang jahe, wedang secang, kopi rempah, wedang sekoteng, dan teh poci.

Wedang uwuh adalah minuman khas Jogja yang berisi rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu atau gula pasir. 

Minuman ini memiliki rasa gurih, sedikit pedas, dan manis. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp10.000 per minuman.

6. Nasi Ayam Bu Sami 

Warung yang terletak dekat Simpang Lima ini dikenal menjual nasi ayam khas Semarang yang lezat. Warung nasi ayam yang telah melayani pelanggan sejak 1970-an ini menjadi favorit karena lokasinya strategis dan harganya terjangkau.

7. Es Oyen Bu Tari

Es Oyen Bu Tari

Sumber: Orami

Mencari sajian minuman segar di Simpang Lima Semarang? Jangan sampai kelewatan mengunjungi Es Oyen Bu Tari. 

Penyajian es yang kaya akan variasi buah ini bisa menjadi penutup yang sempurna setelah kamu menjajal berbagai kuliner Semarang. Rasanya yang manis segar pasti bisa memanjakan lidahmu.

Es Oyen Bu Tari sudah buka sejak tahun 1990-an dan menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang khas dan harga yang terjangkau.

Dalam satu gelas es oyen, kamu akan menemukan potongan buah-buahan seperti alpukat, nangka, dan kelapa muda. Tak lupa siraman sirup manis dan susu kental di atasnya yang segar.

8. Es Kelapa Muda Bu Lanny

Masih dalam rangka mengeksplorasi kuliner Semarang, cobalah segarnya Es Kelapa Muda Bu Lanny yang berlokasi tak jauh dari Simpang Lima. 

Selama ini Es Kelapa Muda Bu Lanny telah menjadi favorit warga setempat dan wisatawan. Apalagi jika dinikmati di tengah cuaca panas, kesegarannya pasti akan menjadi obat penawar dahaga yang sempurna.

Dalam satu gelas es kelapa muda Bu Lanny, kamu akan mendapatkan daging kelapa muda yang lembut dan segar, disirami air kelapa yang manis dan disajikan dalam kondisi dingin. 

Kamu juga bisa menambahkan topping lain seperti cincau atau selasih untuk memperkaya sensasi rasa.

Baca juga: Ingin Menambah Wawasan sambil Liburan? Berikut 6 Tempat Wisata Edukasi di Semarang

9. Pempek Beringin

Selain beragam kuliner khas Semarang, kamu juga bisa mencoba Pempek Beringin yang berlokasi di sekitar Simpang Lima.

Menyajikan pempek khas Palembang yang autentik, restoran ini menjadi destinasi favorit bagi pencinta kuliner berbahan dasar ikan.

Dalam satu porsi Pempek Beringin, kamu akan mendapatkan pempek yang kenyal dengan isian ebi yang gurih. Celupkan ke cuka khas pempek untuk mencecap sensasi rasa asam, manis, dan pedas yang menyegarkan.

Kamu juga bisa mencoba varian pempek lain seperti lenjer, kapal selam, dan kulit.

10. Es Campur Sop Ayam Pak Min

Es Campur Sop Ayam Pak Min

Sumber: MenuKuliner.net

Selain dikenal dengan sup ayamnya yang legendaris, Pak Min juga terkenal dengan sajian ss campurnya yang tak kalah lezat. 

Terletak di kawasan Simpang Lima, Es Campur Sop Ayam Pak Min menjadi pilihan tepat untuk mengakhiri petualangan kuliner di Semarang.

Dalam satu mangkuk es campur, kamu akan mendapatkan berbagai bahan seperti cincau, kelapa muda, dan agar-agar yang disiram susu kental dan sirup manis. 

Sensasi dingin dari es campur ini pasti akan menjadi penutup yang sempurna setelah mencoba berbagai kuliner pedas dan gurih di Semarang.

11. Soto Bangkong

Salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi ketika berada di Simpang Lima Semarang, adalah Soto Bangkong. 

Warung makan ini telah menjadi legenda dan menjadi salah satu destinasi kuliner favorit baik bagi warga lokal maupun turis.

Soto Bangkong menawarkan soto ayam dengan kuah yang gurih dan lezat, disajikan bersama nasi, ayam suwir, dan sayuran. 

Jangan lupa mencoba sambalnya yang pedas dan menambah kenikmatan soto. Tempat ini juga menawarkan berbagai jenis sate, seperti sate usus, sate telur puyuh, dan sate kerang.

12. Bakmi Jawa Pak Karso

Jika kamu penggemar bakmi, kamu wajib mencoba Bakmi Jawa Pak Karso yang terletak tidak jauh dari Simpang Lima.

Warung makan ini dikenal dengan bakmi jawanya yang lezat dengan bumbu yang pas dan penuh rasa.

Bakmi disajikan dengan kuah kaldu yang gurih, ditambah dengan potongan ayam dan sayuran. Kamu juga bisa menambahkan bakso dan telur puyuh sebagai pelengkap. Bagi penggemar pedas, jangan lupa mencoba sambalnya yang khas.

13. Tahu Gimbal Pak Man

Tahu Gimbal Pak Man

Sumber: Solopos.com

Satu lagi makanan khas Semarang yang wajib dicoba adalah tahu gimbal. Salah satu penjual tahu gimbal yang paling populer di Semarang adalah Tahu Gimbal Pak Man.

Tahu Gimbal merupakan kombinasi dari potongan tahu goreng, telur, lontong, gimbal udang, dan sayuran seperti kol dan timun, yang disiram dengan bumbu kacang. 

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan tahu gimbal salah satu kuliner yang digemari banyak orang.

Baca juga: Suka Budaya Jepang? Berikut 7 Tempat Wisata Ala Jepang Di Semarang!

14. Nasi Ayam Bu Pudji

Nasi Ayam Bu Pudji adalah tempat makan populer lainnya di Semarang.

Tempat makan ini menawarkan nasi ayam lezat dengan kuah kaldu ayam gurih serta daging ayam empuk. Menu lain yang harus dicoba adalah sate usus dan telur puyuh.

Nasi Ayam Bu Pudji juga terkenal dengan sambalnya yang pedas dan beraroma. Bagi kamu penyuka makanan pedas, tempat makan ini adalah pilihan yang sempurna.

15. Lumpia Mataram

Pengalaman berwisata kuliner di Kawasan Simpang Lima tentunya akan kurang lengkap jika kamu belum mencoba lumpia. 

Meski sekarang ini sudah banyak penjual lumpia di berbagai tempat, namun pengalaman mencicipi lumpia langsung di tempat asalnya pasti akan memberikan sensasi yang berbeda.

Salah satu tempat yang wajib kamu coba adalah Warung Lumpia Mataram di Semarang. Lokasinya berada di Jl. Pandanaran No.29A, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Warung ini buka mulai pukul 05.30 hingga 21.00 WIB. Rasa lumpianya sangat lezat dan tidak terkalahkan. Aromanya pun terasa lembut karena rebungnya tidak memiliki bau yang terlalu kuat, sehingga sangat nyaman saat kamu makan.

Baca Juga: Warna-Warni Wahana dan Spot Foto di Ecopark Dusun Semilir, Semarang!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Lama Semarang!

Seru Menginap di Bobobox Kota Lama Semarang

Libur sekolah adalah momen yang tepat untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwal padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation. Nah, Bobobox Kota Lama adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan.

Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan sejumlah tempat wisata pun akan memudahkanmu menyusun itinerary.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles