via travel.kompas.com

Semarang Zoo: Salah Satu Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Semarang!

Kebun binatang menjadi salah satu tempat menyenangkan sekaligus edukatif untuk dikunjungi bersama anak-anak. Tempat wisata seperti ini tersebar di banyak wilayah di Indonesia dengan menawarkan keunikan dan keseruannya tersendiri, termasuk Semarang Zoo di Kota Semarang.

Kebun binatang satu ini tak hanya mempertontonkan beragam jenis satwa, tetapi juga menghibur pengunjung dengan berbagai wahana permainan menariknya. Apa saja sih yang ditawarkan oleh salah satu destinasi wisata terbaik Semarang ini? Yuk, ketahui lebih lanjut bersama Bob!

Sejarah Singkat

via gatra.com

Semarang Zoo mulanya berada di kawasan Tegalwareng di Jalan Sriwijaya No. 29 yang kini menjadi lokasi Taman Raden Saleh. Pada 1985, kebun binatang ini direlokasi ke kawasan Tinjomoyo. Selanjutnya, pada 28 Februari 2007, kebun binatang itu kembali pindah ke kawasan Mangkang. Kawasan Tinjomoyo disebut-sebut sulit dijangkau dari pusat kota dan lokasi sekitarnya sangat labil hingga bisa merusak bangunan.

Hingga saat ini, Semarang Zoo berlokasi di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 1, Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang​, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya ini tepat berada di seberang jalan Terminal Mangkang, Kota Semarang. Karena itu, Semarang Zoo pun dikenal dengan nama Kebun Binatang Mangkang.


Baca Juga: 10 Tempat Kuliner Malam Semarang Ini Wajib Banget Kamu Kunjungi!


Koleksi Satwa

@dharmawanagoeng/Instagram

Menempati lahan seluas sembilan hektar, Semarang Zoo menjadi rumah bagi 89 spesies satwa dengan total keseluruhan sekitar 283 ekor hewan. Beberapa di antaranya adalah harimau benggala, orang utan, singa, kanguru, gajah Sumatera, rusa, kijang, jerapah, siamang, beruang madu, kuda unta, sandel, binturong, buaya, ular, dan ikan.

Selain itu, ada juga berbagai spesies burung yang di antaranya meliputi:

  • Elang bondol, hitam dan brontok
  • Rangkok badak
  • Julang emas
  • Kakatua jambul kuning, Maluku, dan Goffin
  • Pegar perak
  • Burung pelikan
  • Kasturi kepala hitam
  • Merak hijau
  • Pegar Lady Amherst
  • Pegar emas
  • Julang Sulawesi
  • Burung falk
  • Burung unta
  • Beo
  • Bangau sendang lawe

Hewan-hewan tersebut terbagi ke dalam beberapa arena, yaitu Taman Reptil dan Jungle Land. Taman Reptil berisikan beragam jenis binatang yang termasuk ke dalam jenis reptil, mulai dari ular hingga buaya. Sementara itu, Jungle Land diperuntukkan bagi spesies burung serta hewan-hewan mamalia.

Hewan mamalia besar, seperti unta dan jerapah biasanya menempati area khusus di alam terbuka dengan pagar besi melingkari area tersebut. Begitu juga dengan burung pelikan, hewan ini memiliki area khusus berisikan kolam-kolam sehingga burung tersebut bisa terbang melintasinya.

Mengingat lokasinya yang cukup luas, kamu bisa menjelajahi isis Semarang Zoo dengan menaiki kereta wisata. Harga tiketnya sebesar Rp10.000 per orang.

Interaksi dengan Satwa

@dharmawanagoeng/Instagram

Selain menyaksikan beragam satwa Semarang Zoo, kamu juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan satwa-satwa tersebut sambil berfoto ria. Contohnya adalah dengan menggendong bayi harimau, memegang atau mengalungkan ular di leher, dan meletakkan burung di tangan.

Bukan cuma itu, Semarang Zoo juga menyediakan atraksi feeding atau kegiatan memberi makan hewan yang dibedakan sesuai jenis makanannya, yaitu herbivora dan karnivora. Harga makanan untuk feeding herbivora adalah Rp10.000 per ikat sedangkan feeding karnivora Rp15.000 per potong.

Selain itu, ada juga kegiatan menunggangi gajah atau kuda sandel sambil berkelilingi di area kandangnya. Kamu tentu tidak perlu khawatir dengan kegiatan interaksi ini sebab hewan-hewan tersebut sudah jinak. Meski begitu, kamu tetap perlu bersikap wajar, alias tidak membuat kegaduhan atau hal-hal yang bisa membuat hewan stres. Untuk kegiatan ini, kamu perlu menyiapkan uang tiket sebesar Rp20.000.


Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar Tentang Sejarah Kota Semarang Di 7 Spot Berikut Ini!


Museum Satwa

Selain satwa hidup, Semarang Zoo juga menyimpan kolesi satwa yang telah diawetkan di Museum Satwa. Ada sekitar 30 hewan yang berasal dari hewan di kebun binatang yang mati dengan cara alami, seperti sakit atau sudah tua. Beberapa di antaranya adalah harimau, macan tutul, Komodo, elang, rusa, lutung hingga orang utan. Hewan-hewan tersebut menempati display khusus dengan latar belakang berupa alam sehingga tampak seperti di habitat aslinya.

Animal Show

via semarangzooofficial.com

Pada April 2022 lalu, Semarang Zoo memperkenalkan wahana terbarunya yang bertajuk Animal Show. Sesuai dengan namanya, Animal Show menampilkan atraksi satwa kebun binatang yang menghibur sekaligus mengedukasi.

Pertunjukan biasanya berlangsung selama 30 menit dengan melibatkan sejumlah hewan, seperti gajah, burung rangkong, kakatua bengkok, burung pemangsa dan pet animal show. Selain menyaksikan pertunjukan itu, kamu juga berkesempatan untuk berinteraksi dan berfoto dengan mereka.

Animal Show ini berlangsung setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional pukul 10.30, 13.00, dan 14.45. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp25.000.

Zoo Adventure

via semarangzooofficial.com

Semarang Zoo menyediakan wahana seru yang masih terbilang baru, yaitu Zoo Adventure. Wahana satu ini akan membawa kamu berpetualangan menjelajahi alam serta melintasi sungai dan hutan jati dengan menggunakan mobil Jeep.

Di tengah perjalanan, kamu akan melewati Sendang Kaliancar sambil berwisata keraifan lokal. Untuk kegiatan satu ini, kamu perlu membayar Rp250.000 per orang. Harga tersebut biasanya sudah termasuk tiket masuk dan wahana-wahana lain di Semarang Zoo serta makanan di tempat tujuan.


Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Pantai Marina Semarang. Makin Tertarik?


Wahana Seru dan Mengasyikkan

via ubahlaku.id

Setelah puas dengan melihat-lihat dan berinteraksi dengan para satwa, saatnya kamu memanjakan diri dengan wahana seru dan mengasyikkan yang tersedia semarang Zoo. Ada banyak wahana yang bisa dicoba, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Salah satunya adalah perahu naga yang akan membawa kamu berkelilingi di Danau Semarang Zoo. Untuk menaiki perahu naga ini, siapkan saja uang sebesar Rp 10.000,00 per orang.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wahana lain, seperti:

  • Palyplay Zoo (Rp10.000)
  • Waterboom (Rp10.000)
  • ATV (Rp30.000 per unit)
  • Becak air (Rp15.000)

Informasi Tiket dan Jam Operasional

@hawispov/Instagram

  • Senin-Jumat: Rp20.000 (08.00-15.00)
  • Sabtu-Minggu: Rp25.000 (08.00-16.00)
  • Hari libur nasional: Rp30.000 (08.00-16.00)
  • Parkir kendaraan: Rp3.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil)

Tiket berlaku bagi orang dewasa serta anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm. Setiap satu pembelian tiket sudah termasuk satu tiket gratis untuk bermain di wahana Playplay Zoo.

Selain wahana permainan seru, Semarang Zoo juga menyediakan fasilitas umum yang sudah memadai. Fasilitas yang tersedia meliputi musala, area parkir luas, warung makanan dan minuman, toilet, tempat duduk, gazebo serta pusat informasi, peta lokasi dan loket masuk.

Akses menuju kebun binatang ini terbilang mudah, baik dengan kendaraan pribadi ataupun umum. Jika kamu datang dari pusat Kota Semarang, kamu membutuhkan kurang dari satu jam untuk sampai di Semarang Zoo. Cukup ambil rute menuju Jalan Raya Pantura dan masuk ke Tol Semarang-Batang lalu menuju Jalan Taman Margasatwa. Tetaplah di jalur tersebut hingga kamu menjumpai lokasi Semarang Zoo. Jika menggunakan angkutan umum, kamu bisa memanfaatkan bus Trans Semarang.

Hotel Strategis, Ya Bobobox!

bobobox hotel kota lama semarang

Berencana berlibur ke Semarang tapi bingung dengan pilihan akomodasinya? Ke Bobobox saja! Berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No. 7, Bobobox Kota Lama ini strategis banget.

Berjarak sekitar lima menit dari Stasiun Tawang, Bobobox cocok banget buat kamu yang menggunakan moda transportasi kereta. Sesampainya di stasiun, kamu hanya tinggal berjalan kaki lalu langsung rebahan deh kasur pod Bobobox yang luas dan super comfy. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles