kumpulan pemicu serangan jantung

Hindari Berbagai Kebiasaan Pemicu Serangan Jantung Berikut Ini Agar Kamu Jauh dari Potensi Penyakit Jantung

Bobobox.co.id — Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Hal ini karena banyak pemicu serangan jantung yang jarang disadari dilakukan oleh banyak orang di kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah laporan, diperkirakan dalam setiap 36 detik, setidaknya ada satu orang meninggal akibat penyakit jantung. Salah satu yang mampu membahayakan nyawa adalah serangan jantung dadakan.

Kondisi tersebut terjadi saat otot jantung tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Akibat dari kejadian ini adalah jantung yang tidak mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa melihat gaya hidupmu sehari-hari. Pasalnya, gaya hidup berperan penting dalam meningkatnya risiko serangan jantung apalagi jika ada kebiasaan buruk.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut adalah kebiasaan yang bisa menjadi pemicu serangan jantung. Bob sangat menyarankan untuk mengetahui berbagai pemicu ini sebelum terlambat!

Pemicu Serangan Jantung yang Jarang Disadari

1. Merokok

Pemicu serangan jantung pertama adalah sering kali merokok. Meski kebiasaan ini sudah diketahui oleh banyak orang, masih banyak orang yang melakukan dan menjadikan kebiasaan tersebut setiap hari.

Terlalu sering merokok sendiri dapat menimbulkan dampak buruk pada paru-paru. Tak hanya itu, pemicu serangan jantung ini juga menimbulkan gangguan bagi pembuluh darah arteri yang ada di jantung.

Di samping itu, merokok bisa merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan buruk ini pun membuat tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen ke dalam darah.

Ketiga risiko ini sendiri dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mulai menghentikan kebiasaan buruk tersebut demi jantung yang lebih sehat.

pemicu serangan jantung merokok

sumber: pexels.com/@vladyslav-dukhin

2. Kurang Aktivitas Fisik

Pemicu serangan jantung berikutnya adalah kurang aktivitas fisik. Seperti yang kamu ketahui, aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara jalan, lari, jogging, dan masih banyak lainnya.

Hal ini wajib dilakukan secara rutin untuk membantu mengatur aliran darah dan detak jantung. Jika tidak dilakukan dan terlalu sering duduk, maka detak jantungmu justru akan cenderung melambat.

Ini yang membuat risiko serangan jantung meningkatkat. Apalagi, ditambah dengan gaya hidup tak sehat yang membuat kamu bisa mengalami penambahan berat badan dan kolestrol tinggi.

Untuk itu, mulailah rutin melakukan olahraga selama 30 menit sehari. Jika memungkinkan, coba gerakan tubuhmu selama 5 menit setiap jam untuk menjaga arterimu fleksibel dan darah mengalir.

pria sedang duduk di kantor

sumber: pexels.com/@olly


Baca Juga: Ayo Jaga Kesehatan Jantung Secara Efektif Dengan 7 Tips Berikut!


3. Berat Badan Berlebih

Orang yang mempunyai berat badan berlebih, khususnya lemak di bagian perut memiliki risiko terkena serangan jantung. Ada alasan medis di balik salah satu pemicu serangan jantung tersebut.

Lemak pada orang obesitas akan menyumbat saluran pencernaan serta menghambat proses aliran darah yang menuju jantung. Inilah yang menjadikan risiko serangan jantung semakin tinggi.

Untuk itu, ada baiknya jika mulau kurangi berat badanmu dari sekarang. Pasalnya, tidak hanya jantung saja yang bakal mendapatkan manfaat dibalik proses pengurangan berat badan.

Sistem pencernaan tubuh pun dapat berjalan lancar jika kamu bisa mengurangi berat badan sedikit demi sedikit. Jadi, tidak perlu alasan lain untuk memulai program diet yang harus kamu lakukan.

pemicu serangan jantung berat badan berlebih

sumber: pexels.com/@ketut-subiyanto

4. Kurang Tidur

Sama seperti seluruh tubuh, jantung memerlukan waktu untuk beristirhaat. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, detak jantung dan tekanan darah akan menurun saat kamu beristirahat.

Oleh karena itu, kurang tidur termasuk salah pemicu serangan jantung yang jarang diketahui. Kurangnya waktu tidur berarti mengurangi juga waktu jantung untuk memiliki istirahat yang mumpuni.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan orang yang biasa tidur kurang dari 6 jam memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar untuk alami serangan jantung dibanding yang tidur 6-8 jam.

Untuk itu, tak ada salahnya mulai membiasakan tidur cukup. Tak hanya berpengaruh terhadap jantung, kurang tidur juga bisa membuat kamu lebih cepat lelah dan mudah marah, lo!

wanita kurang tidur

sumber: pexels.com/@olly


Baca Juga: Mulai Pola Makan Sehat Dengan Tips Makan Sehat Untuk Jantung Ini!


5. Konsumsi Alkohol Berlebih

Mengonsumsi dalam jumlah terbatas, minuman alkohol mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Namun, berbeda halnya ketika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

Hal tersebut justru mampu meningkatkan tekanan darah. Tak hanya itu, kebiasaan buruk berupa mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menambah jumlah lemak dalam darah.

Ini bisa menjadi salah satu pemicu penambahan berat badan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika tidak menanggulangi kebiasaan buruk ini, tubuhmu akan rentan terkena serangan jantung.

Untuk itu, mulai hindari pemicu serangan jantung ini, ya. Sangat disarankan tak hanya mengurangi konsumsi alkohol, sebaiknya hindari sepenuhnya minuman alkohol di kehidupan sehari-hari.

pemicu serangan jantung minum alkohol

sumber: pexels.com/@energepic-com-27411

6. Stres Sepanjang Hari

Pemicu serangan jantung lain yang jarang disadari adalah stres berkepanjang sepanjang hari. Jika kamu terlalu sering mengalaminya, maka hal buruk bisa saja menghantuimu.

Pasalnya, stres bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit serius lainnya.

Untuk menanggulaginya, kamu bisa mulai melakukan berbagai aktivitas yang mampu menurunkan stres. Beberapa di antaranya adalah yoga atau hobi yang memang jarang kamu lakukan.

Dengan begitu, otak akan memprosesnya dan mengeluarkan hormon bahagia. Terlepasnya hormon bahagia mampu membuat suasana hatimu jadi lebih baik dan kamu pun jadi lebih ceria.

pemicu serangan jantung stres

sumber: pexels.com/@olly


Baca Juga: Yuk Pelajari Apa Itu CPR, Pertolongan Pertama Untuk Korban Tenggelam Atau Serangan Jantung Ini


7. Jarang Flossing Gigi

Pemicu serangan jantung terakhir adalah jarang flossing gigi. Saat membacanya, kamu mungkin penasaran mengapa metode membersihkan mulut dan gigi begitu penting bagi kesehatan jantung.

Nah, banyak yang tidak menyadari jika kesehatan mulut memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Ini berarti menjaga kebersihan gigi dan mulut berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Jarang membersihkan gigi khususnya bagian gusi dengan benar ini yang jadi penyebab meningkatnya serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan buruk itu bisa memperburuk kondisi jantung.

Dari sekian banyak cara membersihkan gigi, flossing adalah langkah yang kerap dilewatkan banyak orang. Setelah mengetahuinya, lakukan setidaknya dua kali dalam sehari, ya!

pemicu serangan jantung tidak flossing gigi

sumber: pexels.com/@sora-shimazaki

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Kamu kesulitan mencari penginapan nyaman yang pas di dompet? Kamu tidak usah khawatir, karena ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau untuk kamu yang sedang liburan bujet.

Harga inap yang murah tidak membuat fasilitas yang ditawarkan pun murahan. Malahan, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas keren yang sudah disediakan oleh pihak Bobobox di setiap podnya.

Untuk informasi lebih lanjut soal pemesanan, unduh aplikasi Bobobox untuk iOS dan Android terlebih dahulu di sini.

Bob tunggu kehadiranmu di cabang Bobobox terdekat di kotamu, ya!

bobobox indonesia hotel kapsul

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles