Ternyata Ada dari Tiongkok, Ini Dia 10 Masjid Tertua di Dunia

Ternyata Ada dari Tiongkok, Ini Dia 13 Masjid Tertua di Dunia

Masjid adalah tempat beribadah bagi para umat Muslim di dunia yang dianggap sebagai tempat suci.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah bangunan masjid, mulai dari sejarah, budaya, gaya arsitektur, hingga umur bangunannya.

Beberapa masjid dikenal memiliki sejarah yang kaya dan masuk ke dalam daftar masjid tertua di dunia.

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa sajakah daftar masjid tertua di dunia? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

Daftar Masjid Tertua di Dunia

Berikut adalah daftar masjid tertua di dunia yang memberikan pandangan mendalam mengenai warisan agama serta budaya dari masa lampau.

Baca Juga: Mengenal Deretan Masjid Tertua di Jakarta

1. Masjid Al-Haram

Masjidil Haram Makkah

Sumber: Rayhan howladar via Google Maps

Tak ada yang menyaingi kemegahan masjid pertama dan tertua di dunia yang satu ini.

Masjid Al-Haram merupakan tempat Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail, biasa berdoa. Kini, Masjid Al-Haram merupakan tujuan utama bagi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Di sekitar kawasan Masjid Al-Haram, kamu bisa menjumpai Ka’bah yang merupakan pusat arah kiblat bagi seluruh umat Muslim di dunia.

2. Masjid An-Nabawi

Masjid An-Nabawi

Sumber: Ahmed Balhareth via Google Maps

Masjid yang ramai dikunjungi jemaah haji dan umrah selanjutnya adalah Masjid Nabawi. Salah satu masjid tertua di dunia ini berlokasi di Madinah, Arab Saudi.

Catatan sejarah Islam mengatakan bahwa Masjid Nabawi dibangun tepat setelah Nabi Muhammad melakukan hijrah ke Kota Madinah dari Kota Mekah. 

Usia masjid ini dketahui hampir mencapai 1.400 tahun dan merupakan yang kedua terbesar di dunia.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

Sumber: Kabar24

Siapa sih, yang tak mengenal salah satu masjid paling populer di dunia ini? Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu situs penting dan suci bagi umat Islam di dunia.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia yang tercatat dibangun pada tahun 705 M.

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari menyampaikan bahwa berdoa di masjid ini sama dengan menunaikan 1000 doa.

Masjid Al-Aqsha juga merupakan salah satu bukti sejarah tempat Nabi Muhammad berdoa pada malam Isra Mi’raj.

Baca Juga: Mengunjungi 9 Masjid Termegah di Dunia, dari Spanyol hingga Timur Tengah

4. Masjid Agung Sana’a

Masjid Agung Sana’a

Sumber: Abdulkareem Saeed via Google Maps

Masjid Agung Sana’a atau yang dikenal juga sebagai Al-Jami al-Kabīr bi-Ṣanʿāʾmerupakan salah satu masjid yang masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Salah satu masjid tertua di dunia ini terletak di Sana’a, Yaman, dan dibangun pada abad ke-7 hingga ke-8.

Masjid Agung Sana’a sempat mengalami renovasi secara besar-besaran oleh Ratu Arwa Ibn Ahmed pada tahun 1130 M.

Bagi kamu yang sedang berpelesir di Yaman, kamu bisa menjumpai masjid ini tak jauh dari situs Istana Ghumdan.

5. Masjid Tertua di Dunia, Masjid Uqba

Masjid Uqba Tunisia

Sumber: Joanna Dąbrowska via Google Maps

Masjid Uqbaatau yang dikenal juga sebagai Masjid Agung Kairouan merupakan salah satu masjid tertua di dunia yang terletak di kota Kairouan, Tunisia. 

Fakta menariknya, Kota Kairouan merupakan salah satu kota Warisan Dunia UNESCO. Menurut catatan sejarah, Masjid Uqba dibangun oleh Jenderal Arab Uqba Ibn Nafi pada tahun 670 M.

6. Masjid Umayyad Suriah

Masjid Umayyad Suriah

Sumber: Ihram – Republika

Beralih ke Damaskus, Suriah, kamu juga bisa menemukan salah satu masjid tertua di dunia yang bernama Masjid Umayyad Suriah.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Damaskus ini dibangun pada tahun 634 M, dan menjadi salah satu masjid kebangaan masayarakat Suriah.

7. Masjid Quba

Masjid Quba

Sumber: Adnan Ahmed via Google Maps

Selanjutnya ada Masjid Quba, yang merupakan salah satu masjid tertua di dunia karena dibangun pada tahun 622 setelah Nabi Muhammad berhijrah ke Madinah dari Makkah.

Konon, peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid ini diletakan oleh Nabi Muhammad, lho!

8. Masjid Jumma Lama Kilakarai

Masjid Jumma Lama Kilakarai

Sumber: Mast Qalandar Youtuber via Google Maps

Masjid tertua di dunia berikutnya adalah Masjid Jumma Lama Kilakarai yang berlokasi di Kilakarai, India.

Masjid Jumma Lama Kilakarai dibangun pada tahun 628 M dan mengalami rekonstruksi ulang pada abad ke-11. Tepatnya, masjid ini dibangun pada masa dinasti Pandya oleh para pedagang asal Yaman.

Para pedagang asal Yaman tersebut mendatangi India atas perintah Kaisar Yaman usai menerima ajaran Islam pada masa Nabi.

Hingga saat ini, masjid ini menjadi salah satu bukti sejarah penyebaran ajaran Islam melalui jalur laut, yang berlangsung pada masa kejayaannya dahulu. 

9. Masjid Agung Kufah

Masjid Agung Kufah

Sumber: Ahlulbait Indonesia

Selanjutnya ada Masjid Agung Kufah yang berlokasi di Irak. Masjid ini masuk ke dalam salah satu masjid tertua di dunia karena dibangun pada tahun 670 M. 

Masjid ini merupakan masjid kebanggaan yang sangat dihormati oleh para penganut Syiah.

10. Masjid Al-Nejashi, Ethiopia 

Masjid Al-Nejashi, yang terletak di Ethiopia dibangun pada tahun 613 oleh orang Islam pertama kali datang ke Ethiopia pada masa pemerintahan Nabi Muhammad SAW. Masyarakat setempat meyakini bahwa masjid ini merupakan bukti awal penyebaran Islam di wilayah tersebut.

Kompleks sekitar Masjid Al-Nejashi juga menyimpan makam 15 sahabat Nabi yang diyakini oleh masyarakat sebagai tempat peristirahatan terakhir mereka. Kelima belas sahabat ini melarikan diri dari Mekah dan mencari perlindungan di Ethiopia setelah mendapatkan jaminan keamanan dari Kerajaan Aksum. Dengan demikian, Masjid Al-Nejashi tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi situs sejarah yang menggambarkan hubungan awal antara Ethiopia dan Islam

11. Al-Masy’ar Al-Haram

Al-Masy'ar Al-Haram

Sumber: Wikipedia

Mesjid beratap terbuka ini juga dikenal sebagai Monumen Suci yang terletak di Muzdalifah, dekat Mekah. Masjid ini tercatat sejarahnya dalam Al-Quran sehingga menjadikannya sebagai salah satu masjid tertua di dunia.

Mesjid ini juga menjadi salah satu destinasi penting bagi para jamaah haji selama perjalanan ibadah haji. Dalam rangka menunaikan ibadah haji, para peziarah setelah menjalani ritual di Ka’bah melanjutkan perjalanan ke Mina dan kemudian bergerak ke Masjid Al-Masy’ar Al-Haram untuk menunaikan sholat Maghrib dan Isya. Keesokan harinya, mereka melanjutkan perjalanan ke Mina dan kembali ke Muzdalifah untuk menunaikan sholat Subuh sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Mekah.

12. Masjid Para Sahabat

Masjid Para Sahabat, yang juga dikenal sebagai Masjid as-Sahabah, adalah sebuah masjid kecil yang terletak di kota Massawa, Eritrea, dan diakui sebagai masjid tertua di Afrika. Diperkirakan dibangun pada tahun 613, masjid ini memiliki sejarah yang kaya karena didirikan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW yang melarikan diri dari penganiayaan di Mekah. Saat ini, struktur masjid dianggap sebagai tugu peringatan yang menggambarkan sejarah awal Islam di wilayah tersebut.

Para sejarawan mengakui bahwa struktur masjid ini menampilkan elemen-elemen unik, termasuk mihrab dan menara, yang tidak lazim dalam arsitektur Islam pada awal abad ke-7. Keberadaan fitur-fitur ini menunjukkan karakteristik khusus yang membedakan Masjid Para Sahabat dari masjid-masjid Islam pada masa itu, membuatnya menjadi situs bersejarah yang memberikan pandangan unik tentang perkembangan awal Islam di Afrika.

13. Masjid Agung Xi’an

Masjid Agung Xi’an

Sumber: Ee Vonn via Google Maps

Masjid tertua di dunia yang terakhir berasal dari Negara Tirai Bambu, yaitu Tiongkok. Masjid tersebut bernama Masjid Agung Xi’an yang selesai  dibangun pada tahun 742 M. 

Jika masjid pada umumnya memiliki kubah atau menara, masjid satu ini tak memiliki keduanya dan justru mengusung gaya arsitektur pagoda khas Tiongkok. 

Meskipun memiliki gaya arsitektur khas pagoda, kamu dapat menemukan banyak kaligrafi bahasa Arab di area masjid.

Baca Juga: 7 Kemegahan Masjid Sheikh Zayed, Pengalaman Ibadah dan Wisata yang Mengagumkan

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Nginap Seru hanya di Bobobox

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan selama libur lebaran.

Kamu bisa lakukan kegiatan jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles