Capture

Agar Awet Lebih Lama, Hindari 7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepat Rusak Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Laptop merupakan salah satu elemen penting yang sulit dilepaskan bagi pelajar dan pekerja kantoran. Penggunaan laptop ini hampir dibutuhkan pada setiap aktivitas yang dilakukan keduanya.

Namun, kebanyakan dari pelajar dan pekerja kantor kerap melakukan kebiasaan bikin laptop cepat rusak. Kebiasaan buruk ini kerap dilakukan tanpa disadari oleh kebanyakan orang tersebut.

Padahal, menjaga laptop awet adalah hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, kamu tentu tidak ingin jika uang tabungan selalu habis akibat kamu harus sering ganti atau servis laptop karena kebiasaan buruk yang tak disadari.

Untuk itu, Bob sudah merangkum tujuh kebiasaan bikin laptop cepat rusak yang wajib kamu hindari. Menghindari kebiasaan-kebiasaan ini semata-mata agar laptopmu awet lebih lama lagi.

Berikut adalah Kebiasaan Bikin Laptop Cepat Rusak

1. Menutup Layar dalam Keadaan Hidup

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak pertama wajib dihindari adalah menutup layar dalam keadaan hidup. Kebiasaan ini biasa dilakukan saat kamu sedang buru-buru dan tak sempat mematikan laptop dengan benar.

Kebiasaan tersebut mungkin akan dimaklumi jika dilakukan sesekali saja. Namun, jika sudah dilakukan terus menerus, hal tersebut justru tak baik untuk kesehatan laptop di mana bisa cepat rusak, lho!

Saat laptop dimatikan, suhu panas akibat pemakaian belum hilang sepenuhnya. Untuk itu, jika kamu menutup layar tanpa jeda, hal tersebut justru menjadi salah satu kebiasaan bikin laptop cepat rusak.

Oleh karena itu, ada baiknya jika selesai pemakaian, ikuti prosedur mematikan laptop yang baik. Setelah melakukan shut down, diamkan beberapa saat agar hawa panasnya sudah benar-benar hilang.

Menutup layar laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Menutup layar laptop via Getty Images

2. Menaruh Benda Berat di Atas Laptop

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak lainnya adalah menaruh benda berat di atas laptop. Kebiasaan ini mungkin jarang dilakukan oleh banyak orang namun tak sedikit yang kerap melakukan hal ini sehari-hari.

Setelah mematikan laptop, jangan sesekali untuk menaruh buku tebal ataupun benda berat lainnya. Hal tersebut justru bakal membuat laptopmu cepat rusak karena laptop tersebut harus menahan beban berat.

Salah satu risiko yang bisa muncul adalah munculnya garis vertikal atau horizontal. Jika sudah seperti ini, kemungkinan besar layar laptop akan rusak secara permanen jika dibiarkan terus menerus.

Untuk itu, hindarilah kebiasaan bikin laptop cepat rusak ini. Dengan menghindari kebiasaan ini, kamu tentu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika sewaktu-waktu layar rusak akibat benda berat tersebut.

Benda berat di atas laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Benda berat di atas laptop via almusnet.com


Baca Juga: Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Lakukan Tips Hemat Baterai Smartphone Berikut Ini Agar Lebih Tahan Lama


3. Charging Laptop di Momen Tertentu

Charging merupakan hal penting yang dilakukan guna mengisi kembali daya laptop agar bisa tetap digunakan. Namun, kamu harus mengetahui momen yang tepat untuk charge laptopmu, lho.

Pasalnya, ada beberapa momen charging laptop yang justru bakal membuat laptop cepat rusak. Momen tersebut adalah charge laptop saat persentase di atas 30 dan saat benar-benar habis.

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak saat masih 30 persen ini membuat kemampuan baterai berkurang. Hal tersebut juga terjadi saat kamu melakukan charging laptop saat daya baterai menunjukkan 0 persen.

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk pengisian daya adalah saat indikator baterai berada pada angka 20 persen. Hal tersebut sangat baik untuk mulai kamu aplikasikan pada penggunaan laptop harian.

Charging laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Charging laptop via forums.lenovo.com

4. Meletakkan Laptop di Tempat Tertentu

Banyak orang yang kerap menggunakan laptop di kasur ataupun memangku laptop di paha. Padahal, dua kebiasaan tersebut wajib dihindari karena termasuk kebiasaan bikin laptop cepat rusak.

Kebiasaan memangku laptop di paha justru dapat membuat aliran udara di bawah laptop terhambat. Hasilnya adalah laptop akan overheat karena terlalu bekerja keras akibat udara panas yang terperangkap.

Hal relatif serupa terjadi saat menggunakan laptop di atas kasur atau benda empuk. Sifatnya yang lebih menyerap panas justru membuat lubang sirkulasi tertutup dan laptop pun akan lebih cepat panas.

Untuk itu, mulai dari sekarang ubah kebiasaan tersebut. Jika memungkinkan, sangat disarankan untuk membeli stand laptop yang bisa dengan mudah kamu temui di e-commerce pilihanmu.

Menggunakan laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Menggunakan laptop via pexels.com/@tatianasyrikova


Baca Juga: Wah, Gawat! Ini Dia Risiko Data Pribadi Bocor Di Internet


5. Tidak Memasang Baterai Laptop

Beberapa orang mungkin pernah melepas baterai laptop dan menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik. Ada alasan dibalik keputusan beberapa orang tersebut dalam melakukan hal ini.

Niatan mereka melakukan harus tersebut adalah agar baterai laptop tahan lama. Maksud hati adalah karena baterai laptop jarang digunakan, hal inilah yang membuat baterai laptop akan tahan lebih lama.

Namun, hal tersebut justru menjadi kebiasaan bikin laptop cepat rusak. Tindakan tersebut justru mampu merusak mainboard laptop karena loncatan daya listrik yang tidak teratur.

Selain itu, jika mati listrik terjadi di daerah rumahmu, hal tersebut bakal semakin mempercepat rusaknya laptopmu. Jadinya, bukannya bikin awet dan tahan lama laptop malah bikin cepat rusak.

Tidak memasang baterai laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Tidak memasang baterai laptop via dwpia.com

6. Menyambung Kabel Charge ke Laptop Sebelum ke Listrik

Beberapa orang mungkin kebingungan dengan yang satu ini. Mana yang harus dilakukan terlebih dahulu? Apakah menyambungkan kabel charge ke laptop atau ke listrik terlebih dahulu.

Nah, nyatanya, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menyambungkan kabel charge ke arus listrik. Setelah itum barulah kamu menyambungkan kabel charge tersebut ke laptop.

Saat kamu melakukan sebaliknya, loncatan daya pada colokan masih tidak stabil. Jika terjadi berkali-kali, hal tersebut justru bakal membuat motherboard laptopmu mengalami kerusakan dengan cepat.

Oleh karenanya, usahakanlah untuk menghindari kebiasaan bikin laptop cepat rusak ini. Kamu tentu tak ingin laptop yang menemanimu bekerja cepat rusak akibat kebiasaan buruk yang bisa kamu hindari.

Colokan listrik untuk laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Colokan listrik untuk laptop via unsplash.com/@cbpsc1


Baca Juga: 7 Tools Dan Software WFH Untuk Membantumu Lebih Produktif


7. Sembarangan Membersihkan Laptop

Kebiasaan bikin laptop cepat rusak terakhir adalah sembarangan membersihkan laptop. Sebenarnya, tak hanya sembarangan tetapi juga jarang menyempatkan waktu untuk membersihkan laptop.

Beberapa orang kerap menyemprotkan cairan ke layar laptop saat melihat layar laptop banyak debu. Namun, hal tersebut bisa berbahaya jika kamu melakukannya sembarangan seperti tidak menggunakan cairan khusus.

Kamu bisa menggunakan kain microfiber saat mencoba membersihkan laptop dari debu dan noda. Kamu pun bisa memanfaatkan cairan khusus yang memang diperuntukkan sebagai pembersih laptop.

Selain itu, usahakanlah untuk membersihkan laptop secara berkala. Seminggu sekali adalah waktu yang cukup untuk pembersihan laptop. Hal ini dilakukan demi menjaga kinerja laptop itu sendiri.

Sembarangan nembersihkan laptop kebiasaan bikin laptop cepat rusak

Sembarangan nembersihkan laptop via flokq.com

Yuk, Coba WFB Alias Workcation From Bobobox!

Bosan dengan situasi itu-itu saja selama WFH? Bagaimana kalau kamu coba untuk WFB alias Work From Bobobox. Di samping suasana baru, kamu bisa mendapatkan koneksi internet super cepat.

Koneksi internet super cepat ini tentu bakal semakin memperlancar online meeting bersama atasan dan rekan kerja. Dengan begitu, kerjaanmu dijamin tak bakal terganggu untuk urusan internet.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan dan merasakan langsung pengalaman bekerja yang menyenangkan!

Communal Area – Bobobox Pods Paskal

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles