snorkeling pulau harapan

Sedang Liburan di Kepulauan Seribu? Jangan Lupa Snorkeling di Pulau Harapan!

Kepulauan Seribu kerap menjadi alternatif bagi warga Jakarta yang ingin berwisata alam tanpa perlu jauh-jauh ke luar kota.

Dengan jumlah pulau yang mencapai 110, tentunya ada banyak pilihan tujuan serta kegiatan menarik untuk menyegarkan pikiran di kawasan pulau seribu. Terdapat banyak pulau di kepulauan seribu yang bisa kamu kunjungi, seperti Pulau Kayu Angin, Pulau Bira, Pulau Perak, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi.

Kawasan kepulauan seribu, Jakarta sendiri selalu memikat wisatawan untuk hadir menikmati keindahan alam, atau untuk sekedar bersantai menikmati pantainya yang indah. Selain itu, Kepulauan Seribu juga cukup mudah diakses, Kamu bisa memulai perjalanan wisata dari Kali Adem, Muara Angke, Jakarta dengan menggunakan speed boat.

Salah satu pulau yang cukup populer Pulau Harapan, Pulau Harapan adalah pulau yang dikenal dengan keindahan bawah lauttnya. Tidak heran jika pulau ini sering dijadikan spot favorit untuk melakukan snorkeling.

Tertarik menjajal kegiatan ini? Yuk, simak dulu sekilas tentang Pulau Harapan serta daya tarik snorkeling di pulau tersebut!

Sekilas Mengenai Pulau Harapan

Sekilas Mengenai Pulau Harapan

Sumber: Sekilas Mengenai Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan spot wisata bahari yang berjarak sekitar 70 km dari Kota Jakarta. Secara administratif, Harapan termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pulau ini termasuk pulau berpenghuni yang bisa kamu capai dalam waktu 3–4 jam dari Muara Angke menggunakan kapal feri kayu. Jika ingin lebih cepat, yaitu sekitar 1–2 jam, kamu bisa berangkat dari Marina Ancol menggunakan speedboat.

Kamu tidak akan dikenai tiket masuk untuk memasuki pulau. Namun, kamu tetap perlu menyiapkan uang untuk tiket kapal serta kebutuhan liburan lainnya selama trip.

Pulau ini buka 24 jam, tapi kamu tidak bisa datang sembarangan sebab kedatanganmu harus disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, untuk Kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Harapan sebaiknya memeriksa jadwal keberangkatan Kapal terlebih dahulu, atau jika kamu ingin melakukan wisata yang lebih praktis, seringkali terdapat banyak penyedia jasa paket wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu yang sudah include itenerary keberangkatan hingga rangkaian kegiatan di Pulau Harapan. Kamu tidak perlu takut, karena harga paket yang disediakan pun menyesuaikan dengan kegiatan yang kamu pilih.

Sesampainya di Pulau Harapan, segudang kegiatan menarik telah menantimu. Di antaranya adalah:

Kegiatan di Pulau Harapan

Kegiatan di Pulau Harapan

Sumber: tiket.com

  • bermain di pasir putih sambil menikmati keindahan laut yang biru jernih
  • menikmati seafood pulau Harapan sebagai makan siang atau makan malam.

  • island hopping atau jelajah pulau menuju Pulau Bulat, Gosong, Perak, Bira, Kelapa Dua, dan pulau-pulau kecil lainnya yang masuk dalam Kelurahan Pulau Harapan
  • berenang
  • snorkeling dan scuba diving untuk menyaksikan surga bawah laut Pulau Harapan
  • berkemah
  • berkunjung ke Pulau Kelapa yang lokasinya berbatasan dengan Harapan dan dihubungkan jalan beton serta paving block (bisa naik motor atau sepeda)
  • mengunjungi penangkaran penyu sisik dan tempat budidaya mangrove
  • melihat budidaya ikan laut dan tangkap
  • menyaksikan sunset dan sunrise
  • berkunjung ke Pulau Gosong
  • mengadakan acara atau kegiatan yang kamu inginkan

Sebagai kawasan wisata, Pulau Harapan tentu tidak hanya menyuguhkan aneka kegiatan menarik. Pulau ini juga menyediakan beragam fasilitas agar liburanmu nyaman dan aman. Fasilitasnya sendiri terbilang cukup memadai:

Fasilitas di Pulau Harapan

Fasilitas di Pulau Harapan

Sumber: Tripadvisor.com

  • penginapan berupa homestay dan resor
  • Penyewaan pelampung, alat snorkeling, alat scuba diving, perahu motor, dan perahu tradisional
  • dermaga
  • watersports (seperti banana boat, donut boat, kano, kayak, dan lainnya)
  • pedagang kaki lima yang menjual makanan (terutama olahan seafood) dan minuman
  • toilet umum/kamar mandi umum
  • tempat ibadah
  • taman
  • kantor polisi
  • fasilitas kesehatan

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba

Daya Tarik Snorkeling Pulau Harapan

Daya Tarik Snorkeling Pulau Harapan

Sumber: ancol-pulauseribu.com

Pulau Harapan merupakan salah satu jajaran pulau di Kepulauan Seribu dengan surga bawah laut yang mengagumkan. Karenanya, jangan heran jika snorkeling di Pulau Harapan menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan. 

Pulau Harapan dan pulau-pulau lain di Kelurahan Pulau Harapan memang terkenal dengan airnya yang biru jernih. Kamu dapat melihat dengan jelas ribuan ikan warna-warni yang berseliweran di antara terumbu karang.

Kualitas super HD ini akan membuatmu seolah berada di akuarium raksasa. Kamu bahkan bisa mengintip keindahan ini dari atas perahu tanpa perlu menceburkan diri ke laut. Pasalnya, dibandingkan pulau-pulau Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Harapan terletak cukup jauh dari kawasan Jakarta yang identik dengan polusi limbahnya.

Selain pemandangan bawah lautnya yang indah, daya tarik lain dari snorkeling di Pulau Harapan adalah pilihan lokasinya. Ada banyak pilihan spot snorkeling untuk dikunjungi, seperti spot Pulau Macan Gundul, Putri, Bira Besar, Sepa, Genteng Kecil, dan Kayu Angin Genteng. 

Rasa lelahmu dijamin hilang saat perahu membawamu mendekati pemandangan laut eksotis dengan latar belakang pulau-pulau hijau yang menyegarkan mata ini. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat penampakan hewan lainnya, seperti biawak, burung gagak, dan burung elang.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Pulau di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

Tips Snorkeling Pulau Harapan

Tips Snorkeling Pulau Harapan

Sumber: pulauseributraveling.com

Meski terlihat mudah, menjajal snorkeling sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah tip snorkeling di Pulau Harapan agar kegiatan berjalan lancar dan aman.

1. Periksa Peralatan

1. Periksa Peralatan

Sumber: Bobobox

Snorkeling merupakan kegiatan menikmati pemandangan bawah laut dari permukaan dengan alat bantu pernapasan bernama snorkel. Alat ini biasanya berupa corong untuk membantumu bernapas lewat mulut.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan masker atau kacamata, pelindung hidung, dan jaket pelampung. Kamu juga bisa mengenakan kaki katak untuk memudahkan berenang dan mencegah kontak dengan hewan berbahaya, tapi pemandu biasanya tidak akan menyarankan hal ini jika kamu belum terbiasa.  

Sebelum kamu mengenakan peralatan-peralatan tersebut, periksa semua alat terlebih dahulu. Pastikan alat yang kamu gunakan bersih, dalam kondisi baik, dan ukurannya pas—terutama masker, agar air tidak masuk. Jika ingin menggunakan kaki katak, pastikan sudah sesuai dengan kaki kamu agar tidak mudah lepas saat berenang.  

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Gunakan Masker dengan Benar

Selain memilih ukuran yang pas, kamu juga perlu memakai masker dengan tepat. Pasanglah masker dengan menekannya hingga rapat. Namun, pastikan tidak ada rambut maupun benda lainnya yang terselip di antara kulit dan karet masker.

Selain itu, pasangkan talinya dengan pas, tapi jangan terlalu longgar ataupun kencang. Agar tidak ada embun, kamu bisa mengoleskan sedikit sabun bayi atau pasta gigi pada masker.

3. Biasakan Bernapas dengan Snorkel

Sebelum menceburkan diri ke air, kamu sebaiknya berlatih menggunakan snorkel dahulu agar terbiasa bernapas lewat mulut. Cobalah dengan menarik dan mengembuskan napas secara perlahan dan teratur lewat mulut. 

4. Nyamankan Diri di Dalam Air

 Agar pengalaman snorkeling di Pulau Harapan berjalan menyenangkan, cobalah untuk menyamankan diri saat tubuh menyentuh air.

Posisikan tubuh untuk telungkup dan menghadap ke bawah dengan posisi kaki sedikit lebar supaya kamu bisa mengapung di atas air. Selanjutnya, cobalah bernapas dengan mulut lalu ayunkan kaki seperti gerakan kaki gaya renang bebas.

Kamu bisa membayangkan diri seolah menyatu dengan lautan sehingga kamu bisa lebih rileks dan menikmati keindahan di bawahnya.

5. Perhatikan Sekitar

5. Perhatikan Sekitar

Sumber: hawaiioceanrafting.com

Saat snorkeling di Pulau Harapan, kamu juga perlu memperhatikan keadaan sekitar. Perhatikan arus gelombang air yang deras karena hantamannya bisa memisahkanmu dari rombongan. 

Selain itu, perhatikan juga tempat kamu berpijak. Jangan sampai tubuh berbenturan, menginjak, dan bersentuhan dengan karang, bulu babi, ubur-ubur, hingga landak laut.

Baca Juga: 7 Daftar Alat Snorkeling yang Wajib Disiapkan Pemula

6. Jangan Panik

Panik adalah hal yang wajar jika kamu baru pertama kali snorkeling. Namun, sebisa mungkin kendalikan rasa panikmu sebab hal ini akan membuatmu kesulitan mengapung dan bernapas dengan snorkel.

Rasa panik juga bisa menguras energi sebab kamu cenderung akan banyak bergerak. Akibatnya, kamu lelah dan tidak bersemangat dan akhirnya enggan melanjutkan snorkeling.

7. Keluarkan Air dari Masker

Jika masker kemasukan air, sebaiknya tetap bersikap tenang lalu lakukanlah teknik clearing. Kamu tidak perlu melepas maskermu. Sebagai gantinya, tarik napas panjang lewat mulut dan embuskan dengan kuat lewat hidung untuk mendorong air di dalam masker keluar.

Jika air masuk ke dalam saluran snorkel, kamu perlu mengembuskan napas kuat-kuat lewat mulut agar air bisa keluar melalui filter snorkel yang ada di depan mulut. Jika masih bingung, kamu bisa meminta bantuan pada teman atau pemandu.  

8. Jangan Memisahkan Diri

Meski bisa dilakukan sendirian, snorkeling sebaiknya dilakukan secara berkelompok dan ditemani pemandu berpengalaman yang hafal kondisi sekitar.

Keberadaan teman snorkeling akan sangat membantu saat kamu kesulitan atau mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan begitu, mereka bisa member itahu orang lain atau mencari bantuan saat ada bahaya.

9. Ikuti Instruksi Pemandu

Saat snorkeling, pastikan kamu mematuhi aturan dan instruksi dari pemandu. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki, mereka tentu lebih tahu keadaan dan risiko yang dihadapi.

10. Jangan Merusak

Selain menjaga keselamatan diri, jangan lupa juga untuk menjaga keindahan bawah laut saat snorkeling di Pulau Harapan. Hindari hal-hal yang bisa merusak terumbu karang serta biota laut lainnya. Jangan menyentuh atau menginjak terumbu karang, meninggalkan sampah, dan memberi makan ikan.

Bobopod: Tempat Singgah Nyaman di Tengah Keramaian

bobobox

Jangan lupa istirahatkan tubuh di penginapan yang nyaman setelah menjajal snorkeling di Pulau Harapan. Pilihan akomodasinya tentu sangat beraneka ragam. Namun, jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan pada Bobopod.

Hotel kapsul satu ini hadir sebagai tempat singgah dari segala kemacetan, keramaian, dan rasa lelah yang melanda di jalanan Kota Jakarta. Tinggal pilih saja lokasi mana yang kamu mau, mulai dari Bobopod Kebayoran, Pancoran, Tanah Abang, Juanda, Kota Tua, hingga ITC Kuningan.

Mana pun pilihanmu, yuk pesan pod yang kamu mau lewat aplikasi Bobobox!

Penulis artikel: Aidah Musyarofah

Foto header: @analiaferrairo via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles