Wisata Eksotis di Indonesia

Menakjubkan, Inilah 15 Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan keindahan alam eksotis dan memukau yang membentang dari barat ke timur.

Karena itu, tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kalau sudah begini, liburan pun tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

15 Tempat Wisata Eksotis di Indonesia

Dengan pesonanya yang tak tertandingi, tempat wisata eksotis di Indonesia sudah akan memenuhi bucket list liburanmu.

Yuk, simak 15 di antaranya berikut ini!

1. Nusa Penida

Nusa Penida

Sumber: @mtsjrdl via Unsplash

Berlokasi sekitar 25 km di tenggara Bali, Nusa Penida menyuguhkan keindahan alam eskotis yang tak kalah menarik dari daratan utama Pulau Dewata.

Beragam pantai indah siap membawamu merasakan pengalaman liburan bak di surga.

Ada Crystal Bay dengan air sebening kristal, Pasih Uug dengan airnya yang terkurung tebing karang setinggi 200 meter, Pantai Kelingking yang bukitnya menyerupai T-Rex, Pantai Diamond dengan pemandangan tebing batuan meruncing layaknya permata, Pantai Atuh yang tersembunyi di balik tebing, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk, Berlibur ke 10 Pantai Pasir Putih di Indonesia yang Terkenal dan Memesona!

2. Pulau Padar

Pulau Padar

Sumber: @fnhaven via Unsplash

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Rinca.

Meski tidak dihuni oleh komodo, Padar memiliki eksotisme tersendiri yang kerap menjadi incaran para wisatawan.

Salah satu daya tariknya adalah panorama biru laut, perbukitan hijau, serta jajaran pulau kecil di sekitarnya yang bisa kamu saksikan dari atas bukit.

Bobocabin Bobobox

Karena itu, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk hiking terlebih dahulu. Jika beruntung, kamu bahkan bisa berjumpa dengan hewan liar seperti rusa saat turun bukit. 

Selain itu, Pulau Padar juga memiliki hamparan pasir merah muda alias pink beach yang bisa kamu sambangi untuk sekadar berfoto, bermain pasir dan air, berenang, bahkan snorkeling.

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Sumber: Sena Nugraha via Google Maps

Taman Nasional Baluran di Banyuwangi merupakan kawasan pelestarian alam yang menjadi rumah bagi banyak satwa, seperti rusa, banteng, kerbau, monyet ekor panjang, dan burung-burung ekor panjang.

Saat musim kemarau tiba, pemandangan di Baluran—terutama di area Savana Bekol—berubah eksotis seolah tengah bersafari di Afrika.

Berkat pemandangan padang rumput yang meranggas, pohon besar di tengah padang, serta gunung yang menjulang di kejauhan, tidak heran jika tempat wisata eksotis di Indonesia ini mendapat julukan Africa van Java.

Datang di musim hujan pun tak kalah indahnya, sebab kamu bisa menyaksikan pemandangan serba hijau sekaligus bunga-bunga cantik yang tengah bermekaran.

4. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

Sumber: @adityafajarr via Instagram

Berdiri di kawasan seluas 128.000 hektar, Geopark Ciletuh menyuguhkan pemandangan alam eskotis yang beragam, mulai dari pantai, air terjun, pegunungan, perbukitan, desa adat, hingga geiser.

Terdapat banyak pilihan menarik saat berkunjung ke Geopark Ciletuh. Salah satunya adalah Puncak Darma yang menjadi tempat menyaksikan matahari terbit, deretan tebing, persawahan, dan pantai dari ketinggian 230 meter.

Selain itu, ada juga Bukit Panenjoan, Curug Dogdog, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Sungai Citarik, Curug Puncak Manik, Pantai Palangpang, Pantai Karang Hawu, Pantai Cipanarikan, Pulau Kunti, Pantai Ujung Genteng, Bukit Teletubbies, Geiser Cisolok, Kasepuhan Sinar Resmi, dan lainnya.  

5. Raja Ampat

Raja Ampat

Sumber: @sutirtab via Unsplash

Bicara soal tempat wisata eksotis di Indonesia, tidak akan lengkap jika tidak membahas Raja Ampat yang keindahannya sudah mendunia.

Kepulauan di ujung timur Indonesia ini terkenal dengan kekayaan bawah laut yang membuatnya mendapat julukan Surga Bawah Laut Dunia.

Bukan cuma itu, Raja Ampat juga termasuk salah satu tempat menyelam dan snorkeling terbaik di dunia dengan total 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan 700 jenis moluska yang hidup di dalamnya.

Selain itu, ada juga pemandangan gugusan pulau karang yang tampak menawan saat dilihat dari atas.

6. Hutan De Djawatan

Hutan De Djawatan

Sumber: @lutfi_man via Instagram

Rimbunan pohon trembesi raksasa berbalut pakis dengan kanopi lebar di Hutan De Djawatan seolah membawa kamu berpetualangan di negeri dongeng sarat kekuatan magis.

De Djawatan sendiri merupakan kawasan hutan lindung milik Perhutani yang berdiri di lahan seluas empat hektar.

Di sini, terdapat sekitar 805 pohon yang telah berumur 100–150 tahun dengan ukuran keliling 400–500 cm, diameter 1,5–2 meter, dan tinggi 25–30 meter.

Selain berjalan-jalan dan berswafoto di area hutan, kamu juga bisa menaiki delman wisata, ATV, atau motocross untuk anak-anak.

7. Taman Nasional Tanjung Putting

Taman Nasional Tanjung Putting

Sumber: @beborneotour via Instagram

Bertandang ke Tanjung Puting serasa membawa kamu menyusuri eksotisme Sungai Amazon. 

Dengan luas hampir seukuran Bali, Tanjung Puting adalah taman nasional dengan jumlah orang utan terbesar di dunia sekaligus menjadi habitat alami bagi satwa liar lainnya.

Satwa yang ada di sini termasuk bekantan, owa-owa, beruang madu, kucing tandang, buaya, babi hutan, burung raja udang, labi-labi, dan masih banyak lagi.

Sebelum memasuki area taman nasional, kamu perlu menempuh perjalanan melalui Sungai Sekonyer dengan menaiki klotok.

Selama perjalanan, kamu bisa merasakan serunya menyusuri sungai sambil melihat pemandangan hutan di kanan-kiri kamu.

8. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Sumber: @drg.dentadio via Instagram

Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang sangat cocok bagi para pencinta tantangan. 

Dengan mulut gua yang berada di permukaan tanah, kamu memerlukan bantuan tali untuk sampai di bawahnya.

Rute menuju dalam gua terbagi ke dalam beberapa kedalaman, mulai dari 15–80 meter. Untuk kedalaman 15 meter, kamu bisa menyusuri dengan berjalan kaki melalui lintasan yang cukup terjal.

Sementara itu, rute lebih dalam perlu kamu tempuh dengan menerapkan SRT atau teknik pemanjatan dengan satu tali statis.

Sesampainya di dasar gua, pemandangan eksotis langsung menyambut kedatangan kamu. 

Salah satunya adalah penampakan “cahaya surga” alias cahaya matahari yang menerobos masuk melewati mulut gua selebar 50 meter.

Selain itu, kamu juga akan mendapati hutan purba yang masih asri, serta keberadaan stalakmit, stalaktit, batu kristal, hingga sunga dengan aliran yang deras.

Baca Juga: 7 Pulau Wisata yang Underrated, Cocok untuk Liburan Spesial!

9. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Sumber: @morenatti via Instagram

Kawah Ijen adalah salah satu kawah paling asam terbesar di dunia. Luasnya mencapai 5.466 hektare dengan dinding kaldera setinggi 300–500 meter.

Tempat wisata eksotis di Indonesia ini terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru.

Api biru ini muncul di tengah-tengah penambangan belerang dan hanya dapat dilihat pada dini hari hingga menjelang pagi. Fenomena ini sendiri hanya ada dua di dunia, yakni di Kawah Ijen dan Islandia.

10. Kelabba Madja

Kelabba Madja

Sumber: Indra Trip Sumba via Google Maps

Selain terkenal dengan eksotisme pantai dan pulau-pulaunya, Nusa Tenggara Timur juga memiliki wisata tersembunyi yang membuat kamu seolah memasuki dimensi baru.

Namanya adalah Kelabba Madja, yaitu bukit warna-warni yang mirip dengan Painted Hills di Oregon, Amerika Serikat dan juga Zhangye Danxia Landform di Tiongkok.

Pemandangan gradasi warna merah, cokelat, biru, dan putih akan memanjakan matamu saat bertandang ke Kelabba Madja, apalagi saat cuaca sedang cerah.

Selain itu, ada juga tiga batu yang menjadi perlambang ayah, ibu, dan anak yang berdiri kokoh di bagian puncak tebing. Warga setempat menyebutnya batu keseimbangan.

11. Pulau Labengki

Pulau Labengki

Sumber: @liburanjo via Instagram

Masih belum terjamah oleh banyak wisatawan, Pulau Labengki menyuguhkan pemandangan eksotis berupa gugusan pulau di tengah laut yang menyerupai keindahan Raja Ampat di Papua. 

Di tempat ini, kamu juga akan menjumpai Teluk Cinta yang memang menyerupai bentuk hati, tapi hanya bisa kamu saksikan dari ketinggian.

Selain itu, Pulau Labengki juga memiliki Pantai Pasir Merah, Laguna Mahumalalang, Goa Kolam Renang, berbagai spot snorkeling dan diving, serta menjadi habitat bagi kerang raksasa kima.

12. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Sumber: @jonandersonphoto via Instagram

Keindahan Taman Laut Bunaken sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Tempat wisata eksotis di Indonesia ini terkenal dengan taman lautnya yang ditumbuhi aneka jenis terumbu karang. 

Terumbu karang di Bunaken bahkan merupakan yang terbanyak dan terlengkap di seluruh dunia.

Selain itu, kawasan Taman Laut Bunaken juga menjadi rumah bagi beragam spesies ikan, reptil, mamalia laut, moluska, duyung, kima raksasa, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu hijau.

Di wilayah daratnya terdapat pula satwa liar, seperti monyet hitam Sulawesi, kuskus beruang, kuskus kerdil, babi Sulawesi, tarsius, rusa, merpati laut, bangau, dan burung camar.

13. Pulau Belitung

Pulau Belitung

Sumber: @ulfawidyaaa via Instagram

Salah satu yang membuat Pulau Belitung begitu memukau dan eksotis adalah keberadaan Pulau Batu Berlayar.

Batu Berlayar merupakan pulau kecil berpantai yang terdiri dari struktur batuan granit raksasa. 

Saat air pasang, permukaan pulau akan tergenang oleh air laut sehingga batuan-batuan itu tampak sedang berlayar.

Saat surut, kamu bisa mengangumi pesona batuan tersebut dari dekat dengan menapaki pasir tempat batu-batu itu berdiri.

Selain Batu Berlayar, Pulau Belitung juga memiliki Pantai Tanjung Kelayang dengan bongkahan batu besarnya, Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar berusia ratusan tahun yang memiliki 313 tangga, serta Pulau Burung yang memiliki struktur batuan granit menyerupai kepala burung.

14. Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur merupakan tempat wisata eksotis di Indonesia, tepatnya di Pulau Waha yang muncul saat air surut.

Bentuknya berupa daratan berpasir putih yang memanjang ke laut seolah membelah lautan, dengan panjang kurang lebih 2 km dengan lebar 7 meter. Kamu pun seolah tengah berjalan di tengah laut.

Jika beruntung, kamu juga bisa menjumpai burung pelikan yang menjadikan Pantai Ngurtafur tempat migrasi sekitar bulan Mei–Juli.

15. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan

Sumber: @ayu_agustyn98 via Instagram

Berlokasi di Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau denga julukan surga tropis yang tersembunyi. Beberapa yang cukup populer adalah Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban.

Selain menikmati keindahan pasir putih yang eksotis dengan air lautnya yang jernih kebiruan, kamu juga bisa merasakan pengalaman berenang dengan ribuan ubur-ubur mini jinak alias tanpa sengat.

Selain itu, kepulauan ini juga menjadi rumah bagi penyu sisik langka, penyu hijau raksasa, lumba-lumba, duyung, barakuda, dan bahkan paus.

Baca Juga: Tidak Kalah Indah, Intip 6 Destinasi Wisata Rawa-rawa di Indonesia Berikut Ini!

Recharge Energi di Bobocabin!

Recharge Energi di Bobocabin

Kesibukan sehari-hari terkadang bisa membuat kamu lelah baik secara fisik maupun mental. Agar tidak kehabisan energi, healing sambil staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat.

Dengan pilihan beragam, mulai dari Ranca Upas, Cikole, Gunung Mas, Toba, Baturraden, Malang, hingga Sumba, kamu bisa merasakannya tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Teknologi ini mencakup akses masuk, pengaturan lampu, pintu, dan jendela, hingga Bluetooth speaker.

Tak hanya itu, Bobocabin juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti Wi-Fi, campfire & barbeque, hingga entertainment berupa board games dan proyektor film.

Dapatkan penginapan terbaik, kualitas ekslusif, dan harga terjangkau hanya di Bobocabin. Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles