pexels-andrea-piacquadio-3776169

Sedang Bingung Menentukan Jurusan Kuliah? Simak Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Orang Introvert Berikut Ini!

Seorang introvert bukanlah seseorang yang tidak bisa bergaul atau bersosialisasi. Hanya saja, mereka akan lebih bisa mengasah kreativitas, menganalisis, atau mengembangkan kemampuan dirinya saat sedang sendiri. Sehingga, mereka cenderung dianggap sebagai pendiam dan lebih suka bekerja secara mandiri. Nah, jika kamu sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah apa yang cocok dengan kepribadian introvert-mu, Bob akan memberikan beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. Simak langsung saja penjelasannya di bawah ini, ya!

1. IT

Dari sekian banyak jurusan kuliah, jurusan IT (Information Technology) atau Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling cocok bagi kamu para introvert. Sebab, kamu akan lebih sering bekerja dengan komputermu saja.

Jurusan kuliah

Photo by Vojtech Okenka from Pexels

Jurusan ini merupakan jurusan yang memadukan antara teknologi, ilmu komputer dan bisnis. Spesialisasinya antara lain adalah manajemen sistem informasi, information security, coding, pembuatan program, dan sebagainya.

BACA JUGA: Simak Mata Kuliah Paling Unik Dari Kampus-Kampus Di Seluruh Dunia Berkiut Ini!

Dengan kebutuhan akan kecanggihan teknologi di era modern ini, lapangan pekerjaan untuk lulusan IT pun sangat luas dan menjanjikan, loh. Mulai dari programmer, web engineer, hingga game developer.

2. Desain Grafis

Bagi kamu yang hobi gambar, jurusan desain grafis tentunya merupakan jurusan yang tepat untukmu. Jika mengambil jurusan kuliah satu ini, kamu tidak perlu khawatir jiwa introvert-mu akan ‘terancam’, karena kamu nantinya akan sibuk bekerja dan berkarya dengan komputermu.

Jurusan kuliah

Image by ptra from Pixabay

Selain mengasah bakat seni yang kamu miliki, jurusan kuliah satu ini pun termasuk salah satu jurusan kuliah yang cukup ‘menghasilkan’, loh. Bagaimana? Tertarik untuk masuk jurusan desain grafis?

3. Akuntansi

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Jurusan kuliah selanjutnya yang juga cocok untuk kamu yang memiliki jiwa introvert adalah jurusan akuntansi. Tidak banyak bekerja dalam kelompok, yang penting adalah ketelitian serta fokus dalam hitung-menghitung, khususnya di bidang keuangan.

BACA JUGA: 10 Universitas Terbaik Di Asia 2021. Kampus Idaman Kamu Masuk, Nggak?

Beberapa lingkup ilmu yang akan kamu pelajari di dalam jurusan kuliah satu ini antara lain adalah auditing, akuntansi keuangan, juga sistem informasi akuntansi. Prospek kerjanya pun sangat luas, contohnya seperti auditor, akuntan, analis keuangan, dan masih banyak lagi. Yang jelas, kamu tidak akan terlalu banyak bertemu klien atau orang banyak.

4. Bahasa Asing

Bahasa memang merupakan alat atau media komunikasi yang akan selalu digunakan oleh manusia. Namun, tidak selamanya ilmu bahasa hanya berhubungan dengan percakapan antar individu.

Image by Biljana Jovanovic from Pixabay

Seperti halnya jurusan bahasa asing, biasanya kamu akan lebih banyak belajar konsep dan teori kebahasaan dari bahasa asing yang kamu pelajari ketimbang berinteraksi dengan orang asing.

BACA JUGA: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Mana? Simak 10 Prospek Jurusan Kuliah Menjanjikan 2021 Ini

Prospek kerjanya pun luas serta beragam, dan yang paling cocok untuk kamu para introvert biasanya adalah penerjemah. Pekerjaan ini tentunya nggak akan memaksa kamu untuk bersosialisasi dengan orang banyak, karena kamu hanya perlu fokus untuk menerjemahkan teks-teks dari klien.

5. Seni

Jurusan seni juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang recommended untuk diambil oleh para introvert. Sebab, kamu akan lebih banyak mempelajari ilmu seni, sejarah seni, dan fokus untuk menghasilkan karya seni dibanding bersosialisasi dengan orang banyak.

Photo by olia danilevich from Pexels

Kamu juga bisa memilih bidang seni yang kamu sukai, misalnya seni rupa, seni musik, atau bahkan seni tari. Prospek kerjanya tentu saja menjadi seniman, musisi, penari, ilustrator, dan masih banyak lagi.

6. Farmasi

Jurusan kuliah berikutnya yang cocok bagi si introvert adalah jurusan farmasi. Mengapa? Sebab, kamu akan lebih fokus untuk membaca buku-buku teori seputar farmasi, dan menghabiskan waktu di laboratorium.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Juga, butuh keahlian, ketekunan, serta fokus yang tinggi untuk bisa menganalisis hingga meracik formula untuk obat-obatan. Maka dari itu, seorang pharmacist sebenarnya mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar karena berkaitan dengan kesehatan orang banyak.

BACA JUGA: Tips Untuk Kamu Yang Kuliah Dan Bekerja Di Waktu Bersamaan

Prospek dan lapangan kerja untuk jurusan kuliah ini pun terbilang sangat luas. Nantinya kamu bisa menjadi seorang apoteker, peracik dan pengembang obat-obatan, peneliti farmasi, konsultan kosmetik, atau bahkan dosen.

7. Sains Data

Jurusan kuliah ini kurang lebih berfokus pada proses pemanfaatan big data. Contohnya seperti mengolah, menganalisis, dan lain sebagainya.

Photo by Mati Mango from Pexels

Oleh karenanya, sains data merupakan salah satu jurusan yang cocok bagi orang-orang yang berjiwa introvert. Prospek kerja di kemudian hari pun cukup menarik, contohnya seperti data analyst, data scientist, atau data engineer.

8. Ilmu Perpustakaan

Tidak hanya cocok bagi si kutu buku, jurusan kuliah yang satu ini juga sangat cocok untuk para introvert. Yang dibutuhkan adalah jiwa yang mengedepankan kerapian, ketelitian, serta memiliki manajemen yang baik.

Jurusan kuliah

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Prospek kerja dari jurusan kuliah ini tentunya di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Pekerjaan tersebut tentu akan mengasah skill manajemen serta kemampuanmu di bidang informasi. Yang jelas, kamu akan jarang berinteraksi dengan orang lain dan lebih berkonsentrasi terhadap pekerjaanmu.

9. Bisnis Digital

Terakhir, jurusan kuliah yang juga cocok untuk kamu para introvert adalah jurusan bisnis digital. Dalam era yang serba digital ini, jurusan bisnis digital pun merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling menjanjikan dengan prospek kerja sangat luas yang bisa kamu ambil.

Jurusan kuliah

Photo by Mikael Blomkvist from Pexels

Pada dasarnya, jurusan bisnis digital berfokus pada proses perancangan bisnis digital serta mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai bidang bisnis digital itu sendiri. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, analis data, hingga bergabung dengan e-commerce ternama.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Fokus kuliah bukan berarti kamu harus terus-menerus belajar dan nggak boleh liburan, loh. Kamu tetap wajib refreshing untuk melepas segala penat dan stress setelah belajar dan mengerjakan tugas setiap harinya. Ada berbagai cara asik untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles