holiday hangover

Habis Libur Terbitlah Holiday Hangover, Ini Tips Mengatasinya

Di musim liburan ini, kamu sudah ngapain aja? Pulang kampung? Berlibur bersama teman-teman? Atau me time dengan berbelanja, makan makanan enak, dan maraton serial favorit? Memang asyik, tapi sayangnya, ketika musim liburan akan berakhir, tidak jarang kamu malah jadi cemas dan takut menghadapi rutinitas kembali. Hal ini disebut dengan holiday hangover.

Holiday hangover adalah hal yang wajar, tapi kondisi ini juga dapat menghambat rutinitasmu saat kembali bekerja. Perasaan cemas dan kewalahan akan melanda, membuatmu tidak siap menghadapi rutinitas seperti sebelum musim liburan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi holiday hangover? Berikut Bob berikan ulasannya.


Baca Juga: Habis Liburan Justru Sedih? Mungkin Kamu Punya Post Holiday Syndrome!


Tips Mengatasi Holiday Hangover

Tenangkan Diri

Sumber: Andrea Piacquadio via pexels.com

Ketika dilanda holiday hangover, hadapi rasa cemasmu dengan menenangkan diri. Misalnya, kamu menenangkan diri dengan bersih-bersih rumah. Rumah yang bersih dapat membuatmu lebih rileks. (Tapi jika beres-beres rumah malah tambah membuat stres, jangan lakukan ini.) 

Kamu bisa mencoba cara lain. Jika tidak ada kegiatan mendesak, cobalah untuk tidur. Atau, habiskan waktu bersama keluarga dan teman, juga hewan peliharaan kesayanganmu.

Intinya, nikmati hidupmu barang sejenak! Dengan cara ini, kamu akan lebih siap menghadapi rutinitas kembali nantinya.

Buat To-Do List

Saat kembali bekerja nantinya, mungkin kamu akan menghadapi segudang pekerjaan yang menumpuk. Melihat kotak pesan email saja mungkin bisa membuatmu panik.

Untuk menghindari kepanikan ini, kamu bisa membuat to-do list atau rencana kerja. Mulai dari memisahkan email mana yang lebih penting dan yang tidak begitu mendesak.

Kemudian, sortir juga pekerjaanmu berdasarkan prioritas. Urutkan dari yang paling penting dan harus segera diselesaikan, ke pekerjaan yang bisa menunggu.

Dengan begini, kamu bisa mengurangi rasa panik dan kewalahan. Kamu bisa merasa lebih tenang dan fokus lalu mulai menyelesaikan pekerjaanmu satu-persatu. Semangat!

Makan Enak dan Sehat

Setelah kembali menjalani rutinitas, mungkin saja kamu masih akan dilanda holiday hangover. Untuk mengatasinya, makanlah makanan favoritmu.

Dengan makan yang enak-enak, apalagi comfort food favoritmu, kamu bisa merasa lebih nyaman dan bersemangat dalam menjalani rutinitas.

Tapi jangan lupa ya, selain enak, makanan yang kamu makan juga harus sehat. Karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat!

Melansir kompas.com, Caitlin Reid—penulis buku Health and the City—juga mengatakan, banyak penelitian membuktikan adanya hubungan antara makanan dan proses kimia dalam otak. Penelitian itu menjelaskan bahwa makanan sehat membuat perasaan seseorang jadi lebih nyaman saat beraktivitas.


Baca Juga: Sering Mual Ketika Minum Susu? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Lactose Intolerant!


Olahraga

Source: William Choquette via pexels.com

Berolahraga tidak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga memacu produksi hormon endorfin yang meningkatkan perasaan senang. Dengan begini, kamu akan lebih semangat menjalani rutinitas.

The National Physical Activity Guidelines for Australians merekomendasikan untuk berolahraga minimal 30 menit beberapa kali dalam seminggu di pagi hari. Para ahli juga mengatakan bahwa berolahraga di malam hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Perasaan cemas dari holiday hangover mungkin akan membuatmu sulit tidur. Olahraga di malam hari dapat membantu mengatasi hal ini. Kualitas tidur yang baik juga akan membantumu agar siap menjalani hari yang panjang.


 

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat, Berikut 7 Tips Gym untuk Pemula!


Bergaul dengan Teman dan Rekan Kerja

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Salah satu hal yang menyenangkan saat kembali beraktivitas adalah bertemu dengan rekan kerja.

Sempatkan bergaul dengan rekan kerja, sekadar bertegur sapa, bercerita seputar momen liburan kemarin, atau makan siang bersama.

Berbincang dan bercanda dengan rekan kerja dapat membuat suasana di tempat kerja jadi lebih santai dan menyenangkan. Hal ini akan membuat semangat kerja kamu meningkat.

Selain rekan kerja, berbincang dengan teman dan sahabat juga punya efek yang sama. Kamu juga bisa bercerita ke temanmu tentang holiday hangover yang sedang kamu alami. Mungkin mereka dapat membuatmu merasa lebih baik.

Rencanakan Liburan Berikutnya

Selain tips-tips di atas tadi, kamu juga bisa mulai merencanakan liburanmu yang berikutnya. Anggap liburan berikutnya sebagai hadiah untuk diri sendiri karena sudah berhasil melewati rutinitas yang berat.

Dengan merencanakan liburan, kamu bisa lebih semangat bekerja dan menjalani rutinitas karena sudah terbayang-bayang momen menyenangkan yang akan kamu lakukan di liburan berikutnya.

Yuk, cobain tips menghadapi holiday hangover yang sudah Bob uraikan di atas. Jangan menyerah, ya!


Butuh Short Escape? Yuk, Menginap di Bobocabin!

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan dan rasa stres dari rutinitas, kualitas tidur bisa terus menurun. Yuk, hilangkan rasa penat dengan healing sejenak di tengah keasrian alam yang indah. Nikmati pemandangan ciamik dengan konsep futuristik Internet of Things di Bobocabin!

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk pegunungan saat keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang? Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles