puppy-ga93426527_1280

Dog Lovers Wajib Tahu! Berikut Cara Menghitung Umur Anjing!

Cara menghitung umur anjing faktanya berbeda dnegan cara menghitung umur pada manusia. Sampai saat ini cara menghitung umur anjng masih banyak diperdebatkan dengan beragm jenis cara penghitungan. Jadi seperti apakah cara menghitung umur anjing yang tepat dan bagiamana agar anjing bisa berumur panjang? Yuk simak informasinya seperti berikut ini!

Cara Menghitung Umur Anjing dengan Tepat

AVMA [American Veterinary Medical Association] merangkum sejumlah metode menghitung umur anjing seperti beirkut ini:

  • Pada satu tahun awal di kehidupan anjing sama dengan seperti 15 tahun usia manusia.
  • Saat anjing berusia 2 tahun maka usianya akan kembali bertambah 9 tahun usia manusia. Sebagai contohnya anjing berumur 2 tahun: [15] + [9] = 24. Kesimpulannya saat anjing berusia 2 tahun maka usianya sama seperti 24 tahun usia manusia.
  • Setelah memasuki usia 2 tahun, tiap penambahan umur anjing dikalikan 5 tahun usia manusia.
sifat anjing malamute

Sumber: Dog Time

Anjing dengan berat 0 hingga 20 kg masuk ke dalam kategori anjing kecil. Sedangkan anjing dengan berat 21 kg hingga 50 kg masuk ke dalam kategori anjing sedang. Kemudian anjing dengan berat 51 kg hingga 90 kg masuk ke dalam kategori anjing besar. Terakhir najing dengan berat 90 kg ke atas masuk ke dalam kategori sangat besar.

Berdasarkan laporan dari American Kennel Club, faktanya ras anjing kecil dikenal memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan ras anjing besar. Di sisi lain seorang ahli biologi bernama Cornelia Kraus di Universitas Gottingen Jerman mengungkapkan bahwa ras anjing besar akan menua lebih cepat daripada ras anjing kecil.

Cara Menghitung Umur Anjing: Massa Tubuh Anjing dan Umur Anjing

Faktanya banyak ilmuwan yang menilai bahwa setiap 4.4 pon massa tubuh anjing dapat mengurangi harapan hidup anjing selama 1 bulan. Walaupun belum diketahui penyebab secara pasti, namun risiko masalah kesehatan di ras anjing besar dinilai menjadi faktor utama alasan ini.

Oleh karena itu menjaga kesehatan anjing yang bisa kamu lakukan agar anjing berumur panjang salah satunya adalah dengan menjaga berat badan idealnya. Tak berbeda jauh dengan manusia, kelebihan berat badan pada anjing faktanya akan membuat mereka kesulitan untuk bergerak dan berisiko mengalami berbagai macam penyakit.

Cara Menghitung Umur Anjing Lainnya

Cara Menghitung Umur Anjing

@Dogs Queensland

Selain dengan memanfaatkan perhitungan rumus, kamu juga bisa mengetahui umur anjing melalui pertumbuhan gigi anjing:

  • Anak anjing berumur 6 hingga 8 minggu biasanya sudah mempunyai hampir seluruh gigi susu.
  • Saat memasuki umur 7 bulan, seluruh gigi telah berganti menjadi gigi permanen yang memiliki warna putih.
  • Kemudian memasuki umur 1 hingga 2 tahun, gigi tersebut akan menjadi kusam dengan sisi belakang gigi yang sudah menguning.
  • Pada umur 3 hingga 5 tahun, kadang gigi anjing mempunyai karang gigi yang membuat kamu sebaiknya rutin memeriksakannya kepada dokter termasuk kesehatan gigi.
  • Di saat umur 5 hingga 10 tahun, gigi anjing bisa memperlihatkan beberapa masalah terutama jika kamu tidak melakukan pemeriksaan pada gigi anjing secara rutin.
  • Memasuki umur 10 hingga 15 tahun kamu bisa melihat adanya sejumlah gigi yangmulai hilang.

Baca Juga: Stress Karena Puppy Kesayangan Lagi Hobby Gigit-Gigit? Simak Tips Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit Barang di Rumah!

Tips Agar Anjing Panjang Umur

Tentunya kita semua ingin anjing peliharaan kita dapat hidup panjang dengan sehat. Untuk bisa mencapai keinginan tersebut diperlukan perawatan, kesabaran, juga konsistensi. Pemberian vaksin merupakan salah satu kebiasaan penting yang tidak boleh ditunda untuk mencegah infeksi penyakit mematikan. Beberapa jenis penyakit yang bisa anjing kamu hindari dengan pemberian vaksin diantaranya adalah vaksin rabies, parvo, dan distemper.

Selain itu, vaksinasi juga mampu menstimulasi sistem imun tubuh untuk membentuk antibodi terhadap agen infeksius tertentu sebelum hewan terpapar virus. Setelah anjing divaksinasi dan anjing sudah terlindungi maka tubuhnya akan lebih kuat dalam menangkal virus. Janga lupa juga untuk melakukan pemeriksaan rutin sebagai salah satu langkah menjaga kesehatan anjing. Terakhir kamu juga bisa lakukan screening biokimia darah untuk melihat fungsi hati, ginjal, dan kadar gula darah.

Cara Menghitung Umur Anjing

Dog Sniffing – Jeff Nissen via Unsplash

Sterilasasi Anjing Agar Umurnya Panjang

Faktanya semua anjing disarankan untuk disterilisasi terutama jika kamu tidak menginginkan anjing kamu memiliki keturunan. Waktu yang paling tepat untuk melakukan sterilisasi adalah saat anjing berusia 6 bulan atau sebelum siklus loop pertamanya. Siklus loop merupakan siklus menstruasi pada anjing betina. Sedangkan pada anjing jantan, waktu yang tepat untuk melakukan sterilisasi adalah saat anjing memasuki usia 5–10 bulan.

Tak hanya bertujuan untuk mencegah lahirnya anak anjing yang tidak diinginkan, sterilisasi anjing juga dapat mencegah terjadinya masalah serius seperti prostat dan kanker testis pada jantan. Sedangkan pada anjing betina sterilisasi dapat mencegah infeksi uterus dan kanker payudara pada betina.

Perhatikan Gejala Munculnya Penyakit

Selain dengan melakukan berbagai pemeriksaan dan perawatan di atas penting juga sebagai pemelihara anjing untuk memperhatikan gerak-gerik dan kebiasaan hewan peliharaan. Sebagai pemilknya, kamu merupakan orang pertama yang bisa mengamati jika hewan menunjukkan rasa sakit atau tidak nyaman. Beberapa gejala munculnya penyakit yang bisa saja tampak diantaranya adalah:

  • Lemas;
  • Penurunan nafsu makan;
  • Muntah;
  • Diare;
  • Penurunan buang air kecil;
  • Batuk;
  • Gatal-gatal;
  • Kaku saat berjalan;
  • Kaki tidak menumpu.

Baca Juga: Simak Tips Mengatasi Kutu Anjing Paling Efektif Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles