Wisata di Semarang Tengah

Seru! 12 Rekomendasi Destinasi Wisata di Semarang Tengah

Ketika berbicara tentang wisata di Jawa Tengah, mungkin Solo dan Yogyakarta lebih sering terlintas di pikiranmu. 

Namun, jangan salah. Semarang, kota yang mungkin kurang mendapat sorotan, ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

Mulai dari taman bermain terbesar di Jawa Tengah hingga tempat wisata alam yang siap memanjakan mata dan hati kamu, semua ada di Semarang. 

Penasaran ingin berlibur ke Semarang? Berikut ini adalah 20 rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi.

12 Rekomendasi Destinasi Wisata di Semarang Tengah Tahun 2023

Perlu diingat, tidak semua tempat ini berada di dalam kota Semarang; beberapa di antaranya berada di luar kota atau di sekitar Kabupaten Semarang.

1. Lawang Sewu 

  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132 Harga tiket masuk: Rp10.000 – Rp30.000

Lawang Sewu yang berarti ‘Seribu Pintu’ adalah salah satu ikon wisata terkenal di Semarang. 

Selain dulunya digunakan sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda, tempat ini juga pernah menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Kini, Lawang Sewu telah direstorasi dan dikonservasi menjadi museum dan tempat wisata. Meski namanya berarti ‘Seribu Pintu, jumlah pintu sebenarnya tidak sampai seribu—hal ini bisa kamu cek sendiri saat berkunjung.

Lawang Sewu berlokasi di Jalan Pemuda, dekat dengan Simpang Lima di pusat kota Semarang. Jika ini adalah kunjungan pertamamu ke Semarang, mengunjungi Lawang Sewu adalah suatu keharusan. 

2. Saloka Theme Park

Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773 (Dekat Rawa Pening)

Saloka Theme Park atau Saloka Park adalah taman bermain raksasa yang berlokasi di Kabupaten Semarang, sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari Kota Semarang. 

Taman ini berada tidak jauh dari Danau Rawa Pening dan mudah diakses dari Ungaran dan Salatiga. Terdapat berbagai wahana dari yang ramah anak hingga yang ekstrem.

Taman ini terbagi menjadi lima bagian dengan tema masing-masing. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan indah Rawa Pening dari beberapa wahana yang cukup tinggi! 

3. Klenteng Sam Poo Kong

  • Alamat: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148 
  • Harga tiket masuk: Rp17.000–Rp55.000

Klenteng Sam Poo Kong adalah klenteng tertua di Semarang. Ini merupakan tempat pendaratan dan persinggahan pertama Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok.

Klenteng ini dibangun untuk mengenang kedatangan Cheng Ho, atau juga dikenal dengan nama Zheng He. Tempat ini populer karena arsitekturnya yang indah dan berbagai festival dan acara keagamaan yang rutin digelar di sini. 

Klenteng ini juga sering menjadi tempat berfoto bagi wisatawan, termasuk mereka yang datang dari luar Semarang.

4. Kota Lama Semarang

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137 
  • Harga tiket masuk: Gratis

Kota Lama Semarang dulunya merupakan pusat perdagangan di kota Semarang pada abad ke-19 hingga 20. Kawasan ini dikenal dengan banyaknya gedung tua bergaya Eropa di sini, yang dipertahankan melalui proses konservasi dan revitalisasi. 

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang. Kamu bisa berfoto di depan berbagai gedung bergaya Eropa, atau sekadar bersantai di Taman Srigunting yang terletak di tengahnya.

Jangan lupa untuk mengunjungi Gereja Blenduk, Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, yang memiliki kubah atau dome yang ikonis.

5. Pagoda Avalokitesvara

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265 
  • Tiket masuk: Tidak ada tiket masuk, tapi pengunjung bisa memberikan donasi seikhlasnya

Pagoda Avalokitesvara adalah pagoda tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 45 meter. Pagoda ini adalah salah satu dari dua bangunan utama di Vihara Buddhagaya Watugong. Bangunan utama lainnya sendiri adalah Pagoda Dhammasala. 

Di antara keduanya, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih terkenal dan ikonis. Selain statusnya sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokitesvara juga memiliki arsitektur yang indah, bahkan saat malam hari sekalipun. 

Tempat ini menjadi salah satu objek wisata Semarang yang wajib dikunjungi, setidaknya untuk berfoto dengan latar belakang pagoda indah ini!

6. Kampung Pelangi

Alamat: Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Kampung Pelangi adalah tempat wisata di Semarang yang, seperti namanya, berwarna-warni seperti pelangi.

Desa ini mengalami transformasi total dari desa yang sebelumnya dianggap kumuh menjadi sebuah destinasi wisata yang cerah dan unik. 

Dinding, atap, dan jalan-jalan di Kampung Pelangi dicat dengan warna-warna cerah, menjadikannya tempat yang Instagramable bagi para wisatawan. 

7. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita

Sumber: Ksmtour.com

 

  • Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149 
  • Harga tiket masuk: Dewasa Rp4.000, anak-anak Rp2.000

Museum Ranggawarsita adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah, baik dari segi geologi maupun budaya. 

Sebagai museum paling terkenal di Jawa Tengah, Museum Ranggawarsita dikenal dengan koleksinya yang lengkap dan gedung serta fasilitas yang terawat. 

Museum ini adalah destinasi wisata Semarang yang cocok untuk edukasi anak. Kamu bisa menyimak perkembangan bumi dan manusia, budaya, hingga sejarah kemerdekaan di sini. 

8. Dusun Semilir Eco Park

  • Alamat: Jl. Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah 50661 
  • Harga tiket masuk: Rp20.000

Dusun Semilir Eco Park adalah tempat wisata baru di Semarang yang dibuka pada awal 2019. 

Meski baru, tempat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Semarang dan sekitarnya. Hal ini tak lain dan tak bukan berkat desain eksterior dan interionya yang unik. 

Bangunan di Dusun Semilir Eco Park didesain seperti stupa pada Candi Borobudur, dengan bahan bangunan yang didominasi oleh kayu.

Tempat ini juga memiliki banyak spot foto keren, restoran dengan pemandangan yang bagus, dan berbagai aktivitas menarik seperti seluncuran warna-warni.

Baca Juga: Warna-Warni Wahana dan Spot Foto di Ecopark Dusun Semilir, Semarang!

9. Brown Canyon Semarang

Alamat: Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279

Brown Canyon adalah tempat wisata di Semarang yang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. 

Meskipun pada dasarnya hanya sebuah dataran tandus dan berpasir, area ini telah menjadi destinasi wisata baru di Semarang berkat foto-foto Instagramable yang banyak muncul di media sosial. 

Panorama Brown Canyon unik karena merupakan hasil dari pertambangan pasir, tanah, dan batu padas. Hal ini membuatnya tampak seperti lokasi syuting film apokaliptik seperti Mad Max: Fury Road.

10. Umbul Sidomukti 

  • Alamat: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661
  • Harga tiket masuk: Rp15.000

Berlokasi di kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata di Semarang di mana kamu dapat menikmati udara segar dan pemandangan alam dari ketinggian. 

Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas outbond seru, kolam renang dengan air pegunungan sejuk, dan kafe dengan pemandangan indah. Kamu bahkan bisa menginap di akomodasi bergaya vila dan resor.

Lapar? Jangan khawatir, kamu bisa makan di Pondok Lesehan. Tempat makan ini didesain ala pondok pribadi, dan kamu bisa menikmati makanan ditemani pemandangan indah.

11. Taman Wilis Semarang 

Alamat: Jl. Wilis No.3, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614 

Untukmu yang sekedar mencari embusan udara segar, Taman Wilis adalah destinasi yang tepat untuk menghilangkan lelah sekaligus menikmati panorama kota. 

Tempat ini kerap menjadi pilihan wisatawan untuk beristirahat atau berolahraga. Taman Wilis berada cukup jauh dari keramaian pusat kota, sehingga kebisingan lalu lintas tidak akan mengganggumu di sini.

Wisatawan sering datang untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari salah satu sudut di Taman Wilis. Destinasi wisata Semarang ini bisa menjadi alternatif menarik karena tiket masuknya gratis.

12. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang

Sumber: Phinemo.com

Alamat: Jl. Batik No.698A, Rejomulyo, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50227

Sesuai namanya, kampung yang terletak di Jalan Batik ini adalah pusat produksi batik di Semarang.

Penduduknya mayoritas adalah pengrajin batik, sehingga kamu bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batik tradisional Semarang. Selain itu, kamu juga bisa membeli batik asli buatannya.

Selain berbelanja, tempat ini juga unik dan indah. Terdapat banyak lukisan bertemakan batik menghiasi tembok-temboknya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Wajib Masuk To-Do List Dekat Bobobox Kota Lama, Semarang

Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Lama Semarang

Seru Menginap di Bobobox Kota Lama Semarang

Libur sekolah adalah momen yang tepat untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwal padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation. Nah, Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan.

Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan sejumlah tempat wisata pun akan memudahkanmu menyusun itinerary.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles