Credit: Ian Wagg (Unsplash)

Gerah di Musim Kemarau? Yuk Coba 10 Kegiatan Menenangkan Ini untuk Menyegarkan Diri!

Nggak kerasa bulan September telah tiba! Sesuai lagunya Mbak Vina Panduwinata sih, September Ceria. Ya, nggak? Biasanya, bulan September bertepatan dengan musim kemarau. Langit biru yang cerah dan angin khas musim kemarau akan menemanimu dalam satu atau dua bulan ke depan. Cuaca seperti ini juga cocok untuk menikmati liburan, baik sekadar berlibur di rumah, staycation, atau road trip. Bob paling suka deh saat lihat langit yang cerah. Rasanya menenangkan banget. Apalagi ditambah segelas minuman segar. Wih! Kalau kata Bang Jerome sih, mantap jiwa!

kegiatan menenangkan

Credit: Twitter (OnlyuCnu)

Namun, musim kemarau juga identik dengan cuaca yang panas. Saat suhu udara meningkat, tentunya kamu akan merasa gerah. Imbasnya, kamu jadi malas bergerak dan nggak mau beraktivitas berat. Aduh! Padahal, kalau kamu diam terus, justru kamu akan makin tersiksa dengan cuaca panas. Kamu perlu mengalihkan perhatianmu dari cuaca panas dengan kegiatan menenangkan. Dengan begitu, kamu nggak akan terus-menerus mengeluh dan bisa menikmati hari-hari di musim kemarau!

Nah, buat kamu yang udah jenuh dengan cuaca panas, Bob punya 10 pilihan kegiatan menenangkan yang layak dicoba. Dengan aktivitas-aktivitas ini, dijamin kamu nggak akan mager dan bisa kembali bersemangat! Jangan lupa selalu sediakan air minum supaya kamu nggak dehidrasi, ya! Hmm… Ready to beat the heat? Play the summer playlist and let’s check these out!

1. Berenang

kegiatan menenangkan

Sumber: Instiz

Kegiatan menenangkan yang satu ini sih jangan diragukan lagi! Olahraga ini membantu menjaga kebugaran tubuhmu, tanpa membuat kamu merasa gerah. Namun, berenang bukan hanya berguna untuk menyegarkan tubuh, lho! Dilansir dari Kompas, berenang dapat melatih seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi gangguan tidur. Oh, ya! Berenang juga menjadi olahraga yang cocok untuk ibu hamil, lho! Untuk memaksimalkan manfaatnya, pastikan kamu nggak hanya berenang di pinggir kolam atau ngobrol, ya! Ajak juga teman-teman kamu biar makin seru!

2. Bersepeda

kegiatan menenangkan

Sumber: GG Tour

Akhir-akhir ini, ngegowes sedang menjadi tren. Namun, bersepeda sebenarnya memang mengasyikkan, lho! Olahraga ini bukan hanya melatih badan, tetapi juga bisa menjadi kegiatan menenangkan untuk pikiranmu. Menurut Hellosehat, bersepeda membantu melatih keseimbangan dan koordinasi otot, menurunkan risiko kanker, dan mengurangi stres. Kamu bisa berkeliling area tempat tinggal atau, kalau merasa tertantang, ngegowes dengan rute jauh ke kawasan perbukitan. Oh, ya! Bersepeda juga membantu mengurangi polusi udara, lho!

3. Berkreasi di Dapur

Mager dan bosan? Kamu bisa menghibur diri sambil menciptakan kreasi yang memanjakan lidahmu di dapur. Kegiatan menenangkan yang satu ini nggak hanya mengasyikkan, tetapi juga mengenyangkan! Coba deh periksa bahan-bahan yang tersedia di dapur dan buat sajian favoritmu. Nah, karena cuaca panas di musim kemarau, kamu juga bisa membuat beragam minuman menyegarkan. Situs-situs seperti Delish atau Country Living menghadirkan beragam resep minuman khas musim panas. Hmm… Kalau Bob sih paling suka mojito dan es teh limun. Kalau kalian, apa minuman yang paling disukai?

4. Bermeditasi

kegiatan menenangkan

Credit: Le Minh Phuong (Unsplash)

Tingkat stres meningkat dan sering uring-uringan? Hmm… Kamu perlu mencoba kegiatan menenangkan yang satu ini. Meditasi memiliki manfaat yang baik, terutama bagi kesehatan mental. Situs Healthline merangkum beberapa manfaat meditasi berdasarkan sains. Aktivitas ini bisa mengurangi stres, meningkatkan kesehatan emosional, mengendalikan kecemasan, dan memperbaiki pola tidur. Belum pernah bermeditasi? Jangan khawatir! Kamu bisa mencari video panduan meditasi dari YouTube. Jangan lupa pilih tempat yang tenang dan nyaman, ya!

5. Piknik

Bosan di dalam ruangan terus? Coba deh adakan piknik bersama teman-teman atau keluarga. Piknik dapat menjadi momen bonding bersama sahabat dan anggota keluarga, lho! Kamu bisa mengunjungi kawasan alam yang masih asri dengan pemandangan yang indah. Nggak bisa pergi jauh dari tempat tinggal? Kamu bisa mengadakan piknik di halaman rumah kalau mau. Pilih tempat yang teduh supaya kamu terlindung dari paparan sinar matahari. Siapkan tikar, makanan, dan minuman. Bawa juga bantal, keranjang makanan, buku, dan gitar kalau mau.

6. Lakukan Perawatan Kulit

kegiatan menenangkan

Sumber: Zum

Cuaca panas bisa berdampak buruk pada kondisi kulitmu. Meskipun tidak terpapar cahaya matahari langsung, kulit tetap bisa menjadi kering atau makin berminyak. Nah, kegiatan menenangkan yang satu ini akan memanjakan kulitmu di tengah panasnya cuaca musim kemarau. Kamu bisa membeli produk masker dari apotek atau membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami. Dilansir dari Byrdie, masker cokelat hitam, susu, dan avokad cocok untuk kulit kering. Untuk kulit berminyak, coba masker lemon dan yoghurt, putih telur, serta avokad dan oat, seperti dilansir dari Doctor NDTV.

7. Nikmati Layanan Pijat

kegiatan menenangkan

Credit: Emiliano Vittoriosi (Unsplash)

Aktivitas yang satu ini bisa melengkapi kegiatan menenangkan sebelumnya. Kesibukan sehari-hari mungkin membuat tubuhmu terasa lelah. Nah, kalau sudah begitu, layanan pijat dapat menjadi opsi relaksasi yang tepat. Kamu bisa berkunjung ke massage parlor terdekat atau memanggil terapis ke rumah. Pilih layanan sesuai keluhan atau kebutuhanmu. Kamu juga bisa meminta terapis untuk memfokuskan pijatan pada bagian tubuh yang terasa sakit atau kaku, seperti bahu, leher, atau kepala. Setelah dipijat, badan kamu akan kembali terasa segar. Nggak akan lesu lagi, deh!

8. Berkemah

kegiatan menenangkan

Sumber: Dramabeans

Musim kemarau cocok untuk berbagai aktivitas, terutama kegiatan di luar ruangan. Nah, salah satu aktivitas seru yang bisa kamu coba adalah berkemah. Mumpung cuaca sedang cerah, kenapa nggak kamu manfaatkan untuk menikmati alam? Ajak teman-teman atau keluargamu untuk berkemah bersama. Pilih tempat yang relatif lebih sepi dan punya pemandangan indah. Persiapkan segala perlengkapan secara terperinci. Jangan lupa bawa beragam camilan dan minuman, serta kamera supaya bisa berfoto. Di malam hari, kamu bisa membuat api unggun dan menghangatkan diri sambil makan malam. Seru, ‘kan?

9. Berlibur ke Pantai

kegiatan menenangkan

Credit: Gumomo6 (Twitter)

Musim panas sering kali dikaitkan dengan liburan ke pantai. Daripada bosan di rumah dan banyak ngeluh, coba deh rencanakan liburan ke pantai. Kamu bisa pergi bersama teman-teman atau keluarga, atau bahkan sendirian. Kalau kamu ingin menenangkan diri, pilih pantai yang sepi atau relatif lebih tenang. Kamu bisa duduk di hamparan pasir pantai sambil mendengarkan deburan ombak dan dimanjakan angin laut. Bermain air atau membuat istana pasir juga seru kok! Punya budget lebih? Manjakan diri dengan berlibur di resor tepi pantai. You need vitamin sea!

10. Bermain Bersama Hewan Peliharaan

kegiatan menenangkan

Sumber: so.iqiyi.com

Kegiatan menenangkan terakhir untuk mengusir rasa mager di cuaca panas adalah bermain bersama hewan peliharaan. Aduh! Siapa sih yang nggak gemas dengan tingkat laku hewan peliharaan kesayangan? Memiliki hewan peliharaan ternyata memberikan banyak manfaat, lho! Dilansir dari CDC, adanya hewan peliharaan membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Tidak hanya itu! Kehadiran hewan kesayangan menghilangkan rasa kesepian! Kamu bisa mencoba beragam permainan atau sekadar duduk dan bersantai dengan hewan kesayanganmu. Dengan perawatan dan kepedulian yang baik darimu, hewan peliharaanmu akan makin sayang sama kamu!

Nah, itulah 10 kegiatan menenangkan untuk menghilangkan mager dan menyegarkan diri di musim kemarau. Walaupun cuaca panas, kamu nggak boleh kalah dari rasa malas! Get up and beat the heat! Oh, ya! Selain aktivitas-aktivitas di atas, kamu juga bisa mencoba staycation, lho, untuk menjernihkan pikiran. Nah, Bob punya rekomendasi tempat seru buat staycation: Bobobox!

Liburan Seru di Bobobox!

Menikmati staycation di Bobobox dijamin mengasyikkan! Bobobox adalah hotel kapsul yang mengusung interior bergaya futuristik yang Instagenic. Setiap pod memiliki ruang yang luas dan dilengkapi teknologi en suite yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Ya, guys! Lewat aplikasi, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, mengunci kamar, hingga berinteraksi dengan staf. Wih! Praktis banget, ya! Di dalam pod juga tersedia kasur yang besar dan nyaman untuk beristirahat. Dijamin kamu bisa menikmati good night sleep deh!

Soal keamanan dan kebersihan, jangan khawatir! Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh. Bobobox juga menerapkan protokol keamanan dan kebersihan yang ketat. Bicara soal fasilitas, Bobobox punya shared bathroom, pantry, communal space, dan musala. Ada vending machine juga, lho, untuk kamu yang ingin beli minuman! Jadi, kamu nggak usah repot-repot meninggalkan hotel saat perlu membeli minum.

Kalau kamu penasaran, coba deh unduh dulu aplikasi Bobobox. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa memesan pod dan mendapatkan promo menarik! Metode pembayaran yang ditawarkan juga cukup variatif untuk memudahkan transaksi. Jadi, yuk download aplikasinya sekarang dan pesan pod-mu di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles