pantai pink komodo

Liburan Pantai ke 9 Destinasi Paling Indah di Indonesia, yuk!

Indonesia memiliki beragam pantai yang masih bersih dengan air jernih dan pasir putih yang halus. Pantai-pantai Indonesia juga kerap memiliki spot foto menarik dan menawarkan pengalaman memakan hasil tangkapan laut yang masih fresh!

Ya, memang ada banyak sekali pantai eksotis di Indonesia yang menunggu untuk kamu kunjungi! Karena itu, liburan pantai pun menjadi salah satu favorit untuk melepas penat. Berikut adalah rekomendasinya.

9 Pantai Terindah di Indonesia

1. Pantai Ujung Gelam

Lokasi: Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Berlokasi di ujung barat Karimunjawa menjadikan Pantai Ujung Gelam salah satu pantai terbaik untuk melihat keindahan sunset. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih, air laut bersih nan jernih, serta batuan karang dan dua pohon kelapa miring yang super estetik. Pohon-pohon itu pun menjadi buruan para pengunjung untuk berfoto.

Karena ombaknya relatif kecil, kamu bisa berenang dan snorkelling di sekitar pantai. Selain itu, ada juga ayunan dan wahana air lain yang bisa kamu nikmati saat berlibur di sana, seperti banana boat, perahu, Jet-ski, dan kayak.

Baca juga: 9 Pantai Unik di Indonesia yang Indah dan Jarang Diketahui!

2. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Photo: @novarachelriyanita via Unsplash

Lokasi: Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

Para Tenggiri merupakan pantai berpasir putih lembut dengan hamparan air laut berwarna toska yang begitu memanjakan mata. Di sepanjang pantainya, kamu akan menjumpai batuan granit yang menambah nilai keindahan pada Parai Tenggiri.

Keindahannya tentu tidak berhenti sampai di situ. Di dekat pantai, terdapat tumpukan batu yang disebut Rock Islands yang terhubung dengan jembatan sepanjang 200 meter.

Jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu yang kerlap-kerlipnya semakin menambah keindahan di sekitar Parai Tenggiri saat malam tiba.

Sambil menikmati keindahannya, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, termasuk:

  • Berenang
  • Memancing
  • Snorkelling
  • Parasailing
  • Jet-ski
  • Banana boat

3. Pantai Ora

Pantai Ora

Photo: pixabay.com

Lokasi: Jalan Kabupaten, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku

Rencana liburan pantai kamu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Pantai Ora, surga tersembunyi di timur Indonesia. Pantai satu ini terkenal dengan airnya yang tenang dan biru jernih sehingga membuat kamu betah berlama-lama memandanginya.

Birunya laut Pantai Ora ini dikelilingi oleh tebing-tebing, pegunungan, serta hutan tropis hijau yang begitu asri dan menenangkan. Pasirnya juga putih dan pemandangan bawah lautnya tak kalah dengan surga laut Indonesia lainnya. Snorkelling dan diving pun menjadi kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

4. Pantai Mandorak

Lokasi: Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Surga tersembunyi lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan untuk liburan pantai adalah Mandorak. Salah satu keunikan pantai ini terletak pada batu-batu karang besar yang saling berhadapan dan seolah mengapit area pantai.

Keberadaannya otomatis menghalangi pandangan ke laut lepas, namun tidak serta merta mengurangi keindahannya.

Dari area pantai dengan pasir putih lembutnya, kamu bisa menikmati air laut berwarna biru kehijauan yang begitu indah. Kamu juga bisa naik ke atas batuan karang untuk menyaksikan panorama alam sekitar hingga melihat sang surya pulang ke peraduannya.

Pantai satu ini menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga ombaknya tidak begitu bersahabat di waktu-waktu tertentu. Batuan karang di sekitar bibir pantai juga cukup tajam sehingga berenang tidak dianjurkan.

Baca juga: 7 Destinasi Surga Bawah Laut Terindah di Dunia, Ada Indonesia?

5. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Photo: @febiyanr via Unsplash

Lokasi: Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Pantai Walakiri menyuguhkan pemandangan indah nan estetik yang membuat kamu ingin mengabadikannya dalam ingatan. Pantai satu ini terkenal dengan keberadaan pohon-pohon mangrove yang tumbuh di ujung bibir pantai sehingga bagian bawahnya seolah tenggelam.

Yang membuatnya unik, pohon-pohon tersebut berbentuk meliuk seperti tengah menari. Pohon-pohon ini pun menjadi spot menarik bagi para pengunjung untuk berfoto, apalagi saat sunset tiba.

Selain dihiasi pohon mangrove, Pantai Walakiri juga memiliki pasir putih lembut berhiaskan jejeran pohon kelapa dan cemara yang rindang. Air lautnya juga biru jernih sehingga keindahan di bawahnya bisa terlihat jelas dengan mata telanjang.

6. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan Likupang (2)

Photo: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Lokasi: Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Pulisan menjadi salah satu tujuan liburan favorit di Likupang, terutama karena keindahannya yang memukau. Pulisan sendiri merupakan pantai pasir putih dengan perairan yang bersih dan jernih.

Kegiatan berenang dan snorkelling pun sangat sayang untuk dilewatkan sebab ada banyak karang dan ikan beragam warna yang siap menyambutmu.

Pantai satu ini terbilang cukup luas dan terbagi menjadi tiga bagian yang terpisahkan oleh tebing yang menjorok ke laut. Ada lokasi untuk privat, publik, dan petualang.

Di samping itu, Pantai Pulisan juga dihiasi oleh pepohonan hijau serta bebatuan yang kerap dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

7. Pantai Pink

pantai pink 1

Photo: Fiqih Alfarish via Unsplash

Lokasi: Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Indonesia setidaknya memiliki lima pantai pink dan salah satunya ada di NTT, yang juga dikenal dengan nama Pantai Merah. Sesuai dengan namanya, pantai ini menyuguhkan keindahan hamparan pasir berwarna merah muda yang begitu memesona.

Warna pink tersebut berasal dari hewan mikroskopis yang menghasilkan pigmen merah pada terumbu karang. Terumbu karang yang sudah mati kemudian bercampur dengan pasir sehingga terciptalah pantai merah muda.

Berpadu dengan birunya laut, Pantai Pink menyuguhkan gradasi warna cantik yang akan membuat kamu tak henti berdecak kagum. Pantainya sendiri sangat terjaga kebersihannya dengan air tenang yang sangat cocok untuk berenang hingga snorkelling bersama para ikan kecil.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 15 Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

8. Pantai Nemberala

pantai nemberala

Photo: rotendaokab.go.id

Lokasi: Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur

Masih di NTT, kamu akan menjumpai tempat lain yang tak kalah indah untuk liburan pantai dengan suasana yang cukup tenang. Namanya Pantai Nemberala.

Pantai satu merupakan pantai landai dengan pasir putih dan batuan karang di sana sini. Di sekitarnya ada banyak pohon kelapa serta tanah lapang berumput yang kerap dijadikan tempat meladang oleh sapi.

Di kejauhan, kamu akan menjumpai gulungan ombak berlapis yang menjadi favorit para peselancar. Karena itu, jangan heran jika kamu bertemu dengan banyak turis asing saat berada di Nemberala. 

Selain terkenal sebagai surfing spot, Nemberala juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Saat sore tiba, kamu bisa menyaksikan sang surya yang kembali ke peraduannya menciptakan warna jingga yang memesona.

9. Pantai Ujong Kareung

Lokasi: Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Liburan pantai ke Ujong Kareung dijamin tidak akan membuat kamu menyesal! Pantai satu ini menyuguhkan pemandangan lautan biru yang begitu indah dan menyegarkan mata.

Tidak seperti pantai yang kebanyakan berpasir putih, Pantai Ujong Kareung justru didominasi oleh bebatuan karang di sekitar bibir pantainya. Batuannya cukup besar dan tidak sedikit yang membentuk cekungan di pinggiran pantai.

Kamu bisa menapaki batuan karang ini jika ingin lebih dekat dengan laut dan deburan ombaknya yang besar. Namun, pastikan tetap berhati-hati sebab karangnya cukup tajam.

Dari atas batu karang, kamu bisa mengabadikan momen dengan berfoto atau menyalurkan hobi memancingmu sambil menikmati birunya laut.

Persiapan Liburan di Pantai

persiapan liburan pantai

Photo: @justjullietta via Unsplash

Jika kamu punya rencana liburan pantai, simak dulu persiapan apa saja yang perlu kamu bawa berikut ini!

1. Sunscreen

Mengingat betapa teriknya sinar matahari pantai, sunscreen menjadi barang yang wajib kamu bawa ke pantai. Penggunaan produk ini bisa melindungi kulitmu agar tidak menggelap dan terbakar serta membantu mencegah penuaan dini dan kanker kulit.

Gunakanlah setidaknya sunscreen dengan SPF minimal 30. Aplikasikan sebelum terkena sinar matahari langsung dan kembali gunakan secara setelah berenang dan berkeringat.

2. Topi dan Kacamata

Topi dan kacamata bisa menjadi pelindung tambahan untuk melindungi tubuh dari teriknya sinar matahari pantai. Di samping itu, barang-barang ini juga bisa digunakan untuk aksesori tambahan saat berfoto.

3. Pakaian Renang

Jika berencana berenang, sebaiknya bawa serta pakaian renang ke pantai. Pakaian renang sudah pasti telah didesain khusus agar memudahkan kamu untuk bergerak lebih leluasa di dalam air.

Kalau hanya sekadar bermain air, kamu bisa menggunakan pakaian santai seperti kaos dan celana berbahan ringan dan menyerap keringat. Jangan lupa bawa baju ganti serta handuk agar tubuh tidak kotor, basah, dan bau keringat dalam perjalanan pulang.

4. Pakaian Putih untuk Berfoto

Sebagian orang liburan ke pantai untuk sekadar menikmati keindahannya sambil berfoto. Jika kamu termasuk orang itu, siapkanlah pakaian yang nyaman, namun cocok untuk agenda berfoto.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah warna putih. Warna satu ini bisa menyatu dengan suasana pantai sekaligus menonjol di saat yang sama. Di samping itu, warn aini juga tidak menyerap panas dan mudah dipadukan dengan warna lain.

5. Alas Kaki Nyaman

Agar kaki terlindung dari tajamnya batu, karang, pecahan beling, hingga hewan laut, sebaiknya gunakan alas kaki yang aman dan nyaman. Contohnya adalah sandal jepit atau sandal gunung.

6. Bekal Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman memang dapat dengan mudah kamu dapatkan di warung-warung di sekitar pantai. Namun, jika lokasinya terpencil, warung makanan biasanya tidak tersedia.

Selain itu, makanan dan minuman di pantai kerap dihargai lebih mahal. Jika kamu ingin berhemat, tidak ada salahnya membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya di jalan menuju pantai.

Kesimpulan

Liburan ke Sumba Menginap saja di Bobocabin Sumba!

Photo: Bobobox Internal Aset

Itulah segelintir pantai terindah di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi untuk liburan pantai kamu selanjutnya. Masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri yang membuat banyak pengunjung terkagum-kagum. Perbedaan ini tentunya akan memberikan pengalaman liburan pantai yang berbeda.

Namun, sebelum memutuskan untuk pergi, pastikan kamu memiliki rencana liburan yang tersusun rapi. Salah satu yang harus menjadi pertimbangan adalah akomodasinya.

Jika kamu berencana menjadikan Sumba sebagai tujuan selanjutnya, ada banyak jenis akomodasi yang bisa kamu pilih, termasuk Bobocabin dari Bobobox.

Bobocabin Umarato Sumba - kuda (4)

Photo: Bobobox Internal Aset

Untuk kawasan Sumba, Bobobox telah menghadirkan Bobocabin Umarato Sumba. Berlokasi di atas tebing, Bobocabin satu ini menawarkan pemandangan laut memukau yang bisa kamu saksikan langsung dari dalam kabin.

Berpadu dengan suara ombak yang beralun lembut, angin laut yang menyegarkan, dan cakrawala yang seolah tak berujung, pengalaman menginapmu tak akan terlupakan.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis: Aidah

Foto header: @m_photo via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles