iStock-637875248-1024x684

Mengunjungi 9 Masjid Termegah di Dunia, dari Spanyol hingga Timur Tengah

Masjid  termegah di dunia ini merupakan beberapa pusat peradaban dalam sejarah Islam. Masjid dikenal sebagai jantung kota di beberapa tempat.

Berdasarkan catatan sejarah, masjid memiliki peranan penting karena menjadi tempat berlangsungnya berbagai aktivitas besar terjadi pada masa kejayaan Nabi Muhammad SAW.

Saat ini, banyak masjid dibangun dengan desain dan arsitektur yang megah. Masjid-masjid yang megah di seluruh dunia ini bahkan sudah ada sejak awal kejayaan islam. Berikut ini adalah beberapa masjid termegah di dunia diantaranya.

1. Masjid Al-Haram, Mekah, Arab Saudi

masjid termegah di dunia

Sumber: wallpaperflare

Masjid Al-Haram merupakan masjid yang paling terkenal seluruh dunia. Masjid Al-Haram adalah masjid idaman para umat muslim seluruh dunia untuk beribadah di sana. Tidak heran jika banyak umat muslim melakukan perjalanan umroh tiap tahunnya untuk melakukan ibadah di Masjid Al-Haram ini.

Jamaah Haji atau umroh mengakui bahwa sampai saat ini masih teringat dengan wangi dan suasana ibadah di depan kakbah. Masjid Al-Haram merupakan masjid terbesar di dunia dan mampu memanampung hingga 1,5 juta jamaah. Oleh karena itu, masjid Al-Haram menjadi salah satu masjid termegah di dunia.


Baca Juga: 7 Fakta Hotel Kapsul; Berangkat Haji Bisa Menginap di Hotel Kapsul!


2. Masjid Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

masjid termegah di dunia

Sumber: wallpaperflare

Umat muslim yang melaksanakan ibadah haji atau umroh tidak hanya menyambangi Masjid Al-Haram di Mekah, mereka juga menyambangi Masjid Nabawi di kota Madinah. Masjid Nabawi ini didirikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Halaman Masjid Nabawi terkenal dengan keindahannya, kamu bisa menikmati sejuknya Kota Madinah disana. Masjid Nabawi juga merupakan masjid terbesar kedua di dunia yang mampu menampung 1 juta jamaah.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Nabawi juga menjadi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat seperti Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

3. Masjid Hasan II, Maroko, Afrika Utara

masjid termegah di dunia

Sumber: wallpaperflare

Maroko juga memilik salah satu masjid termegah di dunia yang bernama Masjid Hassan II. Masjid Hassan II ini merupakan masjid terbesar di Maroko. Masjid ini berada di garis Pantai Atlantik di Kota Casablanca sejak tahun 1993.

Bangunan Masjid Hasan II mempunyai menara setinggi 210 meter dan menyinari sinar laser dengan garis lurus ke Kota Mekah.

Menara Masjid Hasan II merupakan menara tertinggi di dunia. Interior masjid ini dibuat dari marmer halus dan lantai kaca.

4. Masjid Pusat Seoul, Seoul, Korea Selatan

Sumber: halalzilla

Jangan kaget, Korea Selatan masuk dalam negara yang mempunyai salah satu masjid termegah di dunia. Seoul Central Mosque atau Masjid Pusat Seoul adalah masjid pertama yang didirikan di Korea Selatan.

Masjid ini berada di atas bukit di daerah Itaewon dan dibangun pada tahun 1976 berkat sumbangan dana dari berbagai macam negara muslim dan pemerintah Korea.


Baca Juga: Mulai Perjalanan Wisata Religimu di Masjid Terindah di Indonesia Berikut Ini


5. Masjid Tokyo Camii, Tokyo, Jepang

masjid termegah di dunia

Sumber: japantimes.co.jp

Masjid Tokyo Camii ini berada di distrik Oyama-cho Shibuya Kota Tokyo dan menjadi masjid terbesar di Jepang. Kemegahan masjid ini terlihat dari rancangan pintunya dengan desain geometris mirip arsitektur Islam.

Jika kamu masuk ke dalam masjid, kamu akan melihat karpet biru yang megah menutupi lantai dan paparan sinaran matahari masuk melalu kaca patri.

Pembuatan masjid ini menggunakan bahan dan perabotan yang di bawa dari Turki. Jadi saat kamu berada di dalam masjid kamu akan merasa seperti di Negara Turki.

Tokyo Camii berasal dari bahasa Turki yang merupakan serapan dari bahasa Arab jami, yang artinya masjid berjamaah.

6. Masjid Cologne Central, Cologne, Jerman

masjid termegah di dunia

Sumber: mosqpedia

Jerman mempunyai salah satu masjid termegah di dunia yaitu Masjid Colgne Central. Masjid Colgne Central ini adalah masjid terbesar di Jerman. Masjid ini juga cukup besar karena dapat menampung sekita 1200 jamaah untuk beribadah.

Arsitek masjid ini terinspirasi dari kuncup bunga yang merupakan simbol dari keterbukaan orang-orang berbeda keyakinan. Masjid ini juga mempunyai pertokoan dan fasilitas olahraga untuk seluruh kalangan.

7. Masjid Qolsharif, Kazan, Russia

masjid termegah di dunia

Sumber: trip.com

Kamu pasti akan terkejut kalau masjid ini pernah dinobatkan sebagai masjid terbesar di Eropa (tidak termasuk Turki). Kamu juga pasti akan terpukau saat melihat arsitektur masjid ini. Arsitektur masjid ini sekilas mirip kastil di film Disney.

Masjid ini pernah hancur saat invasi Tsar ke Kazan pada abad 16. Namun, negara-negara islam seperti Arab Saudi dan Uni Emirates Arab bersatu untuk kembali membangun masjid ini.

8. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki

masjid termegah di dunia

Sumber: havehalalwilltravel

Masjid Sultan Ahmed atau banyak dikenal dengan Masjid Biru terkenal karena memiliki kubah yang bertingkat dan dikelilingi oleh 6 menara. Kamu akan merasakan nuansa biru dalam interior masjid ini.

Kamu juga bisa ikut menghabiskan sore hari bersama para wisatawan dan warga Turki di halaman masjid ini sambil menunggu azan magrib berkumandang.

9. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

masjid termegah di dunia

Sumber: indonesia.travel

Fredercih Silaban adalah seorang arsitek dari Sumatra Utara yang merancang Masjid Istiqlal pada tahun 1954. Pembangunan masjid ini diawasi langsung oleh Presiden Soekarno, dan membutuhkan waktu pembangunan selama 17 tahun.

Kemegahan masjid ini terdengar sampai mancanegara, pada tanggal 9-10 November 2010, kala itu Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Presiden Barack Obama mengatakan bahwa beliau sangat terkesan dengan Masjid Istiqlal yang merupakan simbol toleransi.

Faktanya, Masjid Istiqlal ini bersebrangan dengan Gereja Katedral. Pada saat misa Natal, tempat parkir masjid Istiqlal digunakan untuk tempat parkir jamaah Geraja Katedral.

Masjid Istiqlal ini berada di Jakarta Pusat dan berjarak sekitar 1 km dari Statiun Gambir.


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles